Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya

Membuat kerangka naskah novel adalah salah satu tugas utama sebelum memasuki tahap riset, penulisan sampai editing novel.

Kerangka tersebut merupakan garis-garis besar, rancangan atau poin-poin kunci tentang novel yang memudahkan saat penulisan nantinya.

Apalagi mereka yang masih pemula dalam dunia kepenulisan. Dan kerangka ini juga bisa diterapkan untuk tulisan apa saja, buku atau artikel ilmiah misalnya.

Lantas, apakah penting membuat kerangka novel? Jika penting, bagaimana cara buatnya? Apa saja item-item yang wajib dilibatkan dalam kerangka tersebut? Simak artikel ini sampai habis.

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Baik dan Benar

Lantas, bagaimana cara membuat kerangka naskah novel yang baik dan benar? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. Siapkan alat tulis dan kertas

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya
Gambar via unsplash.com

Langkah pertama untuk membuat kerangka naskah novel adalah dengan menyiapkan alat tulis yang ada saat itu.

Untuk alat tulis bisa pakai pulpen. Tidak disarankan sih pakai pensil karena bisa saja terhapus tulisannya, terlebih jika sudah lama.

Sementara, untuk kertas, boleh pakai kertas apa saja entah itu double folio, kertas HVS dan jenis kertas lain yang memungkinkan anda menulis.

Apakah bisa pakai aplikasi notes yang ada di HP? Boleh-boleh saja. Tapi tidak disarankan, karena ada banyak gangguan saat pakai aplikasi notes.

Misalnya, setelah anda buat kerangkanya disitu, ada kemungkinan anda akan tertarik untuk buka aplikasi lain sehingga anda bakal sulit fokus.

Baca Juga:

Itu belum ditambah dengan gangguan lain misalnya notifikasi dari aplikasi media sosial, chat dari teman atau pacar dan seterusnya.

Apabila terbiasa pakai notes di ponsel, tidak jadi masalah. Yang penting, gangguan-gangguan kecil dihilangkan, kalau perlu, di nonaktifkan notifikasinya sekalian.

Untuk poin pertama, waktu yang dibutuhkan adalah 1-5 menit. Kecuali jika salah satu peralatan tersebut tidak ada dan harus dibeli, maka akan memakan waktu lebih lama.

2. Tulis karakter novel

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya
Gambar via artstation.com

Setelah alat tulis dan kertas disiapkan, langkah berikutnya adalah menentukan karakter seperti apa yang ingin dihadirkan lewat novel.

Di tahap ini, anda harus peras otak untuk memikirkan asal usul karakter, tampang idealnya, bagaimana kelihatannya, perannya apakah antagonis, protagonis serta tritagonis.

Atau mungkin, seorang superhero dengan kemampuan khusus, cowok flamboyan yang suka godain wanita, cowok parlente yang oportunis, cewek yang tidak suka di sebut cewek, wibu yang suka nonton donghua dan lain sebagainya.

Hanya saja, agar setiap karakter tersebut kuat, ia harus memiliki beberapa informasi spesifik yang memudahkan audiens mengidentifikasinya, seperti:

  • Tampilan ideal karakter dalam novel
  • Karakternya
  • Emosinya
  • Tinggi badanya
  • Kekurangan dan kelebihannya
  • Tanggal lahir
  • Latar belakang dan seterusnya
  • Riwayat keluarga

Item-item dasar seperti orang kebanyakan dimana ia punya latar belakang, punya perasaan serta punya mimpi di masa depan.

Dalam pembuatan karakter novel, waktu yang dibutuhkan adalah 1-3 hari. Semakin banyak karakter yang terlibat, semakin banyak waktu yang diperlukan untuk menyiapkannya.

3. Pilih tema novel

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya
Gambar via geosiar.com

Setelah karakter dibuat, langkah selanjutnya adalah memutuskan tema novel apa yang mau diangkat dari novel tersebut.

Apakah tema ini sama dengan genre? Tentu saja. Untuk memudahkan anda menentukan tema novel yang benar, bisa melakukan brainstorming terlebih dahulu.

Dengan memulai pertanyaan dasar seperti: Saya mau buat novel seperti apa? Kesan apa yang diharapkan dari novel tersebut? Bagaimana prospek novel dengan pasar yang ada saat ini?

Dari sinilah anda bisa ditentukan genrenya apakah itu romantis, religi, fantasi, keluarga, adventure dan seterusnya.

Berapa lama waktu ideal untuk menentukan tema novel? Disesuaikan aja sama keinginan. 1 Hari boleh, tapi harus komitmen sama tema tersebut.

4. Buat kerangka bab per bab

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya
Gambar via gramedia.com

Ini yang paling sulit karena jika novel merupakan gabungan dari beberapa cerita atau kumpulan cerita yang memuncak pada satu ending atau akhir.

Karena rata-rata novel terdiri dari 100.000 karakter, maka untuk memudahkan orang-orang membaca novel tersebut, anda harus buat bab per babnya dulu.

Tapi, sebelum itu, tentukan dulu berapa banyak bab yang akan dibuat. Hanya saja, karena ini akan berkembang nantinya, sebaiknya anda putuskan berapa bab minimal.

Untuk contoh saja, jika buat novel dalam bab per bab, maka tulis dengan kerangka seperti ini:

  • Bab I: Perjalanan
  • Bab II: Pertemuan
  • Bab III: Perjanjian
  • Bab IV: Perpisahan
  • BAB V: Tanpa komunikasi
  • Bab VI: Bertemu tak sengaja
  • BAB VII: Perpisahan untuk kedua kalinya
  • BAB VIII: Semesta mempertemukan lagi
  • BAB IX: Ia disampingku

Dan karena kerangka bab per babnya cukup banyak dan kompleks, yang didalamnya menyertakan poin-poin kunci cerita dari bab tersebut, maka waktu yang dibutuhkan minimal 3 hari.

Boleh siapkan waktu lebih lama untuk membuat kerangka ini. Bisa 1 minggu, atau mungkin lebih, sampai bab per babnya benar-benar rampung dibuat.

5. Mengatur ending cerita

Urutan Penomoran Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Tesis, Artikel, Monograf dan Contohnya
Gambar via stackoverflow.blog

Akhir cerita, yang kadang disebut ending, cenderung memuncak pada tiga bagian yakni bahagia, menggantung dan sedih. Ketiganya menciptakan emosi sendiri-sendiri buat pembaca.

Jika punya rencana membuat dwilogi atau trilogi dari novel tersebut, boleh pakai ending menggantung tapi tetap bumbui dengan emosi, meskipun tidak dalam takaran yang sesungguhnya.

Untuk membuat ending, pertimbangkan soal genrenya. Kalau temanya soal cinta-cintaan atau perjuangan, mayoritas pembaca berharap agar endingnya bahagia.

Soal ini bisa diputuskan dengan cepat. Artinya, ia tidak memakan waktu yang lebih lama dibanding poin-poin sebelumnya diatas.

Meski demikian, anda juga harus mendefinisikan kembali dalam novel, bagaimana kebahagian yang diperoleh dan perspesi karakter soal kebahagiaan dimaksud.

Misalnya, jika novel tersebut berakhir bahagia, apakah kebersamaan keduanya yang dimaksud bahagia, atau saat mereka memilih untuk hidup sendiri-sendiri.

6. Menentukan judul

Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya
Gambar via insider.com

Sama seperti membuat tema, dimana dalam menentukan judul anda juga harus melakukan proses brainstorming. Hanya saja, ini lebih mudah ditentukan.

Umumnya, judul novel bisa diambil dari isi novel yang merujuk pada tempat, orang atau keadaan. Contohnya dalam novel Edensor karya Andrea Hirata yang judulnya merujuk pada tempat.

Atau mungkin, novel perahu kertas yang merujuk pada kebiasaan tokoh utama untuk yang membuat perahu kertas untuk dihanyutkan, bersama pesan-pesannya.

Menentukan judul novel mungkin bisa memakan waktu lebih lama. Karena itu, beberapa penulis, cenderung memilih judul setelah novel selesai dibuat.

Jadi ini opsional, bisa ditentukan di awal atau diakhir. Judul juga bisa diubah kemudian, jika setelah ditentukan, ternyata tidak sefrekuensi sama isi cerita.

7. Durasi penulisan novel

Cara Menulis Artikel Yang Benar Dan Contohnya
Gambar via paperwriter.com

Selanjutnya tentukan kapan pengerjaannya apakah setelah kerangka novel dibuat, minggu ini, minggu depan, bulan depan dan lain sebagainya.

Tapi, disarankan agar ada jeda waktu selama periode ini. Tujuannya agar anda bisa melakukan berbagai hal lain terkait novel, diantaranya:

  • Melakukan riset kecil-kecilan tentang novel
  • Memahami segmentasi pasar dari cerita yang dibuat
  • Konsultasi tentang sesuatu kepada orang-orang
  • Melihat atau mengunjungi tempat yang akan dijadikan setting cerita

Apabila merujuk pada jumlah karakter novel yang mayoritas lebih dari 100.000 karakter, maka durasi paling cepat dalam proses pembuatan novel adalah 3 bulan.

Anda juga bisa siapkan waktu lebih lama. Agar jelas, berikut disajikan durasi penulisan novel, dari awal riset sampai selesai editing:

Riset tentang novel dan pasarnya1 minggu
Konsultasi tentang sesuatu didalam novel kepada ahli atau seseorang yang punya pengalaman di bidang terkaitBisa dilakukan on-going, saat novel sedang dibuat
Melihat dan mempelajari lokasi yang jadi tempat cerita itu terjadi1 Minggu tapi bisa juga dilakukan on-going, saat novel sedang dikerjakan. Agar tidak bolak-balik, boleh ambil foto tempat-tempat tersebut
Durasi pengerjaan novel1-3 bulan
Durasi pengeditan naskah tahap I1 Bulan
Durasi pengeditan naskah tahap II3 Minggu
Membaca kembali cerita bab per bab1 bulan

Dari tabel diatas sebenarnya bisa dipastikan kalau anda butuh banyak waktu dalam proses pembuatan novel. Jadi, siapkan waktu sebanyak mungkin.

Semakin panjang novel yang ditulis, semakin banyak waktu yang diperlukan. Jika sudah berkeluarga, mungkin harus pandai manajemen waktu. Karena selain harus urus anak, mungkin juga harus urus suami.

Tapi, satu hal yang pasti, sebisa mungkin anda harus bisa menulis setiap hari. Minimal, alokasikan 1 jam per hari untuk menulis novel tersebut.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan terkait postingan ini, bisa lihat dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apakah ada contoh kerangka novel pribadi?

Artikel diatas secara tidak langsung menjelaskan bagaimana membuat kerangka novel pribadi dan contohnya.

Jadi, bisa ikuti contoh diatas. Sesuaikan saja sama kebutuhan dan jenis novel yang dibuat. Intinya, anda adalah Tuhan dari Novel, buatlah sesuai keinginan anda.

2. Apakah ada contoh kerangka karangan novel?

Novel adalah karangan dan kerangka karangan novel sudah dijelaskan diatas. Tinggal ikuti saja langkah-langkah dan atur sesuai keinginan.

3. Apa itu kerangka novel? Dan apa manfaatnya?

Kerangka novel adalah gambaran umum, terkadang sedikit teknis, tentang bagaimana novel akan dibuat atau bagaimana ia akan terlihat.

Di dalam kerangka ini ada informasi soal karakter dalam novel, garis-garis besar dalam novel dalam bentuk BAB, dan subbab jika diperlukan serta informasi penting lain.

Informasi penting lain itu apa? Ada banyak. Mulai dari durasi penulisan novel, riset pasar, konsultasi isi dalam novel dengan ahli dan seterusnya.

Lantas, apa manfaat membuat kerangka novel? Manfaatnya cuma satu yakni memudahkan anda menulis novel. Selain itu, novel yang dibuat akan lebih sinkron dan memiliki akhir.

Penutup

Tidak mudah membuat novel karena selain harus pandai bercerita, ada banyak hal yang harus disiapkan salah satunya adalah waktu.

Itu belum ditambah sama tantangan individual seperti saat mengalami trance atau block dalam menulis serta mood, yang bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Demikian artikel tentang cara membuat kerangka naskah novel yang baik dan benar serta contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

5 pemikiran pada “Cara Membuat Kerangka Naskah Novel Yang Benar dan Contohnya”

  1. Selamat malam,
    thanks mbak, sekali lagi membantu saya yang apa daya masih pemula cuma bermodalkan semangat & ilmu dari internet 🙁
    mbak ini buat artikel pakai research keyword??

    Balas
    • Sama-sama mas Artama. Semoga blognya bisa populer 🙂
      Sebagian iya, sebagian gak. Kebanyakan artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sendiri. Jarang-jarang riset keyword, kecuali pas punya ide tapi gak tahu mau tulis judul apa.

      Balas

Tinggalkan komentar