Cara Memperkecil Ukuran Foto Dan Gambar Dengan Mudah

2 min read

cara memperkecil ukuran foto dan gambar

Windows 10 memungkinkan anda untuk memperkecil ukuran foto dan gambar dengan mudah menggunakan Paint.

Fitur resize foto dan gambar Paint ini sangat mudah digunakan, terlebih untuk anda yang kebelet ingin merubah ukuran foto.

Misalnya, saat anda sedang melamar pekerjaan yang mengharuskan anda mengupload ukuran foto yang sudah ditentukan, contohnya 500kb sementara foto yang anda miliki berukuran 2MB tentu anda harus merubah ukurannya.

Dalam keadaan seperti itu banyak orang yang bingung bagaimana harus merubah ukuran foto dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Jika anda mengalaminya, tetap tenang. Ada cara yang bisa anda lakukan tanpa harus pusing tujuh keliling apalagi sampai minta jasa orang lain, terlebih yang berbayar.

Merubah ukuran foto atau gambar sebenarnya enggak ribet. Anda juga tidak perlu pakai aplikasi pengeditan semacam photoshop atau menggunakan tools online shareware.

Oh iya, cara yang saya ulas dibawah ini pun bisa anda terapkan di semua jenis sistem operasi Windows baik itu Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10.

2 Cara Memperkecil Ukuran Foto Dan Gambar Dengan Mudah

Sebelum lanjut pada pembahasan inti sebaiknya anda ketahui dulu bahwa merubah ukuran foto dapat mempengaruhi kualitasnya terlebih untuk foto berformat JPEG.

Oleh karena itu, jika foto yang hendak anda rubah ukurannya memiliki format seperti itu, sebaiknya ubah dulu dengan format lain seperti PNG.

Setelah merubah formatnya, biasanya ukuran gambarnya akan merubah. Dan apabila ukurannya belum sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, maka anda bisa meresizenya.

Lantas bagaimana cara merubah ukuran foto dan gambar? Ada dua cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

1. Cara merubah ukuran gambar tanpa aplikasi di Windows 10

Jika anda tidak punya aplikasi pengeditan seperti Photoshop namun punya komputer atau laptop anda bisa menggunakan Paint untuk merubah ukuran gambar atau foto.

Paint adalah salah editor grafis raster sederhana yang disediakan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows.

Sebelumnya, paint bernama Paintbrush, yang merupakan program buka dan simpan file untuk format Windows bitmap [BMP].

Paint tersedia dalam dua mode warna yakni hitam dan putih. Namun di versi windows 2007, paint diubah menjadi warna abu-abu sebagai warna gradasi standar.

Sejak diluncurkan pada tahun 1995, Paint dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan pengguna.

Baca Juga : 50 Foto Vintage Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Sayangnya, pada 2017 lalu, Microsoft sudah menyatakan bahwa Paint termasuk aplikasi Windows dengan fitur usang.

Kedepannya, Paint akan dibuat sebagai aplikasi Mandiri yang bisa didownload di Microsoft store. Dan untuk menggantikan Paint, Windows menggunakan Paint 3D.

Jika di komputer anda masih terinstal Paint, anda bisa menggunakannya untuk mengubah ukuran foto atau gambar, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan pilih gambar yang ingin anda rubah ukurannya. Sebelum mengubah ukuran pastikan terlebih dahulu anda tahu ukurannya. Untuk melihat ukurannya, silahkan lihat dibagian bar bawah, disebelah kiri setelah items. Atau, anda bisa klik kanan pada Mouse> lalu klik Properties. Disini akan diperlihatkan dua jenis ukuran, yakni ukuran nyata dan ukuran yang ada di disk. Dengan melihat ukuran, ini dapat menjadi indikasi awal berapa resize ukuran yang harus anda ubah. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Klik lagi pada gambar yang ingin anda ubah ukurannya
  • Setelah itu, klik kanan untuk membuka menu konteks> lalu klik Edit Cara Ubah Ukuran Gambar Di Windows
  • Setelah itu, anda akan diarahkan pada editor Paint. Ini adalah salah satu aplikasi Bawaan Windows untuk editor gambar
  • Pada menu Home Klik Resize atau yang terlihat pada gambar atau klik saja Ctrl+Wcara merubah ukuran foto dan gambar
  • Lalu klik PexelCara Ubah Ukuran Gambar Di Windows
  • Kotak dialog akan muncul. Untuk mengubah ukuran gambar, anda harus mengubah besaran vertikal dan Horizontalnya.

Semakin kecil nilai VHnya semakin kecil juga ukurannya. Jika anda mengubah nilai Vertikalnya, maka secara otomatis nilai horizontalnya akan berubah.

Untuk hasil yang lebih baik, usahakan agar anda mengubah nilanya tidak lebih dari 100. Lalu coba satu per satu sampai ukurannya sesuai dengan keinginan.

Oh iya, usahakan ukurannya tak kurang dari 50kb sebab ini adalah ukuran standar untuk sebuah gambar. Jika kurang dari itu, kualitasnya jadi enggak bagus lagi.

2. Cara merubah ukuran gambar dengan photoshop

Photoshop atau yang lazim disebut Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan grafis raster paling populer saat ini.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe inc untuk Windows dan MacOS. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh Thomas dan John Knoll tahun 1988.

Sejak itu, Photoshop telah menjadi salah satu aplikasi pengeditan paling tenar untuk membuat atau mengedit foto.

Salah satu fitur dasar dari aplikasi ini adalah resize ukuran foto atau gambar dalam berbagai format.

Dan jika anda punya aplikasi pengeditan seperti Photoshop, berikut langkah-langkah mengubah ukuran gambar di Photoshop, antara lain:

  • Buka photoshop yang ada di komputer anda
  • Setelah itu klik menu Image> Image Size
  • Jika sudah atur Width dan height gambar yang sesuai dengan keinginan andacara merubah ukuran foto dan gambar
  • Kalau sudah klik OK lalu lihat hasilnya.

Semakin kecil Width dan heightnya semakin kecil pula ukuran gambar. Oleh karena itu, usahakan witdh dan height ini tidak dibawah angka 50.

Penutup

Terkadang banyak orang yang sulit mengubah ukuran gambar atau foto mereka sendiri karena tidak punya aplikasi pengeditan atau karena mereka tidak tahu caranya.

Padahal, mereka bisa merubah ukuran gambar dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun asalkan punya Windows 10.

Nilai tambahnya kalau anda punya aplikasi pengeditan seperti Photoshop atau Adobe Lightroom yang berbayar.

Demikian artikel tentang cara memperkecil ukuran foto dan gambar dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *