5+ Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook 2021

Untuk anda yang sedang cari cara mengatasi URL blog tidak bisa posting di Facebook termasuk di produk affiliasinya seperti Instagram atau WorkPlace, baca artikel ini sampai habis.

Beberapa waktu lalu, saat hendak membagikan salah satu artikel saya di blog [bukan yang ini] ke Facebook, ada pemberitahuan bahwa domain blog tersebut diblokir oleh sistem Facebook karena dicurigai mengandung konten berbahaya.

Entahlah mengapa demikian, namun yang jelas, blog saya itu tidak akan pernah bisa dapat trafik dari media sosial dan ini sungguh mengesalkan.

Yang lebih aneh lagi, blog tersebut baru berusia 2 bulan dan tidak ada postingan yang melanggar standar komunitas seperti yang disebutkan dalam keterangan pemblokiran.

Meski sebenarnya target utama saya adalah trafik organik dari Google namun tetap merugikan saya sebagai blogger.

Saat masalah ini mencuat, saya sebenarnya berpikir kalau Facebook lagi eror. Saya lalu berinisiatif untuk memposting lagi minggu depan.

Hasilnya? Tetap sama. Tiap kali posting, dengan url berbeda dari domain yang sama, selalu ada pesan kesalahan yang isinya seperti ini:

Pesan Anda tidak dapat dikirim karena berisi konten telah dilaporkan sebagai pelanggaran oleh orang lain.

Sementara, jika diposting menggunakan Facebook versi Web, pesannya terlihat seperti gambar dibawah ini:

Yang lebih aneh lagi, saya belum pernah memposting artikel di Facebook sebelumnya dan di blog saya tersebut baru diisi 7 artikel.

Saya kemudian mencari solusi kesana kemari meski hasilnya nihil. Saya juga sempat bertanya ke beberapa forum blogger namun sebagian besar jawabannya tidak terlalu memuaskan.

Dua bulan lalu, saat sedang berselancar di Quora, ada satu thread yang membahas tentang masalah ini. Tak perlu tunggu aba-aba, saya kemudian membacanya.

Thread tersebut kemudian saya tulis kembali di artikel ini. Yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi masalah yang sama seperti yang saya hadapi.

Dan dari keterangan diatas, diketahui bahwa penyebab utama mengapa url blog tidak dapat diposting di Facebook karena melanggar Standar komunitas.

Pelanggaran semacam ini adalah hal yang wajar. Mengingat Facebook sangat ketat dalam pengawasan link atau url spam nan mencurigakan.

Imbasnya, banyak pemilik blog yang ikut terdampak. Dimana mereka tak bisa share postingan blog ke Facebook. Dengan alasan yang sama seperti yang saya alami di atas.

Pemblokiran macam ini biasanya dilakukan secara otomatis oleh tools Facebook yang bernama Facebook Debugger.

Tools ini dibuat khusus oleh Facebook untuk mendeteksi Spam, link mencurigakan dan malware.

Apa itu Facebook Debugger?

Sosial media saat ini telah menjadi gerbang yang menghubungkan antara blog atau situs situs web dengan pembaca.

Itu berarti, setiap hari akan ada ribuan link yang di posting di media sosial dengan tujuan utama untuk menggaet pembaca dan trafik.

Nah untuk mempermudah ini, Facebook merilis tools yang dapat membantu pengembang atau pemilik situs web agar lebih leluasa memposting link atau url dari sudut pandang Facebook.

Tools itulah yang disebut Facebook debugger. Dan FD ini yang bertugas melakukan pemblokiran terhadap link yang dianggap melanggar standar komunitas.

Terkadang alat ini juga menghilangkan gambar, url hingga cuplikan postingan karena dicurigai tidak sesuai standar komunitas.


Baca Juga :


Meski demikian, FD sebenarnya hanyalah alat sederhana yang bertugas untuk memeriksa kesalahan dari sebuah url dan bisa memprediksi apakah url tersebut bertolak belakang dengan peraturan Facebook atau tidak.

Dengan kata lain, tools ini bisa juga melakukan kesalahan sehingga perlu diberitahukan kepada pihak Facebook.

Jadi, FD adalah alat yang dapat menemukan kesalahan pada link sekaligus alat yang berfungsi untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi hal ini, seperti kasus yang saya alami, sebaiknya anda menggunakan tag open graph standar milik Facebook di blog anda.

url blog tak bisa posting di facebook
Contoh tag open graph standar di Facebook

Namun apabila di blog anda sudah ada tag open graph default yang dibuat oleh developer, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

5 Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

Lalu bagaimana cara mengatasi URL blog yang tidak bisa posting di Facebook? Secara umum ada 5 cara, diantaranya:

Cara 1: Menggunakan Facebook Debugger

Cara yang pertama adalah dengan memanfatkan tools Facebook Debugger itu sendiri untuk melaporkan kesalahan identifikasi.

Kesalahan identifikasi, dalam konteks ini, berarti postingan anda tidak melanggar standar komunitas begitu juga isi artikelnya namun tetap di blokir oleh Facebook.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tautan yang diblokir Facebook pakai Facebook Debugger? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dulu Facebook Debugger atau klik saja tautan ini. Jika anda belum masuk ke akun Facebook, anda akan diminta untuk log in terlebih dahulu agar bisa menggunakan tools ini. Untuk masuk, klik Log InCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman login Facebook. Langsung input dengan ID dan password akun Facebook anda. Jika sudah, klik LoginCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Otomatis anda akan dialihkan ke laman Facebook Debugger. Di kolom kosong yang tersedia, masukan url blog yang diblok Facebok> lalu klik DebugCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Jika memang link blog anda di blokir Facebook, anda akan dapat pemberitahuan seperti ini: Kami tidak dapat meninjau situs web ini karena kontennya tidak memenuhi Standar Komunitas kami.Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Lalu klik tulisan beri tahu kami yang akan mengarahkan anda ke laman Bantuan Facebook. Setelah masuk ke halaman Bantuan, sampaikan kesalahan yang dilakukan Facebook dan keberatan anda pada kolom kosong yang tersedia. Jika sudah, klik Kirim

Jika prosesnya berhasil, anda akan dapat pesan seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya klik OK dan tunggu proses peninjauan sampai berhasil.

Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

Agar dapat diproses dengan cepat, baiknya anda deskripsikan secara lengkap dan detail masalah yang dialami.

Caranya gimana? Masukkan saja beberapa poin dibawah ini:

  • Berikan deskripsi singkat tentang website anda. Disini anda bisa menggunakan deskripsi blog atau situs web anda. Anda juga bisa menjelaskan lebih lanjut tentang website anda, apakah di kelola langsung oleh perusahaan atau merupakan blog personal
  • Setelah itu, jelaskan bahwa website anda sudah sesuai dengan program kebijakan Facebook dimana anda tidak membuat konten menghasut, kebencian, konten berbahaya dan lain sebagainya. Intinya, pada poin ini anda harus menjelaskan bahwa website anda benar-benar bersih dan tidak melanggar standar komunitas yang ditetapkan Facebook
  • Dalam kasus tertentu, misalnya, karena Halaman Facebook anda di hapus tiba-tiba, anda juga harus menjelaskan bahwa Fanspage tersebut tidak pernah melanggar kebijakan program Facebook dari awal sampai sekarang
  • Setelah itu, mintalah pihak Facebook untuk meeview website anda. Ini juga akan dilakukan pemeriksaan langsung oleh karyawan Facebook. Karena biasanya, untuk mengunblock blokir harus dilakukan secara manual
  • Tapi, agar lebih aman, pastikan Blog anda itu tidak mengandung malware dan memiliki ketentuan privasi dan penggunaan situs. Kalau perlu, anda bisa menggunakan beberapa tools internet untuk mengecek keamanan situs seperti sitecheck.

Cara 2: Menggunakan fitur Isn’t Spam

Anda bisa manfaatkan fitur ini langsung dari beranda Facebook. Caranya pun sangat mudah.

Hanya saja, baiknya anda pakai Facebook Web agar prosesnya lebih mudah. Lantas, caranya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Coba posting link blog anda yang sudah di blok oleh pihak Facebook. Setelah posting link, anda ada pemberitahuan dari Facebook yang mengatakan bahwa Postingan ini melanggar standar komunitas kami tentang Spam. Ada dua pilihan disini yang pertama adalah dengan klik link Beri Tahu Kami. Hanya saja, link tersebut akan mengarahkan anda ke poin pertama diatas. Untuk melaporkan secara instan, silahkan baca di poin berikutnyaCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Setelah melihat pesan diatas, biasanya ada pemberitahuan dari Facebook di kolom pemberitahuan. Anda juga dapat mengaksesnya di tab Question> Pesan Dukungan Baru
  • Jika sudah, nanti anda akan melihat pesan dari Dukungan Facebook yang isi pemberitahuannya seperti gambar dibawah ini:
  • Lalu klik tulisan Minta Tinjauan> dan otomatis akan muncul tab tinjauan baru. KlikMinta Tinjauan sekali lagi. Jika sudah, pemberitahuannya akan berubah seperti gambar dibawah ini

Agar proses peninjauan lebih cepat, ada baiknya anda melakukan langkah ini beberapa kali sehari. Minimal 3-5 kali.

Nantinya, setelah beberapa waktu [yang tidak dapat ditentukan] anda akan mendapatkan pesan dari Support Facebook terkait dengan permintaan peninjauan untuk link tersebut.

Update: Terakhir kali saya coba, fitur Isnt Spam ini sudah tidak tersedia lagi di laman dukungan. Dan sebagian besar isi kolom ini hanya tentang postingan yang pernah dilaporkan oleh anda karena melanggar standar komunitas.

Dengan kata lain, cara ini mungkin sudah tidak berlaku lagi. Karena itu, coba cara lain dengan menggunakan fitur Facebook Debugger atau fitur pelaporan masalah lain yang akan saya bahas di poin berikutnya.

Cara 3: Menggunakan fitur pelaporan masalah

Untuk fitur pelaporan masalah ini ada di kolom yang sama dengan fitur Inst Spam, sebelum dihilangkan oleh Facebook karena satu dan lain hal.

Jika anda ingin menggunakan fitur pelaporan masalah untuk mengatasi link web diblokir Facebook, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Facebook yang digunakan entah itu versi web atau versi aplikasi. Dalam kasus ini, saya menggunakan aplikasi Facebook [bukan yang Lite] untuk melaporkan masalah yang saya dihadapi terkait dengan URL blog milik saya
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, klik tombol menu> lalu scrool ke bawah di sampai di kolom Bantuan & Dukungan dan klik Laporkan masalahCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Di tahap ini biasanya anda akan dapat pemberitahuan untuk menggoyangkan ponsel ke kanan jika anda mengalami masalah. Agar cepat, langsung klik tulisan Lanjutkan untuk Melaporkan MasalahCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Berikutnya silahkan pilih dimana letak masalahnya apakah itu di acara, bintang, cerita, Foto, game atau aplikasi, grup, halaman dan lain sebagainya. Dalam kasus ini, karena saya posting link yang diblokir itu di halaman Facebook maka saya pilih HalamanCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Setelah pilih halaman, akan diarahkan ke laman isian. Di sini anda bisa menyertakan rool kamera dalam bentuk foto atau screnshoot untuk melengkapi laporan permasalahan yang dihadapi. Jika semua langkah diatas sudah selesai, klik KirimCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

Sampai disini anda sudah berhasil melaporkan masalah tentang URL blog yang anda yang ditandai Spam oleh Facebook.

Cara 4: Gunakan Instagram

Seperti yang anda ketahui, Facebook dan Instagram dikelola oleh perusahaan yang sama yakni Facebook Inc.

Karena itu, saat anda mendapatkan peringatan macam ini di Facebook, berlaku juga di Instagram.

Dengan demikian, blog yang diblokir oleh pihak Facebook juga akan diblokir oleh Instagram termasuk produk affiliasinya seperti Workplace.

Dan untuk anda yang ingin mengatasi link blog yang diblokir Instagram dan Facebook, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun instagram yang digunakan. Agar lebih mudah, ada baiknya anda buka versi aplikasi yang bisa di unduh di Google Play Store atau iOS Store
  • Berikutnya, klik Profil> dan pilih Edit Profil dengan tujuan untuk menambahkan link blog yang diblokir di bio agar bisa dilaporkan
  • Jika sudah, pada kolom situs web, silahkan isi dengan domain yang diblokir Instagram atau Facebook. Cara ini juga sama dengan cara memasukan alamat web di instagram, cara mengembalikan tautan di bio instagram atau cara menambahkan tautan di Instagram. Setelah menambahkan, silahkan klik ikon centang untuk menyimpan perubahan yang dilakukanCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Biasanya, jika memang domain itu diblokir, anda akan dapat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini. Klik Beri tahu kami untuk melaporkan kesalahan tersebut. Sebenarnya, tulisan beri tahu tersebut hanya mengarahkan anda ke tutorial melaporkan masalah teknis di Instagram termasuk tidak bisa menambahkan link blog di Bio Instagram. Silahkan saja ikuti tutorial selanjutnyaCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Saya pastikan anda masih berada di Instagram. Disini silahkan klik menu profil> lalu klik Pengaturan untuk melaporkan masalah yang dihadapiCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Setelah diarahkan ke laman pengaturan, silahkan klik bantuan> dan klik laporkan masalahCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Di tahap ini akan ada tiga bentuk laporan masalah yang pertama adalah laporkan spam atau pelanggaran, kirim masukkan dan laporkan masalah. Untuk masalah seperti diatas, yakni link blog anda tidak bisa posting di bio Instagram, klik Laporkan masalahCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke kolom isian. Disini silahkan jelaskan kesalahan yang dihadapi seperti yang ada di poin pertama diatas. Ada baiknya anda laporkan dengan kata-kata yang sama. Lebih bagus lagi kalau pakai bahasa Inggris agar prosesnya lebih mudah. Jangan lupa juga sertakan foto atau screenshot tentang masalah tersebut. Apabila sudah, klik KirimCara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook

Ingat, pastikan anda menjelaskan secara deskriptif masalah yang dihadapi agar peninjauannya cepat.

Cara 5: Laporkan terus

Cara terakhir adalah dengan melaporkan terus masalah yang dihadapi sampai ada feedback atau tanggapan balik dari Facebook.

Dalam poin ini, ada dua cara yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Meminta teman untuk membantu anda melaporkan masalah yang dihadapi. Bisa menggunakan Facebook Debugger atau fitur Isn’t spam di FB dan IG. Karena semakin tinggi intensitas laporan semakin cepat laporan itu ditindak
  • Anda melaporkan dengan cara yang sama secara berkala. Jika selama tiga hari anda masih tetap tidak bisa posting artikel blog di Facebook, laporkan lagi. Lakukan ini secara tentatif, tapi jangan spaming. Minimal, tiga hari sekali maksimal sekali seminggu

Dengan harapan, URL blog anda tidak lagi diblokir oleh pihak Facebook karena memang postingan, domain atau blog anda tidak pernah melanggar standar Komunitas.

Penutup

Sebagai pemilik blog atau website, tentu ada keruigan jika artikel-artikel anda tidak bisa posting di Facebook dengan alasan yang anda sendiri tidak tahu.

Karena anda akan kehilangan salah satu potensi trafik yakni Social Media Trafik. Padahal, social media traffic ini adalah salah satu signal social untuk meraih peringkat yang lebih baik di search engine result page [SERPs].

Jika ada dari pembaca yang tahu cara lain untuk mengatasi artikel yang tidak bisa posting di Facebook, bisa tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang 5+ Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

42 pemikiran pada “5+ Cara Mengatasi URL Blog Tidak Bisa Posting di Facebook 2021”

  1. Artikel ini sungguh sangat membantu, karena berkaitan dengan akun facebook saya. semoga peninjauan nya tidak memakan waktu lama. saya sudah lakukan tutorial seperti diatas.

    Balas
  2. Hallo kak, saya sudah coba untuk ajukan banding, saya sudah kirim banding hingga 10x, tapi tdk ada tanggapan dari pihak facebook? adakah email atau kontak lain untuk bisa menghubungi pihak facebook?

    Terima kasih

    Balas
  3. Mohon infonya gan, saya ada masalah dalam share tulisan dari blogspot ke facebook. Katanya melanggar standard komunitas. saya juga sudah mencoba menggunakan facebook debugger, namun masalahnya tetap ada. Mohon pencerahannya mas

    Balas
    • Minta teman2 untuk banding. Semakin banyak semakin bagus agar cepat ditinjau mas. Krim ke kontak saya alamat blognya supaya saya bantuin banding

      Balas
    • Untuk saat ini, proses banding memang terbatas karena Covid-19. Solusi lain minta teman untuk ikut banding mas, minimal 20 orang agar prosesnya cepat. Lebih banyak lebih bagus

      Balas
    • Solusi paling jitu adalah minta teman untuk ikut laporkan masalah yang dihadapi sebanyak mungkin agar bisa ditinjau oleh facebook. Karena mereka hanya meninjau yang laporannya banyak. Sepengalaman saya begitu.

      Balas
  4. Selamat siang Mbak,
    saya memiliki masalah serupa seperti yg mbak alami, dan tentu saja sy telah berusaha mencoba menyelesaikanny sesuai dengan petunjuk yg mbak share diartikel ini tapi hasilnya masih NIHIL, dan sudah seminggu lebih sy tidak bisa posting artikel ke FB. Tolong bantuannya untuk ikut men-debuging url dari website sy, terima kasih πŸ™‚

    Balas
    • Minimalnya gitu. Tapi kalau gak ada respon, minta teman2 untuk report juga. Lebih banyak lebih bagus. Mudah-mudahan masalahnya cepat terselesaikan.

      Balas
  5. Saya sudah lakukan seperti cara diatas, masih belum ada balasan dari Facebook mas, sudah berkali kali minta pengajuan. Mohon infonya mas. Tks

    Balas
  6. Terima kasih telah membagikan informasi yang luar biasa. Situs Anda sangat keren. Saya terkesan dengan detail yang Anda miliki di blog ini. Ini membuktikan seberapa baik Anda memandang subjek ini. Saya bookmark ya, untuk kembali lagi ketika ada artikel baru.

    Balas
  7. Kalau punya ku link blog tapi ada tulisan instruksi tepat di bawahnya kalau link berisi tentang link yang telah di blokir.. gimana cara mengatasinya min?

    Balas
    • Lakukan hal yang sama seperti diatas, Mas. Paling pertama, pakai Facebook Debugger [Saat ini bernama Sharing Debugger Facebook]

      Balas

Tinggalkan komentar