Cara Hapus Akun LINE Permanen 2022 di HP Android dan iOS

Mau tahu cara hapus akun LINE secara permanen di HP Android dan iOS? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Fitur ini sendiri bisa diakses oleh pengguna LINE Lite. Hanya saja, caranya agak sedikit berbeda dengan aplikasi LINE primer.

Meski demikian, cara ini tetap jadi solusi bagi pengguna yang tidak lagi pakai aplikasi ini untuk Chatting atau melakukan aktivitas lain, membaca berita misalnya.

Sayangnya, satu-satunya opsi hapus akun yang tersedia hanyalah permanen. Tidak ada pilihan nonaktifkan akun untuk sementara waktu.

Dan untuk anda yang ingin tahu cara hapus akun LINE permanen atau cara menonaktifkan akun Line, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Cara Hapus akun LINE Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun LINE Permanen? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Line

cara hapus akun LINE

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi Line yang terinstal di ponsel anda. Setelah aplikasinya dibuka, otomatis anda akan diarahkan ke laman beranda.

Di laman ini berisikan banyak sekali informasi layanan, termasuk daftar teman, rekomendasi sticker dan promosi lainnya.

Apabila tujuan anda untuk hapus akun, langsung klik icon roda gigi yang ada di bagian atas foto profil akun.

2. Buka pengaturan akun

cara hapus akun LINE

Setelah klik icon roda gigi untuk masuk ke pengaturan, anda akan disajikan berbagai informasi pribadi terkait akun, toko sampai umum.

Baca Juga:

Di bagian bawah, ada informasi aplikasi. Untuk memulai penghapusan akun, pilih opsi akun yang ada di kolom informasi pribadi.

3. Klik Hapus Akun

cara hapus akun LINE

Setelah masuk ke akun, akan muncul berbagai informasi terkait dengan akun mulai dari informasi dasar seperti nomor telepon, email dan kata sandi.

Ada juga opsi metode penguncian perangkat, aplikasi resmi, konten banner, login dan privasi. Di tahap ini, scroll sedikit ke bawah sampai ke tulisan Hapus Akun berwarna merah. Klik saja disitu

4. Verifikasi permintaan

cara hapus akun LINE

Nantinya akan muncul notifikasi pop up yang isinya seperti ini: Jika anda menghapus akun LINE, anda tidak akan bisa login lagi ke akun tersebut.

Yakin ingin melanjutkan? Kalau yakin untuk lanjut ke tahap penghapusan akun LINE selanjutnya, klik tombol berikutnya yang ada di bagian bawah.

5. Centang semua item yang dihapus

Selanjutnya anda diminta untuk mencentang semua kolom tentang item yang tersimpan di akun LINE anda untuk dihapus, seperti:

  • Item anda dimana dengan menghapus akun LINE, informasi tentang item anda mulai dari koin, poin, sticker dan tema akan ikut terhapus. Termasuk didalamnya riwayat pembelian, koin, poin dan item yang telah dibeli akan terhapus permanen. Untuk konfirmasi, centang kolom Saya memahami bahwa semua item saya akan terhapus secara permanen
cara hapus akun LINE
  • Aplikasi resmi dimana setelah akun Line dihapus, anda akan kehilangan akses ke aplikasi resmi dan setiap item yang telah anda beli lewat aplikasi tersebut. Centang juga kolom dibawahnya bahwa anda telah memahami bahwa anda akan kehilangan akses ke aplikasi resmi tersebut
cara hapus akun LINE
  • Informasi terakhir dimana dengan menghapus akun LINE, daftar teman, riwayat obrolan termasuk dua item sebelumnya juga akan terhapus permanen. Dan data yang terhapus tidak bisa dipulihkan lagi. Di bagian bawah, centang juga kolom saya memahami bahwa semua item saya akan terhapus secara permanen
cara hapus akun LINE

Nantinya, apabila tiga kolom diatas sudah di centang, tombol Hapus akun akan aktif di bagian bawah. Sekali lagi, jika yakin mau hapus akun, klik HAPUS AKUN.

6. Verifikasi penghapusan akun LINE

cara hapus akun LINE

Terakhir, akan muncul kotak dialog yang berisikan informasi seperti: Jika anda menghapus akun LINE, semua data yang tertaut dengan akun anda akan dihapus.

Dan tidak dapat dipulihkan. Yakin ingin menghapus akun LINE anda? Sekali lagi, jika yakin, langsung klik tulisan Hapus berwarna merah yang ada dibawah.

Terakhir tinggal tunggu proses penghapusan akun sampai berhasil. Prosesnya bisa cepat, bisa juga lama, bergantung banyaknya data yang tersimpan di perangkat.

Setelah akun berhasil dihapus, anda akan diarahkan ke laman selamat datang di LINE dimana anda bisa login atau buat akun baru lagi.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu Line?

Line adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan chatting atau panggilan telepon ke pengguna lain yang pakai aplikasi serupa.

Cara kerja aplikasi ini sama seperti WhatsApp, Telegram atau aplikasi sejenis. Hanya saja, layanan di aplikasi ini cukup lengkap.

Dimana pengguna bisa tambah teman, buat grup, mencari people nearby, mengumpulkan line coints, openchat dan lain sebagainya.

Ada juga Line Voom yang memungkinkan pengguna buat story khusus yang bisa dilihat pengguna lain sampai Line Today yang berisikan berita-berita sindikasi dari blog atau situs berita lainnya.

Bahkan, pengguna bisa bayar tagihan atau top up, split bill tagihan dengan barcode dan membuka rekening bank dengan Line Bank.

2. Apa saja syarat agar bisa hapus akun Line?

Syaratnya cuma satu yakni pastikan anda masih punya akses ke akun untuk mengakses berbagai fitur, termasuk hapus akun.

3. Bagaimana cara hapus akun LINE yang lupa password?

Sebenarnya, tidak masalah jika lupa password yang penting masih punya akses ke akun. Jika sudah tidak, maka bisa aktifkan dulu pakai nomor telepon yang terdaftar.

4. Bagaimana cara hapus akun Line di iPhone?

Jika pakai iPhone atau iOS, langkah-langkahnya persis sama seperti diatas, kemungkinan antarmuka tampilannya saja yang berbeda.

5. Bagaimana cara hapus akun Line Lite?

Tutorial diatas memang khusus untuk pengguna akun Line primer atau utama. Meski demikian, cara diatas berlaku juga untuk pengguna Line Lite.

6. Bagaimana cara hapus akun Line di desktop PC atau Laptop?

Jika pakai Line versi desktop atau laptop, maka opsi Hapus Akun tidak tersedia sepengalaman saya. Karena saat akses menu pengaturan profil, hanya muncul beberapa pengaturan dasar.

Mulai dari pengaturan nama akun LINE, pesan status, ID pengguna, email dan info saya termasuk beranda dan keep.

Di bagian bawah, ada informasi pengaturan soal bahasa, fon, data login apakah otomatis atau buka line ketika Windows dinyalakan sampai mode tampilan apakah terang atau gelap.

Jika akses menu lain seperti pemberitahuan, obrolan, panggilan, teman, sampai pintasan papan ketik, tidak ada opsi hapus akun seperti di versi aplikasi.

7. Bagaimana cara menghapus akun Line yang nomornya sudah tidak aktif?

Dalam kasus tertentu, jika nomor yang terdaftar di Line sudah tidak aktif tetapi anda masih punya akses ke akun, bisa ikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas.

Disisi lain, apabila anda sudah tidak punya akses lagi ke akun Line dan nomor yang terdaftar sudah tidak aktif, maka secara teknis, anda tidak bisa hapus akun dan tidak bisa akses akun Line lagi.

Kecuali jika sebelumnya anda hubungkan dengan email atau metode pendaftaran lain yang dipilih seperti Apple atau Facebook.

8. Bagaimana cara hapus akun Line di Laptop?

Cara diatas memang terbatas pada LINE versi ponsel dan sampelnya pakai Android. Untuk tutorial hapus akun Line di Laptop atau PC, akan saya tambahkan di update berikutnya/

9. Apakah bisa mengaktifkan kembali akun LINE yang dihapus?

Jika anda telah menonaktifkan akun dan ingin mengaktifkan lagi, besok atau bulan depan misalnya, maka jawabannya tidak bisa.

Mengapa demikian? Karena setelah permintaan penghapusan akun dilakukan, secara otomatis akun akan terhapus permanen begitu juga dengan data-data didalamnya.

Penutup

Salah satu solusi jika tidak lagi pakai Line untuk beberapa alasan, chatting di dalamnya sepi, bisa ikuti tutorial diatas untuk hapus akun.

Opsi diatas juga bisa dilakukan jika anda pakai LINE Lite atau Line PC dan Desktop. Tampilan atau antarmukanya saja yang berbeda.

Demikian artikel tentang cara hapus akun LINE permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar