[STEP BY STEP] Cara Membuat Poster Di HP dan Laptop

5 min read

cara membuat poster

Untuk anda yang penasaran cara membuat poster di HP dan Laptop pakai Canva, baca artikel ini sampai habis.

Dulu, sebelum internet ditemukan, poster merupakan salah satu media informasi yang cukup efektif untuk menyampaikan suatu berita.

Itu artinya, informasi yang terdapat pada poster bisa menggerakkan dan mempengaruhi publik atau orang-orang yang membacanya.

Jenis informasi yang terdapat pada poster cukup beragam mulai dari event, informasi edukatif, kegiatan massal, konser musik, opera, iklan dan lain sebagainya.

Di era post modern ini, poster nyatanya tidak ditinggalkan. Hanya mengalami penambahan bentuk dengan hadirnya poster digital.

Dimana, sebelumnya, semua poster itu di print out atau dicetak secara massal untuk kemudian disebarkan kini tidak perlu lagi dicetak diatas kertas.

Tapi apa sih definisi poster itu? Poster adalah sebuah desain yang didalamnya terdapat gambar dan teks yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan suatu informasi.

Untuk anda yang sering bertanya beberapa pertanyaan dibawah ini, baik yang teknis atau tidak, seperti:

  • Bagaimana cara membuat poster di hp dan komputer?
  • Bagaimana cara membuat poster di buku gambar?
  • Apakah ada cara membuat poster dengan microsoft word? Jika ada, caranya gimana?
  • Bagaiman sih cara membuat poster iklan?
  • Bagaimana cara membuat poster kesehatan?
  • Bagaimana cara membuat poster dari kertas karton?
  • Bagaimana Cara membuat poster yang menarik?
  • Bagaimana cara membuat poster ppdb?
  • Bagaimana Cara membuat poster di hp iphone?
  • Dan pertanyaan lain

Bisa lihat ulasannya dibawah. Tapi sebelum itu, baiknya saya bahas dulu syarat-syarat buat poster yang baik dan benar.

Syarat Buat Poster yang Baik dan Benar

Ada 8 syarat yang harus diketahui oleh anda sebelum membuat poster. Apa saja syaratnya? Pasti penasaran, kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Tentukan target pemirsa

Sebelum poster itu dibuat, pastikan anda sudah tahu siapa pemirsa atau targetnya. Dalam dunia grafis, apsek ini disebut segmentasi audiens.

Tujuannya apa? Penting gak? Tujuannya banyak. Salah satunya untuk mengetahui bagaimana anda menjangkau pemirsa atau pembaca poster.

Dengan demikian, anda bisa tahu apakah poster itu akan diprint out atau hanya disebarkan secara digital.

Selain itu, mengetahui target pemirsa juga akan membantu anda untuk mengatur pesan yang ingin disampaikan dalam poster.

2. Informasi yang disampaikan harus jelas

Pesan yang anda tulisn atau sampaikan dalam poster harus jelas dan mudah dipahami, minimal 3 detik.

Karena itu, hindari penggunaan gambar yang terlalu dominan, warna yang cenderung kontras dengan font termasuk penggunaan kata-kata yang ambigu.

Karena tujuan anda membuat poster adalah untuk menyampaikan informasi. Dan informasi tersebut harus ringkas, padat dan jelas.

3. Relevan

Sekalipun informasi yang disampaikan itu jelas, kalau substansinya tidak relevan, maka poster tidak akan berguna.

Maksud dari informasi yang relevan itu seperti apa sih? Maksudnya adalah, informasi yang disampaikan itu tidak keluar dari intisari pesan.

Misalnya nih, anda mau buat poster tentang Konser Band Kampus bulan depan. Nah anda harus tulis jamnya berapa, tanggal berapa, tempatnya dimana, dan detail informasi lain.

Akan lebih bagus jika informasi itu dibuat secara terstrukur agar perhatian orang fokus pada informasi inti yang mau disampaikan.

4. Gunakan kata-kata seperlunya saja

Singkatnya, gunakan kata-kata yang padat. Untuk menggunakan kata-kata yang padat, sebaiknya anda hanya menginformasikan hal-hal penting saja dalam poster, seperti:

  • Nama kegiatan atau informasi yang berkaitan dengan event. Konser Amal misalnya.
  • Waktu dan tanggal. Dalam beberapa kasus, anda boleh sertakan informasi tambahan seperti tahun
  • Tempat pelaksanaan kegiatan terlebih jika itu adalah poster kegiatan atau event
  • Detail-detail teknis seperti kontak service, penanggungjawab, biaya masuk atau tiket, doorprize, pembawa acara dan lain sebagainya.
5. Perhatikan nilai estetika poster

Salah satu hal yang menarik dari poster adalah nilai estetikannya. Memikirkan daya tarik visual sangat penting disini.

Estetika juga membantu pembaca atau orang-orang agar cepat memahami poster yang anda buat, langsung ataupun tidak.

Agar nilai estetika poster terlihat menarik, gunakanlah gambar yang sesuai dengan tata letaknya, pakai warna yang cenderung menarik, pilih ukuran font yang bisa dibaca dalam jarak 1 meter.

Hindari penggunaan kata-kata yang cenderung menipu, SARA, Hoax atau apapun yang bisa menimbulkan konflik di kemudian hari.

6. Harus menarik

Saya yakin, jika nilai estetika baik, otomatis poster tersebut akan terlihat menarik. Artinya begini, jika poster itu menarik, banyak orang yang akan tertarik membacanya.

Tren poster juga cepat berubah karena itu lihat tren-tren pembuatan poster yang sedang berkembang.

Biasanya, trennya itu memperlihatkan bagaimana postur poster, font, warna dasar dan lain sebagainya.

7. Bisa dibaca

Ya jelaslah. Itu berarti, ukuran huruf dan font yang digunakan harus bisa dibaca orang yang jadi target audience dalam jarak 1-2 meter.

Memang baik jika anda pakai huruf yang ukurannya kecil karena informasi yang ada pada poster lebih banyak tapi orang-orang akan ogah membaca poster dan pasti akan mengabaikannya.

8. Tahu cara menyebarkannya

Yang terakhir adalah mengetahui bagaimana poster itu disebarluaskan. Lebih efektif jika anda menyebarluaskannya secara daring atau luring.

Untuk daring, bisa posting di status Facebook, IG atau WhatsApp. Untuk luring, bisa print out lalu tempel di tempat-tempat strategis.

Cara Membuat Poster Di HP dan Laptop pakai Canva

Lantas, bagaimana sih cara membuat poster di Hp dan Laptop pakai Canva? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Cara Buat Poster di Android dan iOS pakai Canva

Jika tak punya laptop atau komputer, anda bisa manfaatkan ponsel atau HP untuk buat poster. Caranya mudah, tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Install dulu aplikasi Canva di Ponsel anda. Untuk Android, anda bisa download di Google Play Store lewat tautan ini dan untuk iOS silahkan download di iOS store dengan cara klik link ini
  • Setelah terdownload dan berhasil terinstal di ponsel anda, silahkan buka aplikasi Canva. Di tahap ini, anda diminta untuk registrasi dulu sebelum menggunakannya. Untuk registrasi, anda bisa pakai akun Facebook, Google atau pakai Email aktif milik andacara buat poster
  • Berikutnya, anda akan diarahkan ke beranda aplikasi. Nah disini ada banyak kategori template yang bisa dipilih mulai dari kiriman instagram, cerita instagram, animasi media sosial, logo, kiriman facebook, selebaran, poster, undangan, video dan lain sebagainya. Jika hendak buat poster, silahkan pilih Poster. Perhatikan, tidak semua template itu bisa digunakan dengan gratis, dengan kata lain ada template premium. Untuk menggunakan yang gratis, silahkan lihat tulisan gratis disebalah kiri template. Anda juga bisa pilih template kosong untuk merancang poster sendiri pakai Canva. Lebih mudah sih pakai template yang sudah adacara buat poster
  • Kalau sudah memilih template, silahkan edit sesuai keinginan. Jangan lupa sesuaikan font, ukurannya, simbol, karakter, ikon dan materi-materi lain sesuai keinginan. Untuk font, tinggal diedit saja sesuai keinginan. Sementara, untuk gambar, anda bisa pakai yang default atau menggunakan gambar sendiri yang bisa di download Google atau unduh di situs microstock seperti Shutterstockcara buat poster

Apabila desain itu sudah selesai dibuat, jangan lupa unduh atau simpan poster tersebut di ponsel anda. Caranya mudah, tinggal klik tombol unduhan yang terletak dibagian kiri atas layar pengeditan.

Selain mengunduh, anda juga bisa mengirimkannya langsung ke WhatsApp, Direct Message, Bluetooth dan lain sebagainya.

Oh iya, format gambarnya secara otomatis jadi .PNG. Ukurannya sih cukup variatif, tergantung dari format poster yang dibuat.

Jika poster tersebut bentuknya .PDF atau .GIF, ukurannya tentu lebih kecil atau lebih besar dari .PNG.

2. Pakai aplikasi Canva versi Dekstop

Tampilan antarmuka Canva versi desktop kurang lebih sama dengan yang versi ponsel, baik itu Android atau iOS.

Hanya saja, menurut saya pribadi, buat poster di laptop atau komputer pakai canva lebih aktraktif.

Selain layarnya lebih besar, anda juga bisa melakukan pengeditan dengan mudah.

Lantas bagaimana sih cara buat poster di Laptop atau Komputer pakai Canva? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya.

  • Download dulu aplikasi Canva untuk desktop dari situsnya langsung. Aplikasi ini belum ada di Microsoft store ya atau toko aplikasi desktop lainnya. Agar lebih mudah, bisa download via tautan ini
  • Setelah terdownload silahkan install aplikasi tersebut di laptop atau komputer anda. Apabila sudah terinstal, silahkan registrasi pakai akun Facebook atau akun Gmail milik anda. Oh iya, kalau masuk pakai akun Gmail atau Facebook, tab browser baru akan terbuka. Setelah browser terbuka dan memilih akun gmail, anda akan dialihkan lagi ke Canvacara buat poster
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman beranda. Tapi sebelum itu akan ada pemberitahuan ucapan selamat datang di Aplikasi Canva desktop. Di beranda aplikasi, silahkan pilih bentuk desain yang diinginkan. Jika pengen buat poster, silahkan pilih Poster.cara membuat poster
  • Selanjutnya, anda akan diarahkan ke dua layar, disebelah kanan adalah layar template dan disebalah kiri adalah layar pengeditan. Bentuknya kurang lebih sama seperti yang ada di ponsel namun tampilannya lebih terstruktur. Setelah memilih template, yang otomatis akan muncul dilayar pengeditan, silahkan atur sesuai keinginan. Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur yang ada agar poster anda terlihat lebih menarik cara membuat poster
  • Setelah selesai, silahkan unduh template tersebut dengan cara klik icon download yang terletak disebelah kiri atas layar. Sebelum itu, anda diminta memilih format desain yang mau di download. Di Canva ada beberapa format gambar yang tersedia mulai .PNG, .JPEG, .PDF dan lain sebagainya.cara buat poster

Ukuran filenya gimana? Ukuran filenya cukup besar. Hanya saja, bergantung pada panjang, lebar dan format posternya. Jika pakai PNG, ukurannya lebih dari 200kb.

Oh iya, proses pembuatan poster di canva versi dekstop sama dengan canva versi site atau situs. Lebih mudah sih pakai yang versi aplikasi, sebab anda tidak repot buka browser lagi.

Hanya saja, semua cara diatas mengharuskan anda punya koneksi internet. Jadi pastikan anda online sebelum melakukan desain.

Penutup

Perhatikan selera atau tren desain poster yang sedang berkembang agar poster buatan anda terlihat menarik dan unik.

Tips lain yang bisa saya berikan adalah usahakan untuk menghindari penggunaan font family dan gambar blur.

Apabila anda punya aplikasi yang sering digunakan untuk buat poster atau mungkin punya masukkan, kritikan atau hal-hal lain yang ingin disampaikan terkait dengan postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikain artikel tentang cara membuat poster di HP dan Laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *