Cara Hapus Email Gmail Permanen 2022 di HP Android

Pada dasarnya, dengan menghapus email Gmail secara permanen berarti anda, sebagai pengguna, menghapus akun Google itu sendiri.

Jadi, dua cara tersebut yakni cara hapus akun Google dan cara hapus akun Gmail pada dasarnya sama, begitu juga dengan metodenya.

Perlu di ketahui, Google Mail atau Gmail inilah yang bisa digunakan untuk masuk atau login ke berbagai produk dan layanan Google.

Termasuk juga ke layanan lain yang bukan milik Google seperti Facebook, Apple, Netflix, Grab, PUBG Mobile dan lain sebagainya.

Karena itu, sebelum hapus Email Gmail, pastikan anda tidak pernah login ke berbagai produk atau layanan yang dianggap penting.

Apalagi yang berkaitan dengan kegiatan perbankan atau misalnya, dalam beberapa kasus, digunakan untuk mendaftar ke Bank Digital atau eWallet.

Sebab bisa saja jika di kemudian hari anda tidak bisa login kembali karena akun Google sudah dihapus tanpa sadar.

Perhatikan, pada tutorial ini hanya di contohkan cara hapus Email Google atau Gmail yang ada di HP Android.

Jika pakai OS yang lain seperti Apple atau mungkin ingin hapus akun langsung aplikasi desktop, bisa akses fitur yang sama baik di web atau didalam aplikasi.

Dan untuk anda yang ingin hapus akun Gmail Google, cara hapus Email Google atau cara hapus Email Gmail milik Google, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Email Gmail Permanen 2022 di HP Android

Lantas, bagaimana cara hapus email Gmail secara permanen? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Gmail

Cara Hapus Akun Google Gmail

Silahkan buka aplikasi Gmail di ponsel Android yang terinstal secara default. Jika pakai OS lain, iPhone misalnya, sesuaikan saja caranya.

Setelah terbuka, otomatis pengguna diarahkan ke beranda aplikasi. Klik icon profil yang ada di bagian atas untuk membuka menu konteks.

Baca juga:

Apabila menu konteks sudah terbuka, akan muncul daftar email yang disinkronkan dengan ponsel android milik anda.

Di tahap ini, langsung pilih salah satu email dalam daftar yang ingin dihapus. Atau, jika emailnya cuma satu, langsung klik tombol Kelola Akun Google Anda yang ada dibawah.

2. Buka pengaturan Data & Privasi

Cara Hapus Akun Google Gmail

Setelah masuk ke laman setelan akun Google, klik kategori menu Data & Privasi yang ada di bagian atas seperti yang ditandai merah pada gambar dibawah.

Atau, bisa scroll sedikit ke bawah di laman beranda lalu klik tulisan Kelola Data & Privasi anda pada opsi menu Privasi & Personalisasi.

Dua pilihan diatas akan mengarahkan anda ke laman yang sama untuk melihat dan mengatur data dan privasi.

3. Klik opsi menghapus layanan Google

Cara Hapus Akun Google Gmail

Setelah masuk ke laman Data & Privasi, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan dua kategori menu, yakni:

  • Mendownload data anda yang berarti pengguna membuat salinan data untuk mencadangkannya. Opsi ini bisa dipilih jika anda punya data banyak data yang tercadangkan lewat email yang ingin dihapus
  • Menghapus layanan Google yang berarti pengguna bisa menghapus layanan Google yang tidak lagi digunakan.

Di tahap ini, jika memang tujuan anda mau hapus Email Gmail milik Google, langsung klik opsi yang kedua yakni menghapus layanan Google.

4. Verifikasi permintaan

Cara Hapus Akun Google Gmail

Sebelum mengakses laman penghapusan Email Gmail Google, anda diminta untuk verifikasi permintaan terlebih dulu dengan cara memasukkan password akun Gmail yang digunakan.

Jadi, masukkan saja sandi email Gmail yang ingin dihapus. Jika sudah, klik Berikutnya. Dan apabila sandinya valid, otomatis anda akan diarahkan ke laman penghapusan akun Google.

5. Baca ketentuan penghapusan akun Gmail

Di laman penghapusan akun Google, akan muncul beberapa kategori informasi yang di hapus dan wajib dipahami sebelum permintaan penghapusan dilakukan, seperti:

  • Mohon dibaca dengan cermat. Ini bukan sekedar basa-basi. Anda mencoba menghapus akun Google Anda, yang memberi akses ke berbagai layanan Google. Anda tidak akan dapat lagi menggunakan layanan tersebut, dan akun serta data anda akan hilang. Pada opsi ini, jika ingin mencadangkan data yang terkait dengan Gmail Google yang diminta untuk dihapus, klik Mendownload data sebelum menghapus akun yang ada di bagian bawah
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Semua konten ini akan dihapus. Pertama, konten terkait dengan pusat pembayaran Google yang informasinya tertulis seperti ini: 1 akun layanan dapat berhenti berfungsi untuk organisasi anda. Centang saja kolom saya mengerti bahwa akun ini akan dinonaktifkan
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Lalu isi informasi akun lain yang dihapus mulai dari akun Google AdSense, jika punya, akun Blog jika punya dan jumlah email yang masuk atau keluar di Gmail
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Termasuk juga foto dengan jumlah yang berhasil dicadangkan di Google foto, akun YouTube dan informasi terkait dengan Kalender
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Data lain yang ikut dihapus adalah sinkronisasi Chrome, kontak, aplikasi dan juga konten digital Google Play
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Terakhir, dibagian bawah, jika yakin ingin hapus Email Gmail Google, centang dua kolom persetujuan Ya, saya menyatakan bahwa saya tetap bertanggung jawab atas semua biaya yang ditimbulkan oleh transaksi keuangan yang tertunda dan kedua, pernyataan bahwa anda memang ingin menghapus secara permanen akun Google, dalam konteks ini akun Gmail dan semua datanya. Jika yakin, langsung klik HAPUS AKUN dibagian bawah
Cara Hapus Akun Google Gmail

Lalu tunggu proses penghapusan akun sampai berhasil. Jika berhasil, anda akan dapat pemberitahuan soal ini.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa saja syarat hapus Email Google?

Sebelum hapus email Gmail milik Google, ada beberapa syarat yang harus disiapkan. Syarat tersebut bergantung sama pengaturan akun.

Pertama, pastikan anda masih punya akses ke akun email yang mau dihapus. Artinya, untuk akses fitur penghapusan akun, pengguna harus masuk dulu ke email yang dimaksud.

Dengan demikian, pastikan anda masih ingat alamat email dan juga passwordnya. Dalam beberapa kasus, jika anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, pastikan anda dapat notifikasi.

Apabila tak dapat kode verifikasi, biasanya ada pilihan untuk dapatkan kode OTP yang dikirim Google ke nomor yang terdaftar.

Intinya, selain harus ingat password, pastikan nomor yang disinkronkan dengan email masih aktif untuk menerima kode OTP.

Disisi lain, jika tak menghubungan Gmail dengan nomor telepon atau tidak mengaktifkan verifikasi 2 langkah, cukup siapkan password aktif saja.

Selebihnya, pastikan semua data-data yang terhubung ke Gmail tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan karena semua datanya akan terhapus.

2. Apakah bisa mengaktifkan kembali email Gmail yang dihapus?

Secara teknis Ya dan jeda waktunya adalah 20 hari. Dengan demikian, jika berubah pikiran dan durasi penghapusan belum lebih dari itu, pengguna bisa mengaktifkan kembali akun Gmail yang dihapus.

Bagaimana jika lebih dari durasi tersebut? Maka akun akan terhapus otomatis dan tidak bisa diaktifkan lagi, sekalipun anda menghubungi Google Workspace untuk meminta pengaktifan kembali.

3. Bagaimana cara hapus Gmail di Komputer atau PC dan Laptop?

Caranya sama seperti diatas hanya tampilannya saja yang berbeda. Pertama, pengguna harus masuk dulu ke akun gmail yang dihapus.

Jika sudah, bisa akses laman privasi> menghapus akun. Ulasan lebih lengkap soal cara ini sudah saya tautkan di pembuka artikel pada hyperlink teks hapus akun Google.

4. Bagaimana cara menghapus salah satu akun Gmail di Android?

Tutorial diatas pada dasarnya mengulas cara hapus salah satu akun Gmail di Android. Jadi, ikuti saja langkah-langkahnya sampai berhasil.

Dan ini berlaku untuk ponsel android merk apa saja entah itu XIaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung dan lain sebagainya.

Penutup

Jika salah satu akun gmail milik anda tidak diperlukan lagi atau punya terlalu banyak email, bisa ikuti langkah-langkah diatas untuk hapus akun.

Tapi, pastikan email tersebut tidak dihubungkan dengan berbagai produk dan layanan yang berisikan data-data penting seperti Google Drive, Google Docs sampai data perbankan.

Sebab dengan menghapus akun Gmail secara tidak langsung anda menutup akses ke semua produk dan layanan Google, beserta datanya.

Demikian artikel tentang cara hapus Email Gmail permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar