Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen 2022

Untuk hapus akun Pinterest, ada dua opsi yang bisa dipilih pengguna yakni menonaktifkan akun yang berarti akun akan ditutup sementara.

Dan yang kedua adalah dengan menghapus akun beserta datanya yang berarti akun Pinterest tersebut akan di hapus permanen.

Menariknya, dua fitur tersebut bisa diakses pengguna yang menggunakan aplikasi Pinterest di HP, baik Android dan iOS serta Pinterest Web.

Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum permintaan menonaktifkan atau penghapusan akun dilakukan.

Apa saja syaratnya? Akan saya ulas secara terpisah dalam QnA dibawah. Karena itu, jika ada dari anda yang sedang cari cara hapus akun Pinterest di HP dan PC, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Akun Pinterest Permanen 2022 di HP dan PC

Lantas, bagaimana cara hapus akun Pinterest Permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Cara Menonaktifkan akun Pinterest di HP

Menonaktifkan akun Pinterest berarti menutup sementara akun tersebut karena berbagai alasan, berhenti pakai Pinterest misalnya.

Opsi ini sendiri memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan kembali akun kapan saja sepanjang ada koneksi internet.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan akun Pinterest di HP? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak selengkapnya artikel dibawah ini sampai habis.

  • Buka aplikasi Pinterest yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, langsung klik Icon profil seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah untuk diarahkan ke laman profil
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Setelah masuk ke laman profil, klik tiga titik yang ada di bagian atas untuk membuka menu pengaturan
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Nantinya akan membuka beberapa menu profil. Di bagian atas, ada menu pengaturan, klik saja disitu
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Setelah klik pengaturan, akan muncul kategori informasi akun Pinterest. Di tahap ini, jika tujuan anda memang ingin hapus akun Pinterest, langsung klik Manajemen akun
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Setelah masuk ke laman manajemen akun, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan kategori menu perubahan akun yang terdiri dari tiga menu dasar yakni konversikan ke akun pribadi, nonaktifkan akun serta hapus data dan akun anda. Untuk contoh saja, jika ingin bekukan akun Pinterest sementara waktu, pilih opsi yang pertama yakni Nonaktifkan akun
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Berikutnya akan muncul informasi terkait dengan fitur ini. Yang mana, dengan menonaktifkan akun, berarti tidak ada orang yang akan melihat Pin atau Profil dan anda tidak akan ditautkan ke Youtube, Etsy, atau Instagram lagi. Jika yakin, klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Setelah klik Lanjutkan, anda akan diarahkan kembali ke laman Login. Dengan demikian, anda sudah berhasil hapus akun Pinterest untuk sementara waktu
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen

Tidak ada batasan waktu seperti di Facebook dimana pengguna bisa memilih waktu mengaktifkan kembali akun yang dipilih.

Artinya, setelah dialihkan kembali ke laman login, pengguna bisa mengaktifkan kembali akun Pinterest meskipun baru di tutup.

Artinya, jika ingin mengaktifkan kembali akun yang ditutup sementara, tinggal login dengan alamat email dan password atau bisa pilih metode masuk pakai Facebook serta Google.

2. Cara Hapus Akun Pinterest Permanen di PC

Sebenarnya, baik di versi aplikasi dan versi web, pengguna bisa mengakses dua fitur penghapusan akun baik sementara atau permanen.

Artinya, jika hapus akun Pinterest Permanen bisa dilakukan di HP dan PC. Untuk contoh ini, saya pakai Pinterest Web, berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka Pinterest versi web yang ada di ponsel anda. Jika sudah masuk ke beranda situs, klik tombol Login yang ada di bagian atas
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi login yang tersedia. Pilih saja salah satunya entah itu Facebook, Google atau login secara manual
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Dalam beberapa kasus, jika sudah ubah ke akun Bisnis, anda akan diarahkan ke laman Pusat Bisnis. Di tahap ini, arahkan kursor ke laman profil atau icon panah ke bawah, lalu klik pengaturan
  • Otomatis anda akan diarahkan ke profil publik. Di bagian samping, ada beberapa menu yang tersedia seperti Profil Publik, Informasi Pribadi, Manajemen akun sampai keamanan dan login. Jika tujuan anda mau hapus akun Pinterest, klik Manajemen Akun
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Setelah masuk ke manajemen akun yang memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan pada email, kata sandi, dan tipe akun. Di bagian bawah pada kategori menu perubahan akun, pilih satu dari dua metode hapus akun apakah menonaktifkan akun untuk sementara dimana PIN dan Profil akan disembunyikan atau hapus akun dan data anda. Untuk contoh saja, jika pada tutorial sebelumnya mengulas nonaktifkan akun Pinterest sementara maka pada cara ini adalah menghapus akun permanen. Dengan demikian, langsung klik tulisan Hapus akun dan data anda
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Nantinya anda akan diarahkan ke laman baru yang berisikan informasi menghapus akun Anda yang mana, dengan menghapus akun, Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali Pin atau papan Anda. Semua data akun Pinterest Anda akan dihapus. Di tahap ini, klik saja tombol Lanjutkan yang ada di bagian bawah
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen
  • Pilih satu dari beberapa alasan penghapusan akun apakah itu saya menerima telralu banyak email, saya tanpa sengaja membuat akun lain dan sebagainya. Setelah memilih satu dari beberapa alasan yang ada, klik Kirim Email
Cara Hapus Akun Pinterest Sementara & Permanen

Tinggal ikuti langkah-langkah berikutnya sampai permintaan penghapusan akun berhasil dilakukan. Jika akun berhasil dihapus, anda akan dialihkan ke laman login seperti poin pertama di atas.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu Pinterest?

Jika dilihat dari antarmukanya, Pinterest semacam search engine atau mesin pencari yang memungkinkan pengguna menemukan gambar yang sesuai.

Jenis gambar yang disajikan cukup banyak dan dibuat dalam bentuk Pin yang berisikan ide seperti resep, gaya rumah, style, gaya rambut dan lain sebagainya.

Karena merupakan direktori gambar maka pengguna bisa melihat atau mencari inspirasi di dalamnya, langsung ataupun tidak langsung.

Sementara, di Google Play Store, Pinterest disebut sebagai tempat untuk menjelajahi inspirasi untuk menemukan ide-ide baru, mencari inspirasi dan berbagi ide.

Di platform ini ada miliaran gambar dan akan terus bertambah dan terbagi dalam berbagai kategori unik seperti pse, rumah, ruang, komputer, gambar ilustratif dan seterusnya.

2. Apa saja syarat hapus akun Pinterest?

Syaratnya cuma satu yakni pastikan anda masih bisa masuk ke akun Pinterest alias masih punya akses ke akun yang ingin dihapus.

Selain itu, tinggal pastikan koneksi internet yang stabil agar permintaan penghapusan bisa dilakukan baik itu dari HP atau PC langsung.

3. Apakah akun bisa diaktifkan kembali setelah di hapus?

Pada dasarnya, Pinterest menyediakan dua opsi dimana pengguna bisa hapus akun Permanen atau memilih menghapus akun untuk sementara.

Artinya, jika ada dari anda yang ingin tutup akun sementara dan punya rencana mengaktifkannya kembali, bisa pilih opsi nonaktifkan sementara.

Disisi lain, apabila anda memilih opsi hapus akun dan data, berarti pengguna menghapus akun permanen. Artinya, akun tidak diaktifkan kembali setelah di hapus.

Penutup

Pinterest banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari ide terkait dengan konten yang dibuat atau menyampaikan gagasan dalam bentuk gambar.

Selain sebagai media sosial, Pinterest juga bisa dimanfaatkan lebih jauh. Misalnya, sebagai sumber direct topik untuk artikel di blog, video di YouTube dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Pinterest 2022 baik sementara atau permanen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar