3+ Cara Memperkecil Ukuran Foto dan Gambar Dengan Mudah

Sebenarnya, Windows 10 memungkinkan anda memperkecil ukuran foto dan gambar dengan mudah pakai Paint.NET atau Paint3D.

Fitur resize foto dan gambar Paint ini cukup mudah digunakan, terlebih untuk anda yang kebelet ingin perkecil ukuran foto saat itu juga.

Misalnya, saat anda sedang melamar pekerjaan online yang mengharuskan anda mengupload ukuran foto yang sudah ditentukan, 500kb misalnya, sementara foto anda ukurannya 2MB.

Tentu saja ukurannya harus diperkecil. Yang jadi masalah, anda tidak tahu caranya gimana. 

Makanya tak usah heran kalau keyword macam ini banyak berseliweran di Google atau di Youtube. 

Jika anda dalam situasi ini, tetap tenang. Karena ada banyak cara yang bisa anda lakukan tanpa harus minta tolong sama orang lain, terlebih yang berbayar.

Karena memang, memperkecil ukuran foto atau gambar tidak ribet. Anda hanya perlu pakai aplikasi default di Windows 10 atau mungkin aplikasi pihak ketiga seperti Photoshopp dan tools online shareware.

Jika tak punya komputer atau laptop, bisa kok download aplikasi resize photo yang banyak tersedia di toko aplikasi seperti di Google Play Store atau App Store. 

Karena itu, untuk anda yang ingin tahu cara memperkecil ukuran foto, cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb, cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb, kompres foto jadi 20kb dan cara kompres foto, simak artikel ini sampai habis.

Cara Memperkecil Ukuran Foto dan Gambar Dengan Mudah

Sebelum lanjut ke pembahasan inti, perlu saya ingatkan satu hal bahwasannya, memperkecil ukuran foto dapat mempengaruhi kualitasnya.

Terlebih untuk foto-foto yang formatnya JPEG dan turunanya, JPG termasuk JFIF.

Agar kualitasnya tidak menurun drastis, saran saya, baiknya convert dulu ke format lain, PNG misalnya.

Lantas bagaimana cara memperkecil ukuran foto dan gambar? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda. 

1. Cara mengecilkan ukuran foto dan gambar tanpa aplikasi di Windows 10

Jika anda tidak punya aplikasi pengeditan seperti Photoshop namun punya komputer atau laptop, bisa manfaatkan Paint.

Paint adalah aplikasi editor grafis raster sederhana yang disediakan oleh Microsoft secara default untuk sistem operasi Windows.

Sebelumnya, paint bernama Paintbrush, yang merupakan program buka dan simpan file untuk format Windows bitmap [BMP].

Paint tersedia dalam dua mode warna yakni hitam dan putih. Namun di versi windows 2007, aplikasi ini sudah diubah antarmukanya jadi abu-abu sebagai warna gradasi standar.

Sejak diluncurkan pada tahun 1995, Paint dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan pengguna.

Sayangnya, pada 2017 lalu, Microsoft sudah menyatakan bahwa Paint kedepannya mungkin tidak akan tersedia secara default di Windows.

Alasannya karena fitur-fitur yang ada didalamnya sudah usang dan banyak pengguna yang lebih memilih aplikasi pengeditan lain. 

Nantinya, jika ada pengguna yang akrab dengan aplikasi tersebut, mereka bisa download di Microsoft Store. 

Apakah ada penggantinya? Ada, Paint 3D, yang dirasa lebih lengkap dan antarmukanya lebih modern.

Apabila di komputer anda masih terinstal Paint.NET, bisa manfaatkan aplikasi tersebut untuk resize pas foto dengan mudah dan sederhana.

Caranya gimana? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka laptop atau komputer lalu pilih gambar yang ingin diperkecil ukurannya. Sebelum itu, pastikan anda tahu ukuran awalnya guna memperkirakan berapa persen yang akan dihapus. Untuk melihat ukuran foto, tinggal klik gambar lalu lihat bar bawah Explorer, disebelah kiri setelah items. Atau, anda bisa klik kanan pada Mouse> lalu klik Properties. Disini akan diperlihatkan dua jenis ukuran, yakni ukuran nyata dan ukuran yang ada di disk
  • Apabila sudah, klik sekali lagi pada gambar yang ingin diubah ukurannya, lalu klik kanan untuk membuka menu konteks> pilih Edit Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows
  • Otomatis anda akan dialihkan ke laman editor Paint. Di tahap ini, arahkan kursor ke tombol Resize seperti yang terlihat pada gambar dibawah atau bisa pakai shortcut dengan cara klik Ctrl+Wcara merubah ukuran foto dan gambar
  • Saat laman resize and skew muncul klik Pexel. Untuk mengubah ukuran gambar, anda harus mengubah besaran vertikal dan HorizontalnyaCara Ubah Ukuran Gambar Di Windows

FYI, Semakin kecil nilai VHnya semakin kecil juga ukurannya. Apabila anda mengubah satu nilai, vertikal misalnya, otomatis nilai horizontalnya ikut berubah.

Untuk hasil yang lebih baik, usahakan nilai yang dimasukan tak kurang dari 100. Kalau ukurannya terlampau besar, bisa atur ke 100 ke bawah.

Hanya saja, tetap pastikan ukuran pas foto tak kurang dari 50kb sebab ini adalah ukuran standar sebuah gambar. Jika kurang dari itu, kualitasnya jadi jelek.

2. Cara perkecil ukuran foto dan gambar dengan Photoshop

Photoshop atau yang lazim disebut Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan grafis raster paling populer saat ini.

Aplikasi ini dikembangkan Thomas dan John Knoll tahun 1988 atas nama Adobe inc.

Dan tentu saja aplikasi ini memungkinkan anda meresize ukuran foto dan gambar dalam berbagai format. 

Jika punya aplikasi ini, bisa ikuti langkah-langkah dibawah untuk perkecil ukuran foto dan gambar, yakni:

  • Buka photoshop yang ada di komputer anda lalu klik Image> Image Size
  • Jika sudah atur Width dan height gambar yang sesuai keinginan. Untuk menyimpan gambar yang telah diresize, klik OK cara merubah ukuran foto dan gambar

Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil perkecil ukuran foto atau gambar di Photoshop. 

Perhatikan, semakin kecil Width dan heightnya semakin kecil pula ukurannya. Karena itu, usahakan witdth dan heightnya tak kurang dari 50.

3. Cara memperkecil ukuran Pas Foto online Jadi 100kb, 200kb sampai 300kb

Cara terakhir ini bisa dicoba terlebih untuk anda yang ingin memperkecil ukuran pas foto online agar bisa upload di SSCN saat daftar CPNS atau untuk daftar kuliah dan sekolah termasuk untuk keperluan lain.

Oh iya, untuk perkecil ukuran pas foto, dalam contoh ini saya menggunakan salah satu situs resize foto paling populer.

Situs tersebut ialah PicResize. Dengan situs ini, memungkinkan anda ubah ukuran foto 4×6 online atau ukuran lain.

Lantas, bagaimana cara perkecil ukuran pas foto online dengan PicResize? Bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka situs PicResize di Browser entah itu Mozila atau Chrome. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini
  • Apabila situsnya sudah terbuka, langsung upload foto anda dengan cara klik tulisan drag and drop a file here or click atau bisa pakai shortcutnya dengan cara klik Ctrl + V. Anda juga bisa resize foto yang sudah ada di internet hanya dengan memasukkan URL gambar. Jika ingin resize foto yang banyak, klik tulisan MultiplePics. Paling terakhir, setelah foto terupload, klik tombol Continue and edit PictureCara Memperkecil Ukuran Foto dan Gambar
  • Nantinya anda akan diarahkan ke laman Crop and Rotate. Di laman inilah anda bisa seleksi bagian yang tidak diinginkan alias crop, merotasi gambar ke kiri atau kekanan termasuk mengubah flip atau arah gambar ke kanan atau kekiri. Anda juga bisa atur persentasi resize sampai 75%, menambah effect spesial seperti frame border, warming dan lain sebagainya. Paling terakhir, jangan lupa atur format gambar dan kualitasnya. Jika sudah, klik tombol I’m done, resize my pictureCara Memperkecil Ukuran Foto dan Gambar
  • Paling terakhir anda diminta untuk menyimpan gambar. Untuk menyimpan, klik tombol Save to Disk. Otomatis pas foto akan tersimpan di laptop atau ponselCara Memperkecil Ukuran Foto dan Gambar

Salah satu kelebihan dari tools ini adalah anda bisa melihat berapa persen ukuran pas foto yang berhasil di resize.

Karena akan ditampilkan ukuran original baik width dan heightnya dan ukuran setelah foto diresize. 

Usahakan juga anda segera menyimpan pas foto yang barusan di resize karena jika tidak, foto tersebut otomatis terhapus dalam 20 menit.

QnA

Ada beberapa pertanyaan berkaitan dengan postingan ini. Beberapa diantaranya akan saya ulas dalam QnA dibawah:

1. Bagaimana cara memperkecil ukuran foto Online?

Ada banyak cara. Salah satunya dengan memanfaatkan tools atau situs online seperti picresize.

Caranya pun cukup sederhana, dimana anda hanya perlu upload foto untuk kemudian di proses dan diperkecil ukurannya.

Beberapa tools juga memungkinkan anda mengatur skala dan ukuran ideal sesuai keinginan.

Jadi misalnya anda ingin ubah ukuran foto jadi 50KB atau 100kb, tinggal masukkan saja nilai itu dan alat tersebut akan mengompressnya secara otomatis.

2. Bagaimana cara memperkecil ukuran foto di HP?

Ada banyak kok aplikasi resize yang bisa di unduh gratis di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk iOS.

Misalnya, Image Compressor, Photo & Picture Resizer, aplikasi Kompres dan ubah Ukuran foto yang dikembangkan Lit Photo dan lain sebagainya.

Download saja aplikasi diatas lalu compress foto sesuai keinginan. Oh iya, pastikan foto yang mau di kompress sudah tersimpan di ponsel anda.

Penutup

Saya pikir cara diatas sudah cukup untuk menjelaskan bagaimana cara memperkecil ukuran foto tanpa atau dengan aplikasi.

Jika punya tambahan, masukkan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara memperkecil ukuran foto dan gambar dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar