STEP BY STEP: Cara Jual Buku di Google Play Buku

Untuk anda yang pengen tahu cara jual buku atau eBook di Google Play Buku, simak artikel ini sampai habis.

Salah satu cara yang cukup populer untuk menghasilkan uang dari buku atau untuk menghasilkan uang dari eBook adalah dengan menjualnya di internet.

Tapi, internet adalah media jelajah yang memungkinkan seseorang menemukan informasi dan bukan platform jual beli buku online.

Dengan demikian, anda harus temukan situs, aplikasi atau platform yang memungkinkan anda jualan ebook atau buku digital di Internet.

Salah satu platform yang bisa anda manfaatkan adalah Google Play Books atau dalam bahasa Indonesia bernama Google Play Buku.

Oleh karena itu, untuk anda yang ingin tahu cara posting buku di Google Play Books, Cara upload eBook di Google Play Buku, Cara menjual buku di Google Play Books atau cara jual buku di Google Play, baca tutorialnya dibawah.

Apa itu google Play Books?

Google Play Books atau yang kadang disebut Google eBooks adalah toko buku online milik Google yang teritegrasi dengan Google Play Store lain seperti Google Play Film, Google Play TV dan Google Play Games.

Dengan menggunakan Google Play Buku anda bisa mendistribusikan buku-buku terbaik milik anda untuk dibaca orang lain.

Di platform ini, pengguna bisa membaca buku online, menyimpannya dan mendownloadnya untuk kemudian dibaca sekalipun tanpa koneksi internet.

Di banding platform lain, Google Play Buku punya beberapa keunggulan, seperti:

  • Pengguna bisa baca buku online atau offline
  • Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuka file PDF atau EPUB [Electronic publication atau file berformat .epub]
  • Tersedia fitur bookmark dan catatan
  • Sinkronisasi buku di semua perangkat entah itu ponsel, tablet atau komputer yang terpenting masuk pakai akun Google yang sama
  • Bisa menggunakan bilah pencarian teks untuk menemukan halaman atau kata tertentu dalam buku
  • Bisa mengubah tampilan font, ukuran dan temanya
  • Tersedia fitur TTS [Tect-to-speech] atau semacam audiobook [buku audio]. Hanya saja, fitur ini tidak tersedia untuk semua buku karena bisa diblokir penerbit atau publisher

Jadi, penulis bisa memanfaatkan platform ini untuk menjual buku atau eBook terbaik mereka dalam berbagai genre atau jenis tulisan.

Bahkan bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan pasif penulis, yang kelak jadi alasan mengapa ada penulis atau penerbit mau publikasikan bukunya di Google Play Buku.

Alasan publikasikan eBook atau buku di Google Play Books

Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan dasar mengapa harus posting buku di Google Play Buku, seperti:

  • Aplikasi ini tersebar di 75+ Negara di dunia. Jadi, jika buku anda berbahasa Inggris, berpeluang untuk dibaca jutaan orang
  • Digunakan lebih dari 2 Miliar pengguna. Data ini memang mengacu pada pengguna Android karena aplikasi ini terinstal secara default di OS tersebut, sekalipun bisa di hapus. Dengan kata lain, apabila suatu saat mereka membuka aplikasi tersebut, ada kemungkinan buku anda yang tampil di katalog atau beranda
  • Bisa dapat penghasilkan dengan sistem bagi hasil yang cukup menguntungkan publisher yakni 70%

Apa manfaat posting buku atau eBooks di Google Play Buku?

Selain alasan, jika anda publisher, ada beberapa manfaat yang didapatkan jika memposting atau mengunggah buku dan eBook di platform ini, seperti:

  • Kontrol yang lebih luas ke konten. Dengan begitu, potensi untuk gaet pembaca atau audiens tidak terbatas termasuk dapat kontrol eksklusivitas. Intinya, hak anda sebagai penulis atau publisher benar-benar di jamin Google
  • Jika posting buku di Google Play Books, rekomendasi dilakukan secara terus menerus berdasarkan personalisasi pengguna. Jadi, apabila ada pengguna yang sukanya baca Novel genre tertentu, Romance atau teenlit misalnya, dan buku anda mengangkat genre serupa, akan diprioritaskan untuk tampil di beranda pengguna
  • Manfaat yang ketiga, anda bisa dapatkan penghasilan pasif hingga 70% dari skema bagi hasil antara anda sebagai publisher atau penulis dan Google sendiri, lepas dari harganya. Misalnya, harga buku tersebut Rp20.000, anda akan dapat Rp15.000 bersih, sisanya diberikan ke Google.

Cara jual Buku di Google Play Buku

Setelah mengetahui alasan dan manfaatnya, lantas bagaimana cara cara jual buku di Google Play Buku? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka situs Pusat Mitra Google Play Books

cara jual buku di Google play Buku

Pertama, kunjungi atau buka dulu situs pusat mitra Buku Google Play Books. Agar lebih mudah bisa klik tautan ini. Jika situsnya sudah terbuka klik Get Started atau Memulai

2. Buat akun baru

cara jual buku di Google play Buku

Setelah di arahkan ke situs pusat mitra Google Play Books, silahkan daftar sebagai anggota baru pakai akun Gmail aktif milik anda.

Dalam beberapa kasus, anda langsung diarahkan ke penyiapan akun penerbit yang terpenting browser anda sudah terintegrasi sama akun Gmail.

Baca Juga: 8+ Produk Penghasil Uang Milik Google Paling Legit

Di tahap ini, pilih jenis akun apakah sebagai penerbit, penulis yang terbitkan bukunya sendiri atau distributor buku.

Jika mau jual eBook di Internet atas nama pribadi, dalam hal ini Google Play Books, pilih jenis penerbit yang kedua

3. Isi formulir penerbit

cara jual buku di Google play Buku

Setelah memilih jenis penerbit entah itu penerbit buku, penulis yang terbitkan buku sendiri atau sebagai distributor dan penyedia layanan, akan muncul formulir untuk mengisi data-data awal penerbit.

Contohnya nih, anda pilih pilihan yang kedua yakni penulis yang terbitkan buku sendiri, formulir lanjutannya berupa nama penerbit [nama anda], negara, situs web dan nomor telepon. Apabila sudah, klik Lanjut

4. Preferensi dan istilah email

cara jual buku di Google play Buku

Lalu anda diminta untuk menyetujui preferensi dan istilah email yang didalamnya terdapat notifikasi pembaharuan dan peluang serta umpan balik.

Silahkan centang saja dua kolom diatas. Setelah centang, klik tombol Saya Setuju untuk masuk ke tahap penyiapan akun penerbit

5. Isi data-data akun penerbit

cara jual buku di Google play Buku

Berikutnya anda akan ke dashboard pusat mitra Google Play Books.

Di dashboard ini akan muncul permintaan untuk mengatur profil pembayaran, menautkan rekening bank dan juga informasi pajak.

Tergantung anda apakah mau diisi sebelum atau setelah mempublikasikan buku

6. Terbitkan buku pertama di Google Play Buku

cara jual buku di Google play Buku

Jika anda terbitkan buku atau eBook langsung, klik tombol Katalog Buku [Book Catalog]> lalu klik +tambahkan buku

7. Pratinjau jenis buku

cara jual buku di Google play Buku

Nantinya anda diminta untuk memilih dua opsi apakah ingin jual buku di Google Play atau menawarkan pratinjau di Google Buku saja.

Misalnya, anda mau jual eBook di Google Play, anda harus memasukkan ID buku menggunakan ISBN atau EAN dan ID buku Google [GGKEY].

Untuk GGKEY akan didapat secara otomatis. Untuk ISBN bisa ditambahkan jika buku anda sudah dapat nomor identifikasi unik untuk buku-buku komersial dari Perpustakaan Nasional.

Untuk sementara, tidak perlu input data-data diatas. Intinya, setelah anda sudah memilih jenis pratinjau buku, klik Simpan dan Lanjutkan

8. Isi data-data tentang buku

cara jual buku di Google play Buku

Terakhir, silahkan isi segala informasi yang berkaitan dengan buku atau eBook anda.

Mulai dari deskripsi [Description], judul [Title], genre buku [genres], penulis [author] dan penerbit [publisher].

Termasuk sampul buku [Content], penutup buku [cover] dan rentang harga buku [Price defined]. Jika data-data tentang buku sudah selesai di input, klik Menerbitkan [Publish].

Paling terakhir, setelah buku dipublish atau diterbitkan, anda harus mengupload substansi buku atau eBook satu per satu.

Jika konten sudah di upload, tunggu proses peninjauan dari pihak Google Play Books beberapa hari atau mungkin beberapa minggu.

Jika buku tersebut di approve atau tidak, anda akan dapat pemberitahuan di laman pusat mitra dan di email.

Oh iya, di laman partner Google Play buku ini juga anda bisa melihat data analitik anda buku termasuk laporan penghasilan, promosi dan pusat pembayaran.

Kalau mau terbitkan buku lain, tinggal ikuti langkah-langkah diatas, yang dimulai dari membuat katalog buku baru.

Penutup

Saya sendiri sering menggunakan aplikasi Google Play Buku untuk baca buku atau novel yang saya sukai.

Meski harus keluarkan biaya untuk beli buku tersebut. Tidak masalah sih, hitung-hitung sebagai bentuk apresiasi kepada penulis.

Selain buku berbayar, Google Play Books juga menyediakan buku atau eBook gratis, yang bisa di unduh untuk kemudian dibaca offline.

Jika ada masukkan, tanggapan atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara jual buku di Google Play Buku. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar