2+ Cara Mengetahui Postingan Blog Yang Belum Terindeks Google

4 min read

Terindeks Google

Pernah gak anda bertanya-tanya, bagaimana sih cara cek artikel yang sudah atau belum terindeks Google? 

Setahu saya ada. Dan cara itulah yang bakalan saya ulas di artikel kali ini. Cara ini juga yang biasa saya lakukan setiap kali mau audit URL blog.

Oh iya, sebenarnya cara ini sendiri baru saya tahu beberapa waktu lalu setelah interface atau tampilan antarmuka Google Search Console diganti dengan yang baru.

Tampilannya jauh lebih bagus menurut saya dibanding yang lama, terlebih untuk grafik indexing yang terlihat hidup dan penuh warna.

Di versi lama, kalau mau ngecek artikel-artikel yang belum terindeks Google agak susah. Karena itu, banyak blogger yang lebih memilih menggunakan cara manual.

Cara manual ini bagi saya pribadi gak efisien. Apalagi jika artikel di blog sudah banyak, pasti repot kalau mau ngeceknya satu per satu.

Sementara, di fitur yang baru, para pengguna Console akan disuguhkan secara jelas jumlah postingan yang belum terindeks ke Google.

Jumlah tersebut bukanlah jumlah pasti ya, karena laporan di Console yang gak live. Namun bisa dijadikan tolok ukur untuk mengetahui postingan mana saja yang belum terindeks Google.

2 Cara Mengetahui Postingan Blog Yang Belum Terindeks Google

Seperti yang saya sebutkan diatas, kali ini akan saya ulas dua cara mengetahui postingan blog yang belum terindeks Google.

Mulai dari cara manual dan cara yang memanfaatkan fitur pengecualian di laporan indeks Console. Lalu bagaimana caranya? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Cara Manual

Pada cara manual ini juga terbagi menjadi dua bagian, diantaranya:

a. Menggunakan URL blog

Uniform Resource Locator atau yang lazim disingkat URL merupakan lokator sumber seragam sebuah artikel yang ditulis dan diposting di blog.

Sebagai contoh, url blog ini adalah http://paulipu.com/cara-mudah-mengetahui-postingan-blog-yang-belum-terindeks-google/.

Untuk mengetahui apakah url blog ini sudah terindeks ke Google, maka anda bisa copy pasti URL diatas lalu tempelkan di kolom pencarian Google.

Oh iya, baiknya jangan di tempelkan di Bar pencarian atas, melainkan pada kolom hasil pencarian. Karena jika ditempelkan di bar atas maka akan diarahkan langsung ke dalam artikel.

Sebagai contoh, anda bisa melihat gambar dibawah ini:

belum terindeks Google

Jika search result Google menampilkan hasil penelusuran seperti diatas, berarti URLnya sudah terindeks Google.

Namun jika tidak menampilkan apa-apa, atau menampilkan artikel lain didalam blog anda, berarti URL tersebut belum terindeks.

b. Memanfaatkan fitur site web

Fitur kolom site ini seperti sitemap yang ada di search console, yang akan menampilkan daftar artikel yang berhasil di crawling Google.

Sementara, di kolom pencarian, akan ditampilkan daftar artikel yang sudah terindeks Google. Karena, sekalipun artikel sudah di crawling Google belum tentu ia akan muncul di SERPs.

Dengan kata lain, anda bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk mengecek apakah artikel di blog anda sudah terindeks Google atau belum.

Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Google search entah itu di desktop atau laptop
  • Setelah itu masukkan site: diikuti nama blog anda [tanpa spasi]. Sebagai contoh, site:paulipu.com
  • Jika sudah silahkan tekan enter maka daftar artikel blog yang sudah terindeks Google akan muncul di kolom hasil pencarianbelum terindeks Google

Cara ini cukup repot terlebih jika artikel didalam blog sudah banyak. Karena anda harus mengeceknya satu per satu.

Sebagai contoh, jika saya menggunakan model diatas, hasil indeks blog saya sudah mencapai 1800. Tapi tidak semua yang diindeks merupakan artikel.

Namun, dengan jumlah indeks seperti itu, dapat dipastikan kalau seluruh artikel yang ada di blog saya ini sudah berhasil di indeks.

Oh iya, jumlah diatas bukanlah jumlah artikel di blog ini ya. Lagian, saya menggunakan WordPress, yang memungkinkan Google untuk mengindeks kategori dan tag yang ada sehingga jumlahnya melonjak.

Cara yang kedua ini juga dapat digunakan untuk mengecek satu atau dua keyword yang ada di blog anda.

Sebagai contoh, jika anda mencari keyword nakal seperti Por*o yang pernah anda tulis atau bahas di blog, maka anda bisa mengetikkan P*rno:namabloganda.com

Ada gak cara yang lebih mudah? Ada kok. Cara ini bakalan saya ulas dibawah ini. Baca terus artikel ini ya 😀

2. Memanfaatkan sitemap di Google search console

Berbeda dengan cara manual diatas, pada cara yang kedua ini anda hanya perlu membuka Google Search Console yang digunakan.

Jika blog anda terdaftar ke situs itu, baiknya daftar dulu deh. Karena fungsi tools ini sangat penting untuk melacak posisi website di search results.

Lalu bagaimana caranya? Udah gak sabar kan? Nah tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara melihat postingan yang belum terindeks Google menggunakan sitemap di Google Search Console.

  • Silahkan buka dasboard Google Search Console (GSC)> lalu pilih situs atau blog yang ingin anda cek postingan mana saja yang belum terindeks Google [Jika anda menggunakan satu akun console untuk beberapa situs atau website]
  • Setelah itu klik Liputan> lalu arahkan kursor pada kolom dikecualikan lalu klik disitu belum terindeks Google
  • Jika sudah silahkan scrol ke bawah untuk melihat cakupan indeks artikel yang bermasalah

Ada baiknya anda mencari kolom cakupan indeks tersebut satu per satu untuk melihat artikel mana saja yang bermasalah sehingga belum terindeks di Google.

Sebagai contoh, rata-rata artikel yang belum terindeks Google berada pada kolom dicrawl-tapi belum diindeks.

belum terindeks Google

Silahkan klik disitu dan cari link artikel mana saja yang sudah di crawling oleh bot Google namun belum juga muncul di hasil pencarian.

Oh iya, apabila ada kode setelah url seperti /feed atau kode lain, gak perlu di perbaiki. Sebaiknya cari saja URL utuh yang tampil pada kolom tersebut.

Keterangan Crawling Google

Biasanya ada beberapa keterangan umum di tag pengecualian ini yang secara langsung menunjukan artikel dan tag di blog anda yang bermasalah, seperti:

  • Di-crawl – Saat ini tidak di indeks : Jika anda melihat tulisan ini silahkan klik saja lalu cari dan copy URLnya. Setelah itu tempelkan di kolom penelusuran Google guna mengecek apakah link/URL tersebut belum juga di indeks. Sebenarnya laporan Search Console tidak live, jadi bisa saja url tersebut sudah terindeks namun belum masuk ke laporan search console
  • Dikeculikan oleh tag ‘Noindex : copy saja contoh URLnya seperti yang saya jelaskan diatas untuk memastikan apakah tag noindeks itu sudah berhasil diatasi atau tidak
  • Anomali Crawling : Jika anda kolom pemberitahuan semacam ini, yang biasanya sangat jarang, ada baiknya anda langsung gunakan alat Inspeksi URL untuk melihat status server dari URL-URL yang mengalami anomali Crawling tersebut
  • Ditemukan – Saat ini tidak diindeks : Ini biasanya dikarenakan pada saat Google Merayapi situs web/blog anda situs tersebut overload, lambat dan menyebabkan Google lama melakukan pengideksan. Jadi perayapannya tertunda. Jika anda mengalami masalah ini silahkan coba lagi beberapa hari kemudian
  • Halaman dengan Pengalihan : Cek URL tersebut apa memang sengaja dialihkan atau tidak. Jika anda sengaja mengalihkannya berarti gak perlu diatasi
  • Duplikat URL : Ini berarti ada dua URL yang sama didalam blog anda. Silahkan hapus salah satu artikel tersebut terlebih dahulu di blog anda. Lalu lihat beberapa hari kemudian
Solusi jika artikel sudah di posting namun belum juga terindeks Google

Lantas, apakah ada solusi atau cara mengatasi jika artikel didalam blog saya sudah diposting di blog tapi belum juga terindeks atau di crawling Google?

Sebenarnya gak ada solusi jitu. Jika sebelumnya anda sudah menggunakan fitur inspeksi namun artikel belum juga di indeks, coba inspeksi ulang.

Dan jika setelah 2-3 hari masih belum juga di indeks, kemungkinan ada masalah pada URL tersebut. Jika sudah begini, apakah ada solusi lain?

Ada baiknya anda ubah URL artikel tanpa mengubah isi postingannya. Setelah itu silahkan indeks kembali.

Kalau masih belum juga di indeks? Coba update sitemap di dashboard Console. Setelah itu bersabar dan berdoa, siapa tahu artikel tersebut berhasil di indeks beberapa waktu kemudian.

Penutup

Fungsi indeks ini sangat penting bagi sebuah blog. Apabila sebuah artikel berhasil di indeks Google, ada kemungkinan, peluang blog anda untuk di baca orang lain akan terbuka lebar.

Karena, jumlah artikel bertautan dengan jumlah indeks. Dengan jumlah indeks yang besar, peluang blog untuk dibaca orang lain ikut bertambah.

Nah demikian artikel tentang cara mudah mengetahui artikel blog yang belum terindeks Google. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

6 Replies to “2+ Cara Mengetahui Postingan Blog Yang Belum Terindeks Google”

    1. Pakai blogger apa WP mas?
      Sepengalaman saya itu dikarenakan robots.txt sehingga google boot enggak mengcrawl situs agan dengan baik. Sebaiknya agan periksa firewall, plugin keamanan, pengaturan DNS atau tanyakan ke penyedia hosting [jika pake WP] termasuk juga lognya.
      Dalam banyak kasus sih, ini normal-normal aja. Jika anomali in hanya terjadi pada satu atau lebih laman.. jadi sabar aja akan hilang dengan sendirinya kok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *