Cara Mengganti Pointer Mouse Di Windows 10

1 min read

Cara Mengganti Pointer Mouse

Cara Mengganti Pointer Mouse Di Windows 10 – Tampilan pointer mouse bawaan mungkin agak kurang bagus sehingga anda ingin menggantinya dengan icon lainnya. Tetapi anda bingung bagaimana caranya? Tenang, disini saya akan memberikan cara mengganti pointer mouse dengan ikon lainnya di Windows 10.

Baik windows 7, 8.1 dan windows 10 memungkinkan para penggunannya untuk menganti pointer mouse. Caranya menggantinya hampir sama yakni kita hanya diharuskan untuk masuk ke menu control Panel dan mencari mouse/pointer.

Apa itu pointer mouse?

Pointer mouse atau yang lazim disebut sebagai kursor juga dikenal sebagai anak panah mouse adalah gambar grafis yang digunakan untuk mengaktifkan atau mengendalikan unsur tertentu pada antarmuka pengguna grafis di windows.

Lebih jelasnya lagi, ini menunjukan dimana mose anda harus melakukan tindakan selanjutnya, seperti membuka program atau menyeret file ke lokasi lain yang ditentukan oleh pengguna. Pointer mouse mengikuti jalur tangan penguna saat mereka menggerakan mouse.

Baca Juga : Windows 10 Sering Restart Sendiri? Cek 4 Bagian Ini

Pointer mouse adalah fitur yang sangat penting dari sebuah perangkat komputer, tanpa pointer mouse tersebut kita pasti akan kesusahan menggerakan windows atau membuka file. Secara default, ini terlihat seperi panah yang runcing atau anak panah. Saat diposisiklan diatas teks yang dapat dipilih, pointer mouse akan muncul sebagai kursor i-beam. Saat melayang diatas tatutan, tautan itu akan muncul sebagai jarum penunjuk.

Kursor i-beam atau yang lazim disebut pointer i-beam adalah mouse kursor yang menunjukan bahwa proses mouse diatas area dimana teks dapat diketik. Bentuknya menyerupai huruf capital ‘I’. Saat kursor mouse anda berubah menjadi i-beam, anda dapat menambahkan teks, mengurangi teks dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mudah Ubah Ukuran Gambar Tanpa Aplikasi Di Windows

Teks tersebut dapat disorot, dimasukan atau dibuah di area tersebut. Biasanya kursor i-beam ini akan berubah secara cepat saat anda membuka dokumen di Microsoft word. Lalu bagaimana cara menganti icon kursor ini? Baca artikel ini sampai habis.

Cara mengganti icon kursor di Windows

Jika anda ingin mengganti icon kursosr di Windows silahkan baca artikel ini sampai habis. Sebenarnya disini anda hanya dapat mengganti icon kursor dengan icon bawaan dari Windows. Karena saya tidak memiliki ikon kursor lain, jadi dalam tutorial ini hanya terbatas pada icon kursor bawaan dari Windows. Nah berikut caranya.

Langkah 1. Silahkan buka desktop komputer anda

Langkah 2. Setelah desktop komputer terbuka silahkan klik Pengaturan. Di Windows 10, pengaturan terletak dibagian sebelah kanan menu

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows

3. Setelah masuk ke menu pengaturan, silahkan klik Device

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows


4. Jika sudah masuk ke menu Device> Klik submenu Mouse

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows


5. Setelah itu, cari Related Settings lalu klik Additional Mouse Options

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows


6. Setelah masuk ke menu Additional mouse options> Klik Pointers

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows


7. Disini anda akan disuguhkan daftar pointers mouse. Silahkan pilih daftar pointer mouse yang anda mau.

Cara Mengganti Pointer Mouse Dengan Ikon Lainnya Di Windows

Nah sampai disini anda sudah bisa menganti pointer mouse di komputer anda. Seperti yang saya sebutkan diatas, dalam tutorial ini anda hanya dapat mengganti pointer mouse dengan pointer bawaan dari Windows. Jika anda ingin menggantinya dengan icon bawaan lain, silahkan cari di internet. Ada banyak sekali gambar pointer mouse yang dapat di dowload dengan gratis dengan gaya yang berbeda-beda.

Nah demikian artikel tentang cara mengganti pointer mouse di Windows. Cara ini dapat anda terapkan di jenis Windows manapun, baik itu di Perangkat Computer atau di Laptop. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *