Cara Mengganti Ikon Folder di Windows 10 Dengan Cepat

3 min read

cara mengganti icon folder di windows 10

Diberbagai varian windows entah itu Windows 7, 8.1 dan 10 memungkinkan anda mengganti Ikon folder. Dan di artikel kali ini saya hendak mengulas cara mengganti ikon folder di Windows 10.

Untuk mengganti icon folder, anda bisa menggunakan icon folder default yang ada di Windows 10 atau icon yang anda dapatkan dari internet.

Anda juga bisa buat icon folder sendiri menggunakan gambar atau foto anda sendiri dengan memanfaatkan berbagai tools konversi format foto yang banyak tersedia saat ini.

Oh iya, format gambar yang digunakan sebagai icon folder adalah .ICO jadi anda enggak bisa menggunakan format lain, .PNG atau .JPG misalnya.

Lantas, bagaimana cara mengganti Icon Folder di Windows 10? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

Cara Mengganti Ikon Folder di Windows 10 Dengan Cepat

Perlu diketahui, cara ini hanya memungkinkan anda mengganti icon pada satu folder saja yang sudah anda tentukan atau pilih sebelumnya.

Jika anda ingin mengganti sebagian besar folder yang ada di komputer atau laptop anda, anda harus menggantinya satu per satu.

Sebelum lanjut, perlu diketahui juga, anda enggak bisa mengatur dimensi iconnya. Dengan kata lain, jika gambarnya kecil, maka tampilannya di folder juga akan kecil.

Jika gambarnya besar, maka tampilannya juga besar. Karena itu pilihlah gambar yang sesuai agar tampilannya lebih bagus.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan Cara mengganti icon Folder di Windows 10.

1. Cari folder yang mau diganti iconnya

Langkah pertama adalah membuka file explorer komputer atau laptop anda dan cari folder mana yang mau diganti Iconnya.

Disini anda bebas memilih icon folder yang ingin anda ganti, sebagian besar icon folder dapat diganti kecuali yang tidak diizinkan administrator.

Untuk mengakses file Explorer anda bisa gunakan shortcut Win+E yang secara otomatis akan membuka file explorer di komputer atau laptop anda.

2. Buka menu konteks

cara mengganti icon folder di windows 10

Setelah file explorer terbuka silahkan cari foldernya. Setelah foldernya didapat, langkah berikutnya adalah klik Kiri untuk membuka menu Konteks.

 3. Buka properties

cara mengganti icon folder di windows 10

Setelah menu konteks terbuka silahkan klik tab properties. Di tab properties ini silahkan arahkan kursor ke tab menu Costumize. Di tab inilah anda bisa mengganti Icon folder komputer atau laptop anda.

4. Mengubah icon

cara mengganti icon folder di windows 10

Setelah tab costumize terbuka, silahkan arahkan kursor ke tombol Change Icon. Dan secara otomatis akan muncul daftar icon folder default windows 10 yang bisa dipilih.

Jika anda mempunyai ikon sendiri, silahkan klik Browse lalu cari ikon yang mau digunakan. Jika anda belum memilikinya, silahkan lihat daftar Icon disini. Jadi pilih saja yang menurut anda pas dan sesuai.

5. Simpan

Untuk menyimpan icon folder yang sudah dipilih, silahkan klik OK. Secara otomatis icon akan tersimpan.

Microsoft secara default menyediakan icon folder yang tersedia secara otomatis dalam sistem ketika anda menginstal Windows 10 di komputer atau laptop.

Letaknya tergantung di partisi mana yang digunakan untuk menginstal Windows 10. Jika anda menggunakan partisi C: maka iconnya tersimpan di folder-folder seperti:

  • C:Windowssystem32shell32.dll
  • C:Windowssystem32imageres.dll
  • C:Windowssystem32moricons.dll
  • C:Windowsexplorer.exe
Cara Mengubah Icon folder di Shortcut

Windows 10 juga memungkinkan anda untuk mengganti icon folder shortcut yang biasanya terletak di layar depan atau beranda komputer atau laptop anda.

Karena merupakan shortcut jadi anda bisa mengganti iconnya. Sebagai contoh, di layar beranda anda terinstal beberapa aplikasi salah satunya adalah Google Chrome.

Anda bisa mengganti iconnya dengan gambar yang diinginkan. Untuk menggantinya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik kiri pada aplikasi atau folder yang hendak diganti Iconnya untuk membuka menu konteks lalu klik Propertiescara mengganti icon folder di windows 10
  • Setelah itu klik Change Iconcara mengganti icon folder di windows 10
  • Setelah itu pilih icon mana yang mau digunakancara mengganti icon folder di windows 10

Pada beberapa aplikasi sudah disediakan icon default yang bisa dipilih. Sebagai contoh, icon shortcut Google Chrome hanya tersedia tujuh icon default saja saja.

Selain itu, anda enggak diizinkan untuk menggunakan icon lain karena alasan kompatibilitas. Jika yang diganti folder, kemungkinan ada pilihan lain.

Untuk mengganti dengan icon lain, Microsoft Edge misalnya, silahkan ikuti langkah-langkah diatas.

Cara mengganti dekstop Icon

Dekstop Icon ini mencakup beberapa folder utama yang ada di Windows 10 seperti My Computer, Recycle Bin, Network dan lain sebagainya.

Jika anda ogah dengan tampilannya yang begitu-begitu saja, anda bisa menggantinya kok. Cara menggantinya pun berbeda dengan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.

Sebab disini anda harus mengakses pengaturan dasar di komputer atau laptop yang digunakan. Lantas bagaimana mengganti dekstop icons, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka komputer atau laptop yang digunakan> lalu buka pengaturan atau settingscara mengganti icon folder di windows 10
  • Setelah itu klik Perzonalisationcara mengganti icon folder di windows 10
  • Di tab personalisasi silahkan klik Theme dan scrool sedikit ke bawah sampai anda menemukan Related settings lalu klik tulisan Dekstop Icon Setingscara mengganti icon folder di windows 10
  • Disini menu pengaturan icon dekstop akan terbuka. Silahkan pilih icon yang mau diganti. Sebagai contoh, saya klik tulisan This PC> lalu klik Change Iconcara mengganti icon folder di windows 10
  • Setelah itu anda akan disuguhkan beberapa daftar icon folder yang bisa dipilih. Jika anda punya icon yang lain, silahkan klik Browse dan cari icon tersebutcara mengganti icon folder di windows 10
  • Jika langkah ini sudah selesai silahkan klik OK untuk menyimpannya

Setelah icon tersebut berhasil di ganti, maka ia akan tampil di File explorer, Dekstop atau dibilah tugas saat folder terbuka.

Untuk mengganti icon dekstop yang lain, Recycle Bin misalnya, silahkan ikuti langkah-langkah diatas sampai selesai.

Cara mengembalikan icon folder ke versi default

Untuk mengembalikan icon folder ke versi defaultnya anda tinggal ikuti petunjuk yang sama diatas, namun di tahap akhir, perintah akan berbeda.

Agar lebih paham, berikut langkah-langkah mengembalikan icon folder ke versi default atau versi standarnya:

  • Silahkan buka folder yang ingin dikembalikan iconnya ke versi sebelumnya. Disini berarti anda memilih folder yang telah anda ganti iconnya
  • Setelah itu, klik kanan untuk membuka menu konteks> klik Properties
  • Jika menu Properties telah terbuka, langkah selanjutnya masuk ke menu Costumize> lalu klik Change icon
  • Setelah masuk ke menu Change Icon> klik tombol Restore Defaults. Perintah ini secara otomatis akan mengembalikan icon folder ke versi default atau awalcara mengganti icon folder di windows 10
  • Jika langkah ini sudah selesai dilakukan, sudah klik OK untuk menyimpannya

Kadang kala, mengembalikan bentuk folder ke versi sebelumnya hanya menghilangkan iconnya saja dan enggak mengembalikan ke format folder paling awal.

Penutup

Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk mengganti icon folder yang diletakkan di bilah tugas atau navigasi.

Sebab folder itu merupakan folder pintasan yang fungsinya seperti yang terdapat di beranda laptop atau dekstop anda.

Beberapa waktu lalu juga saya mencari cara untuk mengganti icon folder untuk Drive. Namun karena drive bukanlah pintasan, maka saya kesulitan untuk menggantinya.

Untuk anda yang ingin mengganti Icon Drive di Windows 10 silahkan gunakan tools Drive Icon Changer yang bisa anda download di Microsoft Store.

Demikian artikel tentang cara mengganti ikon folder di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *