Cara Hapus Aplikasi di Windows 10 Terbaru 2022

Sebenarnya, untuk hapus aplikasi di Windows 10 caranya sangat mudah namun masih banyak orang yang penasaran step by stepnya bagaimana.

Microsoft sendiri sudah menyiapkan fitur pencopotan aplikasi secara default di platform mereka. Baik yang ada di Recently apps, control panel sampai di fitur penghapusan khusus.

Yang berbeda mungkin cuma dari cara dan tampilannya. Misalnya, jika menggunakan fitur Uninstall di Start Menu pada daftar apk Recently added, pengguna akan diarahkan ke laman Control Panel.

Dari sinilah, pencopotan aplikasi dilakukan. Dan, sadar atau tidak, fitur control panel ini punya versi penyempurnaan yakni Apps & Featured yang ada di Setelan Windows 10.

Artinya, jika anda punya aplikasi di komputer yang tidak digunakan lagi atau mungkin yang memperberat loading, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara Menghapus Aplikasi di Windows 10, cara uninstall Apk di Windows 10 sampai cara uninstall program di PC atau Laptop, simak artikel ini sampai habis.

4+ Cara Hapus Apk di Laptop dan PC Windows 10 Terbaru 2022

Untuk contoh dibawah ini, ada 4+ cara yang bisa digunakan untuk hapus Apk di Laptop dan PC Windows 10 Terbaru 2022.

Lantas, bagaimana cara hapus aplikasi di Windows 10? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Cara Uninstall Apk di Windows 10 Pakai Start Menu

Cara pertama dan paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur Start Menu Windows 10. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka start menu Windows 10 milik anda dengan cara klik icon Microsoft. Atau bisa menggunakan shortcut dengan cara tekan tombol Windows di keyboard yang biasanya terletak di antara tombol Ctrl dan Alt
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Setelah tombol tersebut ditekan, langkah berikutnya adalah mencari daftar aplikasi yang ada di recently update atau yang muncul di start menu. Jika sudah temukan aplikasi yang mau di uninstall, klik kanan> Uninstall
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke Programs and features yang ada di Control Panel. Di tahap ini, tinggal cari aplikasi yang mau di hapus lalu klik sekali dan arahkan kursor ke tulisan Uninstall di bagian atas
Cara Hapus Aplikasi di Windows

Karena cara ini mengarahkan pengguna ke Control Panel Windows 10, maka tutorialnya terkait dengan cara yang akan dibahas pada poin kedua dibawah.

2. Cara Hapus Aplikasi di Windows 10 Lewat fitur Control Panel

Fitur control panel di Windows 10 merupakan versi sebelumnya dari Apps & Featured yang sebelumnya tersedia untuk pengguna OS versi sebelumnya.

Dan jika pakai Windows 10, ada beberapa cara untuk mengakses fitur ini, seperti yang terlihat pada tabel dibawah:

  • Dengan mengetikkan control panel di kolom pencarian Cortana di Taskbar Windows 10
  • Akses power user dengan cara menggunakan shortcut Win + X lalu pilih Control Panel pada beberapa varian Windows dan Apps & Featured Untuk Single Home Language
  • Dengan membuka Windows Run atau bisa akses dengan shortcut Win + R lalu ketikkan Control Panel di bilah pencarian
  • Dengan menggunakan CMD di Windows 10. Pada bilah pencarian, tinggal ketikkan Control Panel lalu tekan enter sekali
  • Dengan menggunakan Powershell dimana caranya kurang lebih sama seperti saat pakai CMD. Dimana, tinggal ketikkan Control Panel maka fitur ini akan terbuka

Setelah akses Control panel menggunakan satu dari beberapa perintah yang tersedia diatas, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk hapus Apk di Windows 10 dengan control panel:

  • Saya pastikan anda sudah membuka control panel. Jika sudah, pada laman adjust your computer’s settings, klik Uninstall a Program
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Berikutnya cari aplikasi yang mau di uninstall. Jika aplikasinya sudah ditemukan, langsung klik di aplikasi tersebut. Nah, di bagian atas, akan ada tulisan Uninstall langsung klik saja disitu
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Cara lainnya untuk klik kiri pada aplikasi yang dimaksud dan akan muncul tulisan Uninstall. Klik saja disitu untuk melanjutkan penghapusan aplikasi
Cara Hapus Aplikasi di Windows

Setelah itu, tinggal ikuti instruksi berikutnya untuk menghapus aplikasi Windows 10 sesuai dengan prosedur penghapusan yang dibuat developer.

3. Uninstall Aplikasi di Windows 10 pakai fitur Apps & Featured

Jika dua cara diatas mengarahkan anda ke Control Panel, maka cara yang ketiga ini mengharuskan pengguna mengakses laman setting.

Dan ini merupakan versi lanjutan dari Control Panel diatas. Lantas, bagaimana cara hapus apk di Windows 10 pakai Fitur Apps & Featured? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik Setting pada aplikasi Windows 10 milik anda. Jika sudah, tekan start atau bisa klik icon Windows yang ada di keyboard untuk membuka menu taskbar. Apabila menu taskbar sudah terbuka, langsung klik Settings yang ada di bagian kiri seperti yang ditandai merah pada gambar dibawah
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman Settings. Jika tujuan anda mau hapus aplikasi di Windows 10, klik menu Apps
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Anda kemudian diarahkan ke fitur Apps & Featured. Di tahap ini, tinggal cari aplikasi mana yang mau di hapus> lalu klik sekali dan akan muncul tombol Hapus di sebelahnya
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • Setelah klik Uninstall, akan muncul kotak dialog yang isinya seperti ini: This app and its related info will be uninstalled. Jika yakni mau Uninstall aplikasi yang dipilih, langsung klik tombol Uninstall dibagian bawah
Cara Hapus Aplikasi di Windows

Terakhir tinggal ikuti prosedur terakhir pencopotan aplikasi dari developer. Terkadang, setelah uninstall, anda diminta untuk restart atau reboot komputer.

Ikuti saja instruksi berikutnya sampai berhasil. Jika aplikasinya belum juga terinstal, bisa ikuti prosedur yang sama untuk hapus aplikasi serupa lain.

4. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara ini yang bisa dicoba oleh pengguna yang kesulitan menghapus aplikasi dengan menggunakan fitur bawaan dari Windows.

Karena memang, ada beberapa apk yang di program oleh developer sehingga pengguna kesulitan untuk mencopotnya dari sistem operasi.

Jika anda ada dalam situasi ini, maka cara paling terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apakah ada aplikasi yang direkomendasikan? Ada beberapa, diantaranya:

  • Revo Uninstaller yang memungkinkan pengguna hapus app di Desktop, Windows bahkan ekstensi browser sampai akar-akarnya. Jika pakai apk satu ini, ada dua versi yang bisa digunakan yakni gratis dan berbayar. Seperti aplikasi pada umumnya, di mana, jika pakai versi gratis, fitur penghapusan yang disediakan hanya pada versi paling basic saja. Untuk langganan versi pro, harus keluarkan kocek sekira $24,95
Cara Hapus Aplikasi di Windows
  • IObit Uninstaller yang fungsinya kurang lebih sama seperti Revo diatas. Dimana, pengguna bisa gunakan aplikasi ini untuk copot aplikasi di Windows yang tidak bisa di hapus. Versinya sendiri terbagi dalam dua bentuk yakni gratis dan berbayar. Untuk yang pro, pengguna harus keluarkan kocek sekitar $15 per tahun
Cara Hapus Aplikasi di Windows

Selain dua aplikasi diatas, sebenarnya ada juga aplikasi pihak ketiga lain yang bisa digunakan salah satunya adalah Ashampoo UnInstaller.

Fitur utama yang ditawarkan kurang lebih sama. Dan opsi ini bisa dilakukan bagi pengguna kesulitan pakai tiga cara sebelumnya.

5. Reset Windows 10

Cara Hapus Aplikasi di Windows

Jika pakai fitur default seperti Control Panel dan Apps & Featured tidak berhasil termasuk juga saat pakai aplikasi pihak ketiga, maka cara terakhir adalah dengan mereset Windows 10.

Dan memang, ada beberapa aplikasi bebal, yang sudah disusupi virus atau malware sehingga tidak bisa di hapus.

Atau mungkin, dalam beberapa kasus, anda harus masuk dulu ke akun agar permintaan penghapusan bisa dilakukan.

Hanya saja, jika pakai cara yang terakhir ini, resikonya adalah kehilangan semua data dan aplikasi yang pernah diinstal termasuk Microsoft Office.

Jadi, jika pakai cara yang terakhir, pastikan semua aplikasi yang di uninstall tidak lagi digunakan. Yang sekalian juga bisa digunakan untuk memperbaharui sistem operasi.

Oh iya, jangan lupa siapkan kode aktivasinya juga. Karena nantinya anda diminta untuk memasukkan kode setelah reset berhasil dilakukan.

Lantas, bagaimana cara reset Windows 10? Untuk tutorial lengkapnya sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Untuk membacanya, klik disini.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Bagaimana cara menghapus aplikasi di windows 10 sampai bersih?

Caranya sama seperti yang sudah saya ulas diatas meski sebenarnya, aplikasi tersebut tidak bisa dihapus sepenuhnya sampai bit informasi terakhir.

Kecuali, misalnya, dengan menggunakan dua cara terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga versi berbayar atau mungkin melakukan reset Windows 10.

2. Bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop yang tidak bisa dihapus?

Jika aplikasinya tidak bisa di hapus, disarankan untuk pakai aplikasi pihak ketiga. Selain yang sudah disebutkan diatas, pengguna juga bisa pakai Bulk Crap Uninstaller.

Bulk Crap Uninstaller adalah salah satu aplikasi paling banyak digunakan untuk hapus aplikasi di Windows 10 yang tidak bisa di hapus.

Sementara, apabila sudah menggunakan aplikasi pihak ketiga tapi aplikasi tersebut tetap saja tidak bisa di uninstall, bisa reset sekalian Windows 10.

3. Bagaimana cara uninstall aplikasi di windows 11?

Caranya kurang lebih sama seperti diatas hanya saja, tampilannya akan sedikit berbeda. Agar jelas, topik ini akan saya ulas di artikel berikutnya.

4. Mengapa tidak bisa uninstall aplikasi di windows 10?

Untuk topik ini, ada banyak penyebabnya. Paling umum karena anda diminta untuk login dulu ke akun agar permintaan penghapusan bisa dilakukan.

Jika perintah login tidak muncul, bisa saja merupakan aplikasi bawaan dari Windows atau mungkin merk komputer, ASUS misalnya dengan MCAfeenya, serta ada malware didalamnya.

5. Bagaimana cara uninstall Microsoft Store di windows 10?

Karena merupakan aplikasi bawaan, maka pengguna, secara umum, tidak bisa hapus atau uninstall aplikasi Microsoft Store.

Secara teknis memang bisa, tapi harus akses beberapa langkah-langkah yang mana, setiap versi Windows 10 caranya agak sedikit berbeda.

Sebelum itu, sebaiknya anda memeriksa dulu Package FullName untuk aplikasi bawaan yang ingin diinstall, dalam hal ini Microsoft Store.

Jika sudah, lakukan langkah-langkah penghapusan dengan menggunakan Powershell as Administrator. Agar jelas, tutorial ini akan saya bahas di postingan berikutnya.

Penutup

Memilih mencopot aplikasi yang tidak lagi digunakan di Windows 10 mungkin jadi solusi jitu yang punya dampak luas ke sistem operasi itu sendiri.

Salah satunya berkaitan dengan penggunaan memori internal yang pada akhirnya berdampak ke loading komputer atau laptop itu sendiri.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini jangan lupa sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara hapus aplikasi di Windows 10 Terbaru 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar