7 Cara Membuat Poster Yang Baik Dan Benar

10 Likes Comment
cara buat poster yang baik dan benar

7 Cara Membuat Poster Yang Baik Dan Benar – Sebelum ada akses terhadap internet, poster merupakan salah satu media yang mampu mengumpulkan banyak informasi kepada orang lain.

Saat itu, poster memiliki peran penting untuk menjadi media informasi yang mampu menggerakkan, mempengaruhi dan memberikan informasi penting pembaca secara singkat.

Bahkan, majalah dinding di sekolah, atau tembok-tembok kosong sering kali ditutupi poster baik dalam bentuk graffiti, mural dan lain sebagainya. Informasi yang ada pada poster biasanya beragam mulai dari pengumuman, informasi pendidikan hingga konser.

Meski kita sudah memasuki era digital tetapi poster nyatanya tidak ditinggalkan. Hanya mengalami perubahan bentuk yang sebelumnya semua poster itu di print out kini menjadi banner digital yang tidak perlu di print out.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Rambut Yang Rusak

Poster pada intinya adalah ringkasan informasi yang bisa menarik perhatian seseorang dalam waktu singkat seperti pesan singkat dan mudah dipahami meski hanya dilihat sekilas. Biasanya, poster yang baik hanya dapat dipahami oleh orang yang membacanya dalam waktu tiga detik.

Untuk membuat poster seperti itu, sang pembuat harus mampu memahami langkah-langkah utama yang sangat penting ketika membuat poster.

Seperti memahami pemirsa, kepada siapa pesan itu ditujukan, urutan konten dan juga kemampuan poster bertahan dalam ingatan pembaca.

7 Cara Membuat Poster Yang Baik Dan Benar

Nah berikut dihadirkan 7 hal penting yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah poster. Apa saja itu? berikut daftarnya:

1. Target pemirsa

Sebelum membuat poster, pastikan dulu anda tahu target poster tersebut agar anda mudah untuk mendefiniskan orang-orang yang ingin dijangkau.

Hal ini bisa membantu anda untuk melihat saluran mana yang akan digunakan apakah itu digital atau print out. Selain itu, mengetahui target pemirsa juga akan membantu anda untuk mempersempit pesan yang ingin anda sampaikan dalam poster.

2. Informasi yang hendak disampaikan harus jelas

Pesan yang ditangkap dalam poster harus merupakan informasi yang jelas dan mudah dipahami. Biasanya, banyak poster yang tidak ditulis dengan jelas karena menggunakan gambar yang terlalu dominan, warna yang kontras serta kata-kata yang bermakna ambigu.

Baca Juga : 5 Kota Paling Aneh Di Dunia

Tujuannya anda membuat poster adalah menyampaikan informasi dan informasi itu harus disampaikan. Jika informasi itu mudah ditangkap maka tujuan anda pasti tercapai

3. Relevan

Seperti juga informasi yang jelas, setiap kata dalam konten harus berisi informasi yang relevan dan tidak keluar dari skema yang dibahas.

Pikirkan urutan yang tepat yang bisa menarik perhatian seseorang untuk membaca awal dan akhir dari poster yang anda buat. Hapus hal-hal yang tidak penting karena poster adalah informasi yang disampaikan dengan ringkas.

4. Padat

Gunakan kata-kata seperlunya. Dalam poster anda harus bisa menggunakan kata-kata yang ringkas, padat dan jelas agar pesan yang anda sampaikan melalui poster benar-benar dipahami. Batasi informasi yang anda berikan kepada audience anda.

5. Perhatikan nilai estetika

Ini salah satu hal yang bisa menarik seseorang untuk membaca poster anda. Salah satu alasan seperti orang mampu memahami poster buatan anda dalam waktu tiga detik adalah karena estetika yang tinggi dari desain poster yang anda buat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Android Yang Rusak Terkena Air

Biasanya, desain ini tidak terbatas pada gambar saja pada tata letaknya, warna, gaya dan ukuran tulisan dan sebagainya.

Menggunakan gambar-gambar yang relevan disertai kata-kata yang tidak mengandung unsur menipu, SARA dan apapun yang berpotensi menimbulkan konflik adalah hal penting dalam poin ini.

6. Harus menarik

Jika estetika poster baik maka sudah jelas poster akan menarik. Poster harus terlihat bagus dan mampu menarik seseorang untuk membacanya dan ketika seseorang membacanya, perhatiannya tertuju pada poster yang anda buat.

Menarik disini mulai dari tampilan poster, tulisan, font dan lain sebagainya. Namun, kesederhanaan biasanya menjadi pilihan yang baik agar poster yang anda buat bisa menarik perhatian orang.

7. Bisa dibaca

Ya jelaslah. Itu berarti, ukuran huruf dan font yang anda gunakan pada poster harus bisa dibaca oleh orang-orang yang menjadi target audience anda bahkan dari jarak 1-2 meter.

Memang baik untuk membuat poster dengan huruf kecil karena informasi yang anda berikan sudah pasti banyak tetapi hal ini bisa membuat orang lain mengabaikan poster yang anda buat.

Nah demikian artikel tentang 7 cara buat poster yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ~

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *