20+ Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Tanpa Modal

9 min read

cara menghasilkan uang dari blog

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog tanpa modal sekalipun. Yang terpenting, kegiatan blogging tersebut anda tekuni dengan baik, niscaya akan menghasilkan.

Saat ini, kegiatan blogging sudah menjadi salah satu aktivitas yang cukup populer di masyarakat. Uniknya lagi, kegiatan blogging ini bisa dilakoni oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Dan, para blogger [sebutan untuk mereka yang punya blog] ini bisa menghasilkan uang dari sana dengan berbagai metode dan cara.

Karena itulah, banyak orang yang kemudian menekuni kegiatan ini, baik sebagai freelance atau menjadi full time blogger.

Dilain pihak, sudah banyak orang yang membuktikan, bahwasanya, dari kegiatan blogging itu mereka bisa meraup pendapatan yang enggak sedikit.

Sebagai contoh, mastimon yang bisa payout hingga puluhan juta rupiah dari blog, termasuk juga Maxmanroe, Raditya Dika dan lain sebagainya.

Lantas, darimana sih sumber penghasilan seorang blogger? Jika anda penasaran jawaban dari pertanyaan ini, baca artikel ini sampai habis.

20+ Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Tanpa Modal

Menghasilkan uang dari blog tanpa modal itu enggak susah. Sebelum menghasilkan, pastikan dulu apakah anda punya blog atau belum.

Jika belum, sebaiknya buat dulu deh. Kalau sudah, barulah anda memonetisasinya. Metode monetisasinya ada beragam cara. Cara itulah yang akan saya ulas di artikel kali ini.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan 20+ cara menghasilkan untuk dari blog tanpa modal. Cara apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Jualan produk di blog

cara menghasilkan uang dari blog

Menggunakan blog sebagai tempat jualan merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang cukup menjanjikan.

Anda bisa jual produk orang lain atau produk buatan sendiri. Saran saya sih, baiknya jual produk sendiri agar anda bisa mengetahui segmen pasar produk tersebut termasuk juga totalitas profit yang didapatkan lebih besar.

Sah-sah saja sih jualan produk orang lain, yang lazim disebut dengan istilah reseller atau dropship.

Kalau produk yang mau dijual itu adalah produk fisik, pastikan dulu apakah produk tersebut layak jual.

Apabila produk tersebut adalah produk digital, akan lebih bagus. Sebab anda tidak perlu repot ngirim barang ke konsumen.

Tinggal manfaatin blog anda untuk jualan, lalu mulai dapatkan penghasilan pasif setiap harinya.

Penghasilan anda pun bakal bertambah apabila produk yang dijual itu populer dan banyak dibeli.

Apabila produk anda itu populer, blog pun demikian. Jadi semakin banyak orang yang datang berkunjung ke blog anda untuk membeli barang atau produk yang dijual.

Saran saya, jika mau jualan produk di blog, baik itu di di blogger atau WordPress, gunakanlah template atau tema blog toko online.

Bisa juga pakai template blog biasa, seperti blog ini. Yang terpenting, katalog produk bisa dilihat oleh pengunjung.

2. Infografik berbayar

cara menghasilkan uang dari blog
Salah satu contoh infografik berbayar yang ada di tirto.id

Pernah gak sih anda bertanya-tanya, situs berita online seperti Tirto.id itu dapat penghasilan dari mana? Terkadang memang ada iklan yang nongol di body artikel tapi enggak setiap hari.

Sebenarnya, tirto menampilkan iklan tapi bukan dalam bentuk link atau teks melainkan dalam bentuk infografik bersponsor.

Anda juga bisa melakukan hal serupa untuk dapat penghasilan di blog tanpa harus mengganggu pengunjung seperti pada tampilan iklan konvensional.

Dengan demikian, kredibilitas situs anda bakal meningkat. Dan pengunjung bakalan lebih senang berkunjung dan berlama-lama di blog anda.

3. Jualan template

cara menghasilkan uang dari blog

Untuk kategori template ini, bukan template atau tema blogger atau WordPress. Template yang saya maksud disini adalah:

  • Template CV
  • Kalender
  • Undangan
  • Bingkai
  • Vector art
  • Presentation template design [template design ppt]
  • Dan lain sebagainya

Hanya saja, anda harus punya kemampuan editing yang mumpuni untuk jualan template semacam ini.

Semua platform blogger bisa anda jadikan sebagai tempat jualan template seperti diatas.

Yang terpenting, bisnis kecil-kecilan yang anda jalani di blog itu benar-benar diseriusi dengan baik, dengan harapan ada orang mau beli.

4. Buka jasa iklan pihak ketiga

cara menghasilkan uang dari blog

Kalau blog anda sudah populer dan dikunjungi oleh banyak orang, anda bisa buka slot iklan pihak ketiga di blog.

Iklan pihak ketiga ini kadang disebut dengan slot iklan mandiri. Ada beberapa jenis slot iklan mandiri yang paling general, seperti:

  • Iklan banner [banner ads]
  • Iklan Advetorial berupa artikel
  • Solo ads [email titipan dari sponsor]
  • Dan lain sebagainya

Untuk solo ads, pastikan dulu apakah subscribe blog anda sudah banyak. Jika sudah banyak, barulah anda buka slot iklan mandiri semacam itu.

Jika anda mau membuka slot iklan mandiri, jangan lupa tentukan harga, posisi, ukuran iklan [gak berlaku untuk Advetorial] dan sistem bayarannya.

Agar sama-sama menguntungkan antara anda dan advertiser, baiknya buat aturan pembayaran iklan berdasarkan CPM [Cost per mile] dan CPC [cost per click] layaknya AdSense.

5. Jualan e-Book

cara menghasilkan uang dari blog

Jualan ebook juga bisa dijadikan salah satu alternatif penghasilan anda sebagai blogger, terlebih yang paham dan ngerti pada satu bidang ilmu.

Seperti misalnya, anda paham benar soal SEO yang merupakan teknik optimasi konten di search engine agar bisa mendapatkan trafik blog secara organik.

Kemudian, anda tulis pengetahuan dan ketrampilan tersebut di MS. Word lalu konversikan ke PDF agar menjadi buku elektronik.

Setelah itu, barulah anda jual kepada orang lain, termasuk pengunjung blog anda. Tapi pastikan dulu apakah eBook tersebut tidak berisikan hal-hal yang mubazir dan out to date.

Artinya, ada sesuatu yang baru yang anda tulis di ebook tersebut, dengan informasi yang lengkap, relevan dan tidak setengah-setengah.

eBook SEO sudah cukup umum kali ya. Oleh karena itu, anda bisa cari referensi lain seperti misalnya, eBook tentang panduan melancong ke suatu tempat dan lain sebagainya.

Setelah eBook itu selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Untuk promosi ini bisa dilakukan di blog anda sendiri, menggunakan Facebook ads atau Google Ads.

Apabila ada orang yang tertarik untuk membelinya, lalu melakukan transaksi, maka anda akan mendapatkan uang dari hasil transaksi tersebut. Inilah yang akan menjadi penghasilan anda.

6. Bisnis affiliasi

cara menghasilkan uang dari blog

Affiliasi adalah bentuk sosialisasi bisnis yang terarah yang menghubungkan antara penjual, affiliator dan pembeli.

Banyak perusahaan saat ini yang memanfaatkan affiliasi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Begitu juga dengan affiliator, mereka bisa mendapatkan penghasilan secara pasif dari sistem affiliasi yang diikuti.

Saat ini, ada banyak sekali link Affiliasi yang bisa anda manfaatkan untuk tambah-tambah penghasilan.

Di blog ini juga saya memanfaatkan link affiliasi untuk menambah penghasilan saya sebagai blogger. Ada beberapa link affiliasi yang saya gunakan, antara lain:

  • Project.co.id
  • Niagahoster
  • idtheme
  • Dan lain sebagainya

Dalam istilah teknis, affiliasi itu seperti link referral yang anda tempatkan di blog untuk mempromosikan layanan atau produk tertentu kepada pengunjung.

Saat anda orang yang klik tautan promosi dari anda dan melakukan pembelian, anda akan mendapatkan komisi. Komisi inilah yang akan menjadi sumber penghasilan passive anda.

7. Jualan template berbayar

cara menghasilkan uang dari blog

Kalau anda tahu buat template atau tema blogger yang baik dan benar, maka anda bisa buat template blog lalu dijual kepada blogger lain.

Sudah banyak blogger yang menjadikan blognya sebagai tempat jualan template seperti Kompi Ajaib, Arlina, Sugeng, Igniel dan lain sebagainya.

Bahkan, penghasilan mereka dari template ini cukup tinggi. Sebagai contoh, mas Sugeng, yang sudah menghasilkan uang hampir 1 miliar hanya dari jualan template.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa mas sugeng enggak menempatkan iklan di blognya, karena ia sudah punya penghasilan lain.

Anda juga bisa melakukan hal serupa. Sayang loh kalau kemampuan ngoding anda itu tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menghasilkan uang.

8. Content placement

cara menghasilkan uang dari blog

Content placement juga termasuk salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang cukup menjanjikan.

Hanya saja, blog anda harus memenuhi beberapa kriteria dasar seperti trafik, Domain Authority dan lain sebagainya.

Untuk poin ini, anda bisa memilih untuk membuka jasa content placement secara mandiri atau bergabung dengan platform influencer marketing seperti Sosiago.

Sistemnya sederhana, mirip dengan link affiliasi yang sudah saya jelaskan diatas. Bedanya, content placement lebih fokus ke teks.

Untuk tarfik cukup variatif. Anda bisa buat skema tarif sendiri, tapi jangan kemahalan ya. Usahakan tetap terjangkau.

Agar orang-orang yang menggunakan jasa itu tertarik untuk membuat artikel di blog anda dengan imbalan berupa link aktif menuju blog pengguna jasa.

Umumnya, skema tarif ditentukan berdasarkan beberapa kategori seperti :

  • Konten yang dibuat oleh pemilik blog sesuai pesanan
  • Konten yang dibuat langsung oleh advertiser yang dapat langsung diposting oleh pemilik blog
  • Jangka waktu penempatan konten
  • Total trafik bulanan [Unique visitor] blog anda

Dari empat poin ini, barulah anda tetapkan tarifnya. Untuk harga pasar saat ini, apabila content placement dibuat langsung oleh pemilik blog, harganya berkisar Rp. 200 ribu hingga 250 ribu.

9. Promosi berbayar

cara menghasilkan uang dari blog

Paid promoted merupakan kombinasi antara content placement, slot iklan mandiri, link affiliasi dan metode promosi lain.

Disini, advertiser akan menempatkan iklan promosi suatu produk atau jasa di blog orang lain. Promosi ini tetap dikategorikan sebagai iklan.

Harga paid promoted saat ini cenderung agak kecil, tapi lumayanlah untuk tambah-tambah penghasilan di blog. Perhitungannya sama seperti iklan pada umumnya yakni CPM dan CPC.

10. Jasa backlink

cara menghasilkan uang dari blog

Sebenarnya, content placement termasuk bagian dari jasa yang satu ini. Bedanya, content placement lebih terspesialisasi pada konten teks.

Content placement biasanya bertujuan untuk mempromosikan produk sementara backlink bertujuan untuk promosi blog sekaligus untuk mendongkrak rangkingnya di SERPs.

Dan anda bisa mendapatkan penghasilan dari sini, sesuai dengan tarif yang sudah anda tentukan sebelumnya.

11. Jasa penulisan konten

cara menghasilkan uang dari blog

Jasa penulisan konten sebenarnya mirip dengan content placement namun lebih mengarah pada ke kategori artikel yang ditulis sendiri oleh pemilik blog.

Untuk jasa ini, anda bisa menggunakan blog untuk mempromosikannya atau menggunakan situs freelance lain seperti fastwork.

Saran saya sih, baiknya buka jasa penulisan artikel yang sesuai dengan kemampuan anda. Sebelum itu, asah terus kemampuan menulis yang dimiliki.

Jangan lupa juga buat portofolio, agar orang-orang bisa melihat karya-karya apa saja yang pernah anda tulis sebelumnya.

12. Script Berbayar

cara menghasilkan uang dari blog

Script berbayar ini seperti apa? Banyak. Saya hanya kasih satu contoh saja, seperti misalnya, boot telegram khusus untuk jualan atau boot jualan di WhatsApp.

Kalau anda punya kemampuan coding yang bagus untuk buat boot semacam ini, lalu buat blog dan jual script tersebut kepada orang lain.

Script berbayar semacam ini memang masih jarang dijual di Indonesia. Meski jarang, bukan berarti tidak ada orang yang mencarinya.

Banyak kok, mulai dari perusahaan makro, mikro hingga pemasar personal yang sering kelabakan menghadapi pertanyaan konsumen.

13. Jasa konsultasi SEO

cara menghasilkan uang dari blog

SEO adalah salah satu teknik yang paling rumit dan paling sering diperbincangkan oleh blogger. Untuk ambil bagian dalam perbincangan ini, anda bisa buka jasa konsultasi SEO di blog.

Biasanya sih, pengguna jasa semacam ini kebanyakan adalah blogger baru atau perusahaan yang belum punya analis SEO.

Sebelum membuka jasa ini, pastikan dulu apakah pemahaman anda tentang SEO itu relevan dengan perubahan search engine terkini.

Pastikan juga, pemahaman anda itu enggak terbatas pada satu search engine saja, seperti misalnya, Google atau DuckDuckGo.

14. Jasa buat blog

cara menghasilkan uang dari blog

Ada banyak blogger yang membuka jasa pembuatan blog, baik untuk platform WordPress atau blogger.

Saat ini, jasa pembuatan blog termasuk salah satu jasa yang cukup kompetitif. Oleh karena itu, tawarkan sesuatu yang lebih ketimbang yang ditawarkan orang lain.

Anda bisa memilih jasa pembuatan blog berdasarkan paket yang ditawarkan secara bersamaan. Seperti misalnya:

  • Jasa buat blog + Akun adsense aktif
  • Jasa buat blog + domain + akun AdSense
  • Jasa buat blog + domain + hosting + akun adsense
  • Jasa buat blog + domain + hosting + akun Adsense + 20 artikel dengan jumlah 1000 karakter

Semakin besar paketnya maka semakin mahal harganya. Dan anda bisa manfaatkan ini untuk tambah-tambah penghasilan di blog.

Di pasaran saat ini, untuk kategori jasa buat blog plus akun AdSense aktif, harganya berkisar berkisar 200-500 ribu rupiah.

15. Jasa pembuatan banner

cara menghasilkan uang dari blog

Gak semua orang tahu cara buat banner, oleh karena itu, jika anda punya kemampuan buat banner yang mumpuni dan punya blog, anda bisa jual jasa pembuatan banner.

Yang terpenting, anda tahu teknik DKV dan bisa menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti photoshop.

Saran saya, karena jasa semacam ini sudah banyak di internet, baiknya anda buat portofolio dulu untuk memperkenalkan diri anda serta memperlihatkan kemampuan anda dan karya-karya yang pernah anda buat sebelumnya.

16. Jasa pembuatan akun AdSense

cara menghasilkan uang dari blog

Banyak blogger pemula yang sulit diterima AdSense. Bahkan ada yang menganggap apabila blognya sudah diterima oleh AdSense merupakan prestasi tersendiri selama menjadi blogger.

Tapi tentu saja, enggak semua orang punya pengalaman yang sama. Oleh karena itu, anda bisa buka jasa pembuatan akun adsense semacam ini di blog.

Pada poin ini, anda bisa tawarkan dalam paket pembuatan blog sebagaimana yang sudah saya jelaskan dibagian atas pada segmen jasa pembuatan blog.

Untuk harga cukup variatif sih. Di pasaran saat ini, jasa pembuatan akun AdSense aktif berkisar Rp. 75 ribu hingga 100 ribu rupiah per blog.

Selain itu, anda juga bisa tawarkan jasa serupa yang masih berkaitan dengan jasa pembuatan akun adsense aktif, seperti:

  • Jualan akun AdSense
  • JV [Joint venture] AdSense
  • Dan lain sebagainya

17. Iklan

menghasilkan uang dari blog

Menghasilkan uang dari blog dengan iklan adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang paling umum.

Untuk kategori iklan ini, tersedia beberapa pilihan jenis iklan, seperti misalnya:

  • Banner ads
  • native ads
  • Video ads
  • Slot iklan mandiri [sudah dijelaskan dibagian atas]
  • Dan lain sebagainya

Platform perikalanan dengan bayaran paling populer tetap dipegang AdSense. Karena mereka menawarkan sistem pembayaran yang lengkap mulai dari RPM [kueri, iklan, halaman], CPC, CTR dan lain sebagainya.

Soal ini saya enggak perlu banyak bacot, anda pasti tahu alasannya. Selain itu, menghasilkan uang dari blog dengan iklan telah menjadi salah topik dalam dunia blogging yang paling general.

Apabila anda belum pasang iklan di blog, ada tiga alternatif yang bisa anda pilih. Yakni menggunakan jasa pembuatan akun AdSense, membeli paket pembuatan blog sekaligus adsense atau mencari alternatifnya.

Untuk alternatif periklanan selain adSense, anda bisa baca postingan saya tentang:

18. Kursus privat untuk blogger

cara menghasilkan uang dari blog

Ada beberapa blogger yang saya lihat membuka jasa kursus privat untuk blogger secara online salah satunya adalah blognya mastimon.

Dan anda bisa menghasilkan uang dengan membuka kursus semacam ini. Apalagi jika blog anda sudah terkenal dan populer dikalangan blogger.

Pendapatan dari les privat semacam ini juga cukup tinggi namun tergantung pada paket yang anda tawarkan beserta materinya.

Begitu juga soal bayarannya. Orang-orang yang bergabung pada les privat yang anda selenggarakan tersebut harus membayar uang muka. Uang muka inilah yang akan menjadi penghasilan anda.

Untuk platform les privat, anda bisa menggunakan blog yang telah di privatisasi pembacanya atau menggunakan aplikasi Chat seperti WhatsApp dan telegram serta video.

Anda juga bisa menyelenggaran kelas-kelas online berbayar dengan tipikal serupa les privat diatas seperti misalnya webinar dan live streaming learning.

19. Url shortener

cara menghasilkan uang dari blog

Salah satu solusi untuk menghasilkan uang dari blog tanpa menempatkan iklan di antar muka situs atau blog adalah dengan menggunakan URL shortener.

Menghasilkan uang dari blog dengan URL shortener cocok dilakoni oleh blog-blog download.

Sebenarnya, URL shortener sudah lama dijadikan alternatif penghasilan di blog download, karena biasanya, blog download itu sangat sulit diterima AdSense.

Untuk url Shortener ini, bayaran yang terima berupa CPM atau cost per mile. Dimana anda akan dibayar per 1000 kali tayangan.

Jika anda ingin menghasilkan uang dari URL Shortener atau sedang mencari situs URL shrotener dengan bayaran tinggi, bisa lihat postingan saya dibawah ini:

20. Membership berbayar

cara menghasilkan uang dari blog

Metode monetisasi semacam ini pun cukup menjanjikan, terlebih jika konten-konten yang anda buat itu berkualitas tinggi dan eksklusif.

Sistemnya gini, anda membuat dua jenis konten di blog. Yang pertama, konten biasa dan yang kedua konten premium.

Untuk konten premium adalah konten yang pembahasannya mendalam, informatif dan menarik. Yang saya sebut sebagai konten berkualitas dan eksklusif.

Agar pengunjung bisa membaca konten tersebut, mereka harus menjadi member premium atau berbayar.

Untuk bayarannya sih cukup variatif. Namun biasanya, per satu konten premium, member harus keluarkan kocek mulai dari 1 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Biasanya juga, pemilik blog akan menawarkan paket langganan untuk 1 bulan, 3-6 bulan hingga satu satu tahun.

21. Jual blog

cara menghasilkan uang dari blog

Yang paling terakhir adalah dengan menjual menjual blog anda. Untuk kategori jualan blog ini, ada dua poin yang saling berkaitan satu dengan yang lain, yakni:

  • Menjual blog yang dimiliki saat ini
  • Jualan blog dengan tawaran paket sebagaimana yang sudah saya jelaskan dibagian atas

Opsi ini bisa dipilih apabila anda sudah sudah cape ngurusi blog. Untuk harga, bergantung pada banyaknya artikel, jumlah pengunjung hingga aspek-aspek lain seperti DA, PA, total penghasilan harian dan lain sebagainya.

Penutup

Tidak ada salahnya jika anda memaksimalkan semua cara diatas untuk mendapatkan penghasilan dari blog [kecuali poin terakhir].

Saran saya, baiknya fokus saja dulu sama satu jasa supaya anda tetap punya waktu untuk update konten di blog.

Selain itu, jika anda menjadi blogger aktif dan menawarkan berbagai jasa diatas, jangan fokus pada uang. Uang bakal datang sendiri kok.

Nah demikian artikel tentang 20+ cara menghasilkan uang dari blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *