Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

Cara Melaporkan Blog Copas Ke DMCA [Untuk Blogger & WordPress]

8 min read

Melaporkan Blog Copas Ke DMCA

Untuk anda yang sedang dongkol bukan main gara-gara materi blog anda di ambil orang lain tanpa izin, berikut ini saya sajikan cara melaporkan blog copas ke DMCA agar di hapus.

Beberapa waktu lalu, ada 9 artikel saya yang di copy-paste mentah-mentah oleh salah satu blog. Kalau diperhatikan, blog ini baru saja dibuat.

Selain masih numpang domain di WordPress, artikel-artikelnya juga masih sedikit. Tentu saja saya kesal bukan main.

Apalagi, artikel-artikel yang di copas itu merupakan artikel terbaik milik saya, yang saya targetkan ada di peringkat pertama pencarian Google.

Yang saya buat dengan susah payah, mengeditnya berkali-kali agar mudah di mengerti dengan panjang artikel lebih dari 2000 karakter.

Lalu di copas habis-habisan oleh orang lain? Plus gambarnya. Siapa yang enggak kesal coba?

Sebelum saya melaporkan ke DCMA, saya menghubungi pemilik blog tersebut secara baik-baik dan meminta agar artikel tersebut di hapus lewat email.

Sekira 2 minggu tidak ada respon atau tidak ada itikad baik untuk menghapus artikel tersebut. Padahal, ada update artikel baru di blognya.

Tanpa pikir panjang, saya kemudian melaporkannya ke DMCA dan syukurlah, setelah seminggu, ada pemberitahuan bahwa permintaan penghapusan itu sudah di setujui.

Karena itu, saya ingin berbagi cara melaporkan blog-blog tukang copas di artikel saya kali ini, khusus bagi anda yang punya pengalaman serupa seperti yang saya alami.

Apa itu DMCA?

Digital Millenium Copyright Act [DMCA] merupakan salah satu Undang-undang AS yang disahkan pada tahun 1989 sebagai upaya memodernisasi undang-undang hak cipta sebelumnya.

DMCA memiliki sejumlah ketentuan dan peraturan yang berkaitan dengan hak cipta, namun fokus pada penyebaran konten di internet.

Secara khusus, undang-undang ini bertujuan untuk melindungi dan menyediakan jasa penghapusan yang aman bagi pemilik hak cipta, serta mengantisipasi pengkopian materi yang mengandung unsur tersebut.

Selain itu, DMCA juga tidak terbatas pada penghapusan materi di hasil pencarian Google, tetapi juga di platform atau search engine lain.

Secara awam, DMCA didefinisikan sebagai suatu layanan online atau suatu fasilitas jaringan yang dibentuk khusus untuk mencegah dan mengatasi pelanggaran hak cipta secara online.

Namun, undang-undang ini hanya terbatas pada pelaku dan bukan media yang digunakan pelaku saat mengunggah materi berhak cipta tersebut.

Seperti misalnya, apabila seseorang mengunggah video berhak cipta ke YouTube atau memposting artikel dari orang lain di blog baik di Blogger, WordPress atau Tumblr, hingga menyimpan materi di Dropbox maka penyedia layanan gak bakal dapat sanksi apa-apa.

Dengan kata lain, DMCA juga memberikan perlindungan ke situs-situs penyedia layanan seperti Youtube atau Google.

Sekaligus mencegah mereka digugat hanya karena mereka menghost sebuah konten yang secara legal dilindungi hak ciptanya.

Agar klaim hak cipta yang diajukan bisa proses oleh pihak DMCA, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik hak cipta, antara lain:

  • Penyedia layanan tidak mengetahui perilaku yang melanggar tersebut. Dengan kata lain, mereka tidak terlibat apa-apa dalam proses pengklaiman karena mereka hanya menyiapkan layanan bebas unggah tanpa persetujuan sebelumnya. Apabila penyedia layanan memeriksa materi yang diunggah lalu menyetujuinya, mereka wajib bertanggungjawab.
  • Penyedia layanan tidak boleh menerima manfaat finansial langsung dari aktivitas yang melanggar. Misalnya, sebuah situs yang khusus dibuat untuk memperoleh penghasilan dari materi berhak cipta
  • Jika penyedia layanan menyadari ada pelanggaran hak cipta pada layanan mereka, maka wajib di hapus secepatnya.

Selain itu, siapapun bisa mengajukan klaim hak cipta ke DCMA, sepanjang klaim itu bisa diverifikasi keabsahannya.

Apabila diterima, DMCA juga wajib memberi tahu hal tersebut kepada penyedia layanan, pemegang hak cipta dan juga pelanggar hak cipta.

Dampak bagi blog dan artikel yang dicopas

Terkadang juga, ada tukang copas yang menyertakan link sumber. Kalau ada tukang copas yang begitu, ini bergantung dari kebijakan pemilik hak cipta.

Namun, perlu anda ketahui juga, tetap ada dampak yang dirasakan oleh pemilik blog. Dampak ini mungkin gak akan terasa 1-2 hari, tapi kalau sudah berbulan-bulan, akan sangat terasa.

Oleh karena itu, apabila blog anda di copas, sekalipun menyertakan sumber resmi, ada beberapa dampak yang akan dirasakan oleh blog anda, antara lain:

1. Reputasi blog menurun

Reputasi blog di mesin telusur akan turun drastis. Seperti yang saya alami, setelah 2 minggu, trafik blog saya turun drastis.

Dari sebelumnya tembus angka 20k per harinya, kini tinggal 5k. Bahkan, ada hari-hari tertentu yang hanya tembus 1k saja.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Google News Terbaru

Setelah dilakukan audit, penyebab trafik blog menurun adalah artikel saya di copas. Yang dicopas itu adalah artikel-artikel paling populer di blog ini.

Dan dampak ini tidak saja dirasakan oleh blog saya. Tetapi juga blog si tukang copas tadi. Agar terhindar dari dampak semacam ini, satu-satunya cara adalah dengan mengajukan penghapusan url ke DMCA.

2. Google melihatnya sebagai duplikat Konten

Duplikat konten sangat berbahaya, terutama bagi blog. Meski beberapa pakar SEO menyebutkan bahwa ini tidak apa-apa.

Sebab, duplikat konten tetap akan diindeks Google, namun tidak akan pernah mendapatkan peringkat di SERPs.

Jadi, kalau blog anda yang di copas, Google tetap melihatnya sebagai duplikat konten, sampai salah satu artikel tersebut di hapus.

3. DA dan PA blog sulit naik

Beberapa waktu lalu, MOZ memperbaharui parameter kualitas blog. Salah satu poinnya adalah duplikat url, konten dan gambar.

Dengan kata lain, blog-blog yang dideteksi duplikat, baik tukang copas atau yang dicopas, sama-sama enggak menguntungkan di SERPs.

4. Page rank sulit naik

Memang sih, ada banyak yang menentukan page rank blog. Penentu paling utama adalah umur blog. Tetapi, jangan sepelekan soal duplikat ini.

Dampak dari duplikat konten adalah blog akan sulit naik di mesin telusur. Apalagi ada dua artikel dengan judul, url dan gambar yang sama.

Maka akan dianggap sebagai duplikat. Hasilnya? Posisi blog atau artikel tersebut gak bakalan pernah naik ke peringkat yang lebih baik di SERPs.

Cara melaporkan blog copas ke DMCA

Lalu, bagaimana cara melaporkan artikel yang di copas ke DMCA? Silahkan ikuti panduan-panduan dibawah ini.

Yang perlu anda ketahui, sebelum melakukan klaim hak cipta ke DMCA adalah, bahwasanya, hanya URL yang diklaim saja yang akan dihapus dan bukan blognya.

Selain itu, artikel tersebut tidak akan terhapus otomatis dari dashoard blog, melainkan hanya pada hasil indeks di mesin pencari saja seperti di Google.

Lalu bagaimana cara melaporkan blog-blog tukang copas tersebut? Saya membaginya menjadi dua bagian, yang pertama untuk pengguna blogger/Blogspot dan yang kedua untuk pengguna WordPress.

1. Cara melaporkan blog copas di Blogger

Jika si tukang copas menggunakan platform blogger, baik yang masih numpang domain di blogspot atau yang sudah pake domain sendiri, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

a. Silahkan masuk dulu ke laman pengaduan DMCA atau klik saja pada tautan ini. Tautan ini akan mengarahkan anda pada produk daftar produk Google. Kalau anda ingin melaporkan produk berupa teks, gambar dan audio di blogger/blogspot anda bisa klik langsung pada tautan ini.

Perlu diperhatikan disini, jika anda memilih produk Google maka anda akan diarahkan ke halaman pengaduan akan berbeda. Disini saya hanya membagikan form pengaduan DMCA untuk materi dari blog.

Baca Juga : 16 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Untuk metode klaim hak cipta menggunakan form Google tetap akan diarahkan pada klaim DMCA. Hanya saja, anda perlu melewati beberapa langkah.

Misalnya, anda ingin melaporkan artikel anda di copas dan anda menggunakan produk Google, silahkan klik tautan pertama>kemudian pilih Blogger/Blogspot> pada tahap apa yang dapat kami bantu silahkan klik Masalah Hukum Yang Tidak Dapat Disebutkan diatas> Setelah itu klik Saya Menemukan Konten yang mungkin melanggar hak cipta saya> pada tahap selanjutnya silahkan klik saja YA.

Disini anda akan ditanya apakah anda pemilik hak cipta atau diizinkan bertindak atas nama mereka silahkan pilih Ya dan pada tulisan karya apa yang melanggar hak cipta silahkan klik Lainnya.

Setelah itu anda akan diarahkan pada klaim DMCA. Disini anda akan diarahkan pada form aduan. Silahkan isi form aduan seperti yang diminta pada setiap kolom kosong dengan informasi yang benar:

Jika anda bingung mengisi informasi kontak pengaduan itu, berikut keterangannya:

  • First name silahkan isi dengan nama depan anda
  • Last name silahkan diisi dengan nama belakang anda
  • Company name silahkan isi dengan nama perusahaan. Untuk poin ini bisa diisi dengan dengan nama blog anda sendiri
  • Copyright hider your present, silahkan isi dengan pilihan Self [sendiri]. Ini sebenarnya terbagi menjadi 2 hider yakni organization atau self
  • Email address, silahkan masukan email anda untuk mendapatkan konfirmasi jika aduan anda diterima dan artikel si tukang copas sudah di hapus
  • Country/region, silahkan masukan nama negara. Jika anda berlokasi di Indonesia, silahkan masukan Indonesia. Jika semua telah rampung, jangan lupa isi data your Copyrighte Work, seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini.

Setelah itu, lakukan pengisian data klaim sebagaimana yang diminta. Data klaim tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

b. Keterangan pencurian data berhak cipta seperti yang terlihat pada kolom pertama diatas. Anda bisa isi dengan kalimat terjadi pencurian konten dari blog anda tanpa izin.

c. Selanjutnya, silahkan isi url artikel asli dari blog yang di copas dengan url blog yang mengkcopas di kolom berikutnya.

Data ini sebenarnya dapat anda masukan sampai tersedia 1000 baris. Tetapi perlu diingat agar dibuat 1 link per satu baris.

Kalau data-data diatas sudah selesai diisi, langkah selanjutnya adalah mengisi Sworn Statement, seperti pada gambar dibawah sebagai berikut:

  • Sign on this date off, disini berarti anda diminta untuk mengisi tanggal yang bersangkutan
  • Signature berarti anda diminta untuk mengisi dengan nama lengkap anda
  • Yang terakhir selesaikan Chapcha setelah kolom signature

Jika sudah beres semuanya, silahkan tekan tombol submit untuk mengirimkan form pengaduan hak cipta.

Sampai disini, anda sudah berhasil melaporkan blog yang tukang copas ke DMCA apabila si copaser pakai Blogger/Blogspot.

#2 Cara melaporkan blog copas di WordPress

Apabila yang mencopas materi blog anda baik teks, gambar atau audio menggunakan platform WordPress.com alias yang masih numpang host sama WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Silahkan klik tautan ini
  • Setelah itu, isi data-data pribadi anda mulai dari nama depan, nama keluarga [marga] hingga kode pos dan alamat emailcara melaporkan blog copas
  • Jika sudah, silahkan isi nama pemegang hak ciptacara melaporkan blog copas
  • Lalu masukkan URL situs, penjelasan karya yang terindetifikasi mirip atau sama hingga lokasi karya yang berhak cipta tersebutcara melaporkan blog copas
  • Kalau semuanya sudah, jangan lupa centang 3 kolom persyaratan DMCA WordPresscara melaporkan blog copas
  • Jangan lupa masukkan tanda tangan pribadi. Isi saja dengan nama anda
  • Kalau semuanya sudah beres, klik Kirimkan.

Proses pengisian klaim hak cipta di WordPress ini mirip dengan yang ada di Blogger. Yang penting, data-data yang diisi benar dan gak manipulatif.

Apabila si tukang copas itu sudah menggunakan hosting dan domain sendiri, alias pakai WordPress.org, anda juga bisa lapor dengan cara yang sama.

Cara melihat status laporan di DMCA

Untuk melihat status laporan di DMCA, anda bisa klik tautan ini. Namun biasanya, anda akan mendapatkan email saat laporan anda berhasil diterima oleh pihak DMCA lewat email.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, proses pelaporan hanya berlangsung 3 hari. Mungkin anda akan mengalami pengalaman yang berbeda, namun biasanya enggak memakan waktu yang lama.

Sebenarnya, ada juga alternatif penghapusan yang dapat anda ambil jika blog tukang copas sudah memonetisasi blognya dengan AdSense.

Cara ini bisa anda terapkan apabila konten yang berhak cipta itu sudah di monetisasi sehingga si tukang copas bisa mendapatkan peringatan atau mungkin banned.

Terkait dengan cara melaporkan ke pihak AdSense, saya sudah mengulasnya pada salah satu artikel saya disini.

Jenis hukuman yang diterima oleh tukang copas

Lantas, bagaimana dengan jenis hukuman yang diterima oleh si tukang copas? Tergantung pada situasinya, berikut beberapa diantaranya:

a. URLnya di hapus di pencarian

URL blog yang dilaporkan akan segera di hapus di mesin penelusuran Google sesaat setelah peninjauan diterima.

Yang perlu anda ketahui juga, hanya url yang diindeks di mesin telusur dan bukan url langsung. Sebab, Google atau DMCA tidak memiliki kewenangan penghapusan dari dashboard platform selain menghapus url di SERPs.

b. Blog mendapatkan hukuman dari Google

Hukuman yang didapatkan itu terletak di poin a tadi. Namun, ada hukuman lain yang bakal diberikan yakni blog tidak akan diprioritaskan oleh Google di mesin telusur.

c. Susah diterima oleh AdSense

Suatu blog yang sudah pernah dilaporkan di DMCA akan sulit untuk diterima oleh pihak AdSense. Selain karena terdapat pelanggaran yang dilakukan juga blog tersebut sudah memiliki reputasi yang buruk di Google.

d. Blog yang mengcopas dianggap Google sebagai blog yang tidak bermanfaat

Blog yang bermanfaat tentu saja blog yang tidak copas. Oleh karena itu, jika salah satu url sudah mendapatkan laporan di Google maka akan dicap sebagai blog yang tidak bermanfaat.

Berapa lama pelaporan ke DMCA akan di proses?

Ini biasanya tergantung dari waktu dan jumlah pelaporan yang dilakukan. Namun, pemrosesan biasanya tidak memakan waktu yang lama.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, notifikasi jika klaim saya diterima berkisar 3 hari. Kadang juga, waktunya lebih cepat atau lebih lambat.

Durasi ini tergantung pada jenis materi yang diklaim. Jika banyak, maka prosesnya bakal memakan waktu.

Kalau tidak, misalnya hanya satu materi saja, baik itu gambar ataupun teks, mungkin gak butuh waktu yang lama.

Apakah blog yang dilaporkan ke DMCA itu ikut terhapus?

Cara diatas bukan merupakan cara melaporkan blog agar di hapus. Jadi, yang dihapus hanya materi didalamnya, yang mengandung hak cipta orang lain.

Salah satu cara paling jitu agar blog ikut terhapus setelah dilaporkan ke DMCA adalah dengan melaporkannya secara berulang-ulang.

Asalkan, yang dilaporkan itu berbeda dengan pelaporan sebelumnya. Biasanya, kalau klaim sudah sampai 5-10 kali, secara otomatis blog tersebut akan mendapatkan penalti [penghapusan] dari SERPs oleh Google.

Mas, kalau si tukang copas memundurkan tanggal publish artikelnya gimana?

Terkadang, ada tukang copas yang cukup cerdas. Dimana, artikel yang mereka copas itu di mundurkan tanggal postingannya, sehingga si tukang copas terlihat seolah-olah dialah yang buat artikel tersebut pertama kali.

Kasus seperti ini sudah banyak ditemui saat ini. Hanya saja, tetap ketahuan artikel yang asli dan yang copas.

Salah satu fitur dari DMCA adalah penyelidikan cache dan tanggal postingan. Jadi, sekalipun si tukang copas itu mundurin tanggalnya, tetap akan terdeteksi.

Mas, materi-materi apa saja yang bisa dilaporkan ke DMCA?

Tentu saja materi yang memiliki hak cipta. Kalau anda masih bingung materi apa saja itu, berikut daftarnya:

  • Teks [tulisan]
  • Gambar
  • Audio
  • Video
  • Template/Thema Website berbayar
  • Dll
Ada gak cara mencegah agar konten di blog tidak di copas oleh orang lain?

Memang sih, cara terbaik adalah mencegah. Namun, selama konten tersebut ada di internet, tidak ada cara paling jitu agar konten di blog anda gak di copas.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Mulai dari memang script anti copas, mendaftarkan situs ke DMCA Protection baik yang free atau yang premium dan lain sebagainya.

Penutup

Mengesalkan memang kalau artikel yang dibuat cape-cape lalu di copas habis-habisan tanpa izin oleh orang lain.

Apalagi jika materi tersebut adalah materi berbayar atau merupakan sumber penghasilan utama si blogger seperti template atau tema.

Jika anda mendapati ada materi-materi buatan anda sendiri yang di copas tanpa pemberitahuan, seperti yang saya alami, ada baiknya anda menempuh dua jalur.

Yang pertama adalah meminta baik-baik agar artikel tersebut di hapus. Jika tidak diindahkan, anda bisa melaporkan ke DMCA.

Demikian artikel tentang cara melaporkan blog copas ke DMCA. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Silvanna Samaliwu Best investment on life is skill, trust, experiences, knowledge, passion, study case. You can success if you have been wide it [Investasi terbaik dalam hidup adalah keahlian atau kemampuan, pengetahuan, passion dan pengalaman dalam mempelajari akibat. Anda bisa sukses jika mengembangkan hal tersebut]

4 Replies to “Cara Melaporkan Blog Copas Ke DMCA [Untuk Blogger &…”

  1. Saya sangat memahami kekesalan anda. Saya sendiri punya website resep yang saya bangun dari nol sampai berkembang dan butuh waktu 10 tahun. Ketika saya ketik di google search, banyak konten dan foto website saya dicopy habis2an dan dimanipulasi, di edit, dicrop, di mirrored, diubah warna dll. Yang bikin saya semakin geram para plagiator itu masih tidak tahu malu memonetisasi konten hasil curian bahkan pelakunya salah satu website yg cukup populer di Indonesia. Setelah 9 tahun saya diam akhirnya tahun ini saya ambil legal action melalui DMCA copyright claims. 2 Channel YouTube sudah di taken down dan puluhan URL sudah dihapus atas claim saya. Anehnya masih ada yg berani menghubungi saya dan meminta saya cabut klaim dengan alasan tidak tahu dan tidak bermaksud. Sudah jelas mengambil hasil karya orang dan direkayasa sedemikian rupa dgn photoshop tentunya sadar dan tahu apa yang dia lakukan untuk menutupi kemiripan sekaligus menghindari dideteksi pemilik original. Menghadapi orang-orang opportunist dan manipulativ seperti mereka memang kita harus tegas. Terima Kasih sudah berbagi pengalaman. Semoga makin banyak kreator yang sadar dan berani menuntut haknya. Dan sukses untuk blog anda.

  2. Terima kasih admin, penjelasannya sangat membantu saya yang lagi mengalami hal ini. Ingin menghubungi blog yang mengkopas, tapi tidak ada kontak sama sekali di blognya. Langkah awal menjadi sulit untuk komunikasi baik baik dengan pemilik blog yang copas artikel. Akhirnya saya coba melaporkannya sesuai petunjuk di blog ini. Semoga saja bisa disetujui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *