Cara Membuka Task Manager di Windows 10 Lengkap

Task manager di Windows 10 memungkinkan pengguna melihat performa komputer atau laptop yang digunakan secara langsung.

Performa, dalam konteks ini, termasuk inforamsi sial aplikasi yang sedang berjalan atau yang bekerja dilatar belakang atau background processes.

Jadi, keberadaan bilah tugas ini sangat penting bagi komputer karena semua tugas dan proses akan tercatat disini secara keseluruhan.

Tapi, bagaimana cara mengakses fitur bilah tugas ini? Ada beberapa cara yang bisa digunakan yakni dengan menggunakan taksbar, quick acsess menu, start menu dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara buka task manager di Windows 10, simak artikel ini sampai habis.

Cara Membuka Task Manager di Windows 10 Lengkap

Lantas, bagaimana cara membuka task manager di Windows 10? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Menggunakan Taskbar

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Pertama, arahkan kursor ke Taskbar yang ada dibagian bawah. Jika taksbarnya diatur ke open-show, maka tinggal arahkan juga ke lokasi tersebut

Apabila taksbarnya sudah terbuka, langsung klik kanan pada mouse atau touchpad. Nantinya, akan muncul beberapa menu konteks salah satunya Task Manager. Langsung klik disitu untuk membukanya

2. Lewat fitur Quick Access Menu

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Arahkan kursor ke icon Windows yang ada dibagian samping untuk membuka menu Start. Bisa juga dengan menggunakan Shortcut Win+X

Akan muncul juga menu konteks yang berisikan beberapa opsi menu salah satunya Task Manager. Lnagsung klik disitu jika ingin membkanya

3. Lewat Startmenu

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Arahkan kursor ke menu Start Windows lalu klik Sekali disitu untuk membuka opsi menu yang ada di windows.

Setelah itu cari nama folder Windows System di start menu lalu klik sekali disitu. Nantinya akn muncul beberapa menu sistem WIndows, salah satunya task manager.

4. Lewat Fitur Run

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Silahkan buka fitur Run yang bisa diakses juga di Start Menu Windows. Atau, bisa pakai cara yang lebih gampang yakni dengan menggunakan shortcut Win+R.

Baca Juga:

Apabila menu Runnya sudah terbuka, ketikkan taskmgr di kolom pencarian yang ada lalu klik OK dibawah atau bisa langsung tekan Enter di Keyboard.

5. Menggunakan fitur Control Panel

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Silahkan buka menu Start> System Windows> Control Panel. Atau, bisa juga dengan menggunakan pencarian Cortana lalu ketikkan control panel

Jika control panelnya sudah terbuka, ketikkan Task Manager pada kolom pencarian yang ada dibagian kiri atas lalu tekan enter. Nantinya, task manager akan terbuka

6. Menggunakan fitur pencarian Cortana

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Arahkan kursor ke bar pencarian Cortana yang ada di taskbar atau disebelah menu start Windows. Kalau sudah, langsung ketikkan Task Manager.

Nantinya, ada muncul bebrapa results. Biasanya, lokasi bilah tugas ini ada dibagian atas. Tinggal klik sekali disitu maka anda akan diarahkan ke laman task manager.

7. Menggunakan Command Prompt atau CMD

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Buka CMD dengan cara membuka menu Run> lalu ketikkan CMD. Atau, bisa pakai shortcut Win+R. Lalu, pada kolom kosong yang tersedia, ketikkan CMD

Setelah CMD terbuka, langsung ketikkan teks ini: taskmgr di kolom tersebut lalu tekan enter sekali. Otomatis, task manager akan terbuka.

8. Menggunakan Power Shell

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Buka PowerShell yang ada di komputer anda lewat kolom pencarian cortana atau bisa akses fitur ini di start menu Windows.

Jika sudah terbuka, pada kolom kosong yang tersedia, masukkan saja teks ini taskmgr lalu klik Enter. Nantinya, taks manager akan terbuka dengan sendirinya

9. Shortcut spesial

Cara Membuka Task Manager di Windows 11 dan 10

Selain cara diatas, anda juga bisa mengkases shortcut Spesial yakni ALT+CTRL+DEL. Dibagian bawah, akan muncul opsi task mananger. Tinggal klik saja disitu.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, diantaranya:

1. Apa itu Task Manager? Apa Fungsinya?

Seperti yang sudah dijelaskan di pembuka artikel yang mana task manager adalah komponen sistem operasi yang ada di semua versi Microsoft Windows.

Fitur ini sendiri sudah ada di Windows NT 4.0 dan Windows 2000. Dengan task manager, pengguna bisa melihat semua proses dan kinerja komputer secara langsung.

Misalnya, jika buka Windows 10, pengguna bisa melihat beberapa opsi menu dasar yakni, diantaranya:

  • Processes yang meungkinkan anda melihat daftars apps yang sedang terbuka dan daftar aplikasi yang bekerja dilatar belakang serta jumlahnya berapa
  • Perfomance yang memungkinkana nad melihat kinerja dari CPU, memory, Disk, Wi-f dan juga GPU dengan lengkap. Misalnya, CPU yang menyediakan ifnroasmi secara rela time terkait dengna utilization, process, up time, speed, threads, hendles, base speed, socket, cores, logical processors, virtualization sampai L1, L2 dan L3 Cache
  • Apps histori yang memungkinkan anda melihat informasi soal pemakaian memori atau resource usage sejak komputer pertama kali digunakan. Anda juga bisa menghapus informasi usage histori tersebut dilaman yang sama
  • Startup yang memungkinkan anda melihat impact dari penggunannya aplikasi secara langsung. tersedia juga informasi seperti siaap publishernya dan juga status sdari satutup tersebut
  • User, details & service untuk melihat informasi soal pengguna kompute dan service yang sedang layanan yang sedang aktif atau berjalan

Dibagian atas, terseida tiga kategori menu yakni File, Options dan juga View. Untuk file, anda bisa jalankan task manager baru, option untuk pengaturan dari bilah tugas dan view untuk refresh tampilan atau update speednya.

2. Bagaimana jika task manager tidak bisa terbuka?

Sepanjang komputer masih hidup maka task manager bisa diakses. Kecuali jika ada masalah internal dari komputer sepertu update yang gagal, blue screen, file corrypt dan lain sebagainya.

Disisi lain, masalah eksternal juga bisa membuat pengguna kesulitan mengakses bilah tugas ini mulai dari virus, malware, spyware dan lain sebagainya.

Jika semua cara yang sudah disebutkan daitas sudah di coba tapi task manager masih tetap tidak terbuka, disarankan untuk scan komputer atau laptop anda.

Apabila tidak punya alat anti virus, bisa reset komputer atau laptop tersebut. Hanya saja, pastikan semua data-data sudah dibackup, termasuk file mentah seperti Office Word.

3. Bagaimana cara membuka Task Manager dengan keyboard?

Sebenarnya, untuk cara membuka bilah tugas atau task manager dengan keyboard sudah saya sebutkan diatas pada opsi yang terakhir.

Cara aksesnya sendiri dengan menggunakan layar windows security yakni dengan menekan Ctrl, Alt + Del secara bersamaan.

Penutup

Jika sering berurusan sama komputer atau laptop, mengetahui bagaimana kinerja komputer lewat bilah tugas sangat penting.

Atau mungkin ingin memantau kinerja komputer saat anda menggunakan aplikasi-aplikasi berat seperti untuk editing video, buat animasi dan lain sebagainya.

Karena didalamnya beisikan informasi soal pemakaian CPU, memory dan disk bisa dijadikan indikator kinerja komputer atau laptop secara keseluruhan.

Demikian artikel tentang cara membuka task manager di Window s 11 & 10 dlengkap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar