Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen 2022

Mau tahu cara hapus akun KakaoTalk secara permanen? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini sama seperti apk chatting lain seperti WhatsApp, Telegram, Viber dan lain sebagainya.

Namun, fiturnya cenderung lebih sederhana dengan antarmuka yang khas dimana latar belakang aplikasi berwarna putih mulus dan intuitif.

Jika buka kategori menu di beranda aplikasi, pengguna hanya bisa akses empat menu dasar yakni orang, chat, pencarian dan pengaturan.

Meski demikian, aplikasi ini cukup populer di Indonesia. Dari beberapa sumber, disebutkan bahwa ada lebih dari 18+ juta pengguna yang terdaftar.

Hanya saja, tidak disebutkan apakah jumlah tersebut merupakan pengguna aktif atau sekedar mendaftar saja dan jarang menggunakan aplikasinya.

Sementara, dari data google Play Store, aplikasi ini dirilis pada 23 agustus 2010 dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 100 juta kali.

Disisi lain, jika ada dari anda yang tidak lagi pakai aplikasi ini untuk chatting atau melakukan aktivitas lain, melakukan panggilan telepon atau talk drive misalnya.

Alias ingin menghapus akun KakaoTalk secara permanen atau sedang cari cara tutup akun KakaoTalk, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun KakaoTalk permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka aplikasi KakaoTalk

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Langkah pertama adalah membuka aplikasi KakaoTalk yang terinstal di ponsel anda yang otomatis mengarahkan anda diarahkan ke daftar kontak teman.

Jika tujuan anda mau hapus akun KakaoTalk, di tahap ini, klik icon gear atau roda gigi yang ada di bagian atas.

2. Klik pengaturan umum

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Setelah icon roda gigi di klik, akan muncul tiga menu yakni edit, kelola teman dan juga pengaturan Umum. Langsung klik opsi yang terakhir.

3. Buka privasi

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Setelah masuk ke pengaturan akun, akan muncul beberapa opsi menu. Di tahap ini, klik opsi Privasi yang ada di atas menu notifikasi.

4. Kelola info pribadi saya

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Setelah diarahkan ke menu privasi, langkah selanjutnya adalah klik opsi menu kelola info pribadi saya pada kategori menu Info pribadi.

5. Hapus KakaoTalk

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Setelah masuk ke laman kelola info pribadi saya, akan muncul beberapa kategori menu yang muncul seperti item yang dikumpulkan, baik wajib dan opsional.

Baca Juga:

Termasuk juga kelola info pribadi, akun kakao dan penangan informasi pribadi. Untuk tutup akun, klik Hapus KakaoTalk di kategori menu kelola info pribadi.

6. Konfirmasi penghapusan akun

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Setelah itu akan muncul beberapa informasi terkait dengan penghentian keanggotaan dari Kakaotalk, diantaranya:

  • Informasi profil, daftar teman, riwayat obrolan, barang yang dibeli, kado seperti voucher yang tidak terpakai, dan semua informasi pengguna lainnya akan dihapus secara permanen
  • Anda akan dikeluarkan dari ruang obrolan tempat anda bergabung, dan semua data termasuk file media yang dibagikan di ruang obrolan akan segera dihapus. Pastikan untuk menyimpan data penting sebelum anda menghentikan keanggotaan dari kakaotalk
  • Daftar teman, termasuk daftar teman terblokir atau tersembunyi dan daftar favorit akan dihapus. Daftar tersebut tidak akan dipulihkan meskipun anda mendaftar ulang ke kakaotalk nantinya
  • Jika anda membatalkan pendaftaran dari KakaoTalk dan akun Kakao secara bersamaan, Talk Drive akan dinonaktifkan, dan semua data yang relevan juga akan dihapus

Di bagian bawah, silahkan centang kolom persetujuan tentang penghapusan semua data yang sudah disebutkan. Jika sudah, klik tombol Hapus KakaoTalk.

7. Hentikan keanggotaan dari KakaoTalk

Cara Hapus Akun KakaoTalk Permanen

Sekali lagi akan muncul laman konfirmasi untuk menghentikan keanggotaan dari KakaoTalk bersama semua data di dalamnya. Jika yakin, langsung klik tulisan Hapus Akun.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bisa dilihat dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa itu KakaoTalk?

KakaoTalk adalah aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh Kako Corporation, yang sejak tahun 2014 bergabung dengan Daum, portal internet terbesar di Korea Selatan.

Jika buka aplikasi ini, di beranda hanya tersedia tiga menu dasar yakni daftar kontak yang mendaftar ke aplikasi ini, chat dan juga pencarian.

Misalnya, di laman kontak, pengguna bisa siapa saja pengguna yang pakai KakaoTalk sehingga bisa diajak untuk berkomunikasi.

Di laman obrolan, pengguna bisa melihat riwayat obrolan yang dilakukan. Bahkan, ada fitur SMS Messages yang memungkinkan berkirim pesan.

Fitur itu juga bisa dipakai pengguna secara default menggantikan aplikasi SMS bawaan ponsel, dengan tampilan yang lebih berwarna.

Sementara, di kolom pencarian, pengguna bisa scan kode QR, menambah kontak, menambah teman berdasarkan ID sampai mengundang teman.

Di bagian akhir ada fitur profil yang memungkinkan pengguna mengakses email Kakao Mail, membuka calendar, Talk Drive, mengakses emoticons, themes, openchat dan pengaturan akun.

2. Apa saja syarat hapus akun KakaoTalk?

Tidak ada syarat khusus seperti aplikasi lain dimana pengguna harus memasukkan nomor telepon yang terdaftar untuk bisa akses fitur ini.

Di kakao talk, yang diperlukan hanyalah koneksi internet stabil. Selanjutnya, tinggal ikuti instruksi yang sudah disebutkan diatas.

3. Bagaimana cara hapus akun KakaoTalk di iPhone atau iOS?

Caranya kurang lebih sama seperti diatas. Artinya, pengguna bisa menonaktifkan akun dengan mengikuti cara di atas yang berlaku untuk pengguna Android dan juga iOS.

Kalaupun ada perbedaan, kemungkinan hanya dari tampilannya saja. Tapi, antarmuka akunnya sama jadi bisa dipastikan kalau tutorialnya juga sama.

4. Bisakah mengembalikan akun KakaoTalk yang sudah dihapus?

Jika diperhatikan, tidak ada notice khusus dari KakaoTalk saat permintaan penutupan akun dilakukan. Artinya, anda bisa mengaktifkan kembali akun yang ditutup kapan saja.

Misalnya, sebelumnya anda daftar pakai salah satu nomor telepon yang kebetulan akun yang terdaftar sudah dihapus dan anda ingin membuat akun lagi dengan nomor yang sama, secara teknis bisa.

Tapi, semua data-data terkait dengan akun lama entah itu obrolan, panggilan telepon, catatan di talk drive dan informasi terkait lainnya tidak akan dikembalikan.

Disisi lain, tidak ada opsi bagi pengguna untuk mencadangkan riwayat didalam akun saat permintaan penghapusan dilakukan.

Artinya, data anda benar-benar terhapus dari server setelah permintaan menonaktifkan akun dilakukan. Karena itu, pastikan anda tidak punya data penting di aplikasi sebelum di hapus.

5. Apakah bisa menonaktifkan akun KakaoTalk sementara?

Sayangnya, opsi menonaktifkan akun KakaoTalk untuk sementara tidak tersedia dengan demikian, satu-satunya opsi yang ada hanyalah hapus akun secara permanen.

Penutup

Memilih menonaktifkan akun bisa jadi solusi bagi pengguna yang tidak lagi pakai aplikasi ini untuk chatting atau berkirim email, karena KakaoTalk menyediakan fitur ini.

Selain bisa melindungi data dengan lebih baik, juga bisa membuat ruang penyimpanan di ponsel lebih lega terlebih jika aplikasi yang terinstal cukup banyak.

Demikian artikel tentang cara hapus akun KakaoTalk secara permanen 2022 di HP. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar