Cara Melaporkan Blog Copy Paste ke Google AdSense

Di artikel saya sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana cara mencegah, melindungi dan melaporkan blog copy paste ke DMCA.

Kali ini, saya akan ulas tentang bagaimana cara melaporkan blog copas tersebut ke Google AdSense, apabila si copaser sudah memonetisasi blognya.

Hanya saja, agar laporan anda di terima oleh pihak AdSense, baiknya si tukang copas itu sudah mengiklankan situs atau blog mereka dengan AdSense.

Dengan kata lain, sudah ada iklan AdSense yang nongol. Jika sudah ada, maka anda bisa mengikut cara dibawah ini.

Materi-materi yang berhak cipta itu bisa berupa gambar, audio, video, teks, template/tema berbayar dan lain sebagainya.

Disisi lain, sebelum melaporkan, pastikan anda sudah memeriksa isi blog tersebut terlebih dahulu. Setelah memeriksa, validasi kembali apakah memang blog tersebut mencopas artikel anda atau tidak.

Karena biasanya, blog copaser itu, jika sudah pakai iklan AdSense, pasti akan kena pembatasan iklan karena menggunakan materi duplikat.

Ini semacam tindakan preventif atau pencegahan dari AdSense supaya artikel-artikel yang copas gak bisa dapat duit dari iklan.

Karena, selain merugikan pihak pengiklan, juga membuat reputasi periklanan AdSense menurun. Plus, pemilik hak cipta bisa rugi karena hal ini.

Mengesalkan memang jika konten blog dicopas orang lain. Bahkan, ada blogger yang gak tahu malu, sudah copas, enggak masukin link sumber bahkan ada yang memajukan tanggal publish.

Tujuannya agar artikel tersebut dianggap lebih dahulu terbit ketimbang artikel yang asli. Meski pada akhirnya akan ketahuan juga.

Karena borok yang ditutup rapat pun akan tercium juga. Dan Google gak bodoh menghadapi blog-blog semacam ini.

Cara mengidentifikasi blog copas

Seperti yang saya sebutkan diatas, sebelum melaporkan ke AdSense baiknya anda mengidentifikasi atau memvalidasi dulu apakah situs tersebut benar-benar mengocpas artikel anda dan sudah dapat duit dari artikel copas tersebut.

Kalau anda masih bingung bagaimana cara mengidentifikasi blog-blog copas itu, ada banyak sekali tools duplikat checker yang bisa anda gunakan.

Tools tersebut bisa mengidentifikasi presentase duplikat suatu konten yang ada di blog, baik secara langsung ataupun tidak.

Jadi, kalau anda merasa artikel-artikel di blog anda itu original, hasil buatan sendiri, dengan keringat sendiri, untuk memastikan tidak ada yang copas, anda bisa menggunakan salah satu tools terbaik dibawah ini.

Tools tersebut adalah copyscape. Berikut langkah-langkah mengecek konten duplikat di blog atau artikel menggunakan copyscape.

  1. Silahkan buka copyscape atau klik saja tautan ini
  2. Jika sudah, langkah berikutnya adalah masukan url blog anda yang anda ingin tahu siapa saja yang sudah mengcopas artikel anda
  3. Setelah itu klik Go dan tunggu prosesnya sampai selesai

Salah satu kelemahan dari tools ini adalah penggunaannya yang terbatas. Penggunaan terbatas ini khusus untuk akun gratis [free].

Untuk pengguna dengan paket gratisan, hanya boleh melakukan pengecekan sebanyak 10 URL saja per hari.

Jadi, kalau mau lebih dari itu, silahkan berlangganan untuk versi berbayarnya. Untuk versi ini, anda juga bisa dapat fitur penghapusan otomatis seperti milik DMCA.

Meski terbatas, hasilnya lebih akurat. Cara penggunaanya juga mudah dan instan. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja maka URL sudah berhasil ditinjau konten duplikatnya.

Cara melaporkan blog copy paste di AdSense

Sebelum masuk ke pembahasan inti, baiknya anda ketahui terlebih dahulu dampak yang akan diterima si tukang copas.

Salah satu dampaknya adalah peringatan dari pihak Google AdSense untuk menghapus materi yang dilaporkan oleh pemilik hak cipta.

Jika materi ini tak kunjung di hapus, Google AdSense tidak akan menampilkan iklan pada konten tersebut secara simultan.

Sementara, apabila blog si tukang copas itu sudah dilaporkan 3 kali oleh pemilik hak cipta yang berbeda, tentu saja blog tersebut akan di banned oleh AdSense.

Biasanya, yang di banned itu bukan akunnya namun blognya. Jadi, blog tersebut sudah tidak bisa lagi dipasangi iklan dari AdSense.

Kalaupun banding, kemungkinan kecil akan diterima. Oh iya, satu hal lagi yang perlu anda ketahui disini yakni fitur pengaduan AdSense ini terintegrasi dengan DMCA Google.

Sehingga, URL blog yang dilaporkan ke AdSense tadi secara otomatis akan hilang dari SERPs. Jadi, anda gak perlu repot-repot lagi melaporkan ke AdSense dan ke Google DMCA.

Lantas, bagaimana cara melaporkan blog copas ke Google AdSense? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka form pada pelaporan adSense atau klik saja pada tautan ini
  2. Setelah itu, anda akan diarahkan pada form pengaduan
  3. Setelah masuk ke form pengaduan, langkah berikutnya adalah mengisi form tersebut dengan identitas dan keterangan yang jelas
  4. Jika yang hendak dilaporkan itu konten duplikat, pada jenis pelanggaran silahkan centang pada tulisan “Situs ini menyebarkan materi yang dilindungi hak cipta milik orang lain, kemungkinan tanpa izin“.
  5. Jika semua kolom pada form sudah diisi, langkah berikutnya klik Kirim

Untuk versi lama, berdasarkan pengalaman saya sendiri, anda akan diminta untuk melaporkan pelanggaran hak cipta tersebut ke DMCA.

Ini bertujuan untuk memberi hukuman ganda kepada terlapor. Hanya saja, fitur pelaporan ini sudah terintegrasi dengan DMCA sekarang.

Form pengaduan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah terkait dengan AdSense, seperti banding atau untuk melaporkan aktivitas klik iklan sendiri [invalid click].

Setelah melaporkan blog copas tersebut, selanjutnya apa?

Langkah selanjutnya adalah menunggu pemberitahuan dari pihak AdSense mengenai status pelaporan anda.

Biasanya, anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email apabila pelaporan anda itu sudah ditinjau dan diproses oleh pihak mereka.

Prosesnya tergantung dari jumlah aduan. Jika banyak, prosesnya bisa memakan waktu. Kalau cuma satu atau dua saja, biasanya hanya berlangsung beberapa hari.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Google News Terbaru

Tetapi, berdasarkan pengalaman saya pribadi, status pelaporan saya enggak sampai 4 hari untuk 3 url yang saya laporkan.

Bagaimana jika pengaduan enggak diterima AdSense?

Sebenarnya, ini tergantung dari jenis laporan anda. Kalau pengaduan anda enggak diterima, kemungkinan blog tersebut belum menjadi mitra AdSense.

Disisi lain, materi-materi yang dilaporkan itu mungkin sudah gak relevan lagi karena si copaser sudah mengubahnya atau presentasi duplikatnya yang terlalu sedikit alias gak sampe 4-5 kata.

Untuk kondisi ini, anda bisa meminta agar si pemilik blog mengubah materi duplikat tersebut, meskipun rasionya kecil.

Karena punya dampak yang besar bagi blog anda dan juga blog si tukang copas. Mungkin, ia secara tidak sengaja menggunakan kata-kata yang nyaris sama dengan yang anda gunakan.

Kalau anda gak mau repot menghubungi, anda tinggal ganti saja kata-kata tersebut di blog anda. Setelah itu, indeks kembali ke Google Search Console.

Penutup

Banyak blogger saat ini yang belum menghargai HAKI [Hak kekayaan Intelektual] orang lain. Padahal, ini salah satu etika paling penting yang harus dimiliki blogger.

Bahkan, banyak yang mencopas secara mentah-mentah. Misalnya, suatu konten blog berupa teks atau gambar.

Kalau di rewrite atau di modifikasi gak masalah. Selain itu, kalau artikel yang dicopas itu disertakan link sumbernya yang berbentuk do-follow juga gak berdampak apa-apa buat reputasi blog di search engine.

Hanya saja, masih banyak blogger yang nakal dan belum menyadari pentingnya menghargai karya orang lain.

Demikian artikel tentang cara melaporkan blog copy paste ke Google AdSense. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

2 pemikiran pada “Cara Melaporkan Blog Copy Paste ke Google AdSense”

Tinggalkan komentar