Cara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10

2 min read

Cara Mengatur Kombinasi Taksbar

Di artikel saya sebelumnya sudah saya bahas tentang cara memindahkan lokasi taksbar di Windows 10.

Kali ini akan saya ulas tentang cara mengatur kombinasi taksbar sesuai dengan keinginan pengguna, terlebih untuk pengguna Windows 10.

Apa sih perbedaan antar dua artikel itu? Perbedaannya terletak pada kombinasi lokasi taksbar yang diinginkan itu tampil dibagian mana apakah di bar atas, samping kiri, kanan atau bagian bawah.

Secara default, setelah anda menginstal Windows 10, lokasi taksbar ini terletak di bagian bawah atau di footer.

Dan ternyata, Microsoft memungkinkan anda untuk memindahkan lokasi tersebut sesuai dengan keinginan anda.

Dengan kata lain, anda diizinkan untuk mengombinasikannya. Agar fitur kombinasi ini lebih mantap, sebaiknya aktifkan fitur auto-hide taksbar, termasuk beberapa fitur dasar lain.

Saya sendiri sudah memanfaatkan fitur ini sejak lama dan lebih memilih untuk memindahkan taksbar ketimbang memakai yang default.

Salah satu alasannya adalah agar saya tidak terganggu dengan tampilan taksbar, terlebih saat mau mengetik atau menggunakan shortcut keyboar.

Biasanya juga, gangguan itu terjadi saat saya bermain game atau saat sedang mengupload artikel di blog saya yang sederhana ini.

Sebenarnya juga anda bisa meminimalisir gangguan ini dengan mengaktifkan mode auto-hide, seperti yang sudah saya singgung diatas, tapi Windows 10 yang digunakan sudah harus diaktivasi terlebih dahulu.

Jika belum, fitur ini enggak bisa diakses, termasuk juga beberapa fitur dasar lain seperti tema dan warna.

Taksbar pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft saat peluncuran Windows 95 dan dapat ditemukan di semua versi Windows hingga kini.

Di taksbar, pengguna bisa melihat waktu, tanggal, mengatur besar kecil volume, termasuk beberapa fitur lain yang tersimpan di hidden Icons.

Di Windows 10, taksbar dilengkapi dengan Quick Lunch dan Notifikasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses pemberitahuan sistem.

Juga anda bisa menampilkan menu-menu yang sedang terbuka atau sering digunakan. Anda juga bisa tampilkan menu pencarian, Cortana, serta task view di lokasi ini.

2 Cara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10

Nah untuk anda yang ingin mengkombinasikan lokasi taksbar atau memindahkan taksbar sesuai keinginan, di artikel kali ini saya hendak mengulas 2 cara mengatur kombinasi taksbar di Windows 10.

Lantas bagiamana caranya? Pasti penasaran kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara memindahkan lokasi taksbar di Windows 10.

Cara 1: Menggunakan taksbar settings

Untuk memindahkan lokasi taksbar dengan taksbar settings di Windows 10 pastikan sistem operasi Windows yang digunakan sudah diaktivasi.

Jika sudah di aktivasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka Laptop/PC yang ingin diatur lokasi taksbarnya
  • Setelah itu, klik kanan pada lokasi taksbar
  • Pada menu konteks, silahkan klik Taksbar SettingsCara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10
  • Jika sudah klik pada TaksbarCara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10
  • Setelah itu silahkan scrool ke bawah sampai anda menemukan tulisan combine taksbar buttons lalu klik pada bagian bawahnyaCara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10
  • Lalu pilih sesuai keinginan. Di laptop, saya memilih always hide labels. Anda juga bisa memilih fitur yang sama.
Cara 2: Mengatur kombinasi lewat pengaturan/Settings Windows

Untuk cara yang kedua ini sebenarnya sama seperti cara yang sudah saya ulas diatas. Hanya saja, cara mengakses fitur taksbar ini yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka PC/Laptop yang digunakan
  • Jika sudah klik Menu> Pengaturan/Settings di Windows
  • Setelah itu, klik Personalization
  • Lalu klik Taksbar
  • Jika sudah, ikuti petunjuk yang sudah saya jelaskan pada cara pertama diatas
  • Selesai

Penutup

Bagi saya pribadi, mengaktifkan taksbar dapat membantu meningkatkan kinerja sekaligus membantu saya mengakses fitur paling sering saya gunakan di Windows 10.

Karena memang, taksbar berfungsi demikian, yang merupakan panel yang dibuat oleh Windows untuk menunjukan aplikasi mana yang sedang aktif saat sistem operasi berjalan sekaligus membantu pengguna mengaksesnya dengan mudah.

Nah demikian artikel tentang cara Cara Mengatur Kombinasi Taksbar di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *