Cara Membatalkan Langganan Spotify Premium Terbaru 2022

Untuk anda yang ingin tahu cara membatalkan langganan spotify premium, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Di Spotify, ada fitur premium yang memungkinkan anda mendengarkan lagu dan podcast tanpa terganggu dengan iklan yang muncul saat audio tersebut diputar.

Fitur pro ini ditawarkan dalam beberapa paket mulai dari Premium Mini atau paket pelajar, Paket Indiviual, Premium Duo dan juga Family.

Harga paket yang ditawarkan variatif dan yang termurah adalah premium pelajar seharga Rp24.990 perbulan dan ditagih berulang.

Disisi lain, anda sebagai pengguna, jika sudah berlangganan versi berbayar atau pro bisa membatalkan paket langganan spotify pro tersebut.

Caranya bagaimana? Cukup mudah dan bisa dilakukan di versi aplikasi Spotify entah itu Android dan iOS, termasuk juga spotify Web sampai spotify Desktop.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara membatalkan spotify premium mini, cara berhenti berlangganan spotify premium di android dan cara berhenti berlangganan spotify kartu kredit.

Atau mungkin, cara berhenti langganan spotify premium di iphone serta cara membatalkan paket langganan di Spotify, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

FYI, untuk contoh di bawah, saya pakai Spotify Web yang terbuka di PC atau laptop. Jika pakai Android, iPad, iPhone atau perangkat lainnya, tinggal disesuaikan. Karena semua caranya mengharuskan anda mengakses browser.

Cara Membatalkan Langganan Spotify Premium Terbaru 2022

Lantas, bagaimana cara batalkan langganan Spotify Premium? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel ini sampai habis.

1. Buka Spotify Web

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Pertama, silahkan kunjungi Spotify Web pakai browser ponsel, atau bisa juga pakai browser yang ada di PC atau laptop, Google Chrome misalnya.

Apabila browsernya sudah terbuka, langsung arahkan kursor ke tulisan masuk yang ada di bagian atas untuk login ke akun Spotify yang ingin dibatalkan paket premiumnya.

2. Pilih metode login

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Selanjutnya pilih satu dari beberapa metode login yang ada. Pastikan anda login ke akun Spotify yang ingin di hentikan langganan berbayarnya.

Baca Juga:

Untuk opsi loginnya ada banyak mulai dari Facebook, Apple, Google sampai dengan nomor telepon. Atau, bisa input manual nama pengguna atau email serta kata sandi. Kalau sudah, klik masuk di bagian bawah.

3. Buka pengaturan akun

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Setelah masuk ke spotify web di url Open Spotify, arahkan kursor yang ada di bagian atas. Nantinya, akan terbuka menu konteks baru.

Untuk opsi menunya ada tiga yakni akun, profil dan keluar. Pilih opsi yang pertama yakni akun agar bisa diarahkan ke daftar paket premium yang aktif di Spotify.

4. Klik ubah paket

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Setelah klik akun, anda akan dialihkan ke tab baru dan otomatis diarahkan ke opsi menu Tinjauan akun. Di tahap ini, tinggal scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan kolom menu Paket Kamu.

Jika anda berlangganan versi premium, anda akan melihat beberapa informasi seperti Spotify Premium, informasi pembayaran, tagihan berikutnya dan perbaharui jika ingin mengubah paket atau mengubah metode pembayaran

Sementara, apabila tujuan anda adalah untuk berhenti berlangganan Spotify Premium, klik Opsi paling bawah yakni Ubah Paket.

5. Klik Batalkan Premium

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Akan terbuka opsi menu paket yang tersedia dimana anda bisa melihat paket premium anda saat ini termasuk daftar paket premium lainnya dari Spotify.

Langsung scroll ke bawah sampai di opsi menu Spotify Free. Nah di bagian bawah, ada tombol Batalkan Premium. Klik saja disitu

6. Klik tombol Lanjutkan untuk membatalkan

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Akan muncul informasi soal cara anda mendengarkan akan berubah setelah mengubah paket dari premium ke Free.

Informasinya seperti kamu akan mendengar iklan per 15 menit, kamu tidak bisa memutar lagu apapun dan kapanpun di ponsel, kamu hanya bisa melewati 6 kali per jam dan lagu yang di download akan tersedia secara offline.

Apabila yakni ingin berhenti berlanggan SPotify Premium, langsung klik tombol lanjutkan untuk membatalkan.

7. Informasi penawaran paket

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Sebelum itu, anda juga ditawari paket untuk berlangganan paket premium SPotify lainnya dengan harga yang lebih murah. Termasuk jenis paket student, yang tentu saja lebih murah.

Jika tidak lagi mau berlangganan Spotify yang premium, sekali lagi klik tombol Lanjutkan untuk membatalkan yang ada di bagian bawah.

8. Konfirmasi pembatalan paket premium

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Selanjutnya akan muncul laman konfirmasi untuk membatalkan paket premium individual, jika sebelumnya anda pilih paket yangs atu ini.

Sekali lagi, jika memang anda mau berhenti berlanggan Spotify Premium atau versi berbayar, klik tombol Ya, Batalkan.

9. Pilih alasan mengapa ingin membatalkan Spotify

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Berikutnya, anda diminta untuk memilih alasan mengapa ingin membatalkan paket Spotify Premium. Untuk alasannya ada beberapa, diantaranya:

  • Saya akan berganti ke paket Spotify Premium lainnya
  • Saya mengalami masalah dengan pembayaran dan penagihan
  • Saya jarang memakai Spotify Premium
  • Saya menemukan layanan audio atau musik yang lebih saya suka
  • Saya tidak bisa menemukan musik atau podcast yang saya suka
  • Saya mengalami masalah dengan verifikasi paket
  • Saya mengalami masalah teknis terkait pemakaian Spotify Premium
  • Saya tidak mampu membayar Spotify Premium
  • Lainnya (harap sebutkan di bawah)

Di bagian bawah, anda diminta untuk menjawab pertanyaan soal Seberapa mungkin kamu akan kembali berlangganan Spotify Premium dalam waktu dekat?

  • Sangat mungkin
  • Mungkin
  • Netral
  • Tidak mungkin
  • Sangat tidak mungkin’

Jika tidak mau memberi alasan, anda bisa tekan tombol Lewati yang ada di bagian bawah. Sementara, jika anda sudah mengisi alasan dan menjawab pertanyaan, langsung klik tombol Kirim

10. Kembali ke akun

Cara Batalkan Langgan Spotify Premium

Terakhir akan muncul informasi kalau anda sudah berhasil membatalkan paket Spotify Premium. Isi informasinya kurang lebih seperti ini:

Sayang sekali kalau kita harus berpisah. Tetapi, kamu bisa bergabung lagi ke Premium kapan saja dengan mudah. Langsung klik Kembali ke akun untuk masuk ke beranda Spotify.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan diatas akan diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara berhenti berlangganan spotify premium di android, iPhone dan iPad?

Jika akses versi aplikasi Spotify entah itu yang didownload di Google Play Store dan App Store, opsi batalkan paket premium tidak tersedia.

Mengapa demikian? Karena satu-satunya cara adalah dengan membuka Spotify web yang bisa diakses di browser apa saja.

Dengan demikian, jika ingin batalkan paket langganannya, sebaiknya langsung buka Browser> kunjungi Spotify dan ikuti langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

2. Bagaimana cara berhenti langganan spotify Telkomsel, Indosat dan Tri?

Jika metode pembayaran yang dipilih adalah Pulsa elektrik entah itu Telkomsel atau provider lain, caranya kurang lebih sama.

Karena hanya metode pembayaran saja yang berbeda. Dan pertanyaan ini juga berlaku jika anda berlangganan spotify pakai DANA, Gopay, OVO dan dompet digital lain.

3. Bagaimana cara membatalkan Spotify Premium Mini dan Spotify Family?

Caranya sama seperti diatas dan ini berlaku untuk jenis paket premium yang dipilih entah itu pelajar, mini, family, duo dan lain sebagainya.

4. Bagaimana cara berhenti berlangganan spotify dengan kartu kredit?

Spotify menyediakan metode pembayaran dengan kartu kredit. Dan jika ingin batalkan langganannya, tinggal akses laman paket kamu di akun Spotify web.

Lalu ikuti langkah-langkah sudah disebutkan diatas. Jadi, tidak perlu batalkan langsung di aplikasi atau menghubungi pihak bank.

Penutup

Ada banyak benefit jika berlangganan Spotify Premium mulai dari unduh lagu, kualitas suara yang lebih baik sampai tidak ada iklan.

Pengguna juga bisa kontrol streaming lagu atau podcast berdasarkan kualitas jaringan seluler dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika sudah jarang putar lagu pakai spotify atau mungkin tidak lagi diinstal dan masih berlangganan versi berbayar, sebaiknya dibatalkan saja.

Karena tagihan akan dilakukan secara berulang, setiap bulan. Jadi, sekalipun aplikasi di uninstal di perangkat atau tidak lagi dipakai putar lagu, paketnya tetap akan ditagih.

Demikian artikel tentang cara membatalkan langganan Spotify Premium. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar