8 Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di HP dan PC 2020

16 Likes Comment
cara mudah buka situs yang terblokir

Ada beberapa cara membuka situs yang diblokir entah itu di HP dan PC. Di artikel ini saya hendak mengulas beragam cara membuka web yang diblokir dengan cara yang paling umum dilakukan.

Pernah gak anda berselancar ke dunia maya lalu saat anda membuka satu tautan atau situs, anda diarahkan ke internet positif atau ke situs restriced?

Saya yakin pernah. Biasanya, situs yang diblokir itu ditandai dengan internet positif [untuk beberapa provider jaringan] atau pemberitahuan lain seperti situs yang anda tuju tidak dapat di jangkau.

Sebenarnya, ada jutaan situs-situs yang telah diblokir oleh pemerintah global. Di Indonesia sendiri, situs yang terblokir ini biasanya bertolak belakang dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku atau ketentuan-ketentuan lain diluar dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Biasanya, untuk memblokir sebuah situs akan dilakukan pembatasan akses IP berdasarkan wilayah menggunakan firewall.

Firewall sendiri dapat diterapkan untuk tujuan tertentu, terutama untuk memblokir sistem, situs atau layanan yang ada di jaringan internet.

Namun karena alasan khusus, banyak orang yang ingin membuka situs yang sudah di blokir tadi. Alasan ini tentu sangat subjektif sehingga saya tidak perlu membahasnya lebih jauh.

Karena sudah tidak relevan lagi dengan topik dan tujuan penulisan artikel ini. Karena itu, saya hanya membahas tenang cara membuka internet positif saja agar artikel ini lebih terarah.

8 Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Dalam istilah teknis tindakan ini disebut sebagai restricted atau pelarangan mengakses sistem atau situs. Tindakan pelarangan ini biasanya dilakukan oleh pemerintah.

Kalau di Indonesia, lembaga yang punya kewenangan untuk menyensor atau memblokir situs adalah Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Dan untuk anda yang penasaran sekaligus ingin cari tahu cara membuka internet positif, di artikel ini akan akan saya ulas 8 cara membuka situs yang diblokir.

Lantas, cara apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Pakai VPN

cara membuka situs yang diblokir internet positif

VPN (Virtual Proxi Network) adalah suatu alat yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat, baik itu smartphone dan PC, ke internet dalam jaringan aman.

Jaringan yang aman ini biasanya tersebar di berbagai lokasi yang sebenarnya jauh secara geografis dari wilayah real pengguna seperti misalnya di Singapura, Amerika, India, Belanda dan lain sebagainya.

Dengan demikian, menggunakan VPN memungkinkan anda untuk mengakses situs yang diblokir internet positif baik itu di laptop atau ponsel anda.

Disamping itu, anda tetap menggunakan jaringan lokal hanya IPnya yang berpindah karena anda mendayagunakan server yang berbeda.

Baca Juga : Perbedaan Antara Hacker Dan Cracker

Di Google playstore ada beberapa aplikasi VPN yang tersedia dan dapat di unduh dengan bebas guna membuka situs yang terblokir.

Jika anda menggunakan laptop anda bisa mencari VPN di Microsoft store atau mengunduhnya langsung dari pihak ketiga.

Cara kerja VPN sebenarnya sangat mudah. VPN akan bertindak sebagai terowongan yang akan mengubah data anda menjadi bin atau sampah sehingga sulit dideteksi oleh siapapun.

Untuk hasil yang lebih bagus, baiknya anda menggunakan VPN premium, yang memungkinkan anda mengakses internet dengan gratis.

Anda juga tidak perlu takut membuka situs yang diblokir karena sudah tidak ada batasan lagi saat menggunakan VPN.

Ada beberapa VPN, yang menurut saya pribadi, cukup bagus dan bisa digunakan dengan gratis, seperti:

  • SnapVPN
  • PIA [Personal Internet Access]
  • ExpressVPN
  • NordVPN
  • Dll

Untuk anda yang ingin membuka situs yang diblokir oleh jaringan serta internet positif di HP atau Ponsel, tinggal unduh salah satu situs diatas.

Dan jika masih bingung, berikut langkah-langkah membuka situs yang di blokir di Hp Android.

  • Download dulu salah satu VPN yang saya sebutkan diatas di Google playstore. Sebagai contoh, SnapVPN for Android
  • Setelah itu unduh dan instal di HP Android anda
  • Setelah terinstal, buka SnapVPN lalu pilih server tercepat. Di Snap VPN ada dua server paling cepat yakni Singapura dan USA atau Amerika Serikat
  • Setelah pilih server, langkah berikutnya adalah menghubungkan SnapVPN dengan server yang dipilih tadicara membuka situs yang terblokir di HP anda Laptop
  • Tunggu proses menghubungkan sampai selesai. Jika sudah selesai, anda sudah bisa menggunakannya untuk membuka situs yang terblokir

Untuk anda yang tak mau repot donwload aplikasi VPN, anda bisa memanfaatkan beberapa Browser yang didalamnya sudah terinstal VPN seperti Opera.

2. Manfaatkan situs proxy yang ada di internet

cara membuka situs yang diblokir internet positif

Menurut saya pribadi, cara ini adalah cara paling mudah untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, yang terpenting ada koneksi internet.

Hanya saja, jaringannya agak sedikit lelet, terutama untuk anda yang membuka video atau menggunakan layanan streaming musik.

Membuka situs proxy pun bisa anda terapkan apabila pembatasan itu hanya pada area yang spesifik seperti di kantor atau sekolah.

Baca Juga : 10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Oh iya, saya perlu ingatkan satu hal. Saat membuka blokir dengan proxy enggak terlalu aman dan tidak seaman saat menggunakan VPN.

Oleh karena itu, jika tidak ingin ketahuan sekaligus untuk menyamarkan IP anda dengan baik, sebaiknya pakai metode satu, yang sudah saya jelaskan diatas.

Lantas bagaimana cara membuka situs web proxy? Caranya sangat mudah. Anda tinggal menggunakan satu dari sekian banyak situs proxy dibawah ini:

  • Proxysite.com
  • proxysite.one
  • croxyproxy.com
  • hidester.com/proxy
  • Hidemyass.com
  • Spysurfing.com
  • Dll

Setelah itu masukkan URL situs, setelah itu pilih server dan tekan enter. Selesai, anda sudah bisa mengakses situs yang terblokir tadi.

Pada dasarnya, situs web proxy berusaha menyamarkan situs yang diblokir oleh internet service provider [ISP] sehingga anda bisa mengakses situs yang terblokir.

Sebagai contoh, jika Facebook di blokir di Wifi Kantor, silahkan buka saja salah satu situs proxy di atas dan buka dari situs tersebut.

3. Menggunakan IP Addres domain

cara membuka situs yang diblokir internet positif

Menggunakan pengalih URL dan IP juga memungkinkan anda membuka situs yang di blokir internet positif.

Cara kerjanya cukup mudah, dimana anda hanya perlu mencari tahu IP addres dari situs yang di blokir tadi lalu menggunakannya sebagai nama lain dari situs tersebut.

Setiap URL pada dasarnya memliki alamat IP dan mungkin saja pemerintah yang memblokir situs lupa memblokir alamat IP situs.

Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik Buatan Anak Negeri

Dengan demikian, untuk memperoleh alamat IP situs yang diblokir tadi, baiknya anda menggunakan CMD untuk ping domain.

Dan anda bisa menggunakan IP domain yang diblokir itu untuk membuka situs yang terblokir dengan catatan, pemerintah enggak memblokir IPnya dan hanya domainnya.

Hanya saja, apabila situs menyembunyikan IPnya, cara ini tidak dapat anda terapkan. Berikut langkah-langkah menggunakan IP Addres domain guna membuka situs web yang diblokir:

  • Buka CMD di komputer anda [Wajib pakai kompter atau laptop ya] atau ketik saja Win+R> CMD
  • Setelah itu ketikkan Ping www.namadomain.com lalu tekan enter. Sebagai contoh ping www.paulipu.com
  • Tunggu prosesnya sampai selesai

Biasanya, alamat IP terletak setelah tulisan repply from seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

cara membuka situs yang diblokir internet positif

Setelah menemukan alamat IP, selanjutnya apa? Selanjutnya adalah copy dan pastekan alamat IP itu di Browser lalu lakukan pencarian seperti biasa.

Anda bisa mengikuti perintah ini di berbagai platform entah itu di MAC, Linux, Android, Desktop dan perangkat lain.

4. Ubah proxi jaringan di browser

cara membuka situs yang diblokir internet positif

Biasanya sih, Universitas atau perusahaan punya lebih dari satu proxy pada jaringannya. Dengan kata lain, beberapa situs hanya dibatasi atau diblokir pada satu proxy sementara proxy yang lain tidak.

Karena itu, anda dapat memanfaatkan proxy lain ini untuk mengakses situs yang diblokir oleh Wifi atau jaringan tertentu, terlebih untuk perusahaan dan lembaga tempat anda bekerja.

Baca Juga : 5 Situs Tempat Jual Foto Terbaik Saat Ini

Untuk mengatifkan pengaturan proxy jaringan di browser enggak terlalu sulit. Cukup cari opsi koneksi/Jaringan di pengaturan Browser seperti pada gambar diatas.

Setelah itu, pilih opsi tanpa proxy atau metode lain untuk membuka akses internet dari situs yang diblokir.

5. Gunakan Google Translete

cara membuka situs yang diblokir internet positif

Percaya atau tidak, anda bisa membuka situs yang diblokir dengan Google translete. Di Indonesia, Google translete enggak di blokir, kan?

Salah satu alasannya adalah karena Google translete adalah salah satu alat yang sangat edukatif bagi masyarakat.

Untuk membuka internet positif dengan Google translete, cukup buka aplikasi atau situsnya lalu cari nama lain atau bahasa lain dari situs yang di blokir itu.

Dengan demikian, anda mencari situs yang diblokir berdasarkan varian bahasa yang ada di dunia. Pastikan juga anda mencarinya dengan teliti.

Ini adalah cara paling mudah untuk mengakses situs yang terblokir. Anda juga bisa menggunakan layanan terjemahan lain seperti Bing translete dan sebagainya.

6. Bypass sensor dengan ekstensi

cara membuka situs yang terblokir internet positif

Apabila situs yang diblokir itu sifatnya dinamis, seperti Facebook atau Youtube, dimana waktu aksesnya dibatasi pada jam-jam tertentu, anda bisa memanfaatkan cara yang satu ini.

Yakni dengan menggunakan ekstensi untuk membypass sensor. Ada dua jenis ekstensi yang biasa saya gunakan seperti Yani Hola dan Proxmate.

Baca Juga : Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

Oh iya, dua ekstensi ini juga tersedia untuk Chrome dan Mozila. Anda juga bisa pakai UltraSurf, yang merupakan salah satu ekstensi terbaru yang mampu mengenkripsi data pengguna selama digunakan.

Salah satu keunggulan UltraSurf adalah kemampuan mengalahkan teknologi blokir terbaru seperti Lightspeed.

7. Membuat ulang URL

cara membuka situs yang terblokir internet positif

Kadang kala, ada beberapa situs yang diblokir itu di host ulang dengan DNS Record yang baru, dan berbeda dengan record yang lama.

Sebagai contoh, ada beberapa situs yang menghapus redirect dari www ke non www atau sebaliknya. Dan pemiliknya menambahkan DNS Record baru dengan domain utama serta target pointing ke IP server hosting yang berbeda.

Setelah itu, pemiliknya tinggal tunggu waktu propagasi sebentar dan sudah siap digunakan. Salah satu contohnya adalah situs bungfrangky.com dan www.bungfrangky.com.

Baca Juga : 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Dan biasanya, pemilik website menggunakan cara yang satu ini untuk mengakali akses dari suatu wilayah yang telah diblokir oleh otoritas setempat.

Dengan kata lain, tidak ada pengalihan terhadap suatu situs. Dimana, saat anda mengakses www.diblokir.com dan diblokir.com akan diarahkan pada dua situs yang berbeda dengan DNS record yang juga beda. Simple, but work!

8. Ganti DNS server

cara membuka situs yang terblokir internet positif

Mengganti DNS Server memungkinkan anda mengakses internet dengan cepat dan juga membuka situs yang terblokir.

Cara ini pada dasarnya memungkinkan anda memblokade situs dengan melibatkan penggunaan Google DNS dan OpenDNS untuk mengakses suatu situs.

Untuk pembahasan lebih lengkap soal cara mengganti DNS Server, sudah saya ulas di artikel saya sebelumnya disini.

Oh iya, belum lama ini, CloudFlare juga meluncurkan layanan DNS 1.1.1.1 yang diklaim sebagai layanan DNS tercepat yang fokus pada privasi.

Layanan ini juga tersedia untuk Android dan iOS. Dan saya sering menggunakan metode ini untuk mengakses situs yang diblokir seperti situs mantap-mantap Reddit.

Jika anda menggunakan DNS pastikan privasi DNSnya sudah terbukti. Karena dengan pengaturan default saja sudah tidak aman, apalagi dengan menggunakan DNS lain, terlebih untuk anda yang mengakses jaringan publik.

QnA

Meski penjelasan diatas sudah cukup lengkap, ternyata masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya tentang hal-hal yang tidak terlalu teknis. Berikut beberapa diantaranya:

Q : Apakah internet positif bisa di download?

A : Download internet positif itu gak bisa. Karena ini bukanlah aplikasi melainkan firewall atau pembatasan jaringan karena anda mengakses sesuatu yang sudah di blokir dari dalam jaringan itu sendiri.

Q : Apakah bisa di buka di semua browser?

A : Bisa kok. Anda bisa menghilangkan internet positif di laptop, desktop, membuka situs internet positif di Firefox, Google Chrome dan semua jenis browser lain.

Jika anda menggunakan ponsel, untuk membuka internet positif di Android ada baiknya anda gunakan vpn karena jauh lebih mudah.

Q : Ada gak browser yang tidak mengalami internet positif?

A : Perlu anda ketahui, pembatasan internet positif bukan dari browser melainkan dari dalam jaringan [daring].

Jadi, kalau anda mau agar internet positif anda tidak terblokir, ada baiknya gunakan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Penutup

Selain cara diatas, ada banyak cara lain untuk membuka situs yang terblokir seperti menggunakan arsip online atau Wayback Machine, Menggunakan RSS Feed, menggunakan IP Anonimizer seperti TOR [yang sebenarnya mirip dengan cara kerja VPN] serta menggunakan browser portabel.

Untuk cara yang lebih gampang tentu saja dengan menggunakan VPN. Sebab anda tinggal instal aplikasi VPN atau menggunakan VPN mandiri di jaringan lalu mulai akses internet yang diblokir.

Nah demikian artikel tentang 8 Cara Membuka Situs Yang Diblokir Internet Positif. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *