8+ Cara Menghapus Akun Kitabisa dan Syarat-Syaratnya

Sudah sejak lama saya ingin menghapus akun Kitabisa karena saya punya dua akun. Satunya terhubung ke email dan satunya lagi di daftarkan pakai nomor telepon.

Ini terjadi karena beberapa tahun lalu saat mau berdonasi pada korban bencana di ibu kota tempat saya tinggal dengan menggunakan aplikasi Kitabisa.

Waktu berlalu, saya pun ganti HP ke yang baru. Dan ingin login kembali ke akun lama, tapi saya lupa password akun yang saya gunakan.

Selain itu, email yang dipakai sudah terhapus tapi alamat emailnya masih saya ingat persis. Akhirnya, saya putuskan untuk buat akun baru pakai nomor telepon.

Setelah akun tersebut jadi, baru saya ingat kalau email yang sudah lupa passwordnya tersebut masih bisa dipulihkan karena nomor yang dikaitkan dengan email tersebut masih aktif.

Nomor yang sama juga dipakai untuk didaftarkan di aplikasi kita bisa. Setelah proses recovery berhasil dan email kembali aktif, saya pun memutuskan untuk pakai satu akun saja.

Hanya saja, pada waktu itu, opsi hapus akun Kitabisa belum tersedia. Dan pada bulan November 2022, saat buka-buka aplikasi Kitabisa, ternyata opsi hapus akunnya sudah ada.

Artinya, saya sudah bisa menghapus akun Kitabisa yang lama dengan tujuan untuk menggunakan satu akun yang baru.

Oleh karena itu, untuk anda yang punya pengalaman yang sama seperti saya atau sekedar ingin menghapus akun Kitabisa, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Menghapus Akun Kitabisa Lengkap

Lantas, bagaimana cara menghapus akun Kitabisa? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka aplikasi Kitabisa

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Pertama silahkan buka aplikasi kitabisa yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, langsung klik opsi menu akun.

2. Klik pengaturan

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Setelah masuk ke akun, akan muncul berbagai informasi tentang akun mulai dari kantong donasimu, donasi otomatis, pengingat donasi dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Jika tujuan anda mau hapus akun Kitabisa, langsung klik opsi menu pengaturan seperti yang ditandai merah pada gambar diatas.

3. Klik opsi hapus akun

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Setelah opsi menu pengaturan terbuka, anda bisa lihat beberapa informasi seperti donasi sebagai anonim, pengguna yang diblokir hingga akun. Di bagian bawah akun, ada tulisan Hapus Akun. Klik saja disitu.

4. Baca informasi tentang penghapusan akun Kitabisa

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Kemudian akan muncul beberapa informasi terkait dengan penghapusan akun Kitabisa, yakni:

  • Hapus akun dengan informasi seperti ini: Kamu akan melakukan proses penghapusan akun di Kitabisa. Semua riwayat donasi dan doa yang sudah kamu lakukan tidak akan muncul di situs atau aplikasi kitabisa
  • Hal lain yang perlu kamu tahu: Kamu dapat melakukan proses registrasi ulang menggunakan alamat email dan nomor hp yang saat ini terdaftar apabila ingin kembali menggunakan kita bisa dan ketika kamu menggunakan kredensial lama untuk mendaftar akun baru, data di akun lama kamu tidak akan terbawa ke akun baru

Jika sepakat dengan dua informasi terkait dengan penghapusan akun Kitabisa, langsung klik tulisan Hapus akun berwarna merah yang ada dibawah.

5. Setujui informasi penghapusan akun

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Terakhir akan muncul informasi seperti ini: Yakin mau menghapus akun? Jika yakin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

  • Seluruh permintaan transaksi yang sedang diproses otomatis akan dibatalkan
  • Saldo kantong donasimu akan disalurkan Kitabisa ke galang dana pilihan, atau kamu bisa melakukan pengembalian saldo ke rekeningmu.

Jika yakin, centang kolom persetujuan, Oke Saya setuju lalu klik tombol Hapus yang ada di bagian samping untuk mengkonfirmasi.

6. Masukkan kode OTP

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan kode verifikasi OTP untuk mengkonfirmasi penghapusan akun Kitabisa.

Tergantung dimana anda mendaftar. Sebagai contoh, karena disini saya ingin hapus akun Kitabisa yang connect ke Gmail, maka saya diminta untuk memasukkan kode yang dikirim ke akun Gmail.

Dengan demikian, silahkan periksa email yang terdaftar di akun Kitabisa dan cari email yang dikirim oleh Sistem Kitabisa dengan subjek Kode verifikasi hapus akun Kitabisa.

Di badan email, ada kode OTP. Salin kode tersebut lalu pastekan di kolom ini. Kalau sudah, langsung klik tombol Verifikasi di bawah.

8. Informasi akun Berhasil di hapus

Cara Menghapus Akun Kitabisa

Setelah kode OTP di masukkan, secara otomatis sistem akan menghapus akun Kitabisa milik anda dan anda langsung dialihkan ke beranda aplikasi.

Selain itu, anda juga akan dapat pemberitahuan bahwa akunmu berhasil dihapus. Langsung klik Tutup untuk kembali kehalaman pendaftaranya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu aplikasi Kitabisa? Apa fungsinya?

Kitabisa adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang berdonasi kepada orang lain atau melakukan Zakat dan Wakaf.

Minimum donasi di aplikasi ini cukup rendah dimana anda hanya perlu sisihkan Rp10.000 ke dalam aplikasi untuk kemudian disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Prinsip utama dari aplikasi ini adalah saling bantu, yang menjembatani para donatur patungan untuk membantu korban kecelakaan, sakit kritis dan lain sebagainya.

Ada banyak pilihan donasi yang tersedia di aplikasi ini mulai dari dompet digital seperti Gopay, DANA, OVO, LinkAja dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memanfaatkan cashback dari aplikasi tersebut untuk di donasikan. Selain itu, riwayat donasi anda di dalam aplikasi bisa dipantau.

Pengguna juga bisa membuat kampanye sendiri untuk mendapat bantuan dari pengguna kitabisa lain atas nama individu atau organisasi.

Singkatnya, ini adalah aplikasi yang sangat berguna karena siapapun bisa berdonasi di aplikasi ini dan siapapun bisa menerima donasi.

2. Apa saja syarat-syarat untuk menghapus akun Kitabisa?

Sepanjang pengalaman saya diatas, untuk saat ini, hanya ada satu syarat agar anda bisa menghapus akun Kitabisa milik anda.

Syaratnya sendiri bergantung sama jenis ID yang didaftarkan. Misalnya, jika anda daftarnya pakai Email, pastikan email tersebut masih bisa di akses.

Sebab nantinya anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim ke email yang terdaftar tersebut. Bagaimana jika emailnya sudah tidak aktif?

Berarti anda tidak bisa menghapus akun. Kasus yang sama juga berlaku apabila anda sebelumnya daftar pakai nomor telepon aktif.

Jika email atau nomor telepon tersebut sudah tidak aktif, sebelum menghapus akun, sebaiknya anda ganti email atau nomor teleponnya dulu. Opsi penggantian nomor telepon atau email ini tersedia di pengaturan.

3. Apakah bisa mengaktifkan kembali akun Kitabisa yang sebelumnya dihapus permanen?

Bisa. Artinya, anda bisa menggunakan email atau nomor telepon yang sebelumnya sudah dihapus permanen untuk didaftarkan kembali ke aplikasi kitabisa.

Hanya saja, riwayat transaksi atau riwayat donasi anda di aplikasi kita bisa, termasuk nama di profil, tidak tersedia lagi alias sudah terhapus permanen.

Penutup

Sebagai salah satu situs fundraising paling populer di Indonesia, Kitabisa memungkinkan seseorang atau individu untuk berdonasi, melakukan zakat serta wakaf.

Hanya saja, tak jarang ada pengguna yang ingin menghapus akun dengan alasannya sendiri mulai dari akun ganda, ingin berhenti sejenak berdonasi atau sudah menggunakan aplikasi donasi yang lain.

Demikian artikel tentang cara menghapus akun Kitabisa Permanen dan syarat-syaratnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar