Apa dan Bagaimana Cara Investasi di Indeks Saham S&P 500?

Selain Dow Jones Industrial Average, jenis indeks saham yang juga populer adalah S&P 500. Nah di artikel ini saya mau ulas cara belinya gimana.

Mungkin beberapa dari anda punya mimpi untuk bisa berinvestasi di perusahaan-perusahaan kelas kakap Amerika Serikat seperti Google, Netflix, Apple, Amazon, Paypal, Visa dan lain sebagainya.

Di era sekarang ini, untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut enggak terlalu sulit. Yang terpenting anda bisa menemukan sekuritas yang punya akses ke bursa saham Amerika Serikat.

Ada sih beberapa perusahaan atau sekuritas yang menyediakan akses semacam ini di Indonesia termasuk JPMorgan Chase.

Hanya saja, anda harus beli saham perusahaannya satu per satu. Bagaimana jika anda pengen invest di beberapa perusahaan sekaligus?

Berarti anda harus beli indeks sahamnya. Salah satu jenis indeks yang bisa anda coba adalah S&P 500.

Dengan tanam saham di indeks ini, berarti anda menanamkan modal anda di 500 perusahaan dengan nilai kapitalisasi terbesar di AS.

Cara investasinya pun mudah, hanya butuh beberapa klik saja, yang semuanya akan saya ulas dibawah.

Apa itu Indeks S&P 500?

Indeks saham S&P 500 adalah indeks yang digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham Amerika Serikat sama seperti Dow Jones.

Dengan indeks ini, anda bisa tahu berapa harga rata-rata saham di Amerika Serikat jam ini atau hari ini.

Indeks ini berasal dari 500 perusahaan dengan kapitalisasi terbesar di Amerika Serikat, yang tergabung dalam Standar & Poor 500.

Saat ini, kapitalisasi pasar S&P 500 menyentuh angka USD 30 Triliun yang hampir setara dengan APBN wkwk land.

Lantas, apa untungnya jika saya beli saham indeks S&P500 ini? ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, diantaranya:

  • Memperoleh eksposur dari kinerja perusahaan yang masuk indeks S&P 500. Sebagai informasi, 5000 perusahaan dengan kapitalisasi terbesar itu mencakup beberapa perusahaan digital seperti Netflix, Apple, Microsoft, Facebook, Amazon, Google dan lain sebagainya. Daftar lengkapnya bisa lihat disini. Komposisi terbesar ada di sektor teknologi informasi sebesar 28,7%, diikuti Healthy, Consumer Discretionary, Servis Komunikasi, Finance, Industry dan lain sebagainya
  • Selain dapat eksposur saham AS, anda juga berhak dapat imbal hasil dari kinerja S&P 500 atau capital gainnya. Jadi ada kemungkinan anda cuan jika kinerja perusahaan yang masuk dalam indeks ini baik
  • Bisa mendiversikasikan portofolio saham anda ke berbagai sektor industri tanpa harus beli saham perusahannya satu per satu.

S&P 500 sendiri adalah anggota dari kelompok Indeks S&P global 1200, S&P MidCap 400 yang mewakili perusahaan kelas menegah dan S&P SmallCap 600 yang mewakili perusahaan kecil di AS.

Dengan demikian, S&P 500, S&P MidCap 400 dan S&P SmallCap 600 bisa dijadikan acuan untuk melihat nilai sebagian besar perusahaan AS, atau ekonomi AS itu sendiri, yang kemudian dikenal dengan S&P Composite 1500.

Apa syarat investasi di Indeks S&P 500?

Sebelum investasi di indeks saham S&P 500, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, diantaranya:

  • Siapkan dana investasi yang cukup. Dana investasi ini bisa berasal dari Gaji, uang tabungan atau lainnya
  • Cari sekuritas atau broker saham yang punya link ke pasar saham AS. Disini saya pakai Pluang karena aplikasi ini punya link ke e-mini S&P 500 Futeres ini terdaftar langsung di Bursa Chicago Mercantile Exchange [CME Group]
  • Siapkan kartu tanda pengenal berupa KTP karena kebanyakan sekuritas akan meminta data diri sebelum investment
  • Tahu risiko jika berinvestasi di indeks saham ini [Toleransi risiko]. Jadi apabila anda berinvestasi di micro e-mini S&P 500 Futeres berarti anda menamkan modal dalam kelas asset ekuitas yang juga beresiko. Salah satu resikonya adalah volatilitas naik turunnya harga yang pada akhirnya mempengaruhi portofolio investasi anda.

Oh iya, pembelian indeks S&P 500 dilakukan per unit. Untuk saat ini, 1 unit bisa dibeli dengan harga (±) $30 atau sekira Rp500 ribuan lebih, tergantung kurs.

Transaksi yang dilakukan pun real jadi bisa dibeli dan dijual saat itu juga. Tapi ada baiknya disimpan dulu untuk tambah-tambah portofolio.

Namanya juga investasi, berarti anda membelinya untuk jangka panjang. Artinya, anda gak beli langsung jual aja gitu.

Sebagai informasi, perusahaan dengan kapitalisasi tertinggi di S&P 500 adalah perusahaan yang pengaruhnya paling besar dalam pergerakan indeks.

Selain itu, kondisi makro ekonomi AS dan global juga akan mempengaruhi kinerja indeks entah itu kebijakan fiskal dan moneter, PDB, inflasi dan indikator lainnya.

Cara beli Saham Indeks S&P 500 di Indonesia

Lantas, bagaimana sih cara beli saham Indeks S&P 500 di Indonesia? Caranya sih sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Cari situs, aplikasi atau broker saham yang memungkinkan anda beli saham Indeks S&P 500

Yang pertama tentu saja mencari situs, aplikasi atau broker saham yang memungkinkan anda melakukan pembelian indeks saham ini.

Lebih mudah sih pakai aplikasi karena proses pembeliannya dilakukan secara online. Nah ada satu aplikasi yang saya rekomendasikan. Aplikasi tersebut adalah: Pluang.

Mengapa harus Pluang? Karena aplikasi ini memungkinkan anda mendapatkan diversifikasi portofolio di indeks S&P 500 dengan mudah dan sederhana.

Lantas, Apakah aman investasi di Pluang? Tentu saja aman. Pluang sudah disertifikasi BAPETTI dan indeks saham S&P 500 yang anda beli di aplikasi ini ditransaksikan langsung di bursa Chicago Mercantile Exchange [CME Group].

Dengan demikian, anda bisa dapat eksposur ke 500 perusahaan terbesar di Amerika dalam satu genggaman.

Di aplikasi ini anda juga bisa menambah portofolio investasi dengan membeli produk lainnya, seperti:

  • Emas yang memungkinkan anda membeli, menjual atau menarik emas Fisik. Uniknya, anda bisa mengirim emas yang dimiliki ke teman atau orang lain sesama pengguna Pluang
  • Investasi Bitcoin, namun untuk saat ini masih dalam bentuk Waitlist. Kedepannya, ada kemungkinan anda melakukan pembelian Bitcoin dan Ethereum sekali klik
  • Money market dalam bentuk Pluang Saver yang memungkinkan anda dapat imbal hasil hingga 6.5% dari sisa saldo yang dimiliki.

Transaksi anda juga bakal tercatat di Kliring Berjangka Indonesia untuk memastikan dana nasabah tidak disalahgunakan.

2. Download & registrasi di Pluang

Berikut langkah-langkah registrasi di aplikasi Pluang agar bisa beli Indeks S&P 500:

  • Pertama, download dulu aplikasi Pluang di Google Play Store atau iOS Store. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini untuk Android dan disini untuk iOS
  • Jika sudah terdownload, buka aplikasi pluang. Nantinya, akan ada pemberitahuan awal terkait dengan fitur-fitur dasar di aplikasi ini. Klik saja Lewati
    Cara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Langkah berikutnya adalah klik tombol Daftar untuk buat akun baru. Anda juga bisa klik Menjelajah untuk melihat demo aplikasi sebelum menggunakannyaCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Jika klik daftar, anda langsung diarahkan ke laman register. Disini silahkan isi setiap kolom sesuai yang diminta mulai dari nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon dan email. Pastikan data itu diisi dengan benar. Di Kolom referral, jangan lupa masukkan kode undangan ini: WIRN327223. Disebalah kolom referral, bisa klik Check untuk melihat kode refferal siapa yang diinput barusan. Jika sudah, klik tombol DaftarCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Setelah daftar, anda diminta untuk verifikasi nomor telepon yang tadi diinput. Jadi pastikan anda menggunakan nomor telepon aktif. Nantinya, akan ada kode OTP yang terdiri dari empat digit angka dikirim via SMS. Jika kode OTP dari Pluang sudah masuk, isi di kolom iniCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Setelah memasukkan kode otentikasi, anda akan diarahkan ke laman syarat dan ketentuan dari PT. PG Berjangka. Di tahap ini, silahkan centang saja kotak persetujuan disebelah tulisan Dengan ini saya menerima syarat dan ketentuan yang berlaku. Setelah centang, klik tombol SETUJUCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Sebelum masuk ke beranda aplikasi, anda diminta untuk membuat PIN terlebih dahulu. Jadi masukkan saja PIN yang diinginkanCara Investasi di Indeks Saham S&P 500

Jika Pin sudah diatur, secara otomatis anda diarahkan ke beranda aplikasi.

 3. Verifikasi akun

Tapi anda belum bisa melakukan investasi di aplikasi jika anda belum verifikasi akun.

Jadi, setelah registrasi, langkah berikutnya adalah verifikasi kepemilikan akun.

Ada dua langkah verifikasi yang harus diselesaikan, pertama verifikasi email yang tadi diinput, kedua pakai KTP dan Selfie.

Berikut langkah-langkah verifikasi akun di Pluang:

  • Buka aplikasi pluang> Akun> Verifikasi IdentitasCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Nantinya, anda diarahkan ke dua metode verifikasi. Pertama, verifikasi email yang ada di kolom informasi pribadi dan yang kedua adalah KYC tahap I atau verifikasi KTP dan foto selfieCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Jika klik verifikasi email, anda akan diarahkan ke laman informasi pribadi. Di tahap ini, silahkan klik Verifikasi Alamat Email. Setelah tombol itu di klik, akan ada pemberitahuan untuk buka email. Nah tinggal klik verification link yang dikirim Pluang via emailCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Jika klik Verifikasi KYC tahap I anda diminta untuk memasukkan nama di KTP, nomor KTP, Tanggal Lahir sesuai KTP, Foto KTP dan Selfie+KTP. Apabila sudah, klik KirimkanCara Investasi di Indeks Saham S&P 500

Nantinya, pihak Pluang akan melakukan verifikasi manual terhadap data-data yang anda unggah.

Sepengalaman saya, verifikasinya tidak berlangsung lama. Hanya butuh beberapa jam namun bergantung pada situasi saat itu.

Apakah sedang hari libur, akhir pekan atau situasi lainnya, jaringan gak bagus atau foto yang diunggah blur misalnya.

4. Top Up Saldo

Sebelum melakukan pembelian saham Indeks S&P 500, baiknya anda isi saldo dulu di akun Pluang.

Di aplikasi ini tersedia beberapa metode top up yang bisa dipilih mulai dari top Up lewat Bank, lewat eWallet seperti Gopay hingga Voucher.

Ada 7 bank yang didukung untuk Top Up seperti BCA, BNI, MANDIRI, BRI, PERMATA, CIMB NIAGA, dan Bank Danamon.

Untuk eWallet dan Saldo eVoucher bisa dapat di Jenius Pay, Link Aja, GoPay dan Voucher dari Bukalapak atau E-commerce lainnya.

Sebagai contoh, disini saya mau Top UP di aplikasi pluang via BRI, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Pluang> DompetCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Di laman dompet, klik tombol ISI SALDO> lalu pilih bank yang mau digunakan untuk top up. Karena saya pakai BRI, maka klik Other Banks> BRICara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Setelah pilih bank, silahkan catat atau salin nomor virtual cccountnya. Juga ada metode atau tata cara top up disini. Tinggal ikuti saja instruksinyaCara Investasi di Indeks Saham S&P 500

Proses isi saldo di Aplikasi pluang enggak lama. Sepengalam saya, setelah transaksi, saldo langsung masuk ke akun saat itu juga.

Cara lainnya kurang lebih sama. Jadi bisa disesuaikan sama pilihan top up yang diinginkan.

4. Beli Saham Indeks S&P 500

Setelah isi saldo, langkah selanjutnya adalah kembali ke beranda aplikasi untuk melakukan transaksi pembelian saham Indeks S&P 500.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Di beranda aplikasi pluang, klik S&P 500 yang ada di halaman IndeksCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Di tahap ini anda akan diarahkan ke kolom pembelian. Ada tiga kolom yang tersedia yakni harga tengah [default], harga jual dan harga beli. Anda juga bisa lihat pergerakan indeksnya dalam 6 durasi berbeda yakni harian, mingguan, bulanan, tiga bulananan, satu tahun hingga lima tahun. Jika sudah yakin mau beli saham indeks S&P 500, klik BeliCara Investasi di Indeks Saham S&P 500
  • Nah anda akan diarahkan ke laman transaksi yang berisikan detail pembelian mulai dari jumlah unit, harga beli, kurs dan estimasi biaya. Di kolom jumlah unit, silahkan masukkan jumlah yang diinginkan. 1 unit misalnya. Jika sudah, klik Lanjut lalu ikuti instruksi berikutnyaCara Investasi di Indeks Saham S&P 500

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan pembelian saham di Indeks S&P 500.

Untuk menjualnya, buka halaman yang sama lalu pilih harga Jual> Jual.

Quesion And Answer [QnA]

Pertanyaan general lain berkaitan dengan cara beli saham di indeks S&P 500 akan saya bahas dalam QnA dibawah ini.

1. Apakah bakal untung kalau investasi di S&P 500?

Tidak ada jaminan soal ini. Bisa saja untung, bisa juga rugi. Karena itu, sebelum investasi, baiknya anda pelajari dulu apa itu S&P 500, tolerasi risikonya dan chart pergerakan harga indeks saham ini.

2. Apakah investasi di S&P 500 secara langsung berinvestasi di 500 perusahaan yang masuk dalam list ini?

Tidak, hanya dalam bentuk portofolio saja. Jadi saat anda berinvestasi disini, secara tidak langsung anda telah melakukan diversifikasi portofolio. Dengan demikian, anda tidak perlu beli saham invidual perusahaan itu satu per satu.

3. Apa sih perbedaan S&P 500 dengan Dow Jones?

S&P 500 kadang jadi indeks pilihan investor institusional karena kendalaman perhitungan dan luasnya. Sementara, Dow Jones Industrial Average [DJIA], dalam sejarahnya diakitkan dengan ukuran investor ritel di pasar saham AS. Dengan demikian, investor menganggap S&P 500 ini bisa mewakili pasar ekuitas AS karena terdiri dari banyak sekali saham perusahaan di semua sektor. Selain itu, S&P 500 pakai metode pembobotan kapitalitasi pasar, dengan alokasi persentase yang lebih tinggi pada perusahaan yang nilai kapitalisasinya besar. Sementara, DJIA adalah indeks tertimbang harga yang memberi perusahaan dengan harga saham yang lebih tinggi bobot indeksnya. Perlu diketahui, struktur pembobotan kapitalisasi pasar lebih populer ketimbang pembobotan harga seluruh Indeks saham AS.

4. Bagaimana metode pembobotan kapitalisasi dalam Indeks S&P 500 ini?

Karena konsepnya indeks, maka S&P 500 menggunakan metode pembobotan kapitalisasi pasar, yang memberikan alokasi persentasi yang lebih tinggi pada perusahaan dengan nilai kapitalisasi yang paling besar. Penentuan bobot masing-masing komponennya diawali dengan menjumlahkan secara total kapitalisasai pasar dalam indeks tersebut. Dengan demikian, untuk menghitung nilainya, anda harus menggunakan beberapa parameter, seperti: Menghitung kapitalisai total pasar dalam indeks dengan menambahkan semua kapitalisasi masing-masing perusahaan; Pembobotan setiap perusahaan dalam indeks yang dihitung dengan mengambil kapitalisasi pasar perusahaan dan membaginya dengan kapitalisasi pasar total indeks. Sebagai review, kapitalisasi pasar suatu perusahaan akan dihitung berdasarkan harga saham saat ini dan mengalikannya dengan saham perusahaan yang beredar; Kapitalisasi pasar total S&P 500 serta kapitalisasi pasar masing-masing perusahaan sering dipublikasikan di situs keuangan sehingga investor gak perlu hitung mandiri.

5. Apa saja kelebihan berinvestasi di S&P 500?

Ada beberapa kelebihan, diantaranya: Anda punya akses dan prestise yang lebih besar ke pasar modal dengan nilai kapitalisasi terbesar di dunia; Bisa berinvestasi di perusahaan-perusahaan terbesar AS tanpa harus beli sahamnya satu per satu; Bisa dijual dan dibeli saat itu juga.

Penutup

Salah satu upaya agar siap menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian adalah dengan berinvestasi.

Dan ada banyak sekali pilihan atau jenis investasi yang bisa dipilih mulai dari Reksadana, P2P lending, saham dan lain sebagainya.

Tiap jenis pilihan investasi tentu saja punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga saat anda mau invest di S&P 500.

Jika ada dari anda yang punya pengalaman berinvestasi di bidang ini atau ada hal lain yang mau disampaikan terkait postingan ini, tinggalkan saja di kolom komentar.

Demikian artikel tentang Apa dan Bagaimana Cara Investasi di Indeks Saham S&P 500. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar