4+ Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop Lengkap

Sebenarnya ada banyak cara dan metode yang memungkinkan anda mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang dimiliki.

Cara paling umum adalah dengan mengakses menu about di pengaturan. Dan perlu diketahui, mengakses menu system juga bisa dilakukan lewat pencarian Cortana.

Lantas, mengapa wajib mengetahui spesifikasi komputer atau laptop? Alasannya apa? Bagi saya pribadi, ada banyak alasannya.

Pertama agar bisa menakar seberapa cepat dan powerfullnya perangkat tersebut. Dan dua hal diatas berkaitan sama kapasitasnya.

Misalnya, jika ingin suatu aplikasi yang mengharuskan anda punya komputer dengan RAM 8 sementara punya anda RAMnya cuma 4 maka tentu saja anda tidak menginstal aplikasi tersebut.

Lebih jauh lagi, spesifikasi komputer memungkinkan anda untuk mengidentifikasi apakah suatu komputer itu benar-benar work sesuai kebutuhan atau tidak.

Misalnya nih, anda mau instal Windows 11 di komputer. Dan setelah di cek ternyata prosesor komputer anda belum sesuai dengan spesifikasi yang diminta.

Dan inilah yang saya alami saat mau instal Windows 11 di Komputer All-In-One (AIO) ASUS milik saya.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara mengetahui spesifikasi komputer atau cara cek spesifikasi laptop, simak artikel ini sampai habis.

4+ Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop Lengkap

Lantas, bagaimana cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan menu About Your PC

Cara pertama dan paling umum dilakukan user untuk mengetahui spesifikasi komputer atau laptop adalah dengan menggunakan menu about your PC.

Lantas, bagaimana cara cek spek komputer atau laptop dengan menu ini? Ikuti langkah-langkah yang ada dibawah:

  • Buka komputer atau laptop yang ingin diketahui spesifikasinya. Setelah terbuka, arahkan kursor ke laman pencarian Cortana yang ada di sebelah Start Menu Windows. Setelah itu, silahkan masukkan keyword ini di kolom pencarian: About Your PC lalu tekan enter atau biarkan saja sampai resultnya muncul
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Jika sudah, pada result best match tinggal klik Enter sekali maka anda langsung diarahkan ke lama about di opsi menu Setting
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Nah dilaman ini anda bisa lihat berbagai informasi tentang komputer atau laptop anda yang terdiri dalam tiga kategori utama.

Mulai dari device specifications seperti Device name, processor, RAM, device ID, Product ID, System type hingga pen and touch.

Berikutnya ada informasi soal Windows specifications yang terdiri dari edisi Windows, versi, tanggal instal, OS Build hingga experience.

Paling terakhir, terdapat menu support yang terdiri dari manufacturer dan website. Oh iya, di menu ini juga bisa dipakai untuk mengubah kunci produk.

Atau mungkin untuk mengupgrade edisi windows, membaca Microsoft Service agreement hingga membaca ketentuan Microsoft Software.

2. Menggunakan fitur Settings

Cara kedua ini kurang lebih sama seperti cara pertama diatas tapi untuk cara akses menu Aboutnya berbeda dimana harus membuka menu settings.

Fitur ini secara default tersedia di semua varian Windows sehingga user bisa melihat konfigurasi komputer atau atau sistem yang digunakan.

Lantas, bagaimana cara melihat spek laptop pakai menu Settings? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka komputer atau laptop yang digunakan. Jika sudah terbuka, arahkan kursor ke menu Start lalu klik sekali disitu
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Jika menu start sudah terbuka, langsung klik icon roda gigi atau settings untuk membuka pengaturan
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Setelah masuk ke pengaturan, langsung klik tombol opsi menu System
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Setelah menu system terbuka, arahkan kursor ke opsi About yang ada di bagian bawah lalu klik sekali disitu
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Nantinya akan terbuka berbagai informasi seperti tentang komputer termasuk informasi manufaktur dan developer untuk dapatkan dukungan.

3. Akses menu This PC di My Computer

Cara berikutnya untuk mengetahui spek komputer atau laptop adalah dengan mengakses menu This PC yang lokasinya ada di My Computer.

Sama seperti cara sebelumnya dimana lewat cara ini anda bisa akses informasi penting terkait dengan personal computer yang dipakai.

Lantas, caranya bagaimana? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langakh dibawah ini:

  • Buka Windows Explorer yang ada di komputer anda dengan cara klik icon folder atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Windows + E. Setelah menu Windows Explorer teuka, arahkan kursor ke menu This PC lalu klik kanan sekali
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Nantinya, akan terbuka menu konteks. Di tahap ini silahkan pilih opsi opsi yang terakhir yakni Properties
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Setelah itu, secara otomatis anda terbuka laman baru dimana anda akan diarahkan ke menu Setting about PC ang dengan menu yang sama seperti diatas.

4. Menggunakan tools System information

Selain dengan menggunakan menu About Your PC, anda juga bisa mengetahui spesifikasi komputer atau laptop dengan menggunakan tools system information.

Caranya bagaimana? Cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pada menu pencarian cortana, silahkan masukkan keyword pencarian ini: System information. Jika sudah, klik Enter. Jika resultannya sudah muncul, silahkan pilih opsi yang pertama
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Kemudian jendela informasi system akan terbuka. Nah disini anda bisa lihat berbagai informasi tentang spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

System summarynya sendiri terbagi dalam tiga bagian utama mulai dari hardware resources, component dan software environment.

Di bagian samping, terdapat banyak informasi soal komputer atau laptop mulai dari OS name, versi, manufacturer, system name, sistem manufacturer, model, SKU, locale dan lain sebagainya.

5. Cek Spek PC dengan CMD

Anda juga bisa mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan pakai command prompt. Hasil yang ditampilkan sama saja.

Tapi ada sedikit perbedaan soal distribusi informasi yang disampaikan. Agar jelas, berikut disajikan cara cek spek komputer atau laptop pakai CMD:

  • Buka menu command prompt atau CMD. Untuk akses menu ini ada banyak cara. Paling mudah adalah dengan memasukkan istilah CMD di kolom pencarian Cortana
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Anggap saja CMDnya sudah terbuka. Jika sudah, langsung masukkan perintah ini: systeminfo lalu tekan enter sekali
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Lalu tunggu proses loadingnya yang berlangsung kurang lebih 10 detik. Dan secara otomatis, info sistem akan terurai di CMD
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Informasinya kurang lebih sama seperti dua versi sebelumnya dimana anda bisa lihat OS name, OS version, manufacturer, configuration, OS build type dan lain sebagainya.

Terdapat juga informasi soal network cards hingga hyper-V requirements yang berkaitan dengan monitor mode extensions hingga data execution prevention.

6. Pakai Windows PowerShell

Sebagai salah satu program command line interface (CLI), Microsoft juga memungkinkan pengguna mengakses informasi komputer lewat menu ini.

Untuk tujuan tersebut, pengguna tinggal akses buka PowersHell lalu memasukkan beberapa perintah dasar terkait dengan info komputer atau laptop.

Lantas, bagaimana cara menggunakan PowerShell? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini: 

  • Silahkan buka Windows PowerShell entah yang terdapat di menu start atau bisa juga dengan menggunakan pencarian Cortana seperti dalam kasus CMD di atas
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Jika Windows powerShell sudah terbuka, masukkan perintah ini Get-ComputerInfo di kolom kosong yang tersedia lalu tekan Enter sekali
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop
  • Berikutnya silahkan tunggu proses eksekusi perintah dilakukan. Jika sudah, akan muncul berbagai informasi spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer atau Laptop

Informasi yang ditampilkan di cukup lengkap dan spesifik dimana anda bisa lihat Windows Build LabEx, current version, tipe instalasi dan lain sebagainya.

Penutup

Perlu diketahui, spesifikasi laptop atau komputer yang dipakai akan menentukan performanya apakah bagus atau tidak.

Performa ini juga berhubungan dengan pengetahuan apakah hardware atau software bisa diinstal atau digunakan pada komputer atau laptop tersebut.

Demikian artikel tentang cara mengetahui spesifikasi komputer atau laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar