35+ Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal 2020

20 min read

cara menghasilkan uang dari internet

Sebagian besar cara menghasilkan uang dari internet yang ada saat ini memanfaatkan berbagai platform digital dengan berbagai skema atau metode penghasilan.

Dalam konsep platform digital, anda bisa mengartikannya sebagai produk yang dipasarkan, alat transmisi pengetahuan, platform bagi hasil pendapatan dan lain sebagainya.

Disisi lain, untuk skema atau cara menghasilkan uang lewat internet terkonsentrasi pada beberapa bidang yang semuanya akan saya jabarkan dibawah.

Cara yang saya ulas dibawah ini enggak butuh modal besar, bahkan ada yang tidak butuh modal sama sekali alias gratis.

Cukup siapkan waktu, koneksi internet dan mulai mengerjakan tugas-tugas yang ada dengan cermat.

Oh iya, tidak semua cara dibawah ini dilakukan secara online. Ada beberapa poin yang juga melibatkan kegiatan offline.

Sebelum lanjut pada pembahasan tentang cara menghasilkan uang gratis dari internet baiknya saya bahas dulu deh keuntungannya.

Keuntungan menghasilkan uang dari internet

Ada banyak keuntungan yang didapatkan saat anda berusaha mencari cara mendapatkan uang dari internet sebagai pemula.

Keuntungan-keuntungan itu juga yang mendasari mengapa sudah banyak orang yang main internet dengan tujuan untuk dapat cuan. Berikut beberapa diantaranya:

a. Kerja dimana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet

Yang pertama adalah anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Artinya ada fleksibilitas waktu yang dimiliki.

Beda dengan pekerjaan konvensional lain, yang mengharuskan anda masuk kerja jam sekian, pulang kerja jam sekian, duduk didepan komputer berjam-jam, ada meja, ada kantor dan lain sebagainya.

Bekerja secara online enggak butuh semua itu. Sehingga, anda bisa memilih kapan akan bekerja dan kapan akan istirahat.

Potensi penghasilannya pun cukup besar. Bahkan ada beberapa orang yang berhasil meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah bermodalkan koneksi internet.

b. Penghasilan enggak terbatas

Pernah gak anda bertanya-tanya, berapa sih penghasilan Blogger Indonesia? Jika ada pertanyaan semacam ini, agar lebih fair, akan saya jawab kalau pendapatan blogger Indonesia enggak terbatas.

Mengapa enggak terbatas? Karena penghasilan mereka bergantung dari trafik. Kalau trafiknya lagi tinggi penghasilan mereka banyak.

Kalau rendah, ya sedikit. Sesimple itu. Jadi, enggak ada batas penghasilan yang bisa didapatkan dari Blog.

Hal ini berlaku juga dengan penghasilan dari internet. Apalagi jika anda menjadikan internet sebagai penghasilan aktif anda dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

c. Bisa memilih sebagai kerja sampingan atau kerja utama

Apabila anda mau cari uang di internet, anda bisa memilihnya sebagai pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan.

Sudah banyak orang kok yang menjadi full time blogger, full time Youtuber atau full time lain-lain.

Ada juga yang memilih tetap bekerja sebagai pegawai perusahaan, PNS atau membuka usaha sendiri sembari bekerja online.

Dari segi pekerjaan sampingan maka penghasilan anda di internet bisa disebut sebagai passive income sementara jika anda menjadikan penghasilan dari internet sebagai pekerjaan dan pemasukan utama, maka disebut sebagai active income.

35+ Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal 2020

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari Internet? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan 35+ cara menghasilkan uang dari internet. Ini daftarnya:

1. Bug Hunter

cara menghasilkan uang dari internet

Di era digital sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang dirilis. Setiap aplikasi tersebut terus disempurnakan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerjanya.

Namun, banyak developer perusahaan tidak punya kemampuan mendeksi kesalahan atau kerentanan program yang dibuat atau yang sudah dipublikasikan.

Disinilah perusahan-perusahaan tersebut membutuhkan feedback dari pengguna untuk menemukan bug yang ada di program buatan mereka.

Jika anda jago hacking, pintar lihat kode, punya kemampuan mendeteksi vulnerability kode, bisa jadi bug hunter.

Apakah ada benefitnya jadi bug hunter ini? Ada. Besar malah. Sebagai contoh, jika anda berhasil menemukan bug di Google, anda bisa dapat reward ratusan ribu dollar.

Dalam ketentuan Google Vulnerability Reward Program (VRP), anda bisa menemukan bug di tiga produk milik Google yakni Google sendiri, Youtube dan juga Blogger.

Dengan hadiah yang terbagi menjadi beberapa kategori dasar mulai dari remote code execution, unrestricted file system or database access hingga execute code on the client.

Ketentuan lebih jelas tentang program VRP ini bisa lihat disini. Selain Google, anda juga bisa ikut program bug Google Chrome yang ternyata terpisah dengan VRP, Facebook, Twitter, Quora dan lain sebagainya.

2. Jualan

cara menghasilkan uang dari internet

Konsep jualan yang saya maksud disini sebenarnya sangat luas karena anda bisa memanfaatkan platofrm apa saja untuk jualan.

Entah itu Facebook, Twitter, eCommerce, situs online retail termasuk situs mircostock, jika memungkinkan.

Untuk produk yang dijual pun beragam mulai dari produk digital seperti gambar vektor atau template berbayar dan produk fisik seperti baju, sepatu, skincare dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika anda tidak punya produk sendiri anda bisa memilih jadi reseller atau dropship. Teknisnya akan saya ulas di poin berikutnya.

Sebagai contoh nih, anda tidak punya produk tapi pengen jualan. Selanjutnya, anda melakukan riset tentang produk apa yang mau dijual.

Sebagai contoh, banyak teman-teman anda yang bertransaksi secara digital, tapi tidak punya kartu kedit, berarti anda bisa jualan Virtual Credit Card [VCC] Paypal.

Biasanya sih, anda harus kumpulkan modal untuk beli kartu VCC tersebut yang harganya sekitar $2 atau sekira 26.000 Rupiah untuk kurs 13k.

Nah anda bisa jual kartu VCC tersebut seharga $5 atau $6 kepada teman-teman anda itu, termasuk di forum-forum yang sudah saya sebutkan diatas.

Atau juga anda jualan bitcoin di situs eCommerce besar seperti eBay dengan harga yang disesuaikan sama ratenya.

Berdasarkan pengalaman beberapa kawan, penjualan BTC di eBay termasuk menguntungkan karena bisa untung sampai 40.000 ribuan. Mayan, kan?

3. Jadi Blogger

cara menghasilkan uang dari internet

Sejak dulu, blog telah menjadi salah satu sumber penghasilan pasif yang menjanjikan, terlebih untuk mereka yang hobi menulis.

Kegiatan blogging ini cukup fleksibel dan bisa di lakoni oleh perorangan atau korporasi dengan omset ratusan juta rupiah per bulan.

Coba lihat blog-blog berita yang dikelola oleh korporasi besar seperti Kompas, Tempo atau Detik? Situs berita online diatas bisa meraup pendapatan bersih hingga puluhan jutaan rupiah per hari.

Begitu juga dengan blog personal seperti mastimon atau Maxmanroe yang berhasil payout puluhan juta rupiah per bulan bermodalkan blog sederhana.

Dengan demikian, blog masih menjadi salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang dari internet.

Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, anda wajib punya blog. Jika pengen buat blog, baca dulu artikel saya tentang cara buat blog yang baik dan benar.

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari blog? Ada banyak cara. Berikut beberapa cara yang paling populer untuk mendapatkan uang dari blog:

  • Iklan. periklanan yang paling populer tentu saja AdSense. Dengan AdSense, anda bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dari Blog. Selain itu, anda juga bisa menempatkan iklan pihak ketiga dari advertiser atau pemasar yang berbeda, dengan peluang penghasilan yang sama. Iklan sendiri adalah salah satu cara yang paling umum untuk hasilkan duit dari blog dengan mudah, instan dan gratis. Selain adsense, ada juga beberapa alternatif periklanan untuk blog seperti MGID, Advernative, AdNow dan lain sebagainya
  • Affiliate marketing. Soal affiliate marketing ini bakal saya bahas di poin selanjutnya. Yang jelas, ini termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang cukup general
  • Paid promoted dimana anda akan dapat penghasilan saat seseorang menggunakan blog anda untuk promosi produk milik mereka lewat tulisan dengan imbalan berupa backlink untuk pengguna jasa dan uang untuk pemilik blog

4. Jadi influencer

cara menghasilkan uang dari internet

Influencer termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang cukup menjanjikan. Untuk menjadi influencer, anda bisa memanfaatkan berbagai platform social media yang ada, seperti:

  • Instagram yang merupakan salah satu media sosial tempat kopdarnya para influencer beken
  • Facebook yang adalah platform influencer yang lebih condong ke Buzzer atau pendengung karena sifat marketingnya tidak menggunakan akun asli melainkan halaman
  • Twitter mirip dengan Facebook namun lebih fokus ke Tagar untuk meningkatkan mendongkrak keterlihatan
  • Blog yang lebih condong ke teks
  • Youtube yang lebih banyak ke reviewer produk atau jasa advertiser dalam video
  • TikTok yang jadi tempatnya para influencer yang suka buat video pendek dengan gerakan terencana
  • Dan lain sebagainya

Saya gak perlu bahas panjang lebar soal influencer ini karena sudah saya ulas di salah satu artikel saya tentang definisi influencer marketing disini.

Teknisnya seperti promosi produk orang lain di profil media sosial yang ia miliki. Setiap promosi tersebut memungkinkan dirinya mendapatkan uang dari pemilik produk.

Untuk menghitung rate atau biaya influencer disesuaikan sama dua hal yakni: Engagement dan pengikut influencer itu sendiri.

Jika engagementnya bagus dan pengikutnya juga banyak, sudah sampai ratusan ribu orang, biaya endorsenya pun besar.

Patut diketahui, penghasilan dari influencer itu gak menentu. Kadang banyak, kadang juga sedikit dan bergantung pada popularitas profil di social media.

5. Jadi Youtuber

cara menghasilkan uang dari internet

Sama seperti Blog, anda juga bisa menghasilkan uang hanya dengan memposting video-video di Youtube.

Apabila akun Youtube anda itu sudah memenuhi syarat, misalnya, sudah video anda sudah mencapai 4k jam tayang dan punya 1k Subscriber, anda sudah bisa memonetisasinya.

Penghasilan dari YouTube enggak boleh dipandang sebelah mata. Itu belum lagi pertumbuhan pengguna YouTube yang makin hari makin besar.

Dengan demikian, anda bisa menjadi content creator Youtube dengan potensi penghasilan mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari Youtube? Anda bisa memperoleh penghasilan dengan cara menjadi mitra penayang AdSense sama seperti di blog.

Cara itu adalah yang paling populer diikuti dengan program paid promoted, promosi situs web [termasuk URL shortener], donasi di Patreon dan lain sebagainya.

Mau tahu cara buat channel youtube dan bagaimana menghasilkan uang didalamnya? Baca panduan lengkapnya disini disini.

6. Affiliate Marketing

cara menghasilkan uang dari internet

Menghasilkan uang dari Affiliate marketing pun cukup menjanjikan, asalkan anda punya platform seperti blog, Channel Youtube dan media sosial.

Lantas apa sih affiliate marketing itu? Affiliate marketing adalah suatu sistem bisnis dimana sebuah perusahaan menggunakan jasa seseorang untuk menjual produk mereka lewat platform diatas dengan link atau tautan arahan.

Untuk menjadi seorang affiliator, anda harus bergabung dengan brand atau perusahaan yang memungkinkan anggotanya untuk menjaring orang lain.

Apabila orang yang di jaring itu membeli produk dari brand yang anda promosikan, anda akan dapat komisi.

Besaran komisi bergantung pada ketentuan brand dan harga. Apabila produk di beli dengan harga yang cukup tinggi, maka pendapatan anda juga tinggi.

Untuk komisi affiliate marketing saat ini biasanya enggak lebih dari 30%. Ada beberapa platform Affiliate marketing yang menawarkan komisi tertinggi seperti:

  • Affiliasi hosting dan domain seperti Niagahoster affiliate marketing, Hostinger Affiliasi, Exabytes dan lain sebagainya
  • Afiliasi Ecommerce seperti di Involve Asia, Bukalapak dan Amazon
  • Affiliasi template WordPress dan Blogger
  • Dan lain sebagainya

Untuk anda yang pengen dapat uang dari afiliasi, silahkan gabung sama program afiliasi terbaik yang sudah saya ulas di artikel saya sebelumnya disini.

7. Ikut survey berbayar

cara dapat uang dari internet

Beberapa waktu lalu, untuk kedua kalinya saya berhasil Payout dari salah satu aplikasi survey berbayar yakni YouGov.

Dan ini termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari internet dengan instan dimana saya hanya diminta untuk mengisi quisioner atau mengikuti jejak pendapatan yang diselenggarakan oleh platform paid survey.

Rata-rata aplikasi survey memberikan task atau permintaan menyelesaikan Survey lewat email atau lewat notifikasi jika anda menggunakan versi aplikasinya.

Saat survey berhasil diselesaikan, anda akan dapat upah berupa poin. Poin inilah yang kemudian bisa ditukar dengan rewards berupa saldo paypal hingga gift card.

Ada beberapa perusahaan survey berbayar paling legit tahun 2020 ini, antara lain:

  • Yougov
  • YSense
  • SurveyOn
  • Panel Station
  • Google Opinion [Belum tersedia di Indonesia]
  • Opinion Arena
  • Dan lain sebagainya

Silahkan klik disini untuk melihat beberapa aplikasi survey penghasil uang paling legit jika anda mau menghasilkan uang dari survey.

8. Manfaatkan media sosial

cara menghasilkan uang dari internet

Kalau selama ini anda hanya menggunakan media sosial untuk memposting status, beri like atau mungkin berkomentar pada postingan orang lain, coba ubah kebiasaan itu menjadi duit.

Untuk cara dapat uang gratis dari internet lewat media sosial, saya membaginya menjadi beberapa bagian, yakni:

a. Cara dapat uang dari Facebook

Ulasan lebih lengkap tentang menghasilkan uang yang banyak dari Facebook anda bisa membacanya disini.

Per tahun 2018 lalu, pengguna Facebook sudah bisa memonetisasi halaman Facebooknya dengan iklan. Fitur ini tersedia langsung di laman Facebook, sama seperti AdSense di Youtube.

Umumnya, ada tiga cara menghasilkan uang dengan halaman Facebook, yakni Facebook Gaming, Facebook Creator dan Instant artikel.

Jadi, manfaatkan semua ini untuk dapat duit dari fanspage Facebook. Apalagi yang followersnya udah sampe 100k atau lebih.

b. cara dapat uang dari Instagram

Meski dimiliki oleh Facebook.inc, cara menghasilkan duit dari Instagram agak berbeda dengan Facebook.

Di Instagram, enggak ada embel-embel Instan article atau Facebook creator, jadi anda harus memonetisaisnya dengan cara konvensional.

Seperti misalnya menjadi influencer, piad promoted, jualan tools Instagram, promosi bisnis sendiri hingga jualan akun Instagram dengan followers banyak.

c. cara dapat uang dari Twitter

Sama seperti Instagram, anda juga bisa menghasilkan uang dari twitter dengan model promosi konvensional.

Caranya gimana? Dengan mempromosikan produk orang lain [affilisi] atau produk sendiri, memposting URL shortener, menjadi influencer dan lain sebagainya.

9. Cashback dari struk

cara menghasilkan uang dari internet

Mungkin ada beberapa dari anda yang belum tahu kalau anda bisa dapat uang hanya dengan mengupload struck belanja.

Iya, kan? Saya juga begitu. Dulunya. Cara kerjanya pun cukup mudah dimana anda hanya diminta untuk menyimpan struck belanjaan anda untuk kemudian di upload di beberapa aplikasi seperti Pamona.

Setelah itu anda akan dapat cashback atau potongan harga. Cashback ini tentu saja berupa uang tunai yang akan dikumulasikan sama saldo aplikasi yang digunakan.

Selain uang tunai, anda juga bisa dapat voucher, poin yang bisa belanjakan lagi atau mungkin menukarnya dengan pulsa dan kuota internet.

Selain Pamona, di Google Play Store, ada juga beberapa aplikasi yang memungkinkan anda dapat duit dari struck belanjaan seperti Snapchart, Rally Points dan lain sebagainya.

10. Jual foto online

cara menghasilkan uang dari internet

Kalau anda hobi fotografi, anda bisa memanfaatkan hobi tersebut menjadi uang. Ada banyak platform jual beli foto di internet, salah satu yang paling populer adalah Shutterstock dan Pincstyle.

Lantas siapa sih yang mau beli foto saya? Banyak kok. Mulai dari industri periklanan, majalah, media online, desainer, developer aplikasi dan lain sebagainya.

Jual foto juga cukup menjanjikan. Bahkan, anda hanya perlu mendaftar, memposting foto dan bersabar sedikit.

Apabila ada orang yang mendownload foto anda, maka anda akan memperoleh komisi. Besaran komisi ini berbeda antar platform.

Selain download anda juga bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan foto didalam aplikasi apabila ada agency yang tertarik membelinya untuk tujuan komersil.

Karena itu, semakin banyak foto yang anda posting, semakin besar peluang untuk menghasilkan uang  dengan foto.

11. Jual pertanyaan berkualitas di Quora

cara menghasilkan uang dari internet

Pernah gak anda berpikir kalau anda bisa dapat duit dengan bertanya? Saya yakin konsep ini belum pernah terpikirkan sebelumnya, kecuali anda yang menjadi mitra platform ini.

Idealnya sih bukan menjual namun mengajukan pertanyaan. Apabila pertanyaan tersebut populer dan mewakili pertanyaan banyak orang, maka anda bisa dapat duit dari situ.

Apakah ada situs yang membayar orang-orang hanya dengan bertanya? Jawabannya ada. Dimana? Quora.

Quora adalah salah satu situs tanya jawab yang cukup populer yang memungkinkan para anggotanya untuk menghasilkan uang dengan bertanya.

Sayangnya, untuk bisa dapat duit dari Quora anda harus di undang jadi mitra. Dengan menjadi mitra, berarti anda berpeluang menghasilkan uang yang banyak dan tak terbatas.

12. Main aplikasi berbayar

aplikasi penghasil pulsa

Ada banyak kok aplikasi yang berani membayar publishernya hanya dengan mendownload aplikasi, menonton video, baca berita dan lain sebagainya.

Untuk cara mendapatkan uang dari apk, sudah saya bahas pada dua artikel saya sebelumnya tentang:

Penghasilan anda juga bakalan meningkat drastis apabila ada teman yang berhasil diajak untuk menginstal deretan aplikasi diatas.

Daripada akun PayPal kosong melompong atau pulsa selalu habis, mending main aplikasi. Siapa tahu anda bisa dapat uang dan pulsa gratis setiap hari. Mayan, kan?

Saya sendiri sudah berhasil payout jutaan rupiah bermodalkan aplikasi-aplikasi di atas dan dipastikan akan terus bertambah.

Kalau anda punya blog atau Channel Youtube, bisa review aplikasi tersebut agar orang-orang bisa menggunakannya juga.

Nah anda tempatkan tautan undangan atau kode undangan dan ajak orang untuk menginstalnya.

Hadiah ajakan biasanya berbentuk koin atau saldo tunai di aplikasi. Jika sudah mencapai ambang batas pencairan, maka silahkan dicairkan.

Perlu diketahui juga oleh anda, daftar aplikasi diatas selalu saya update secara berkala untuk memastikan tidak ada aplikasi yang scam.

Jadi, jika anda penasaran atau pengen tahu cara mendapatkan uang dari apk bisa lihat reviewnya diata. Kalau ada yang cocok, langsung download saat itu juga.

13. Desain grafis

cara menghasilkan uang dari internet

Suka buat desain? Logo, banner atau desain-desain lain yang diinginkan seperti anime, kartun atau mungkin sticker? Bisa manfaatkan kemampuan itu untuk dapat uang.

Emang desain ada uangnya? Tentu saja ada. Dan ada banyak cara menghasilkan uang dari desain grafis seperti menjual hasil desain di situs jual beli desain semacam Freepic, Shutterstock atau mungkin 99design.

Atau mungkin ikut lomba desain, logo misalnya, yang diselenggarakan secara nasional ataupun internasional.

Jika anda ahli dibidang ini, saran saya, baiknya bergabung ke grup-grup desain yang ada di Facebook, Channel Telegram atau di platform lain.

Tujuannya agar anda bisa ikut ambil bagian dalam task atau mendapatkan informasi tentang lomba desain terbaru.

Disisi lain, jika anda suka buat sticker, bisa kok bergabung sama Line yang memungkinkan anda memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan jualan sticker.

14. Freelance

cara menghasilkan uang dari internet

Menjadi freelance memungkinkan anda untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi yang dimiliki.

Saya sendiri termasuk freelance, yang berusaha cari duit dari internet dengan berbagai cara mulai dari menulis di blog atau bergabung dengan beberapa situs freelance.

Daripada harus kerja banting tulang jadi budak korporasi [maaf] mending menjadi freelance. Sebab saya bisa kerja dimana saja dan kapan saja.

Saya juga bisa memilih mana yang saya kerjakan dan mana yang tidak. Dengan kata lain, saya lebih luwes dalam bekerja.

Ada banyak cara hasilkan uang sebagai freelance seperti:

a. Penulis freelance

Yang pertama adalah menjadi penulis freelance. Blogger termasuk kategori ini, namun lebih spesifik lagi.

Kalau penulis freelance berarti anda menerima pekerjaan dari orang lain untuk menulis suatu topik misalnya makanan, minuman atau produk tulisan lain sesuai pesanan klien.

Setiap tulisan yang anda kerjakan itu akan dibayar. Bayarannya tergantung dari panjang tulisan, rating anda dan juga tingkat kesulitan konten.

Jika ingin menjadi penulis online, anda bisa bergabung dengan beberapa situs freelance seperti:

  • Steemit
  • Fastwork
  • Project.co.id
  • Fiverr
  • Dan lain sebagainya
b. Kontributor media online

Nah ini juga cukup menjanjikan. Menjadi contributor online juga enggak terlalu ribet. Tugas anda hanya mencari berita yang lagi hangat di masyarakat, mengolahnya dan mengirimkannya ke media.

Bahkan, ada contributor media online yang gak harus mencari berita. Mereka bisanya hanya merewrite suatu berita yang ada, menerjemahkan berita dari media berbahasa asing dan lain sebagainya.

Dan ajaibnya, anda bisa mendapatkan upah dari sini. Upahnya bergantung dari frekuensi tulisan. Untuk upah ini memang enggak sama dengan gaji. Karena anda hanyalah contributor.

Tapi sepanjang pengalaman saya yang masih pendek itu, upahnya lumayanlah untuk traktir selingkuhan gebetan di Starbucks.

c. Admin media sosial

Soal ini sih masuk kategori bisnis online. Bisnis online juga termasuk cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah.

Kalau anda suka bermain medsos dan ingin menghasilkan uang dari situ, selain menjadi influencer atau menjadi creator di Facebook, anda bisa menjadi admin media sosial tokoh terkenal.

Biasanya sih, tokoh-tokoh politik, artis dan orang-orang terkenal lain butuh jasa semacam ini untuk mengelola akun mereka.

Nah anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tambah-tambah uang jajan. Tugasnya sih masih berkaitan dengan dunia offline, karena anda harus mengikuti atau memantau aktivitas sang tokoh lalu membagikannya di media sosial pribadi mereka.

15. Ikutan lomba

cara menghasilkan uang dari internet

Ada banyak kok lomba-lomba yang diadakan secara online saat ini baik itu lomba puisi, tulisan, esai, foto, logo, infografik, video dan lain sebagainya.

Kalau anda mau dapat duit dari lomba online semacam ini, pantau deh daftar lomba terbaru dengan hadiah tertinggi saat ini. Jika ada yang sesuai dan cocok dengan kemampuan anda, silahkan ikuti.

Kalau juara bisa dapat duit. Kalau enggak, berarti belum mujur. Jadi coba dengan lomba lain yang mungkin peluang juaranya lebih besar.

Hadiah lomba online semacam ini cenderung gede. Bahkan ada lomba dengan total hadiah miliaran rupiah, dengan hadiah jawara pertama sampai ratusan juta.

Saya sendiri pernah punya pengalaman ikut lomba dari Bank Indonesia dan Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Bahkan berkat tulisan tersebut saya di undang untuk hadir dalam Gala Dinner di Jakarta dimana biaya dan akomodasi ditanggung oleh mereka.

Jadi, selain dapat hadiah, saya juga bisa jalan-jalan ke Jakarta. Gratis. Bahkan, beberapa blog yang saya kelola berasal dari hadiah lomba yang saya ikuti.

16. Ikutan Give Away

cara menghasilkan uang dari internet

Salah satu cara yang memungkinkan anda dapat uang gratis dari internet secara instan adalah dengan ikutan Give Away.

Untuk hadiah give away cukup beragam ada yang hadiahnya tumbler, goodie bag, saldo eWallet seperti Gopay atau Dana dan lain sebagainya.

Syarat untuk Give Awaynya pun cukup mudah. Rata-rata sih anda diminta untuk like dan commet untuk satu postingan atau video di Youtube.

Sebagai contoh nih, anda bisa pantengin Channel Youtubenya Om Top yang selalu beri Give Away untuk mereka yang comment di postingannya.

Rata-rata hadiah Give Awaynya yang diberikan berbentuk saldo GoPay senilai Rp100.000 hingga Rp200.000

Jika berhasil jadi pemenang, yang biasanya dipilih secara acak dan suka-suka penyelenggara, anda bisa dapat hadiah baik barang atau uang. Simple kan?

Makanya, pantau terus perusahaan-perusahaan dan tokoh-tokoh yang sering adain give away. Siapa tahu anda yang menjadi juaranya. Jika anda menjadi jawaranya, jangan lupa di bagi dengan saya ya 😀

17. Dropship

cara menghasilkan uang dari internet

Ini termasuk salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang cukup potensiap. Seorang dropship akan memanfaatkan media sosial baik Facebook, Instagram atau Twitter untuk mempromosikan produk yang hendak dijual.

Konsepnya sih sama seperti jualan yang sudah saya jelaskan diatas. Namun, untuk dropship, rata-rata yang dijual adalah produk fisik berupa pakaian, aksesoris, skincare dan lain sebagainya.

Jadi, saat ada orang yang tertarik membeli produk yang anda promosikan, mereka akan mentransfer sejumlah uang kepada anda untuk kemudian dipesan.

Biasanya sih anda sudah tentukan harganya terlebih dahulu. Harga finalnya sudah termasuk komisi yang anda peroleh.

Besaran komisinya tergantung dari harga produk. Jika komisi yang anda dapatkan adalah 30k per produk dan sudah 30 produk yang berhasil terjual, pendapatan anda bisa sampai 900k. Lumayan kan?

Banyak teman-teman kampus saya yang jadi dropship entah itu produk-produk kecantikan seperti Atomy atau produk di eCommerce.

18. Buka kursus online

cara menghasilkan uang dari internet

Kursus online juga termasuk salah satu cara untuk menghasilkan uang bermodalkan jaringan internet yang biasa dilakoni blogger.

Namun saya enggak menyertakan pada list diatas, karena kursus ini bisa dibuka via aplikasi pesan instan semacam WhatsApp dengan topik dan profesi mentor yang berbeda-beda.

Biasanya sih, peserta kursus akan membayar biaya registrasi awal berupa uang kepada penyelenggara. Dari uang itulah anda bisa memperoleh pendapatan dari kursus yang di buka. Simple dan efektif!

Umumnya, kursus online yang ada saat ini bisa terdiri dalam dua bentuk, yakni:

a. Webinar

Webinar adalah kursus online menggunakan jaringan internet dengan platform blog atau situs web. Pada dasarnya, webinar bertujuan untuk membagi pengetahuan teknis pada peserta.

Lantas, darimana cara dapat uang dari webinar? Ada banyak cara. Mulai dari meminta peserta untuk membayar biaya kursus, menggunakan sponsor atau merk dan lain sebagainya.

b. Vidbinar

Vidbinar adalah semacam kursus online dengan platform video live streaming. Video ini bisa menggunakan fitur live streaming YouTube, Facebook atau aplikasi lain.

Cara menghasilkan duit dari vidbinar pun sama enggak jauh beda sama webinar.

19. Live streaming

cara dapat uang dari internet

Berbeda dengan konsep vidbinar yang sudah saya jelaskan diatas. Dalam konteks ini, anda memanfaatkan platform live streaming yang banyak tersedia saat ini.

Emang bisa ya? Tentu saja bisa. Saat ini ada banyak platform yang mendukung kegiatan live streaming dan memungkinkan anda dapat uang dari situ.

Seperti Youtube streaming, Facebook gaming, Twitch dan lain sebagainya. Rata-rata platform diatas sudah mendukung periklanan layaknya video konvensional.

Untuk Youtube anda bisa bergabung dengan AdSense atau menjual sticker, Facebook gaming dengan In stream ads dan Twitch dengan iklan spesial.

Soal cara mendapatkan uang dari live streaming termasuk metode atau cara perhitungan pendapatan yang diterapkan oleh pihak platform silahkan baca artikel saya sebelumnya disini.

Hanya saja, ada syarat-syarat tertentu agar anda bisa memonetisasi video live streaming yang dilakukan seperti misalnya minimum jumlah pengikut, durasi live streaming dan lain sebagainya.

20. Jadi ghost writer

cara menjadi youtuber

Kalau anda hobi nulis tapi ogah buat blog atau kirim ke media-media lain, bisa kok jadi Ghost Writer.

Cara jadi ghost writer itu gimana sih? Caranya sangat mudah. Bisa gabung ke situs freelance atau tawarkan jasa secara mendiri.

Hanya saja, anda harus punya kemampuan multitask jika anda pengen jadi ghost writer yang bisa menghasilkan.

Karena biasanya anda akan diminta untuk buat tulisan dalam tema yang berbeda-beda entah itu esay, copywriting, artikel, novel, buzzer dan lain sebagainya.

Penghasilan seorang ghostwriter bergantung pada jumlah dan jenis pesanan tulisan klien. Kalau tulisannya panjang, novel misalnya, bayaran yang diperoleh tentu lebih besar.

Meski demikian, cara ini sudah tidak terlalu populer karena sudah tersediap banyak media yang memungkinkan penulis dapat uang.

Untuk anda yang pengen tahu cara menulis agar menghasilkan uang atau sedang mencari aplikasi menulis menghasilkan uang bisa gunakan Dreame.

Aplikasi ini sudah saya review di artikel saya sebelumnya yang berjudul cara menghasilkan uang dengan menulis cerita 2020.

21. Rekber atau Pulber

cara menghasilkan uang dari internet

Keberadaan jasa rekber atau pulber sangat dibutuhkan sekarang ini. Kadang kala, rekber dan pulber jadi solusi transaksi digital yang aman karena melibatkan manusia dalam prosesnya.

Sistem rekber ini gimana sih? Begini. Misalnya, anda hendak menjual satu produk digital seperti Akun Spotify premium dengan harga 100k.

Lalu ada orang yang ingin membelinya. Untuk mengamankan transaksi, maka anda akan meminta jasa rekber.

Dengan kata lain, rekber akan menjadi perantara dari proses transaksi jual beli yang terjadi. Si rekber akan membeli produk yang terjual dengan uang awal lalu mengirimkannya kepada si pembeli.

Imbalannya tergantung dari kesepakatan. Jika rekber meminta komisi 5% dari total penjualan, maka ia memperoleh pendapatan 5k dalam transaksi.

Bayangkan jika sudah ada 100 orang yang menjual produk seharga 5k, penghasilannya sampai 500k. Lumayan untuk kegiatan sederhana semacam ini.

22. Dagang bitcoin

cara menghasilkan uang dari internet

Bitcoin memang lagi tren-trennya sekarang. Mata uang virtual ini juga cukup menjanjikan, meskipun enggak stabil karena gak sama seperti mata uang konvensional.

Ada juga bisa mendapatkan penghasilan dari Bitcoin ini, asalkan anda tahu bagaimana cara dapat uang dari bitcoin.

Secara umum, ada beberapa cara mendapatkan bitcoin yang bisa ditukar dengan uang, antara lain:

  • Beli bitcoin dari penyedia platform
  • Airdrops
  • Mining
  • Faucet
  • Dan lain sebagainya

Anda juga bisa dapat bitcoin dengan gratis lewat Airdrops, mining atau Faucet. Jika diseriusi, anda bisa hasilkan duit puluhan juta rupiah dari kegiatan tersebut.

Jika anda belum mahir bisa kok jualan bitcoin atau undang teman untuk menggunakan aplikasi jual beli bitcoin yang banyak tersedia saat ini.

Misalnya menggunakan fitur affiliasi yang ada di Luno atau Indodax. Jika ada orang yang berhasil anda ajak dan melakukan transaksi didalam aplikasi, anda akan dapat komisi.

Untuk Luno, besaran komisinya adalah Rp25000 untuk transaksi sebesar 500.000 dari orang yang anda ajak menggunakan aplikasi ini.

23. SEO Expert

cara menghasilkan uang dari internet

Jika anda paham benar tentang Search Engine Marketing [SEM], anda bisa kembangkan pengetahuan tersebut dengan menjadi seorang SEO Expert, SEO Specialist, konsultan SEO dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membagikan pengetahuan anda tentang SEO itu di Blog, channel Youtube atau membuka kursus online berbayar atau webinar.

Anda juga bisa kerja sampingan dengan membuat dan menjual artikel-artikel SEO di situs freelance.

Dan ini termasuk salah satu cara dapat uang dari internet tanpa modal sekalipun.

Kalau perlu anda bisa tawarkan jasa komplit yang berkaitan dengan Search Enggine Optimization yakni jasa evaluasi situs web.

Tawarkan jasa ini kepada perusahaan-perusahaan agar penghasilan anda lebih besar sekaligus agar branding jasa anda lebih kredibel.

Jasa ini tentu saja mencakup SEO off page, SEO On page, Audit Situs termasuk juga PBN jika memungkinkan.

24. Jualan E-Book

cara menghasilkan uang dari internet

Menjual eBook bisa menjadi solusi bagi anda yang suka menulis tapi enggan membuat blog atau bergabung dengan situs freelance.

Pada dasarnya, praktik jual beli eBook mengharuskan anda untuk bisa menulis berbagai topik yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Setelah topik tersebut ditulis, anda kemudian mengconvertnya ke PDF agar menjadi buku digital. Jangan lupa desain sebaik mungkin, baik cover dan halamannya.

Setelah itu silahkan jual. Dari hasil penjualan itulah anda memperoleh pendapatan. Semakin banyak eBook yang terjual, penghasilan anda pun semakin besar.

25. Bermain saham

cara menghasilkan uang dari internet

Ini juga termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang cukup mudah. Anda tinggal beli saham lalu jual kembali.

Bermain saham mengharuskan anda untuk siap untung dan siap rugi. Jika sahamnya naik, anda bisa untung hingga 100%. Jika saham anjlok, pendapatan anda bisa buntung.

Tapi ingat, jangan pernah beli saham Gorengan. Karena sistemnya yang enggak pasti dan lebih banyak ruginya dibanding untungnya.

Selain itu, jika anda ingin dapat duit dari saham, pelajari dulu deh caranya. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang bisa bikin kantong jebol dalam waktu 1 detik.

Sepanjang yang saya tahu, beberapa jenis saham yang memungkinkan anda menghasilkan uang tambahan seperti:

  • Forex
  • Reksadana
  • P2P Lending
  • Dan lain sebagainya

26. Main games online

cara menghasilkan uang dari internet

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermain game online. Untuk model penghasilan ini, ada beberapa cara yang bisa anda ikuti, antara lain:

a. Kompetisi atau event

Ada banyak event-event yang biasanya diselenggarakan oleh developer atau pemilik game. Saat anda mengikuti event semacam ini dan berhasil menjadi pemenangnya, anda bisa memperoleh hadiah atau reward berupa uang.

b. Ikutan e-Sport

e-Sport adalah kompetisi resmi untuk para gamer yang secara tentatif diselenggarakan oleh banyak pihak, termasuk pemerintah. eSport mirip dengan kompetisi diatas, namun lewat proses seleksi yang ketat.

Jika jadi jawara, anda juga bisa diajak menjadi bagian dari Tim eSport nasional untuk mewakili negara di ajang eSport internasional. Keren, kan?

27. Jadi developer aplikasi iOS dan Android

cara menghasilkan uang dari blog

Developer aplikasi, baik Android dan iOS, termasuk salah satu cara dapat uang dari internet yang cukup menjanjikan.

Kalau anda punya kemampuan coding yang bagus dan mumpuni, silahkan kembangkan kemampuan tersebut dengan membuat aplikasi sendiri lalu menguangkannya.

Umumnya, ada beberapa cara mendapatkan uang dari apk seperti:

a. Menjadi mitra Admob

Admob adalah platform periklanan aplikasi milik Google dengan sistem yang sama seperti AdSense. Proses review atau pendaftaran di aplikasi ini enggak terlalu susah.

Penghasilan anda juga akan terus bertambah apabila anda menguploadnya ke Google Playstore atau iOS store.

Jadi, semakin banyak orang yang mengunduh aplikasi buatan anda, semakin besar pula pendapatan anda.

b. Fitur premium

Di aplikasi itu juga anda bisa menawarkan berbagai fitur premium yang memungkinkan orang untuk mengakses fitur premium yang ada di dalam aplikasi.

Dan dari sini juga anda bisa memperoleh pendapatan. Apalagi jika pengguna aplikasi buatan anda itu sudah banyak.

c. Iklan

Dalam konsep iklan ini, sebenarnya terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama, adalah periklanan pihak ketiga atau slot iklan mandiri dari klien.

Atau adalah membuat aplikasi periklanan. Dimana, anda akan berbagi penghasilan kepada para pengguna dengan iklan.

Semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi anda, penghasilan yang anda peroleh juga semakin besar.

28. Ekstensi Google Chrome

cara menghasilkan uang dari Google chrome

Selanjutnya adalah membuat ekstensi peramban atau browser baik untuk Google Chrome, Mozila atau browser lain.

Untuk mendapatkan uang dari ekstensi ini sebenarnya agak susah. Yang terpenting, ekstensi tersebut sudah jadi dan bisa digunakan.

Cara paling umum untuk dapat uang dari ekstensi ini adalah dengan menawarkan fitur berbayar kepada pengguna.

Meski presentasi pendapatannya kecil tapi cukup menjanjikan. Apalagi jika ekstensi buatan anda itu benar-benar berguna bagi orang lain.

29. Jadi buzzer

cara menghasilkan uang dari internet

Untuk menjadi buzzer, anda bisa menggunakan berbagai platform media sosial seperti blog, Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Pekerjaan anda hanyalah membuat opini dan kesan yang positif atau sebaliknya tentang seseorang.

Misalnya, ada seorang politikus yang ingin mencalonkan diri dari caleg dari daerah A. Untuk menarik simpati warga A sekaligus untuk promosi visi dan misinya, ia menggunakan buzzer.

Dalam bahasa Indonesia, Buzzer disebut pendengung. Dan mereka ini bisa menjadi pembentuk opini publik yang kuat, terlebih untuk pengguna media sosial.

30. Jadi reseller

cara menghasilkan uang dari internet

Reseller beda sama Dropship ya. Reseller adalah suatu sistem dimana anda menjual barang online, namun anda butuh modal awal untuk membeli barang tersebut sebelum dijual kembali.

Dengan demikian, anda tahu berapa stock barang yang ready, berapa keuntungannya, bagaimana distribusinya dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, anda menjadi kolektor suatu barang untuk dipasarkan kembali kepada konsumen baik langsung ataupun tidak langsung.

Model promosinya juga bebas. Yang paling umum adalah dengan menggunakan gadget atau dari mulut ke mulut.

Keuntungan menjadi reseller pun cukup tinggi sebab anda bisa mengatur berapa harga barang yang akan dijual tanpa persetujuan dari supplier.

31. Menjadi driver ojek online

cara menghasilkan uang dari internet

Seperti yang saya sebutkan diatas, cara dapat uang dari internet tidak melulu dilakukan secara online.

Artinya, dibutuhkan juga tindakan offline seperti menjadi driver online baik untuk kendaraan bermotor dan mobil.

Menjadi driver online butuh koneksi internet, perangkat seluler, kendaraan bermotor dan kelengkapan lain seperti Jacket dan SIM.

Meski penghasilannya enggak murni secara online, namun ini termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang cukup populer.

Jangan gengsi menjadi driver online, sebab anda bisa menghasilkan uang dengan nominal yang besar apalagi jika poin target harian tercapai.

32. Desainer baju

cara menghasilkan uang dari blog

Kalau yang ini mah tergantung dari hobby anda. Kalau anda suka desain, coba manfaatkan hal itu untuk menghasilkan uang tambahan.

Dan anda bisa memanfaatkan internet untuk menjual atau mempublikasikan desain baju yang anda buat.

Atau anda bisa menjadikannya sebagai bisnis langsung. Dimana, desain-desain tersebut anda jual di lapak online, lalu ketika ada yang tertarik membeli baju tersebut, anda akan mencetaknya untuk kemudian di antar ke konsumen.

33. Podcast

Podcast juga termasuk salah satu cara yang cukup lazim untuk menghasilkan uang dari internet. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi podcast yang ada saat ini seperti PenyuFM atau AnchorFM.

Setelah pendengar dan followers anda banyak, barulah anda menyediakan akses ke fitur premium atau menjadi influencer dari satu produk atau perusahaan.

Ada juga bisa dapat uang dari sponsor podcast yang dilakukan. Selain dua cara diatas, anda juga bisa mendapatkan uang dengan cara:

  • Membuat pelatihan podcast
  • Affiliate marketing
  • Promosi produk sendiri
  • Crowdfunding atau donasi
  • Dan lain sebagainya

Untuk anda yang ingin buat podcast bisa baca artikel saya sebelumnya disini. Sementara, untuk anda yang ingin tahu cara menghasilkan uang dari podcast silahkan baca disini.

34. UX Design

cara menghasilkan uang dari internet

Banyak developer atau pemilik situs web yang berusaha mati-matian mempelajari bagaimana meningkatkan user experience pengguna.

Begitu juga dengan perusahan-perusahaan yang ingin meningkatkan branding atau penjualan produk mereka.

Karena itulah, mereka berusaha meningkatkan kesan produk dari sisi desain agar konsumen dan calon konsumen tertarik membelinya.

Nah disinilah peran seorang perancang UX itu benar-benar dibutuhkan. Jika anda punya kemampuan UX yang bagus, anda bisa jual karya-karya anda di internet untuk tambah-tambah penghasilan.

Untuk poin ini, anda bisa sesuaikan sama keahlian UX Design yang dimiliki, seperti:

  • Gambar
  • Logo
  • Produk designer
  • Desain aplikasi
  • Poster
  • Dan lain sebagainya

35. Ubah produk offline anda ke Online

cara menghasilkan uang dari internet

Nah kalau anda punya bisnis offline anda bisa membawanya atau mengubahnya menjadi bisnis online.

Tujuannya agar bisnis anda tersebut bisa menjangkau audiens yang lebih besar, meningkatkan penjualan produk dan branding perusahaan.

Untuk poin ini, anda bisa memanfaatkan toko online yang lagi marak saat ini. Atau, kalau punya modal lebih, ada bisa buka toko online sendiri.

Yang terpenting anda punya modal untuk beli domain dan hosting. Jika sudah, lakukan pemasaran dan pelajar tren penjualan produk agar hasilnya lebih maksimal.

Penutup

Sebenarnya, ada banyak sekali cara menghasilkan duit dari internet dengan mudah dan gratis yang bakal saya ulas di artikel ini.

Tapi karena pembahasannya sudah terlalu panjang, akan saya ulas lebih lengkap lagi di lain kesempatan.

Lagi pula, enggak mungkin kalau anda mau menekuni semua model dan cara menghasilkan uang sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas.

Dengan kata lain, baiknya anda hanya pilih 1-3 cara diatas lalu memaksimalkannya. Jangan juga tertipu dengan penghasilan orang lain, berorientasi pada uang dan tindakan-tindakan lain yang bisa membuat anda frustasi.

Fokus saja pada pekerjaan online yang dipilih, dengan satu keyakinan, bahwa ia akan menghasilkan uang bagi anda, cepat atau lambat.

Demikian artikel tentang 35+ cara menghasilkan uang di internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *