Cara Hapus Akun Twitter Sementara dan Permanen 2022

Untuk hapus akun Twitter sementara dan permanen bisa pakai versi aplikasi yang bisa di unduh di Google Play Store dan App Store.

Bisa juga pakai Twitter versi web. Yang penting, anda masih ingat ID dan password yang digunakan saat buat akun Twitter.

Untuk opsi penghapusan akun sendiri hanya ada satu yakni permanen. Meski demikian, akun tersebut bisa diaktifkan kembali di kemudian hari.

Hanya saja, ada jangka waktunya. Pengguna juga bisa download arsip yang berisikan data selama menggunakan Twitter.

Siapa tahu, ada beberapa data yang pernah di upload seperti foto atau dokumen yang mungkin saja akan dibutuhkan di kemudian hari.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Twitter sementara atau permanen, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Hapus Akun Twitter Sementara dan Permanen 2022

Karena opsi penghapusan akun bisa dilakukan dari ponsel lewat aplikasi Twitter dan juga browser, maka ada dua step untuk hapus Twitter seperti yang ada dibawah ini.

1. Cara Hapus Akun Twitter Sementara dan Permanen dari HP

Jika download versi aplikasinya, bisa ikut langkah-langkah dibawah ini untuk hapus akun Twitter sementara dan permanen lewat HP, diantaranya:

  • Pertama, buka aplikasi Twitter yang sudah terinstal di ponsel anda lalu masuk pakai ID atau login pakai akun lain, Gmail atau Facebook misalnya. Jika sudah, klik icon profil> Pengaturan dan Privasi
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Nantinya akan terbuka beberapa menu pengaturan akun. Di bagian atas, ada pilihan Akun Anda dimana dan bisa lihat informasi tentang akun, unduh arsip berisi data sampai penonaktifan akun. Jika tujuan anda mau tutup akun Twitter, pilih opsi pertama yakni Akun Anda
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Berikutnya, akan muncul beberapa menu yang berisikan informasi tentang akun. Dibagian bawah, ada pilihan nonaktifkan akun, klik saja disitu
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan soal penonaktifan akun dengan beberapa resiko dan ketentuan seperti informasi akun tetap akan muncul di SERPs Google dan Bing, bisa diaktifkan kembali dalam jangka waktu 30 hari dan lain sebagainya. Jika yakin mau nonaktifkan akun, langsung klik Nonaktifkan dibawah
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Terakhir anda diminta untuk memasukkan kata Sandi untuk mengkonfirmasi permintaan penghapusan akun Twitter. Jika yakin mau nonaktifkan akun Twitter, klik Nonaktifkan
Cara Hapus Akun Twitter Sementara

Setelah memasukkan kata sandi, maka otomatis akun akan terhapus. Dan anda akan dikembalikan ke laman log in kembali.

Dengan demikian, anda tidak boleh memasukkan email dan password yang sama karena bisa membatalkan proses penghapusan akun.

2. Cara Hapus Akun Twitter Sementara dan Permanen dari Browser

Selain dari HP, anda juga bisa manfaatkan Twitter versi web untuk hapus akun. Caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka browser entah itu Google Chrome atau Bing yang ada di perangkat seperti HP, Laptop atau Komputer. Jika sudah, akses Twitter WEB lalu massukan email dan password milik anda. Atau, jika terhubung ke Google, Facebook atau Apple ID, bisa klik hubungkan
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Setelah masuk ke akun Twitter, dibagian samping ada beberapa pilihan menu. Klik saja tombol Lainnya seperti yang ditandai merah pada gambar dibawah
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Jika sudah, akan muncul beberapa opsi lainnya mulai dari Topik, Momen, Buletin sampai pintasan papan ketik. Jika tujuan anda ingin hapus akun Twitter, klik Pengaturan & Privasi
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Kalau buka versi Web, secara otomatis fitur nonaktifkan akun Anda akan terbuka. Jadi tinggal klik tulisan Menonaktifkan Akun Anda
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Setelah menu nonaktifkan akun Anda di klik, akan muncul hal-hal yang wajib diketahui jika ingin menonaktifkan akun. Jika yakin mau tutup akun, langsung klik tulisan Nonaktifkan yang ada dibawah
Cara Hapus Akun Twitter Sementara
  • Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan kata sandi guna mengkonfirmasi penutupan akun. Jika yakni mau tutup akun, isi password lalu klik Nonaktifkan
Cara Hapus Akun Twitter Sementara

Langkah selanjutnya kurang lebih sama seperti step pertama diatas. Dimana, setelah akses web browser, anda langsung dialihkan ke laman sign in.

Dengan demikian, usahakan untuk tidak lagi memasukkan email dan password yang sama karena bisa membatalkan proses penonaktifan akun.


FAQ

Untuk beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, seperti:

1. Apa saja syarat untuk bisa hapus akun Twitter?

Syaratnya cuma satu yakni pastikan anda punya akses ke akun tersebut. Artinya, pastikan anda tahu email dan password yang digunakan saat daftar.

Jika saat registrasi anda pakai akun Apple atau akun Gmail, bisa masuk pakai akun tersebut. Setelah masuk, tinggal ikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas.

Disisi lain, apabila anda daftar pakai nomor telepon, maka tinggal masukkan saja nomor tersebut dan passwordnya.

Pastikan juga nomor telepon tersebut aktif, siapa tahu ada permintaan untuk memasukkan kode OTP karena perubahan layanan dan kebijakan penggunaan Twitter.

2. Bagaimana cara menonaktifkan akun Twitter sementara?

Memang sih, secara eksplisit, tidak ada fitur untuk menonaktifkan akun Twitter sementara seperti di Facebook atau Instagram.

Jadi, setelah memasukkan password untuk mengkonfirmasi permintaan penghapusan akun, maka secara otomatis akun Twitter tersebut nonaktif.

Hanya saja, karena Twitter menggunakan kata non-aktif dan bukan hapus, bisa dipastikan kalau setelah akun nonaktif, bisa diaktifkan kembali.

Untuk jangka waktunya sendiri adalah 30 hari. Artinya, akun bisa diaktifkan kembali sebelum 1 bulan dan apabila sudah lebih dari itu, akun akan terhapus permanen.

3. Bagaimana cara menonaktifkan akun Twitter yang ditangguhkan?

Kata ditangguhkan ini punya makna yang variatif. Jika masih punya akses ke dashboard akun, maka bisa ikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas.

Disisi lain, apabila tidak lagi diberikan akses, maka bisa tunggu sampai penangguhannya selesai. Kalau di tangguhkan selamanya, maka tidak perlu nonaktifkan.

4. Bagaimana cara menghapus akun Twitter tanpa login?

Pengguna tidak bisa menghapus akun Twitter miliknya tanpa login ke akun. Dengan demikian, harus punya akses ke akun agar fitur nonaktifkan ini bisa digunakan.

5. Bagaimana cara menghapus akun Twitter permanen lewat hp?

Untuk cara hapus akun Twtiter secara permanen lewat HP sudah saya bahas di atas. Jadi, ikuti saja instruksinya sampai permintaan penghapusan berhasil.

6. Bagaimana cara mengaktifkan akun Twitter yang dinonaktifkan lebih dari 30 hari?

Jika ada pemberitahuan nonaktif dalam durasi tertentu, 30 hari misalnya, maka tinggal tunggu sampai jangka waktu tersebut.

Biasanya, secara otomatis akun Twitter yang di nonaktifkan dan akan aktif lagi setelah jangka waktu yang ditentukan.

Jadi tinggal dilihat durasinya berapa lama. Jika tidak ada durasi, ada kemungkinan akun di nonaktifkan sepenuhnya alias permanen.

Oh iya, status nonaktif ini ada dua yakni sementara dan permanen yang bergantung penuh sama jenis pelanggaran yang dilakukan.

Penutup

Memilih menonaktifkan akun mungkin jadi pilihan jitu terlebih jika akun tersebut tidak lagi digunakan atau mungkin punya akun yang lain.

Sayangnya, tidak ada pilihan atau opsi nonaktifkan sementara atau permanen. Sehingga, pengguna diberikan keluwesan saat memilih jenis deaktivasi yang tersedia.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Twitter sementara dan permanen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar