Cara Hapus Akun Shopee Permanen 2022 di HP Android dan iOS

Sebenarnya untuk hapus akun Shopee secara permanen caranya sangat mudah. Dan fitur ini sendiri tersedia di versi aplikasi.

Dengan demikian, pengguna tak perlu buka browser untuk akses fitur tersebut atau mungkin harus mengakses laman bantuan dan support.

Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum akun benar-benar dihapus. Apa saja itu? Akan saya ulas terpisah dibawah.

Dan untuk anda anda yang sedang cari cara hapus akun Shopee atau cara tutup akun Shopee secara permanen, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Hapus Akun Shopee Permanen 2022 di HP Android dan iOS

Lantas, bagaimana cara hapus akun Shopee Permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut artikelnya untuk anda.

1. Buka aplikasi Shopee

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Silahkan buka aplikasi Shopee milik anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, langsung klik Icon profil yang ada di bagian bawah.

2. Buka menu pengaturan akun

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah masuk ke laman profil, akan muncul berbagai informasi terkait dengan akun mulai dari shopee loyalty, favorit saya, terakhir dilihat dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Di bagian bawah, ada opsi menu pengaturan akun diatas Pusat Bantuan. Klik saja disitu untuk akses fitur hapus akun.

3. Ajukan penghapusan akun

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah masuk ke laman pengaturan akun, silahkan scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan tulisan ajukan penghapusan akun. Klik saja disitu

4. Konfirmasi permintaan

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Selanjutnya akan muncul laman informasi yang isinya seperti ini: Mohon perhatikan bahwa setelah akun anda dihapus, anda tidak dapat memulihkannya lagi.

Jika memang yakin mau hapus akun Shopee secara permanen, langsung klik tombol OK yang ada dibawahnya.

5. Baca informasi penting

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah itu akan muncul informasi penting yang berisikan hal-hal yang ikut terhapus saat pengguna akses fitur ini, seperti:

  • Koin shopee yang masih tersisa pada akun kamu akan hangus
  • Akun kamu tidak boleh memiliki pesanan yang belum terselesaikan
  • Setelah akun kamu berhasil dihapus, shopee akan tetap menyimpan seluruh data transaksi untuk keperluan audit
  • Setelah akun kamu berhasil di hapus, kamu tidak dapat melihat riwayat transaksi pada akun tersebut
  • Shopee berhak untuk menolak pengajuan kamu terhadap pembuatan akun yang berikutnya

Di bagian bawah, ada tulisan untuk memutuskan hubungan dengan akun Facebook dan Instagram, silahkan klik disini.

Hyperlink tersebut mengarahkan pengguna ke fitur untuk memutuskan Shopee dengan Facebook. Untuk caranya, akan saya ulas terpisah dibawah.

Sementara, apabila anda setuju terkait dengan semua data yang ikut terhapus atau risikonya, langsung klik tombol Lanjutkan dibawah.

6. Verifikasi permintaan penghapusan

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Selanjutnya anda diminta untuk verifikasi permintaan penghapusan yang pada umumnya, anda diminta untuk menerima kode verifikasi atau OTP dari SHopee ke WhatsApp.

Biasanya, kode OTP tersebut akan dikirim pihak Shopee ke nomor yang terdaftar. Jadi, pastikan nomor tersebut juga diregistrasikan ke WhatsApp.

Untuk menerima kode verifikasi, langsung klik OK. Atau, bisa juga pilih opsi Cara lain yang ada dibawah.

7. Input kode verifikasi

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah memilih kode verifikasi, langkah berikutnya adalah memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar.

Masukkan saja di kolom kosong yang tersedia. Jika sudah, tombol Lanjut akan aktif, klik saja disitu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

8. Isi alasan penghapusan akun

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Selanjutnya anda diminta untuk memberikan alasan penghapusan akun. Alasannya ada beberapa, diantaranya:

  • Saya ingin mengubah username saya
  • Saya tidak ingin menggunakan shopee lagi
  • Lainnya

Untuk alasan lain, bisa input di kolom kosong yang tersedia di bawah. Selanjutnya, anda diminta untuk memasukkan alamat email anda di kolom berikutnya.

Apabila kedua kolom sudah diisi, silahkan centang saya setuju dengan syarat dan ketentuan penghapusan akun lalu klik tombol Kirim di bawah.

Terakhir tinggal tunggu proses penghapusan akun sampai berhasil. Pengguna juga akan dapat pemberitahuan soal ini lewat email.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang akan diajukan terkait postingan ini bisa dilihat dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu Shopee

Shopee adalah marketplace atau toko online yang menyediakan berbagai produk dan layanan yang ada di Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Selain untuk belanja, aplikasi ini juga menyediakan layanan dompet digital atau uang elektronik yang digunakan untuk membayar berbagai produk dan layanan yang hendak dibeli.

Jika download aplikasi ini, ada empat fitur utama yang ditawarkan yakni rekomendasi yang memungkinkan anda melihat berbagai produk yang direkomendasikan oleh shopee.

Di laman ini, tersedia juga kategori layanan seperti Splaylater, pulsa tagihan, saldo shopeepay, voucher spesial, flash sale dan lain sebagainya.

Berikutnya ada fitur Live yang memungkinkan pengguna menonton berbagai konten dan promosi dari toko-toko yang ada atau melihat berbagai diskon dan penawaran terbaru.

Sementara, di bagian tengah, ada laman video untuk melihat berbagai konten tentang produk, yang memungkinkan pengguna dapat bonus saat menonton video dalam durasi tertentu.

Dua menu terakhir adalah notifikasi untuk melihat berbagai prodomo atau informasi terkait shopee, dan juga laman saya untuk pengaturan profil.

2. Apa saja syarat hapus akun Shopee?

Ada satu syarat yang harus disiapkan jika ingin menghapus akun Shopee yakni nomor telepon yang terdaftar pastikan masih aktif.

Karena anda diminta untuk verifikasi permintaan dengan cara memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor tersebut.

Bagaimana jika sudah tidak aktif? Berarti anda tidak bisa hapus akun. Tapi, ada solusi lain, misalnya nomor sudah tidak aktif tapi masih terdaftar di WhatsApp, bisa pilih metode verifikasi dengan akun WA.

Disisi lain, apabila nomor tersebut sudah tidak aktif sekaligus tidak lagi terdaftar di WA, cara terakhir adalah dengan memutuskan koneksi dengan berbagai metode registrasi yang dipilih sebelumnya.

Misalnya, dulu, saat mendaftar, anda menghubungkan akun Google atau Facebook. Nah tinggal putuskan koneksi akun dengan Shopee dan secara otomatis akun akan nonaktif.

3. Apa saja metode verifikasi permintaan penghapusan yang disediakan Shopee?

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Untuk saat ini, ada tiga metode registrasi untuk memverifikasi permintaan penghapusan akun Shopee mulai dari WhatsApp, buat panggilan telepon dan kirim SMS.

Tiga metode tersebut menuju nomor telepon yang terdaftar ke Shopee. Jadi, pastikan nomor tersebut masih aktif agar bisa menerima kode OTPnya.

4. Bagaimana cara memutuskan koneksi akun Shopee dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter, termasuk Google?

Untuk caranya sangat mudah. Pengguna juga bisa memilih apakah menggunakan fitur bawaan dari Shopee atau menggunakan fitur milik Facebook dan Twitter.

Untuk contoh saja, karena shopee sudah siapkan fitur ini, maka tinggal masuk ke menu ajukan penghapusan akun.

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah masuk ke laman informasi penting, klik sekali pada hyperlink di akhir tulisan untuk memutuskan hubungan dengan akun Facebook dan Instagram, klik di sini.

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Berikutnya, tinggal cari mana akun yang ingin diputuskan koneksinya. Misalnya, Google, tinggal klik putuskan koneksi.

Penutup

Memilih menonaktifkan akun mungkin jadi solusi bagi anda yang tidak lagi pakai aplikasi ini atau mungkin punya akun lain yang digunakan.

Namun kembali ke pribadi masing-masing dan alasan apa sehingga akun Shopee dihapus mengingat peran aplikasi ini cukup banyak.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Shopee permanen 2022 di HP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar