STEP BY STEP: 3+ Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense Sampai Disabled

Di artikel saya sebelumnya sudah saya bahas cara mencegah, melindungi dan melaporkan blog copy paste ke DMCA.

Kali ini, saya akan ulas tentang bagaimana cara melaporkan blog copas tersebut ke Google AdSense, apabila si copaser sudah memonetisasi blognya.

Hanya saja, agar laporan di terima pihak AdSense, baiknya si tukang copas itu sudah mengiklankan situs atau blog mereka dengan AdSense.

Dengan kata lain, sudah ada iklan AdSense yang nongol. Jika sudah ada, bisa ikuti cara dibawah ini.

Materi-materi yang berhak cipta itu bisa berupa gambar, audio, video, teks, template berbayar atau mungkin pelanggaran serius lain, cloacking atau malware misalnya.

Disisi lain, sebelum melaporkan, pastikan anda sudah periksa isi blog tersebut. Setelah periksa, validasi kembali apakah memang blog tersebut mencopas artikel anda atau tidak.

Karena biasanya apabbila blog copaser itu sudah ada iklan AdSensenya, pasti akan kena pembatasan iklan karena menggunakan materi duplikat.

Ini semacam tindakan preventif atau pencegahan dari AdSense supaya artikel-artikel copas gak bisa dapat duit dari iklan.

Karena selain merugikan pihak pengiklan, juga membuat reputasi periklanan AdSense menurun. Plus, pemilik hak cipta bisa rugi karena hal ini.

Mengesalkan memang jika konten blog dicopas orang lain. Bahkan, ada blogger yang gak tahu malu, sudah copas, enggak masukin link sumber sampai memajukan tanggal publish.

Tujuannya agar artikel tersebut dianggap lebih dahulu terbit ketimbang artikel yang asli. Meski pada akhirnya ketahuan juga.

Karena borok yang ditutup rapat pun akan tercium juga. Dan Google gak bodoh menghadapi blog-blog semacam ini.

Cara mengidentifikasi blog copas

Seperti yang saya sebutkan diatas, sebelum melaporkan ke AdSense baiknya anda identifikasi atau validasi dulu apakah situs tersebut benar-benar mengocopas artikel anda dan sudah dapat duit dari artikel copas tersebut.

Jika masih bingung bagaimana cara identifikasi blog copas, bisa gunakan tool duplikat chacker yang banyak tersedia saat ini.

Tools tersebut bisa mengidentifikasi presentase duplikat suatu konten yang ada di blog, baik langsung ataupun tidak.

Jadi, kalau anda merasa artikel-artikel di blog anda itu original, hasil buatan sendiri, dengan keringat sendiri, untuk memastikan tidak ada yang copas, anda bisa menggunakan salah satu tools terbaik yakni Copyscape.

Berikut langkah-langkah mengecek konten duplikat di blog atau artikel pakai Copyscape.

  • Pertama, buka copyscape atau klik saja tautan ini
  • Jika situsnya sudah terbuka, langkah berikutnya adalah masukan url blog anda yang anda ingin tahu siapa saja yang sudah mengcopas artikel anda
  • Setelah itu klik Go dan tunggu prosesnya sampai selesai

Salah satu kelemahan dari tools ini adalah penggunaannya yang terbatas terlebih untuk sobat gratisan macam kita ini.

Untuk pengguna paket gratisan, hanya boleh melakukan pengecekan sebanyak 10 URL saja per hari.

Jadi, kalau mau lebih dari itu, bisa berlangganan untuk versi berbayarnya. Untuk versi ini, anda juga bisa dapat fitur penghapusan otomatis seperti milik DMCA [sekarang sudah gak ada].

Meski terbatas, hasilnya lebih akurat. Cara penggunaanya juga mudah dan instan. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja maka URL sudah berhasil ditinjau konten duplikatnya.

Apa dampaknya jika artikel di copas orang lain?

Bagi saya pribadi, ada banyak dampaknya Yang paling terasa adalah rangking blog turun drastis akibat duplikat konten.

Awal tahun 2021, saya pernah mendapati salah satu konten dicopas blog lain, mentah-mentah pula.

Saya langsung menghubunginya lewat email yang terdapat di laman kontak situs tersebut. Isi emailnya kurang lebih seperti ini:

Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense

Yang bikin saya sedih adalah, tidak ada balasan atau setidaknya permohonan maaf dari pemilik blog sampai email kedua terkirim, sehari setelahnya.

Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense

Kebetulan, saya sudah punya data tentang pemilik situs, beserta nomor teleponnya, yang diperoleh dari who.is

Syukurlah, usaha yang saya lakukan berhasil.Tapi, yang bikin sedih lagi, artikel penggantinya juga copas, yang diambil dari situs Qwords[dot]com.

Saya pun sudah menghubungi pihak Qwords lewat kolom komentar, bahwa artikel mereka di copas mentah-mentah blog lain.

FYI, sebagai blogger, satu paragraf pun tidak saya izinkan untuk dicopas orang lain, tanpa izin sekalipun menyertakan sumber.

Alasannya apa? Banyak. Alasan-alasan inilah yang jadi dampak jika artikel di copas orang lain, diantaranya:

  • Pendapatan dari Iklan, dalam hal ini AdSense, menurun akibat penurunan viewers yang dipengaruhi oleh penurunan rangking akibat duplikat konten
  • Jumlah viewers menurun karena rangkin di SERPs turun, yang juga mempengaruhi earning iklan
  • Domain Authority dan Page Authority ikut turun, meski perlahan, tapi pasti
  • Artikel tidak punya daya saing di SERPs
  • Google akan menganggap artikel tersebut, yang pada akhirnya berdampak ke blog, sebagai blog atau situs berkualitas rendah

Jika melaporkan ke Google AdSense dan setelah peninjauan benar melanggar, maka pihak AdSense akan memberi peringatan di dashboard untuk menghapus atau mengubah materi yang melanggar.

Jika materi ini tak kunjung di hapus, Google AdSense tidak akan menampilkan iklan pada konten tersebut secara simultan.

Sementara, apabila blog si tukang copas itu sudah dilaporkan 3 kali oleh pemilik hak cipta yang berbeda, tentu saja blog tersebut akan di banned oleh AdSense.

Biasanya, yang di banned itu bukan akunnya namun blognya. Jadi, blog tersebut sudah tidak bisa lagi dipasangi iklan dari AdSense.

Kalaupun banding, kemungkinan kecil akan diterima. Oh iya, satu hal lagi yang perlu anda ketahui disini yakni fitur pengaduan AdSense ini terintegrasi dengan DMCA Google.

Sehingga, URL blog yang dilaporkan ke AdSense tadi secara otomatis akan hilang dari SERPs. Jadi, anda gak perlu repot-repot melakukan dua laporan cukup satu saja entah itu AdSense atau ke Google DMCA.

Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense Sampai Disabled

Lantas, bagaimana cara lapor blog copas ke Google AdSense? Pasti penasaran kan? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman violation report Google AdSense

Langkah pertama adalah membuka laman pelaporan Google AdSense. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini

2. Isi form pengaduan

Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense Sampai Disabled

Tuatan diatas akan langsung mengarahkan anda ke laman pelaporan. Jadi anda bisa isi langsung form pengaduan yang tersedia.

Saran sih, baiknya anda gunakan bahasa Inggris. Bisa pakai Google Translete agar lebih mudah.

Detail kolom isiannya gimana? Memang sih, ada banyak pilihan detail isian di laman pengaduan ini. Aga rinci, biar saya ulas detail-detailnya:

Nama silahkan disisi dengan nama lengkap anda; Email silahkan diisi dengan email aktif; You are? Isi dengan status anda apakah sebagai publisher Google AdSense, Google Ads atau bukan keduanya

Berikutnya data Please provide us with more details yang terdiri dari url situs yang melanggar; type platform pelanggar apakah situs web, video atau feed; Jenis pelanggaran, apakah konten berhak cipta atau bukan temrasuk apakah situs tersebut bertolak belakang dengan kebijakan google; Ad Code, Placement, or Behavior, other; dan juga Violation details.

Di kolom Violation details, sampaikan keluhan anda dan dimana pelanggaran itu dimulai apakah di paragraf pertama, kedua atau ketiga.

3. Submit

Jika kolom pengaduan sudah disisi, langkah berikutnya adalah kirim pengaudan tersebut ke Google AdSense dengan cara klik tombol Submit.

Untuk versi lama, berdasarkan pengalaman saya sendiri, anda akan diminta untuk melaporkan pelanggaran hak cipta tersebut ke DMCA.

Ini bertujuan untuk memberi hukuman ganda kepada terlapor. Hanya saja, fitur pelaporan ini sudah terintegrasi sama DMCA.

Form pengaduan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah terkait dengan AdSense, seperti banding atau untuk melaporkan aktivitas klik iklan sendiri [invalid click].

Setelah melaporkan blog copas tersebut, selanjutnya apa?

Langkah selanjutnya adalah menunggu pemberitahuan dari pihak AdSense mengenai status pelaporan anda.

Biasanya, anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat email apabila pelaporan anda itu sudah ditinjau dan diproses oleh pihak mereka.

Prosesnya tergantung dari jumlah aduan. Jika banyak, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama. Kalau cuma satu atau dua saja, biasanya hanya butuh waktu 2-3 hari.

Baca Juga : Cara daftar di Google News Terbaru

Tetapi, berdasarkan pengalaman saya pribadi, status pelaporan saya enggak sampai 4 hari untuk 3 url yang saya laporkan.

Bagaimana jika pengaduan enggak diterima AdSense?

Sebenarnya, ini tergantung dari jenis laporan anda. Kalau pengaduan anda enggak diterima, kemungkinan blog tersebut belum menjadi mitra AdSense.

Disisi lain, materi-materi yang dilaporkan itu mungkin sudah gak relevan lagi karena si copaser sudah mengubahnya atau presentasi duplikatnya yang terlalu sedikit alias gak sampe 4-5 kata.

Untuk kondisi ini, anda bisa meminta pemilik blog mengubah materi duplikat tersebut, meskipun rasionya kecil.

Karena tetap berdampak bagi blog anda dan juga blog si tukang copas. Mungkin saja, ia secara tidak sengaja menggunakan kata-kata yang nyaris sama dengan anda.

Kalau anda gak mau repot menghubungi, anda tinggal ganti saja kata-kata tersebut di blog anda. Setelah itu, indeks kembali ke Google Search Console.

Penutup

Banyak blogger saat ini yang belum menghargai HAKI [Hak kekayaan Intelektual] orang lain. Padahal, ini salah satu etika paling penting yang harus dimiliki blogger.

Bahkan, sampai mencopas keseluruhan artikel tanpa rasa risih atau bersalah sekalipun. Kasus ini tak saja terjadi pada teks tapi juga gambar atau materi lain.

Kalau di rewrite atau di modifikasi gak masalah. Selain itu, kalau artikel yang dicopas itu disertakan link sumbernya yang berbentuk do-follow juga gak berdampak apa-apa buat reputasi blog di search engine.

Hanya saja, masih banyak blogger yang nakal dan belum menyadari pentingnya menghargai karya orang lain.

Demikian artikel tentang cara lapor blog copy paste ke Google AdSense. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

3 pemikiran pada “STEP BY STEP: 3+ Cara LAPOR Blog Copy Paste ke Google AdSense Sampai Disabled”

Tinggalkan komentar