Cara Hapus Akun Signal Permanen 2022 di HP

Mau tahu cara hapus akun Signal permanen 2022? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Di Google Play Store atau App Store, ada banyak sekali aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk chatting atau melakukan panggilan video.

Mulai dari WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger dan Line. Empat aplikasi tersebut adalah yang paling banyak penggunanya di Indonesia.

Tapi, ada sebagian kecil masyarakat yang juga pakai aplikasi chatting lain karena satu dan lain alasan mulai dari Viber Messenger sampai Signal.

Signal sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan chat privat dengan pengguna lain dengan bantuan koneksi internet.

Yang menarik, fitur dan logaritma aplikasi ini dirancang khusus agar semua chat yang dilakukan lewat aplikasi tidak tersimpan di server dalam jangka waktu lama.

Hanya saja, untuk mengakses semua fitur kunci di atas, pengguna harus berlangganan versi berbayar atau pronya.

Memang sih, jika pakai versi gratis, pengguna masih bisa chatting, tapi terbatas pada opsi dasar saja sebagaimana yang ditawarkan aplikasi obrolan langsung lain.

Sementara, apabila ada dari anda yang tidak lagi pakai aplikasi ini dan ingin tahu cara hapus akun Signal permanen dan sementara, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Hapus Akun Signal Permanen dan Sementara 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun Signal permanen dan sementara? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Signal dan klik pengaturan

Cara Hapus Akun Signal Permanen

Pertama, silahkan buka aplikasi signal yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, klik icon profil yang ada di bagian atas disebelah tulisan signal.

2. Klik akun

Cara Hapus Akun Signal Permanen

Setelah masuk ke laman pengaturan, akan muncul beberapa menu terkait dengan profil mulai dari akun, perangkat terhubung, pembayaran sampai penguat sinyal.

Baca Juga:

Di tahap ini, jika tujuan anda mau hapus akun Signal, langsung klik icon Akun yang lokasinya ada di bawah nama akun.

3. Klik hapus akun

Cara Hapus Akun Signal Permanen

Setelah diarahkan ke lama pengaturan akun, akan muncul berbagai menu seperti ganti pin, pengingat pin dan kunci pendaftaran.

Di bagian bawah, ada opsi manajemen akun dimana anda bisa ganti nomor telepon dan juga hapus akun. Artinya, jika tujuan anda mau nonaktifkan akun, klik tulisan Hapus akun yang warnanya merah.

4. Konfirmasi permintaan penghapusan

Cara Hapus Akun Signal Permanen

Akan muncul informasi bahwasanya, dengan menghapus akun berarti anda menghapus info akun, foto profil dan semua pesan.

Di bagian bawah, anda diminta untuk memasukkan nomor telepon dengan tiga kolom yang tersedia yakni pilih negara, dan nomor telepon.

Pada kolom pilih negara anda, atur ke Indonesia dan secara otomatis kode nomor telepon akan terisi. Jika sudah, masukkan nomor telepon yang terdaftar di kolom sebelahnya lalu klik Hapus Akun.

6. Konfirmasi permintaan penghapusan akun

Cara Hapus Akun Signal Permanen

Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang isinya seperti ini: Apakah kamu yakin ingin menghapus akun Anda?

Ini akan menghapus akun Signal anda dan mereset aplikasi. Aplikasi akan tertutup setelah proses selesai. Jika yakin, sekali lagi klik HAPUS AKUN.

Lalu tunggu proses penghapusan akunnya sampai berhasil. Jika berhasil, anda akan diarahkan kembali ke beranda layar ponsel karena aplikasi signal akan tertutup otomatis.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu aplikasi Signal?

Diatas sudah singgung soal aplikasi signal yang merupakan aplikasi Chat yang fungsinya kurang lebih sama seperti WhatsApp atau Telegram.

Sementara, di Google Play Store, aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi secara instan, bebas dan gratis dari seluruh dunia.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa kirim dan terima pesan tanpa terdistorsi dan berpartisipasi dalam panggilan suara atau video resolusi tinggi.

Pengguna juga bisa menjelajahi serangkaian fitur baru yang terus bertambah dan membantu pengguna untuk tetap terus terhubung dengan pengguna lain.

Yang menarik, teknologi penjaga privasi yang disediakan oleh aplikasi ini terus meningkat dari waktu ke waktu dengan enkripsi protocol signal bersumber terbuka sehingga chat tetap aman.

2. Apa saja syarat menghapus akun Signal?

Tidak ada syarat khusus yang harus disiapkan oleh pengguna yang ingin menghapus akun yang tentu saja berbeda saat menonaktifkan akun lain, Telegram misalnya.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu menerima kode OTP, memilih alasan penghapusan akun dan lain sebagainya.

Cukup siapkan nomor telepon aktif yang terdaftar di Signal, lalu input di kolom permintaan penghapusan berdasarkan nomor telepon.

Jangan lupa pilih negara agar permintaan bisa diproses karena hal ini dibarengi dengan kode telepon dari negara tersebut secara langsung.

3. Apakah bisa mencadangkan pesan setelah hapus akun?

Tidak ada opsi mencadangkan pesan karena setelah permintaan penghapusan akun dilakukan, maka data seperti info, foto profil dan chat akan ikut terhapus.

4. Bagaimana cara mengembalikan aplikasi Signal yang sudah terhapus?

Jika pertanyaan ini merujuk pada mendaftarkan kembali nomor yang sama dengan akun Signal yang sebelumnya dihapus, maka pada dasarnya bisa.

Mengapa demikian? Karena tidak ada keterangan soal apakah bisa mendaftar kembali dengan nomor yang sama setelah akun dihapus.

Hanya saja, sekalipun anda daftarkan pakai nomor yang sama, semua data yang tersimpan didalamnya sudah terhapus secara permanen.

Mulai dari data chatting, riwayat panggilan telepon, subscription jika anda berlangganan versi pro, foto profil dan lain sebagainya.

Karena itu, sebelum menghapus akun, pastikan anda tidak punya data-data penting di dalam aplikasi yang masih dibutuhkan.

Intinya, tidak ada pemberitahuan apakah nomor yang terdaftar di Signal yang sudah di nonaktifkan atau di hapus tidak akan bisa diaktifkan kembali.

Dari sinilah bisa diambil kesimpulan kalau nomor tersebut bisa didaftarkan kembali ke signal segera setelah di hapus. Artinya, jika ingin pakai aplikasi ini di kemudian hari, bisa daftarkan pakai nomor yang sama.

5. Apakah bisa menghapus akun Signal untuk sementara waktu saja?

Saat akses fitur penghapusan akun Signal, tidak tersedia opsi bagi pengguna apakah ingin menghapus akun untuk sementara waktu.

Dengan demikian, satu-satunya opsi yang tersedia hanyalah penutupan akun secara permanen dan penghapusan semua data yang terkait dengannya.

Penutup

Jika aplikasi ini tidak lagi digunakan atau karena satu dan lain alasan sehingga anda jadi malas pakai Signal, bisa ikuti instruksi diatas.

Tujuannya agar semua data-data di server, termasuk chat dan nomor telepon ikut terhapus ketimbang hanya logout saja.

Dengan demikian, kemungkinan data pribadi bocor di kemudian hari bisa di minimalisir mengingat apa saja bisa terjadi di era digital sekarang ini.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Signal permanen 2022 di HP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar