Cara Hapus Akun TELEGRAM Permanen 2022 Dari HP dan Browser

Mau tahu cara hapus akun Telegram permanen dari HP dan Browser atau PC? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Tidak seperti aplikasi chatting lain yang menyediakan opsi hapus akun secara default di platform meski secara teknis fitur ini ada.

Tapi tidak untuk hapus akun sesegera mungkin. Artinya, fitur hapus akun hanya bisa diatur untuk jangka waktu tertentu.

Dengan demikian, jika pakai aplikasi Telegram, pengguna perlu atur rentang waktu penghancuran otomatis dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Rentang waktu tersebut merujuk pada keadaan dimana Telegram tidak lagi digunakan sama sekali. Jika akun ada dalam kondisi tersebut, maka secara otomatis nonaktif.

Ini mirip seperti rekening bank yang statusnya jadi dormant atau terbengkalai apabila rekening tersebut tidak lagi digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Ada sih fitur penghapusan akun secara permanen. Hanya saja, untuk cara satu ini, anda harus akses lewat browser dan pastikan nomor yang terdaftar di Telegram masih aktif.

Karena nantinya anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar di akun Telegram yang ingin di hapus.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Telegram Permanen 2022 dari HP dan Browser atau syarat hapus akun Telegram permanen, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Hapus Akun Telegram Permanen 2022

Diatas sudah disebutkan kalau ada dua opsi hapus akun Telegram. Pertama, dengan menggunakan fitur default di aplikasi, yang secara harafiah bisa diartikan sebagai penonaktifan akun.

Kedua dengan menggunakan versi web. Untuk cara yang kedua, pengguna tidak perlu masuk ke Telegram Web karena merupakan laman terpisah.

Lantas, bagaimana cara hapus akun Telegram permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Hapus Akun Telegram Permanen Lewat Aplikasi

Untuk anda yang ingin hapus akun Telegram permanen lewat aplikasi, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram yang terinstal di Ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, klik menu yang ditandai dengan tiga strip garis putih disebelah kanan> lalu klik Settings atau pengaturan, tergantung preferensi bahasa yang dipilih apakah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
Cara Hapus Akun Telegram
  • Jika sudah, scroll sedikit ke bawah sampai di menu Privasi dan Keamanan lalu klik disitu
Cara Hapus Akun Telegram
  • Setelah diarahkan ke laman privasi dan keamanan, scroll ke bawah sampai anda masuk ke menu Hapus akun saya dibawah kontrol sesi aktif pada perangkat lainnya
Cara Hapus Akun Telegram
  • Selanjutnya, tinggal atur penghancuran akun otomatis ke beberapa opsi yang tersedia apakah itu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.
Cara Hapus Akun Telegram

Penghancuran akun otomatis berarti penonaktifan akun dan fitur ini tersedia secara default di semua aplikasi. Hanya saja, tidak ada durasi lain selain empat durasi diatas.

Intinya, kalau akun tidak aktif paling tidak hingga periode yang dipilih, akun akan di hapus secara otomatis termasuk semua riwayat grup, pesan dan kontak.

Dan jika ingin menghapus akun Telegram dengan segera, bisa ikut saja step yang kedua. Hanya saja, anda perlu akses pakai browser dari HP atau PC.

Oh iya, konsep penghancuran akun otomatis ini merujuk pada penghapusan akun secara sementara. Artinya, anda boleh aktifkan kembali akun tersebut pakai nomor yang sama kapan saja.

2. Cara Hapus Akun Telegram Permanen Lewat Browser atau PC

Untuk cara hapus akun Telegram lewat Web Browser atau PC agak berbeda dengan cara diatas. Menariknya, pengguna tidak perlu link device lagi.

Artinya, pengguna tidak perlu buka Telegram Web karena merupakan halaman yang bisa diakses terpisah meski sama-sama butuh akses ke browser.

Lantas, bagaimana cara hapus akun Telegram permanen lewat Browser atau PC? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman Delete Account or Manage Apps Telegram di browser apa saja, Google Chrome misalnya. Atau, bisa salin teks italic diatas lalu pastekan di bilah pencarian browser. Mau cara yang lebih cepat? Langsung klik tautan ini
  • Jika laman tersebut sudah terbuka, langsung masukkan nomor telepon yang terdaftar di Telegram di kolom kosong yang tersedia lalu klik Next. Perhatikan, jika ikut cara yang kedua, silahkan masukkan nomor format internasional. Artinya, jika pakai provider asal Indonesia, Telkomsel dan Indosat misalnya, masukkan kode negara yakni +62 diikuti nomor yang terdaftar di Telegram
Cara Hapus Akun Telegram
  • Selanjutnya, akan muncul kolom baru dimana anda diminta memasukkan kode konfirmasi yang dikirim ke nomor yang terdaftar. Kalau sudah, klik Sign In
Cara Hapus Akun Telegram

Terakhir, tunggu pemberitahuan lebih lanjut dari Telegram terkait dengan penghapusan akun. Ikuti saja instruksinya sampai berhasil.

Perhatikan, setelah kode OTPnya diinput di kolom ini, maka akun akan terhapus permanen. Prosesnya bisa cepat atau bisa lambat.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa saja syarat agar bisa hapus akun Telegram permanen?

Tergantung mau ikut cara yang mana. Misalnya, jika anda ikut cara yang kedua, pastikan aplikasi Telegram sudah terinstal di ponsel anda.

Selain itu, anda juga punya akses ke akun Telegram dimaksud. Selanjutnya tinggal atur jangka waktu penghancuran akun.

Sementara, jika ikuti cara yang kedua, pastikan nomor yang terdaftar di Telegram itu masih aktif karena anda akan dapat kode OTP.

2. Bagaimana cara hapus akun Telegram di Android dan iOS?

Bisa pakai dua cara yang sudah dijelaskan diatas. Jika cara pertama dirasa terlalu lama, bisa pakai cara yang kedua.

3. Apa saja dampak setelah menghapus akun Telegram?

Dampak setelah menghapus bisa diartikan kalau akun sudah terhapus. Paling pertama berkaitan dengan status akun dimana anda tidak lagi pakai Telegram untuk chatting.

Selain itu, semua kontak yang muncul di Telegram ikut terhapus begitu juga dengan data-data didalamnya entah itu video, foto, link tautan, voice note dan lain sebagainya.

Disisi lain, apabila anda punya Channel, maka status administrator akan di alihkan secara acak ke pengguna lain yang masih aktif.

4. Apakah nomor yang terdaftar bisa diaktifkan lagi setelah akun Telegram di Hapus?

Sayangnya tidak, untuk sementara. Artinya, anda tidak bisa lagi daftarkan nomor yang baru saja di hapus ke telegram untuk jangka waktu tertentu.

Jangka waktunya cukup beragam, apakah itu 1 bulan atau 3 bulan. Selain itu, anda juga tidak bisa lagi pakai nama yang sama sekalipun nomor yang dihapus sudah bisa didaftarkan lagi.

Karena itu, pastikan anda punya alasan yang masuk akal terkait dengan permintaan penghapusan akun untuk minimalisir resiko yang mungkin saja terjadi.

Maksudnya link untuk hapus akun Telegram secara instan? Jika iya, diatas sudah saya siapkan linknya pada step kedua. Tinggal klik link tersebut lalu ikuti instruksi berikutnya sampai berhasil.

6. Bagaimana cara menghapus akun Telegram permanen di HP?

Cara sudah saya sebutkan diatas. Hanya saja, penghapusan permanen hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

7. Bagaimana cara hapus akun Telegram tanpa login?

Untuk pertanyaan ini, saya pastikan anda tidak instal aplikasi Telegram di ponsel. Artinya, anda boleh ikuti cara kedua.

Hanya saja, pastikan nomor yang terdaftar itu masih aktif dan pernah digunakan untuk mendaftar ke Telegram.

8. Bagaimana cara menghapus akun Telegram yang di hack?

Apabila hanya akun Telegram yang di hack, dalam konteks ini berarti akun tersebut diambil alih, sementara nomor yang terdaftar masih ada ditangan anda, bisa ikuti cara yang kedua diatas.

9. Kenapa tidak bisa menghapus akun Telegram?

Tergantung cara mana yang diikuti. Jika pakai cara pertama, maka butuh waktu yang lumayan lama agar akun Telegram terhapus.

Penutup

Opsi hapus akun mungkin jadi solusi jitu untuk pengguna yang tidak lagi pakai Telegram atau untuk alasan personal lain.

Dan opsi hapus akunnya sendiri cukup variatif apakah ingin menghapus akun secara sementara atau mungkin permanen.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Telegram 2022 di HP dan PC. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar