Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business Permanen 2022

Fitur hapus akun WhatsApp dan WA Business tersedia secara default di aplikasi yang bisa diakses di laman pengaturan akun.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu akses versi web atau mengunjungi laman terpisah lain hanya untuk akses fitur penonaktifan akun.

Sayangnya, tidak ada pilihan bagi pengguna yang ingin menghapus akun untuk sementara waktu alias yang tersedia adalah permanen.

Yang menarik, pengguna tidak perlu dapatkan kode OTP agar akun bisa nonaktif. Dan ini jadi solusi bagi anda yang nomor WAnya sudah tidak aktif lagi.

Oleh karena itu, untuk anda yang ingin tahu cara hapus akun WhatsApp atau cara hapus WhatsApp bisnis secara permanen, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business Permanen 2022

Meski WhatsApp dan WA Busniess atau WhatsApp bisnis merupakan aplikasi yang terpisah, tapi cara hapusnya kurang lebih sama.

Jadi, bisa sesuaikan versi WhatsApp mana yang ingin dinonaktifkan. Agar jelas, berikut langkah-langkah hapus WhatsApp dan WA Bisnis permanen.

1. Cara Hapus akun WhatsApp Permanen

Lantas, bagaimana cara hapus akun WhatsApp permanen? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang terinstal di ponsel anda. Jika sudah, klik tiga titik yang ad ada dibagian atas> lalu pilih Setelan
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Setelah itu, anda akan diarahkan ke laman pengaturan yang terdiri dari akun, chat, notifikasi, penyimpanan dan data, bantuan serta undang teman. Jika tujuan anda mau hapus akun WhatsApp, klik Akun
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Kemudian akan muncul beberapa menu terkait dengan akun. Dibagian akhir, ada pilihan atau opsi Hapus akun Saya, klik saja disitu
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Anda kemudian diarahkan ke laman penghapusan akun. Dibagian bawah, ada dua kolom yang tersedia. Pertama, terkait dengan negara dan kedua telepon. Isi kolom negara dan nomor telepon dengan benar lalu klik HAPUS AKUN SAYA
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Setelah klik Hapus Akun Saya, anda diminta untuk memilih alasan mengapa ingin menghapus akun. Untuk alasannya ada beberapa mulai dari saya mengganti perangkat, mengganti nomor telepon, menghapus akun sementara, dan lain sebagainya. Pilih saja salah satu dari beberapa alasan yang ada, lalu klik Hapus Akun Saya sekali lagi
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Terakhir, akan ada konfirmasi penghapusan akun. Penghapusan ini bersifat permanen dengan demikian, data tidak dapat dipulihkan jika akun di aktifkan kembali di masa mendatang. Jika yakin mau hapus akun Akun, klik HAPUS AKUN SAYA
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business

Setelah sampai di tahap ini, tinggal tunggu sedikit sampai proses penghapusan akun berhasil dilakukan. Prosesnya tidak terlalu lama hanya butuh waktu paling lama 5 menit.

Jika akun WhatsApp berhasil nonaktif, anda akan diarahkan ke beranda aplikasi. Di laman inilah anda bisa aktifkan kembali akun WhatsApp, jika mau, sesuai dengan nomor yang baru saja dinonaktifkan.

2. Cara Hapus Akun WA Business Permanen

Jika pakai akun WA Business atau WhatsApp Bisnis, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk hapus akun, diantaranya:

  • Buka akun WhatsApp Bisnis milik anda. Jika sudah, klik tiga titik dibagian kiri atas dekat kolom pencarian> Setelan
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Akan terbuka kolom pengaturan yang terdiri dari beberapa menu mulai dari Fitur Bisnis, Akun, Chat dan lain sebagainya. Klik saja Akun Jika Ingin Hapus Akun WhatsApp Bisnis milik anda
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Setelah itu akan terbuka beberapa menu. Di bagian akhir, ada opsi Hapus Akun Saya, langsung klik disitu
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Berikutnya, silahkan pilih opsi negara dan nomor telepon yang terdaftar di WA Bisnis. Jika sudah, klik tombol HAPUS AKUN SAYA
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Lalu pilih alasan mengapa anda ingin menghapus akun. Alasannya kurang lebih sama seperti saat hapus akun WhatsApp biasa. Jika tak ingin pilih Alasan, boleh langsung klik HAPUS AKUN SAYA yang ada dibawah
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business
  • Terakhir, akan muncul konfirmasi soal penghapusan akun. Jika yakin memang mau hapus akun, pilih HAPUS AKUN SAYA sekali lagi
Cara Hapus Akun WhatsApp dan WA Business

Perhatikan, setelah akun di hapus, pengguna tidak punya akses lagi ke akun tersebut dan semua chat didalamnya ikut terhapus.

Chat, dalam konteks ini, termasuk dokumen seperti Word atau PDF, foto, video, gif, sticker dan lain sebagainya.

Pengguna juga tidak bisa membatalkan penghapusan akun dengan alasan apapun. Hanya saja, butuh waktu agar semua data didalamnya terhapus.

Dari keterangan di situs resminya, disebutkan kalau butuh waktu 3 bulan atau 90 hari sampai semua informasi terkait dengan akun yang dibatalkan akan terhapus permanen di server.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, diantaranya:

1. Apa saja syarat agar bisa hapus akun WhatsApp dan WA Bisnis?

Untuk syaratnya cuma dua yakni akses internet dan yang kedua akses ke akun WhatsApp yang ingin di hapus.

Akses dalam artian ini, berarti anda masih bisa melakukan chating dengan pengguna lain atau unggah story. Itu saja sih.

2. Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp yang nomornya sudah tidak aktif?

Untuk caranya kurang lebih sama seperti diatas. Jadi, sekalipun nomor yang digunakan di WhatsApp sudah tidak aktif, akun tetap bisa dinonaktifkan.

Yang jadi masalah apabila tiba-tiba anda ingin mengaktifkannya lagi. Karena agar WA tersebut bisa digunakan lagi, anda diminta memasukkan kode OTP.

3. Bagaimana cara hapus akun WhatsApp yang di hack?

Untuk kasus semacam ini sebenarnya cukup sederhana yang penting nomor yang digunakan itu masih aktif dan tentu saja, masih ada ditangan anda.

Jadi, tinggal aktifkan kembali nomor tersebut. Jika sudah berhasil masuk ke akun, tinggal ikuti totorial hapus akun WhasApp dan WA Bisnis diatas.

4. Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp lewat email?

Karena fitur hapus akun tersedia secara default di aplikasi maka untuk hapus akun WhatsApp lewat email, pakai Gmail misalnya, mungkin agak sulit.

Sayangnya, informasi soal ini masih terbatas. Jadi, ada kemungkinan permintaan penghapusan akun WA lewat email tidak bisa dilakukan atau sebaliknya.

Kalaupun bisa, mungkin anda diminta untuk lampirkan data-data seperti nomor telepon aktif dan juga identitas lain yang dibutuhkan, dan jadi tanda kalau anda adalah pemilik sah akun tersebut.

5. Bagaimana cara hapus akun WhatsApp lewat web?

Sampai hari ini, opsi hapus akun WhatsApp dan WA Bisnis tidak tersedia untuk versi web. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan versi aplikasi.

6. Apa yang terjadi jika menghapus akun WhatsApp?

Akun akan terhapus secara permanen di HP meski tidak instan. Artinya, butuh waktu 90 hari sampai semua data yang tersimpan di server akan terhapus permanen.

Apabila diaktifkan kembali pakai nomor yang sama, semua chatnya akan terhapus. Jadi, tidak ada data backup lagi untuk akun dimaksud.

Selain itu, saat registrasi, data-data lain seperti foto profil, nama dan informasi lainnya juga ikut terhapus. Jadi, pada intinya, setelah permintaan penghapusan akun dilakukan, semua datanya ikut terhapus.

7. Bagaimana cara hapus akun WhatsApp tanpa aplikasi?

Sayangnya, tidak ada cara lain selain pakai aplikasi. Artinya, pengguna tidak bisa hapus akun WhatsApp dan WA Business tanpa aplikasi.

8. Apa saja ciri-ciri teman yang hapus akun WhatsApp?

Cukup mudah dimana teman tersebut tidak lagi pakai foto profil, tidak pernah muncul lagi di story dan tidak ada pemberitahuan kapan terakhir kali aktif.

9. Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp orang lain?

Untuk menghapus akun WhatsApp orang lain, pastikan anda punya akses ke versi aplikasinya. Jika tidak, maka secara teknis tidak bisa.

10. Bagaimana cara menghapus akun WhatsApp di HP yang hilang?

Karena HP tersebut hilang, ada kemungkinan nomor yang digunakan juga ikut hilang. Satu-satunya cara adalah dengan mengaktifkan kembali nomor yang digunakan di WhatsApp.

Katakanlah begini, HP anda hilang. Dan nomor yang digunakan di WhatsApp ikut hilang dan anda pakai nomor Telkomsel.

Tinggal ke Grapari dan sampaikan tujuan anda. Setelah nomor tersebut aktif kembali, daftar ke WhatsApp kembali seperti biasa.

11. Apakah bisa login lagi setelah akun WhatsApp di hapus?

Ya. Misalnya, anda baru hapus akun WhatsApp dan ingin login kembali, itu bisa. Yang penting, nomor yang digunakan masih aktif.

Nantinya, anda akan dapat kode OTP dari WhatsApp. Jika sudah, tinggal atur nama dan foto profil maka WhatsApp sudah bisa digunakan seperti biasa.

Penutup

Menghapus akun WhatsApp tidak terlalu sulit. Hanya butuh beberapa langkah sederhana maka akun sudah terhapus permanen.

Hanya saja, semua chat dan riwayat panggilan ikut terhapus saat itu juga. Dan pengguna bebas mengaktifkannya kembali pakai nomor yang sama, kapanpun sepanjang ada koneksi internet.

Artinya, saat permintaan penghapusan dilakukan, nomor anda tidak ikut terblokir oleh WhatsApp jadi bisa didaftarkan kembali.

Demikian artikel tentang cara hapus akun WhatsApp dan WA Business permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar