Cara Menghapus Salah Satu Akun Email Gmail Google di HP Android 2022

Jika ponsel android milik anda ada lebih dari satu surel dan ingin menghapus salah satu akun email Gmail Google atau email lain, Microsoft Outlook misalnya, simak artikel ini sampai habis.

Pada dasarnya, dengan menghapus salah satu akun Gmail Google di android berarti anda memutuskan sinkronisasi data email dengan ponsel.

Sinkronisasi data itu memungkinkan anda mengakses ke berbagai aplikasi atau produk Google tanpa harus login berulang saat membukanya.

Selain itu, email tersebut bisa juga digunakan untuk menyimpan data-data seperti foto di Google Foto atau dokumen di Google Docs.

Dan cara ini tentu saja berbeda dengan tutorial sebelumnya seperti cara hapus akun Google, cara hapus akun Gmail sampai memutus koneksi aplikasi pihak ketiga yang terhubung.

Lantas dimana perbedaannya? Ada pada konteks bahasannya. Yang mana, dua artikel sebelumnya merujuk pada cara menghapus data akun Google atau email yang dibuat.

Sementara, pada cara yang satu ini, berarti anda menghapus sinkronisasi data akun Google yang anda di ponsel android.

Dengan demikian, email Google tersebut tidak lagi muncul di HP Android dan tidak lagi melakukan sinkronisasi.

Dan akun email tersebut tetap aktif. Artinya, anda bisa membuka email tersebut lalu menghubungkan kembali kembali ke ponsel.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus salah satu akun Gmail di HP Android merk apa saja seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, Samsung dan Realme, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Menghapus Salah Satu Akun Email Gmail Google di HP Android 2022

Lantas, bagaimana cara menghapus salah satu akun Gmail Google di Android? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah, seperti:

1. Buka ponsel android

Cara Hapus Sinkronisasi Data Email Gmail Google di Android Semua Tipe

Langkah pertama adalah membuka ponsel android milik anda untuk segala tipe entah itu Xiaomi, OPPO, Samsung atau merk lainnya.

Jika sudah, langsung buka setting atau pengaturan. Pada beberapa merk ponsel, fitur ini bernama setelan.

Setelah masuk ke setelan, silahkan scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan menu Akun & Sinkron lalu klik disitu.

2. Klik menu Google

Cara Hapus Sinkronisasi Data Email Gmail Google di Android Semua Tipe

Setelah masuk ke laman akun & Sinkron, biasanya akan muncul beberapa menu atau aplikasi yang pernah masuk pakai akun Google.

Atau, dalam bahasa teknis, data di aplikasi tersebut akan disinkronisasi dengan data aplikasi yang terinstal di ponsel.

Di tahap ini, silahkan scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan kolom Google lalu klik sekali disitu.

3. Pilih akun Google yang ingin dihapus

Cara Hapus Sinkronisasi Data Email Gmail Google di Android Semua Tipe

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis akun Google yang ingin di hapus jika anda punya satu atau lebih akun.

Untuk contoh saja, disini saya memilih salah satu akun dengan ID fathurmaman. Tinggal klik sekali pada alamat email akun yang hendak dihapus.

4. Klik opsi lainnya

Cara Hapus Sinkronisasi Data Email Gmail Google di Android Semua Tipe

Selanjutnya akan muncul laman data sinkronisasi akun Gmail Google di Android terkait dengan akun yang dipilih.

Data-data yang disinkronisasi ini ada banyak mulai dari data Google Fit, Detail orang, Google Drive, Gmail dan Google Kalender.

Baca Juga:

Termasuk juga Google Play Books, Kalender, Kontak, Play Game simpan di Awan, Tugas kalender dan informasi terkait lainnya.

Di tahap ini, jika tujuan anda memang ingin menghapus sinkronisasi data Email Google di Android, langsung klik lainnya.

5. Hapus Akun

Cara Hapus Sinkronisasi Data Email Gmail Google di Android Semua Tipe

Setelah klik lainnya, akan muncul dua opsi seperti sinkronkan sekarang dan hapus akun. Langsung klik opsi kedua yakni hapus akun.

Berikutnya tinggal tunggu proses penghapusan sinkronisasi email Google di HP Android. Jika berhasil, ada akan diarahkan kembali ke laman daftar akun Gmail yang disinkronisasi dengan ponsel.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini akan diulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu Sinkronisasi akun Gmail Google?

Sinkronisasi berarti anda menyinkronkan berbagai data Google ke ponsel langsung untuk memudahkan saat anda mengakses aplikasi Google.

Misalnya, jika anda download Google Drive, maka saat akses aplikasi tersebut anda tidak diminta login tiap kali ingin membukanya.

Sejauh ini, ada beberapa informasi data yang disinkronkan di ponsel seperti Data Google Fit, detail orang, drive, gmail dan google kalender.

Termasuk juga Google Play Books, Kalender, Kontak dan tugas di Kalender. Di laman ini juga anda bisa melihat informasi kapan terakhir kali disinkronkan.

2. Apa dampak menghapus akun sinkronisasi data Gmail Google di Android?

Dampaknya, anda tidak akan bisa lagi pakai akun tersebut untuk registrasi atau login otomatis ke aplikasi atau situs yang terkait dengan akun.

Selain itu, data-data yang terdapat di Google Foto, Google Drive atau mungkin informasi lainnya tidak bisa lagi diakses.

Kecuali jika anda login kembali ke akun gmail yang sebelumnya dibatalkan sinkronisasinya.

3. Apakah cara ini juga secara langsung akan menghapus akun Google?

Diatas sudah saya singgung soal ini yang mana, cara ini tidak berdampak ke status akun Google.

Artinya, menghapus salah satu email di HP Android tidak akan menghapus akun Google itu sendiri.

Disisi lain, apabila tujuan anda mau hapus akun Google atau Gmail di HP Android, dua caranya sudah saya tautkan pada hyperlink diatas.

4. Mengapa tidak bisa hapus data sinkronisasi Gmail di Android?

Ada beberapa alasan mengapa pengguna tidak bisa hapus data sinkronisasi gmail. Pertama, jaringan internet yang digunakan tidak stabil.

Yang kedua, email tersebut bermasalah. Solusinya, jika di HP Android tidak bisa, maka bisa login pakai browser yang ada di HP termasuk juga di PC atau laptop.

5. Bagaimana cara menghapus akun Google orang lain di HP sendiri?

Ada dua makna kata hapus disini. Pertama, memutuskan sinkronisasi Gmail di HP dan yang kedua menghapus akun Gmail Google itu sendiri.

Jika merujuk pada cara pertama, maka bisa ikuti tutorial yang ada diatas. Sementara, apabila merujuk pada cara yang kedua, bisa klik hyperlink untuk tautan hapus akun Google di pembuka artikel.

Penutup

Jika di satu ponsel ada banyak akun Gmail yang tidak digunakan, baiknya putuskan sinkronisasinya agar memudahkan anda menyimpan data.

Misalnya, saat ambil foto, jika anda baru buka satu akun untuk lihat surel yang masuk, maka data akan dicadangkan otomatis ke email tersebut.

DIsisi lain, saat ambil foto lagi esok hari, dan sebelumnya anda buka email yang berbeda dengan sebelumnya, maka foto akan dicadangkan ke email yang baru tersebut.

Jadi, data-data yang tersimpan tidak sinkron. Sehingga, saat mencari satu foto atau dokumen, anda harus buka email yang berbeda.

Disinilah fungsi sinkronisasi itu penting. Karena itu, disarankan untuk menggunakan satu atau dua alamat email saja di ponsel Android.

Demikian artikel tentang cara menghapus satu akun Gmail Google di HP Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar