5+ Cara Mengetahui Password WiFi Yang Sedang Tersambung di Laptop atau Komputer

Penasaran bagaimana cara mengetahui password Wifi yang sedang tersambung di laptop atau komputer? Jika iya, baca artikel ini sampai habis.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin melihat password WiFi atau Hotspot. Salah satunya karena karena lupa password Wifi yang sedang digunakan meski sedang terhubung ke jaringan tersebut.

Saya juga perlu klarifikasi satu hal, di artikel ini saya gak bahas cara mengetahui password wifi orang lain yang belum pernah tersambung.

Melainkan bagaimana cara melihat password Wi-Fi atau hotspot yang sedang terhubung di Komputer yang didalamnya menggunakan OS dari Microsoft, yakni Windows.

Dan memang, dalam keadaan tertentu, anda menghadapi situasi semacam ini. Terlebih jika ada teman atau orang-orang yang tanya password Wifi yang anda gunakan.

Terlebih untuk Wifi publik, kantor atau tempat lain. Tapi tenang, anda tetap bisa mengetahui password Wi-Fi tersebut asalkan wifi itu sedang tersambung ke perangkat anda.

Ingat, sedang tersambung ya. Artinya, anda sedang menggunakan WiFi atau HotSpot tersebut secara langsung.

Jika sudah enggak terhubung, anda bisa pakai metode lain yang sudah saya ulas di salah satu artikel sebelumnya dengan judul cara melihat password WiFi dengan CMD.

Apabila status jaringan enggak bisa diakses atau passwordnya sudah diganti, tetap terlihat namun tidak bisa connect lagi.

Dan untuk anda yang sedang mencari cara mengetahui password wifi di laptop yang pernah terkoneksi, cara melihat password wifi di laptop windows 10, cara mengetahui password wifi yang terhubung dengan kabel LAN, simak penjelasannya dibawah.

Sebelum lanjut, baiknya saya bahas dulu pengertian dari fitur Network & Internet Setting yang ada di Windows 10, dimana fitur inilah yang memungkinkan anda mengetahui password Wifi atau hotspot yang sedang tersambung.

Apa itu Network & Internet Setting?

Network & Internet Setting adalah gabungan program konfigurasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengubah jaringan di komputer atau laptop yang didalamnya menggunakan sistem operasi Windows 10.

Fitur ini memungkinkan anda mengatur atau mengelola semua jaringan yang terhubung ke komputer atau laptop entah itu WiFi, adapter dan Ethernet.

Anda juga punya kewenangan untuk menghidupkan atau mematikan mode pesawat, mengatur koneksi VPN dan lain sebagainya.

Di versi Windows sebelumnya, Windows 7 dan 8.1 misalnya, fitur ini bernama Network & Sharing Center.

Namanya diubah setelah pembaharuan sistem operasi dimana semua pengaturan jaringan dan internet sudah bisa diakses pada satu tab yakni Network & Internet Settings.

Kadang juga fitur ini diberi nama sesuai judul tab yakni Network & Internet. Apapun penyebutannya tetap mengarah pada pengaturan jaringan dan internet.

Didalam pengaturan ini anda bisa mengkonfirugasi berbagai hal yang berkaitan dengan jaringan, diantaranya:

  • Status yang memungkinkan anda untuk melihat status koneksi jaringan entah itu WiFi, Hotspot atau Ethernet termasuk juga pengaturan Windows firewall
  • Wi-Fi yang memungkinkan anda melihat tipe jaringan Wifi yang sedang tersambung termasuk properti hardware, pengaturan adapter dan lain sebagainya
  • Dial-up yang memungkinkan anda mengatur koneksi dial-up termasuk pilihan perubahan adapter
  • Virtual Private Network atau VPN yang memungkinkan anda menambah koneksi VPN, mengatur adapter, mengizinkan metering jaringan atau izin penggunaan VPN saat roaming
  • Airplane mode yang memungkinkan anda mematikan semua akses ke jaringan saat berada di pesawat terbang termasuk Wifi dan Bluetooth
  • Mobile Hotspot yang memungkinkan anda berbagi jaringan ke perangkat lain baik menggunakan Wifi atau Hotspot
  • Data Usage yang memungkinkan anda mengatur limit atau batasan penggunaan data saat menggunakan jaringan termasuk penggunaan data di latar belakang
  • Proxy yang memungkinkan anda untuk mengakses situs yang diblokir kantor, sekolah atau perusahaan tempat anda bekerja termasuk penggunaan script proxy dan pengaturan proxy manual

Nah itu dia pengertian sederhana dari fitur Network & Internet Setting yang ada di Windows 10 termasuk fitur-fitur dasarnya. Jika punya tambahan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

5+ Cara Mengetahui Password WiFi Yang Sedang Tersambung di Laptop atau Komputer

Lantas bagaimana cara mengetahui password WiFI yang sedang tersambung di laptop atau komputer? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka Nework & Internet Settings

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka fitur Network & Internet Settings di komputer atau laptop anda.

Ada dua cara untuk mengakses fitur ini, yakni:

  • Menggunakan adapter Wifi yang terletak di bagian kiri bawah taksbar Windows 10.┬áJika taskbar di setel auto-hide, baiknya anda mengarahkan kursor ke lokasi taskbar sampai menemukan adapter jaringan yang simbolnya Wifi. Selanjutnya, klik Kiri> lalu klik Open Network & internet settingsCara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer
  • Kedua membuka menu Setting. Untuk menggunakannya, silahkan klik Start atau tombol Windows> Settings> lalu klik Network & internet [Wi-Fi, airplane mode, VPN]. Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer

Semua cara diatas tujuannya sama, yakni untuk membuka akses ke fitur pengaturan jaringan dan internet. Agar lebih mudah, anda bisa gunakan shortuct Win+I.

2. Akses pengaturan jaringan dan internet

Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman pengaturan jaringan dan internet. Di sini ada banyak menu yang disodorkan kepada anda mulai dari Status, Wifi, Dial-Up, Ethernet dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer

Jika tujuan anda untuk melihat password Wifi atau Hotspot yang sedang tersambung ke perangkat, silahkan klik Wifi.

3. Mengubah pilihan adapter WiFi

Setelah masuk ke kolom Wi-Fi, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan kolom related settings yang didalamnya terdapat 4 pilihan pengaturan, yakni: Change adapter options, Change advanced sharing options, Network and sharing center dan Windows Firewall.

Di beberapa komputer atau laptop, kolom related settings ini terletak disebelah kanan. Hal ini disebabkan karena lebar layar komputer atau laptop lebih lebar.

Untuk melihat password Wifi berarti anda harus mengubah pilihan Adapternya. Untuk mengubahnya, silahkan klik Change Adapter Options.

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer

Opsi Change Adapter options ini juga terdapat di menu Dial-Up, VPN dan Mobile Hotspots. Cara aksesnya saja yang berbeda.

4. Mengubah koneksi jaringan

Jika Change adapter options di klik anda akan di arahkan ke control panel yang memungkinkan anda mengatur koneksi jaringan atau Network Connections.

Disini anda akan melihat dua pengaturan jaringan yakni jaringan yang sedang tersambung entah itu WIFI, Hotspot, VPN, Ethernet dan Bluetooth.

Dengan kata lain, jika anda ingin melihat password Wifi anda harus pilih koneksi Jaringan Wifi, dengan mengikuti tutorial dibawah ini:

  • Klik kiri pada jaringan Wifi menggunakan Touchpad atau MouseCara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer
  • Selanjutnya klik status yang berfungsi untuk melihat status jaringan yang sedang tersambung di perangkat anda

5. Melihat Status Wifi

Jika koneksi Wifi atau Hotspot stabil, maka akan muncul tulisan Wirelles Properties. Di menu itulah password Wifi atau Hotspot tersebut berada.

Lantas, cara melihatnya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada menu WIfi Status silahkan klik tombol Wireless PropertiesCara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer
  • Setelah itu anda akan diarahkan pada kolom Wifi yang sedang tersambung itu. Ditahap ini, silahkan klik kolom Security yang terletak di bagian atas menu seperti yang terlihat pada gambar dibawah iniCara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer
  • Untuk melihat password, silahkan centang dulu kotak Show Characters dan secara otomatis kolom network security key akan terlihat. Network security key inilah yang merupakan password Wifi yang sedang tersambung ke perangkat andaCara Mengetahui Password Wifi di Laptop atau Komputer

Jika passwordnya sudah diketahui, maka anda bisa menghubungkannya ke perangkat lain entah itu Laptop, komputer atau ponsel.

Sebenarnya, cara yang saya jelaskan diatas cukup mudah. Penjelasan sayalah yang agak detail sehingga terkesan ribet.

Penutup

Bagi saya pribadi, cara paling mudah untuk melihat password Wifi adalah dengan menggunakan CMD karena perintahnya cukup sederhana.

Selain itu, dengan CMD anda bisa lihat password WiFi yang sementara tersambung atau yang pernah terhubung sebelumnya.

Dan ini berbeda saat anda menggunakan fitur Network & internet settings yang hanya memungkinkan anda untuk melihat password WiFi yang sedang tersambung saat itu.

Demikian artikel tentang cara mengetahui password wifi yang sedang tersambung di laptop atau komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar