Alasan dan Cara Hapus Akun Neobank Permanen 2021

Di postingan sebelumnya tentang cara buka rekening bank Neo Commerce, ada yang bertanya di kolom komentar soal cara hapus akun Neobank.

Saya tidak tahu alasannya apa dan tidak mau tahu. Bukan urusan saya. Yang jelas, komentar itulah yang menginspirasi saya untuk buat postingan ini.

Bagi saya pribadi, ada tiga alasan utama mengapa saya ingin hapus akun Bank Neo atau unsitall aplikasi Neobank di HP, yakni:

  • Saat buka aplikasi, harus login terus menerus. Soal ini belum pasti dialami semua pengguna atau mungkin hanya saya karena status rekeningnya masih dalam tahap verifikasi alias belum aktif sepenuhnya
  • Kedua, proses pembukaan rekeningnya yang AMAT SANGAT LAMA. Sampai hari ini, prosesnya lagi menunggu antrian yang entah kapan akan selesai padahal sudah verifikasi data dan akunnya sudah dibuat sejak Agustus 2021
  • Ketiga, saya punya rekening bank digital lain dan sudah nyaman disitu. Sudah beli sahamnya juga, meski nilainya relatif kecil

Poin kedua diatas yang bikin saya kesal. Dibanding platform atau bank digital lain, Neo Commerce inilah yang paling lama waktu tunggu atau antreannya.

Tidak ada opsi verifikasi lain selain harus foto bersama dengan verifikator dan memasukan kode referral atau kode undangan.

Padahal, dalam ketentuannya, disebutkan kalau mitra CDD akan menghubungi dalam 2-3 hari kerja setelah permintaan pembukaan rekening.

Mungkin saja, karena saya tinggalnya di luar pulau Jawa, jadi prosesnya memakan waktu. Tapi, sebagai bank, harusnya calon nasabah di berikan informasi soal ini.

Termasuk alasannya apa, kenapa waktu tunggunya lama atau mungkin disiapkan opsi verifikasi lain selain harus foto sama verifikator atau pengundang.

Opsi verifikasi lain itu seperti apa? Bisa dengan video call, video data diri dan lain sebagainya terlebih jika lokasi calon nasabah tidak terjangkau mitra CDD.

Oh iya, sebelum hapus akun Neobank permanen, ada beberapa syarat yang harus disiapkan oleh anda, diantaranya:

  • Informasi pribadi seperti nama lengkap, domisili, email dan nomor yang terdaftar di aplikasi Neobank
  • Jika rekening sudah aktif alias sudah berhasil verifikasi sama pengundang, siapkan data diri pendukung seperti KTP, SIM atau Passpor
  • Informasi nama ibu kandung yang diinput saat pembukaan rekening dilakukan
  • Nomor rekening Bank BNC yang valid
  • Alasan mengapa ingin menutup akun Bank Neo Commerce atau aplikasi Neobank

Syarat-syarat diatas sifatnya wajib agar permintaan penutupan rekening bank Neo Commerce bisa berjalan lancar.

Dan untuk anda yang sedang cari cara tutup rekening Bank Neo Commerce permanen atau cara menghapus data di aplikasi NeoBank, simak artikel ini sampai habis.

3+ Cara Hapus Rekening Bank Neo Commerce Permanen

Lantas, bagaimana cara hapus rekening Bank Neo Commerce atau cara hapus akun Neobank? Pasti penasaran, kan? Ikuti langkah dibawah ini:

1. Lewat panggilan telepon ke costumer service

Cara pertama adalah dengan melakukan panggilan telepon ke costumer service Bank Neo Commerce di nomor 1500-190.

Saat panggilan telepon sudah tersambung, sampaikan tujuan anda yakni menutup rekening bank Neo atas nama anda.

Untuk verifikasi data, biasanya anda diminta untuk memberikan informasi seputar atas nama nasabah atau nama yang tertera di rekening.

Baca Juga:

Lalu, akan ada verifikasi tambahan berupa bukti-bukti kepemilikan atas rekening termasuk nomor rekening yang terdaftar.

Ikuti saja prosesnya sampai berhasil. Di ujung pembicaraan, akan ada pertanyaan soal alasan mengapa ingin tutup rekening bank BNC.

Jawab saja sesuai keinginan. Biasanya, bentuk pertanyaannya berupa survey yang akan dijadikan bahan evaluasi pihak bank.

Perhatikan, jika gunakan cara ini, pastikan anda punya pulsa dan juga pastikan anda buat paket panggilan ke telepon rumah sebab ada biaya telepon yang harus ditanggung.

2. Uninstall aplikasi Neobank

Cara kedua yang paling mudah adalah dengan menguninstal atau mencopot aplikasi Neobank di ponsel.

Untuk caranya bergantung sama tipe dan sistem operasi ponsel yang digunakan. Untuk contoh saja, karena disini saya pakai Mi 10, maka caranya sebagai berikut:

  • Klik dan tahan pada aplikasi NeoBank sampai muncul menu konteks seperti Berbagi, Info Aplikasi dan Uninstal. Pilih opsi yang terakhir yakni Uninstall
  • Selanjutnya akan ada konfirmasi apakah anda ingin copot aplikasi dan menghapus semua data aplikasi? Jika setuju, klik tombol Uninstal yang ada dibawah
Cara Hapus Akun Neo Bank Permanen 2021

Selain itu, anda juga bisa klik Info aplikasi lalu klik tombol Unistal saat infonya sudah muncul. Tombol ini ada dibawah layar tepat di menu paksa henti.

Dua cara uninstal diataslah yang paling mudah dilakukan sekalipun opsi copot aplikasi Neo ada beragam.

Mulai dari unsintal app di Google Play Store, lewat opsi kelola apl di menu keamanan atau mungkin akses menu pengaturan atau setelan aplikasi.

Setelah aplikasinya di copot, langkah berikutnya apa? Langkah selanjutnya adalah dengan TIDAK menggunakan aplikasi NeoBank dalam waktu 90 hari atau 3 bulan.

Kalaupun aplikasinya diinstal lagi, usahakan untuk tidak login di akun yang sama sebelumnya. Kalau login, status akun otomatis kembali aktif.

FYI, apabila tidak ada lagi aktivitas di akun Neo Commerce 3 bulan berturut-turut, sistem otomatis mengubah status akun jadi Dormant atau terbengkalai.

3. Kunjungi kantor BNC terdekat

Sesuai dengan kebijakan privasi Bank Neo pada poin 8. Dimana, ada informasi kalau informasi data pribadi, termasuk didalamnya penutupan akun bisa kunjungi kantor Bank Neo.

Dan opsi terakhir ini bisa dilakukan nasabah yang tempat tinggalnya tak terlalu jauh dengan kantor pusat atau kantor cabang BNC.

Kantor pusatnya sendiri ada di Jakarta Selatan, tepatnya di Gedung Treasury Tower lt. 60 SCBD, Unit A District 8, Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru.

Atau mungkin bisa kunjungi cabang bank Neo atau Bank Yudha Bakti yang tersebar di beberapa kota seperti Medan, Riau, Jateng, Jatim dan wilayah lain.

Jangan lupa juga siapkan dokumen pendukung sesuai dengan syarat penutupan rekening Bank Neo Commerce mulai dari identitas diri sampai bukti kepemilikan rekening.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, yakni:

1. Bagaimana dengan data-data yang diinput apakah ikut terhapus?

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana jika sudah melakukan pengajuan penutupan akun, berarti data-data tersebut akan ‘di hapus’.

Tapi kembali ke pihak bank Neo apakah di hapus sepenuhnya atau permanen dalam sistem atau datanya tetap tersimpan dalam database untuk kategori rekening nonaktif.

Soal ini bisa tanyakan langsung ke pihak mereka karena tidak ada informasi memadai soal nasib data nasabah setelah rekening bank BNC di tutup.

2. Apakah rekening benar terhapus sendirinya setelah tidak dipakai selama 3 bulan?

Secara umum, ya. Secara teknis, tidak. Dengan kata lain, sekalipun saya menggunakan istilah terhapus permanen, tapi status akun jadi Dormant.

Maksudnya gimana nih? Maksudnya akun anda masih ada tapi sudah tidak aktif, yang dalam dunia perbankan disebut rekening DORMANT atau terbengkalai.

Artinya, akun tidak benar-benar terhapus dan data-datanya masih ada di mereka. Sementara, statusnya akan kembali aktif jika instal aplikasi lalu membuka akun yang sama.

Hanya saja, tiap bank punya kebijakan berbeda-beda soal akun Dormant ini. Agar jelas, langsung tanyakan ke pihak BNC.

3. Apakah bisa hapus akun NeoBank langsung didalam aplikasi?

Sepengalaman saya tidak ada. Artinya, anda tidak bisa hapus akun NeoBank langsung dari aplikasi. Dengan demikian, harus menggunakan satu dari tiga cara diatas.

Penutup

Tiap orang punya alasan sendiri mengapa ingin tutup akun Bank Neo begitu juga dengan alasan pembukaan rekening Bank BNC.

Mayoritas, mungkin saja, karena ingin dapat saldo pengguna baru tanpa harus deposit atau lakukan transaksi di aplikasi.

Termasuk juga alasan teknis seperti opsi verifikasi rekening yang terbatas dan waktu tunggunya yang sangat lama.

Jika ada tambahan, masukkan atau koreksi terkait dengan postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang alasan dan cara hapus akun Bank Neo Permanen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar