Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen 2022 di HP Android dan iOS

Jika ada dari anda yang ingin hapus akun TrueCaller permanen 2022 di HP Android atau iOS, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Pada dasarnya, aplikasi TrueCaller itu seperti GetContact dimana pengguna bisa menggantikan aplikasi panggilan bawaan di ponsel dengan aplikasi ini.

Fitur utama yang ditawarkan pun mirip yakni mengetahui ID penelepon atau orang yang melakukan panggilan telepon.

Begitu pula dengan cara kerjanya. Dimana, apabila ada satu orang yang pakai aplikasi tersebut dan kontaknya teridentifikasi di dalam aplikasi, maka akan tercatat ke server.

Data tersebut kemudian digunakan untuk mengidentifikasi nomor telepon dan identitas penelepon secara langsung.

Karena itu, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh anda yang sering menerima panggilan telepon random dari orang tak dikenal.

Hanya saja, karena permintaan izin aplikasi yang cukup banyak sehingga kemungkinan data-data pribadi bocor, sebaiknya hindari penggunaan aplikasi serupa.

Alasannya cukup sederhana karena tidak ada yang tahu pasti bagaimana semua data tersebut dikelola dan apa saja yang dikumpulkan.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus TrueCaller permanen atau cara tutup akun TrueCaller, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun TrueCaller permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Buka aplikasi Truecaller

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Pertama, silahkan buka aplikasi truecaller yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, langsung klik tiga strep garis yang ada dibagian atas.

2. Klik pengaturan

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Setelah itu akan muncul berbagai menu seperti Tingkatkan ke premium, pembersih kotak masuk, siapa yang melihat profil, pemberitahuan dan lain sebagainya.

Jika tujuan anda mau hapus akun TrueCaller secara permanen, langsung klik pengaturan yang ada di bagian bawah seperti yang ditandai merah pada gambar diatas.

3. Buka Pusat privasi

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Jika sudah diarahkan ke laman pengaturan akun, akan muncul berbagai menu dasar seperti pengaturan umum, bunyi, bahasa aplikasi dan lain sebagainya.

Di bagian bawah, ada tulisan Pusat Privasi yang lokasinya ada di atas menu Tentang. Klik saja disitu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

4. Klik Nonaktifkan

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Setelah masuk ke pusat privasi, scroll sedikit ke bawah sampai di kategori menu mengelola login media sosial.

Sebelum menghapus akun, baiknya anda putuskan koneksi akun dengan metode login yang dipilih sebelumnya apakah itu Google, Facebook atau yang lainnya.

Jika pakai akun Google, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada menu mengelola login media sosial, langsung klik tulisan Putus Koneksi Google
Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen
  • Akan muncul notifikasi atau pemberitahuan seperti ini: Apakah anda yakin ingin keluar dari Google? Jika anda memiliki cadangkan ke Google Drive diaktifkan, ini akan mematikannya. Langsung klik Ya untuk mengkonfirmasi
Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Setelah putuskan koneksi Google, yang bisa dilakukan dengan berbagai metode, berikutnya tinggal klik Nonaktifkan.

5. Konfirmasi permintaan nonaktifkan akun

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Setelah klik tulisan nonaktifkan, akan muncul pemberitahuan seperti ini: Dengan menonaktifkan akun, data anda akan dihapus. Apakah ingin melanjutkan? Langsung klik Ya.

6. Hapus fitur kontrol nama

Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Sekali lagi akan muncul pemberitahuan seperti ini: Setelah menonaktifkan, anda tidak akan bisa mengontrol nama anda di TrueCaller. Yakin ingin menonaktifkan? Klik saja Ya.

INFO: Sebenarnya, sampai di tahap ini, akun anda sudah dinonaktifkan. Hanya saja, data nomor masih bisa dicari oleh pengguna lain.

Dengan demikian, jika ingin menghapus data nomor telepon di database TrueCaller, bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah:

  • Kunjungi laman Unlist phone number TrueCaller di browser apa saja, Google Chrome misalnya. Agar lebih mudah, langsung klik tautan ini
  • Jika sudah, silahkan masukkan nomor telepon yang terdaftar di TrueCaller di kolom kosong yang tersedia. Lalu selesaikan Captcha dan klik tombol Unlist
Cara Hapus Akun TrueCaller Permanen

Perhatikan, data nomor telepon akan terhapus secara permanen di TrueCaller dalam waktu 24 jam. Dengan demikian, jika berubah pikiran, anda boleh aktifkan kembali nomor tersebut kapan saja.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu aplikasi TrueCaller?

Pada dasarnya, aplikasi TrueCaller adalah apk direktori telepon masuk untuk mengidentifikasi nomor pengguna yang ada di dalam salah satu kontak.

Dengan demikian, ini semacam aplikasi yang membantu pengguna untuk mencegah atau memblokir panggilan spam yang masuk.

Sementara itu, di Google Play Store, disebutkan kalau TrueCaller adalah aplikasi pemblokiran panggilan spam, kontak, penelusuran nomor ID dan perekam panggilan.

Jika pakai aplikasi ini, pengguna akan dapat berbagai fitur dasar, seperti:

  • Memblokir panggilan dan SMS yang masuk termasuk juga mengidentifikasi dan memblokir panggilan telemarketing, penipuan, kecurangan dan lain sebagainya
  • Pembaharuan nomor spam yang terintegrasi secara otomatis ke server sehingga bisa terdeteksi oleh pengguna secara langsung
  • Identifikasi secara otomatis sekaligus blokir setiap pesan singkat yang tidak diketahui
  • Merekam panggilan secara otomatis sehingga bisa didengar sesuai keinginan
  • Mendeteksi ID penelepon sekalipun orang yang melakukan panggilan telepon tidak ada di dalam kontak

Untuk dapat akses ke fitur yang lebih banyak, pengguna bisa upgrade ke versi berbayar. Versi pro ini terbagi dalam dua jenis yakni Premium dan Gold.

Meski fungsinya cukup bagus namun ada kekhawatiran terkait dengan data dan privasi pengguna saat pakai aplikasi tersebut.

Memang sih, pendapat ini subjektif namun bagi saya pribadi, aplikasi ini mengumpulkan terlalu banyak data pengguna lewat kontak, log panggilan dan SMS.

Dengan demikian, jika tak mau data-data pribadi anda bocor, baiknya gunakan aplikasi bawaan ponsel langsung karena tersedia juga fitur blokir panggilan masuk.

Jadi, tidak perlu lagi pakai aplikasi pihak ketiga hanya untuk mendapatkan fitur ini. Intinya, jika peduli dengan privasi, disarankan untuk tidak pakai aplikasi satu ini.

2. Bagaimana cara berhenti berlangganan Truecaller?

Untuk berhenti berlanggan, pengguna bisa buka Google Play Store> Pembayaran Langganan> Langganan> lalu cari aplikasi TrueCaller.

Jika sudah, tinggal cari aplikasinya lalu klik berhenti berlangganan. Opsi berhenti berlangganan juga tersedia di dalam aplikasi.

3. Apa saja Bahaya menggunakan aplikasi Truecaller?

Secara umum, aplikasi ini tidak dianggap berbahaya karena sampai hari ini masih ada di Google Play Store dan App Store.

Artinya, aplikasi ini sudah sesuai dengan pedoman penerbitan aplikasi yang dibuat oleh Google dan Apple.

Untuk contoh saja, jika buka izin aplikasi di Google Play, aplikasi ini hanya meminta akses ke beberapa fitur default ponsel, seperti:

  • Kamera untuk mengambil gambar dan juga video
  • Kontak untuk membaca kontak, mencari akun pada perangkat dan mengubah kontak
  • Lokasi untuk mengakses perkiraan lokasi hanya saat berada di latar depan dan akses lokasi di pasti
  • Mikrofon yang digunakan untuk merekam audio atau melakukan panggilan telepon
  • Log panggilan untuk menulis dan membaca log panggilan
  • Ponsel untuk mengalihkan panggilan keluar, panggilan nomor telepon secara langsung dan membaca identitas serta status ponsel
  • SMS untuk membaca pesan teks, terima pesan teks, mengirim dan melihat pesan
  • Penyimpan seperti memodifikasi atau menghapus konten dan membaca konten penyimpanan bersama
  • Serta izin lainnya seperti meminta menghapus paket, membaca nomor telepon, mencegah ponsel tidak aktif, melihat sambungan Wifi, terima data dari internet, nonaktifkan kunci layar dan lain sebagainya

Jika dilihat, mayoritas aplikasi meminta izin yang kurang lebih sama bahkan lebih. Misalnya, Facebook yang juga mengumpulkan data-data Kalender.

Hanya saja, aplikasi ini membaca semua halaman kontak dari pengguna yang terdaftar. Jadi, kontak-kontak tersebut akan digunakan untuk mengidentifikasi pemanggil.

Artinya, begini, sekali anda menggunakan aplikasi ini, maka semua kontak akan masuk ke server lalu diolah untuk kemudian ditampilkan ke pengguna lain.

Dengan demikian, apabila orang yang ada di dalam kontak anda melakukan panggilan telepon ke orang lain, sementara orang lain belum menyimpan kotaknya, maka akan muncul nama dan datanya disini.

Penutup

Sadar atau tidak, nomor telepon adalah satu dari beberapa data penting yang harus dijaga agar tidak bocor. Sekaligus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artinya, jika sekedar untuk memblokir panggilan atau SMS masuk dari orang tak dikenal, yang isinya iklan, bisa pakai filter default bawaan dari ponsel.

Tak perlu pakai aplikasi pihak ketiga seperti TrueCaller, GetContact, dan lain sebagainya. Artinya, aplikasi tersebut cuma sebagai alternatif saja.

Demikian artikel tentang cara hapus akun TrueCaller permanen 2022 di HP Android dan iOS. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar