Cara Hapus Email Yahoo Secara Permanen 2022

Dibanding platform lain seperti Google dan Microsoft, untuk cara hapus akun Yahoo ternyata lebih gampang. Hanya saja, tetap diperlukan untuk protokol standar.

Dimana pengguna harus masuk dulu ke email alias harus menginput alamat email serta password yang terdaftar.

Selain itu, jika aktifkan verifikasi dua langkah entah itu pakai nomor telepon dan alamat email, keduanya harus masih aktif karena anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim.

Dan jika ada dari anda yang sudah jarang pakai platform ini melakukan pencarian di internet atau mungkin sudah tidak pakai lagi email Yahoo untuk bertukar pesan, sebaiknya dihapus.

Mengapa? Ada banyak alasan. Salah satunya berkaitan dengan riwayat keamanan dari pihak Yahoo yang terkesan buruk selama ini. Soal ini akan saya jelaskan panjang lebar dibawah.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang sedang cari cara hapus akun Yahoo, cara tutup email Yahoo sampai cara nonaktifkan Yahoo mail, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru 2022

Lantas, bagaimana cara hapus email Yahoo atau akun Yahoo? Pasti penasaran, kan? Ikuti langkah-langkah dibawah:

1. Kunjungi laman delete my Account Yahoo!

Pertama, silahkan kunjungi laman Delete My Account Yahoo! di Browser apa saja entah itu Google Chrome atau Mozilla. Agar lebih cepat, langsung klik tautan ini

2. Login ke akun Yahoo

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Sebelum itu, agar bisa diarahkan ke laman penghapusan akun, anda diminta untuk login dulu ke akun Yahoo yang ingin dihapus tersebut.

Di bagian samping, pada kolom kosong yang tersedia, isi dengan nama pengguna, email atau nomor ponsel yang terdaftar. Jika sudah, klik Berikutnya.

3. Kirim kode OTP untuk login

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Selanjutnya, anda diminta untuk menerima kode OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar di alamat email Yahoo Tersebut.

Baca Juga:

Jika nomor telepon tersebut masih aktif, langsung klik tombol Ya, Kirimi Saya Kode. Sementara, jika sudah tidak, bisa pilih coba cara lain yang ada dibawah.

4. Masukkan kode verifikasi

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Berikutnya masukkan kode verifikasi yang dikirim Yahoo ke nomor yang terdaftar. Jika SMSnya sudah masuk, langsung input di kolom isi.

Identitas pengirimnya SMS sendiri berasal dari Yahoo langsung dengan jumlah digit untuk kode otentikasi adalah 6 angka. Kalau sudah, klik verifikasi.

5. Masukkan Password yang terdaftar

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Apabila kode verifikasi yang diinput benar, langsung masukkan password terkait dengan Akun Yahoo tersebut di kolom kosong yang tersedia. Kalau sudah, klik Berikutnya.

6. Konfirmasi penghapusan email

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman Privacy Dashboard yang berisikan informasi apa saja yang akan dihapus.

Hanya saja, semua informasi tersebut ditulis dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kira-kira artinya seperti ini:

Dengan menghapus akun ini, Anda akan kehilangan identitas Yahoo dan akun Yahoo Mail Anda (termasuk Business Mail yang disediakan oleh Aabaco Small Business), serta akun Flickr Anda dan, dalam banyak kasus, akun Tumblr Anda, jika berlaku.

Kami juga akan menghapus atau menganonimkan data dan pengaturan akun Anda di seluruh jaringan Yahoo. Ini termasuk konten Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Yahoo Contacts, layanan Business Mail yang disediakan dengan akun Aabaco Small Business Anda, pengaturan My Yahoo dan banyak lagi, termasuk foto Flickr Anda dan statistik untuk akun Flickr Anda, jika berlaku.

Penghapusan akun juga akan menghentikan akses ke layanan berbayar apa pun yang Anda miliki dengan akun Yahoo ini. Anda mungkin tidak dapat memulihkan pembayaran yang dikirimkan untuk layanan ini atau data yang terkait dengan akun ini.

Untuk membantu menghindari biaya yang tidak perlu, sebelum melanjutkan, harap verifikasi bahwa Anda tidak memiliki layanan premium aktif yang terkait dengan akun Yahoo ini (termasuk layanan Aabaco Small Business).

Jika Anda pelanggan Yahoo Ad Free Mail, harap kelola akun penagihan Anda di https://payments.mail.yahoo.com .

Jika Anda adalah pelanggan Aabaco Small Business (sebelumnya Yahoo Small Business), harap kelola akun penagihan Anda di http://luminate.com/my-services . Jika Anda pelanggan Flickr Pro, silakan kelola akun penagihan Anda di https://www.flickr.com/account/wallet/ .

Jika Anda adalah pengguna Fantasy Sports dan memiliki dana di dompet fantasi Anda ( https://sports.yahoo.com/dailyfantasy/account/profile ), pastikan untuk menarik sisa saldo sebelum menghapus akun Yahoo Anda karena Anda tidak akan lagi dapat mengakses dompet fantasi Anda.

Dalam kebanyakan kasus, akun Anda akan dinonaktifkan dan kemudian dihapus dari basis data pendaftaran pengguna kami dalam waktu sekitar 40 hari dengan periode penangguhan yang lebih lama untuk akun yang terdaftar di: Australia atau Selandia Baru (sekitar 90 hari); dan Brazil atau Taiwan (sekitar 180 hari). Penundaan ini diperlukan untuk mencegah aktivitas penipuan.

Klik di sini untuk mempelajari informasi apa yang mungkin tetap ada dalam catatan arsip kami setelah akun Anda dihapus.

Harap dicatat bahwa karena terbatasnya jumlah nama yang tersedia, kami dapat mengizinkan pengguna lain untuk mendaftar dan menggunakan identitas Yahoo Anda saat ini setelah akun Anda dihapus.

Di tahap ini, jika memang yakin mau hapus akun Yahoo! secara permanen, klik tombol Continue Delete My Account

7. Isi email yang ingin dihapus

Cara Hapus Email Yahoo Permanen Terbaru

Kemudian akan terbuka laman baru dimana akan muncul laman terminate untuk menghapus email Yahoo.

Di bagian bawah, ada kolom kosong yang tersedia. Silahkan isi dengan alamat email yang ingin dihapus tersebut lalu klik Yes, Terminate this Account

Terakhir anda akan dialihkan ke halaman login yang menandakan bahwa email anda sudah berhasil di hapus.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam bentuk QnA dibawah, yakni:

1. Apa saja syarat hapus Email Yahoo?

Soal ini sudah saya singgung di pembuka artikel. Dan secara umum, ada tiga syarat yang harus disiapkan agar akun Yahoo bisa terhapus, yakni:

  • Internet yang stabil untuk mengakses laman penghapusan akun Yahoo di situs
  • Alamat email dan password aktif milik anda, yang digunakan untuk login
  • Dan terakhir, nomor telepon atau alamat email yang digunakan sebagai metode verifikasi dua langkah

Misalnya, jika dulu setelah buat akun Yahoo, anda masukkan nomor telepon untuk verifikasi dua langkah, nah pastikan nomor telepon tersebut masih aktif.

Bagaimana jika sudah tidak aktif lagi? Bisa coba metode lain, pakai alamat email atau mungkin meminta pergantian password.

Jika minta ganti password, pastikan beberapa informasi seperti tanggal lahir atau pertanyaan keamanan lain masih diingat.

2. Apakah bisa hapus email Yahoo lewat aplikasi di HP Android dan iOS?

Jika pertanyaan ini mengacu pada aplikasi milik Yahoo, Yahoo Mail misalnya atau mungkin Yahoo Search, maka opsi ini tidak tersedia.

Dengan demikian, satu-satunya cara adalah dengan menghapus langsung dari browser. Dan anda bisa pakai browser yang ada di HP, laptop atau PC.

Hanya saja, pastikan semua syarat-syarat diatas sudah disiapkan agar proses penghapusan akun Yahoo bisa dilanjutkan.

3. Apakah bisa menghapus akun Yahoo untuk sementara waktu?

Sebenarnya, opsi penghapusan akun Yahoo tersebut hanya satu yakni hapus permanen. Hanya saja, pengguna masih punay jeda waktu selama 30 hari.

Jeda waktu tersebut bisa dimanfaatkan jika nantinya anda berubah pikiran alias ingin mengaktifkan kembali alamat email tersebut.

4. Apa saja resiko menghapus akun Yahoo secara permanen?

Resikonya adalah kehilangan akses terhadap email sehingga anda tidak bisa lagi melihat pesan yang muncul atau mungkin mengakses layanan khusus dari Yahoo.

Lantas, apakah alamat tersebut masih tetap akan aktif setelah dihapus? Secara teknis ya. Artinya, nama dan alamat email anda masih tersedia untuk orang lain.

Dengan demikian, mereka bisa kirim pesan kepada anda dengan alamat yang sebelumnya sudah dihapus. Karena saat berkirim email, tidak ada informasi gagal atau email sudah tidak aktif.

5. Apakah bisa mengaktifkan kembali email Yahoo yang sudah di hapus permanen tersebut?

Pertanyaan ini terkait dengan QnA nomor 3 diatas. Jawabannya Ya, karena setiap pengguna punya jeda waktu selama 1 bulan.

Dengan demikian, apabila ingin mengembalikan akun Yahoo yang sudah dihapus permanen tersebut, tinggal login dengan email dan password aktif milik anda.

Dalam beberapa kasus, anda mungkin diminta untuk verifikasi login dengan mengisi kode OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar atau alamat email cadangan.

Tinggal ikuti instruksi yang muncul sampai akun Yahoo milik anda benar-benar aktif kembali dan bisa digunakan sesuai keperluan.

6. Mengapa harus menghapus akun Yahoo jika sudah tidak digunakan?

Pada prinsipnya, menghapus akun Yahoo sama seperti saat anda memilih menghapus akun di platform lain seperti Facebook, Telegram, Twitter atau mungkin TikTok.

Mengapa demikian? Untuk mencegah duplikat data, kebocoran data atau mungkin untuk menghindari pengendalian akun oleh orang lain yang bisa saja terjadi di masa mendatang.

Hanya saja, dalam kasus akun Yahoo, jika sudah tidak lagi terpakai, disarankan memang untuk dihapus saja. Dan ada tiga alasan mengapa harus hapus akun Yahoo, diantaranya:

  • Catatan keamanan akun Yahoo yang tergolong buruk dari waktu ke waktu. Salah satunya setelah dibeli oleh Verizon Wireless, ISP yang dengan terbuka menyetujui penjualan riwayat pencarian akun Yahoo kepada pihak ketiga
  • Yahoo bisa memindai setiap pesan yang dikirimkan lewat platform mereka, yang pada akhirnya, memberikan tampilan iklan yang relevan secara pribadi berdasarkan informasi yang dikirimkan
  • Sejak tahun 2013 sampai tahun 2014, ada lebih dari 1 miliar akun Yahoo telah discan untuk tujuan tersebut. Dari presentasi tersebut, berarti 1 dari 7 penduduk di dunia telah mengalaminya
  • Sejak 2017, Yahoo sudah mengeluarkan peringatan soal keamanan data meski relatif kecil dampaknya. Dimana, ada lebih dari 32 juta alamat email yang sudah terdata dalam cookie palsu selama dua tahun yakni pada 2015 dan 2016

Jadi masalah utamanya ada pada privasi. Hanya saja, data dan privasi tersebut selain bisa dimanfaatkan untuk tujuan periklanan atau internal, juga bisa dimanfaatkan celah yang ada.

Artinya, peretas bisa menelusuri semua basis data login tersebut, lalu digunakan ke situs lain. Dan jika anda pakai alamat email untuk login ke situs penting, maka siap-siap saja dengan dampaknya.

Penutup

Memilih untuk menghapus akun saat suatu aplikasi atau layanan tidak lagi digunakan merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna, termasuk itu Yahoo.

Namun kembali ke pribadi masing-masing. Misalnya, dalam beberapa kasus, anda masih perlu untuk komunikasi dengan klien atau untuk kegiatan kantor.

Demikian artikel tentang cara hapus email Yahoo secara permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar