Cara Hapus Akun Snapchat Permanen 2022 di HP

Perlu diketahui, opsi hapus akun Snapchat tidak tersedia di versi aplikasi. Dengan demikian, harus buka browser untuk mengakses fitur ini.

Tapi, itu hanya berlaku untuk pengguna Android merk apa saja entah Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Realme dan sebagainya.

Artinya, jika pakai iOS atau iPhone termasuk juga untuk pengguna iPad, caranya berbeda dengan yang ada dibawah.

Dan untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Snapchat permanen 2022 di HP atau cara menonaktifkan akun Snapchat, simak selengkapnya artikel dibawah.

Cara Hapus Akun Snapchat Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara buka akun Snapchat permanen? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Buka laman delete my account

Cara Hapus Akun Snapchat

Buka laman delete my account Snapchat di browser apa saja entah itu Google Chrome atau Mozila yang ada di ponsel dan juga di desktop.

Setelah masuk ke laman Delete my account, langsung klik Hyperlink Account Portal berwarna biru. Atau, agar lebih mudah, langsung klik tautan ini

2. Login ke akun Snapchat

Cara Hapus Akun Snapchat

Jika klik tautan yang saya tempatkan di atas, anda diminta untuk login dulu ke akun SnapChat sebelum mengakses fitur penghapusan akun.

Baca Juga:

Jadi, input saya username atau email dan password aktif milik anda yang terdaftar di Snapchat.

3. Konfirmasi permintaan login

Cara Hapus Akun Snapchat

Dalam beberapa kasus, akan muncul informasi terkait dengan Suspicious Login atau login tak biasa ke akun Snapchat.

Untuk itu, anda diminta untuk memverifikasi permintaan masuk dengan cara mengirim email ke nomor telepon yang terdaftar atau email. Pilih saja salah satu metode yang muncul lalu klik Continue

4. Input kode OTP di kolom yang tersedia

Cara Hapus Akun Snapchat

Berikutnya anda diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim Snapchat ke nomor yang terdaftar. Jika kodenya sudah masuk, langsung input kodenya di kolom kosong yang tersedia lalu klik Submit

5. Informasi penghapusan akun

Cara Hapus Akun Snapchat

Setelah berhasil login, akan muncul informasi terkait dengan permintaan penghapusan yang isinya seperti ini:

jika anda yakin ingin menghapus akun anda, masukkan nama pengguna dan kata sandi di kolom kosong yang tersedia lalu klik Lanjutkan.

Jadi, masukkan username dan password yang terdaftar lalu klik Continue dibawah

6. Akun Snapchat berhasil dihapus

Cara Hapus Akun Snapchat

Terakhir akan muncul informasi bahwa akun segera akan dinonaktifkan. Perhatikan, jika email sudah diverifikasi, anda juga akan dapat informasi soal ini lewat email

Pada pernyataan diatas, disebutkan kalau akun segera akan dinonaktifkan. Artinya, pengguna masih punya jeda waktu untuk mengaktifkan kembali akun Snapchat tersebut.

Jeda waktunya berapa lama? Dari keterangan diatas disebutkan kalau jeda waktunya adalah 30 hari atau sekira 1 bulan lamanya.

Ada juga informasi tambahan dimana apabila pengguna ingin mengaktifkan kembali akun tersebut, caranya cukup mudah.

Tinggal masuk kembali dengan email dan username serta password yang terdaftar. Otomatis, akun bisa digunakan kembali.

Hanya saja, apabila anda login dengan akun yang di nonaktifkan setelah lebih dari 30 hari, status akun sudah dihapus permanen dan anda tak bisa masuk lagi.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu Snapchat?

Awalnya, Snapchat merupakan aplikasi yang fokus untuk berbagai foto pribadi ke pengguna lain. Tapi, aplikasi ini sudah mengalami perluasan fitur.

Dimana pengguna bisa mengajukan berbagai pertanyaan, memposting video seperti di Tiktok, melakukan panggilan telepon, kirim chat, membuat avatar bitmoji dan lain sebagainya.

Jadi, aplikasi ini cukup serbaguna. Disisi lain, jika buka aplikasi ini, secara otomatis pengguna kaan diarahkan ke menu pindai kamera.

Dimana pengguna bisa membuat video dan menambahkan emoji untuk kemudian di posting di spotlight yang berisikan banyak sekali video pendek.

Oh iya, di beranda aplikasi, selain dua fitur utama diatas yakni pindai dan spotlight, terdapat juga tiga fitur tambahan lain seperti cerita, obrolan dan peta.

Untuk cerita, pengguna bisa menambahkan cerita baru yang bisa dilihat orang lain yang jadi teman atau yang dibuat oleh teman.

Ada juga fitur obrolan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon, chatting dan lain sebagainya.

Sementara, fitur peta, memungkinkan pengguna untuk melihat peta snap dari berbagai belahan dunia yang merujuk pada aktivitas pengguna lain yang diposting di Snapchat.

Yang menarik ada fitur token snap yang memungkinkan pengguna memberikan token tersebut ke pengguna favorit mereka.

Untuk dapatkan token, pengguna harus membeli. Dan ketika diberikan kepada pengguna lain, maka pengguna yang menerimanya bisa mendapatkan uang dari situ secara langsung.

2. Apa saja syarat hapus akun Snapchat?

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan jika pengguna ingin hapus akun Snapchat mulai dari akses internet yang stabil dan nomor telepon atau email yang masih aktif.

Tapi ini kembali ke metode daftar yang dipilih sebelumnya. Misalnya, jika daftar pakai email, biasanya anda diminta untuk menginput nomor telepon.

Sebaliknya, jika anda daftar pakai nomor telepon, anda diminta juga untuk mengamankan akun dengan cara menginput alamat email.

Jika nantinya anda menghapus akun, keduanya bisa digunakan untuk mendapatkan kode OTP yang dikirim guna memverifikasi permintaan.

Jadi, pastikan alamat email dan nomor telepon itu masih aktif, minimal salah satunya. Bagaimana jika nomor sudah tidak aktif atau email sudah lupa password?

Secara teknis, berarti anda tidak menghapus akun. Sebab ini adalah syarat wajib sebelum diarahkan ke laman penghapusan akun atau untuk memverifikasi permintaan penghapusan.

3. Bagaimana cara nonaktifkan akun Snapchat di iOS atau iPhone?

Memang sih, ada sedikit perbedaan saat menghapus akun Snapchat di Android dan iOS. Dan ini sudah saya singgung di pembuka artikel.

Sayangnya, karena saya belum menggunakan iPhone jadi untuk smenetara, tutorial teknisnya belum ada. Tapi, pengguna bisa melihat tutorial di halaman bantuan.

4. Bagaimana cara mengembalikan akun Snapchat yang dihapus permanen?

Caranya cukup mudah dimana anda tinggal mendaftar kembali pakai email atau nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar.

Dengan demikian, anda tidak bisa login kembali ke akun pakai email atau nomor telepon serta password yang sebelumnya terdaftar.

Saat daftar, anda bisa pakai data-data yang sebelumnya diinput. Hanya saja, sebelum daftar, pastikan durasi penghapusan sudah lebih dari 5 menit karena sepengalaman saya, pendaftaran akan gagal jika kurang dari itu.

Penutup

Meskipun aplikasi ini tergolong populer di beberapa negara seperti AS, tapi penggunanya masih sedikit di Indonesia apalagi jika dibandingkan dengan TikTok.

Dan jika aplikasi ini sudah terinstal di ponsel dan sudah registrasi tapi tak terlalu digunakan atau jarang dibuka, mending di hapus.

Kata hapus di atas merujuk pada dua istilah yakni menghapus data di aplikasi Snapchat dan kedua mencopot pemasangan aplikasi di ponsel.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Snapchat permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar