Cara Hapus Akun Instagram 2022 Untuk Sementara dan Permanen

Mau tahu cara hapus akun Instagram untuk sementara atau permanen? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

Hanya saja, pengguna harus buka Instagram web karena ini satu-satunya cara untuk akses fitur nonaktifkan akun. Artinya, fitur hapus akun IG tidak tersedia di versi aplikasi.

Secara teknis memang bisa hapus akun IG dari aplikasi langsung dengan cara membuka kolom bantuan di laman pengaturan.

Saat akses laman pusat bantuan, pengguna bisa ketikkan keyword nonaktifkan akun. Hanya saja, pusat bantuan mengharuskan anda untuk login ke akun Instagram di browser.

Selain itu, opsi hapus akunnya terbatas pada satu pilihan yakni nonaktifkan untuk sementara waktu. Dengan demikian, jika ingin hapus akun IG permanen, harus akses di laman terpisah.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun IG Permanen, cara nonaktifkan akun instagram atau cara menghapus akun Instagram yang sudah tidak terpakai, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Akun Instagram Sementara dan Permanen 2022

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara hapus akun Instagram Sementara dan Permanen 2022.

1. Cara Hapus Instagram Sementara Terbaru 2022

Jika ingin hapus akun Instagram sementara, untuk durasi tertentu, 1 Minggu atau 1 Bulan misalnya, langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka browser yang ada di komputer, laptop, notebook atau HP. Jika sudah, buka instagram Web lalu login pakai nomor telepon, nama pengguna, atau email yang terdaftar di Instagram serta passwordnya. Jika sudah, klik Login. Oh iya, jika akun tersebut terkoneksi ke Facebook, bisa pilih opsi Masuk dengan Facebook dibagian bawahnya
Cara Hapus Akun Instagram
  • Dalam beberapa kasus, akan muncul pemberitahuan apakah anda ingin menyimpan informasi login. Bisa pilih opsi simpan Info atau lain kali
Cara Hapus Akun Instagram
  • Selain itu, akan muncul juga pemberitahuan untuk mengaktifkan notifikasi dari Instagram Web. Bisa pilih aktifkan atau lain kali
Cara Hapus Akun Instagram
  • Berikutnya, arahkan kursor atau bisa klik icon profil sekali untuk memunculkan menu seperti profil, postingan yang tersimpan, pengaturan, ganti akun atau keluar. Di tahap ini, klik saja icon Roda Gigi atau pengaturan
Cara Hapus Akun Instagram
  • Akan muncul beberapa menu seperti ubah kata sandi, akun profesional, label nama dan lain sebagainya. Di bagain bawah ada opsi menghapus akun sementara seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah, klik saja disitu
Cara Hapus Akun Instagram
  • Kemudian akan muncul menu nonaktifkan akun sementara. Nah tinggal jawab pertanyaan Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda? dan Masukkan kata sandi. Jika sudah, klik tombol Akun dinonaktifkan sementara. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan apakah ingin menonaktifkan akun Anda sementara. Lanjutkan? Tinggal pilih opsi Ya atau tidak.
Cara Hapus Akun Instagram

Untuk alasan menonaktifkan akun ini ada banyak mulai dari terlalu banyak iklan, ingin menghapus sesuatu, tak bisa temukan orang untuk diikuti dan cukup perlu istirahat.

Termasuk juga masalah privasi, membuat akun kedua, ingin menghapus sesuatu, terlalu sibuk atau terlalu mengganggu dan lain sebagainya.

2. Cara Hapus Akun Instagram Permanen 2022

Tidak seperti nonaktifkan akun Instagram sementara diatas dimana opsi hapus akun IG Permanen tidak tersedia di laman pengaturan profil.

Artinya, akses tautan hapus akun IG permanen ini terpisah, yang sudah saya tempatkan dibawah. Lantas, bagaimana cara hapus akun IG permanen? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka browser dan kunjungi Instagram web. Jika sudah, masuk pakai ID dan password akun IG yang ingin dihapus seperti langkah pertama diatas
Cara Hapus Akun Instagram
  • Jika akun sudah terbuka, buka kembali laman ini, lalu klik tautan remove request permanent akun Instagram disini atau bisa salin keyword diatas lalu pastekan di bar pencarian browser. Kedua tautan diatas itu sama saja. Setelah di klik, anda akan diarahkan ke laman seperti gambar dibawah. Jika sudah, tinggal pilih alasan mengapa ingin menghapus akun. Untuk alasannya sama seperti saat nonaktifkan akun IG sementara diatas. Jadi, tinggal pilih salah satunya
Cara Hapus Akun Instagram
  • Setelah pilih satu dari beberapa alasan yang tersedia, akan muncul pemberitahuan dan juga kolom untuk mengisi password. Jika ingin hapus akun IG permanen, langsung masukkan password di kolom kosong yang tersedia. Kalau sudah, klik Hapus (sesuai nama akun IG)
Cara Hapus Akun Instagram

Perhatikan, sekalipun akun sudah di hapus permanen, tapi akun tetap akan aktif 1 bulan kemudian atau sekitar 30 hari.

Misalnya, anda hapus tangal 7 Februari 2022, maka akun tetap akan aktif sampai pada 8 Maret bulan berikutnya.

Nantinya, setelah tanggal 9 Maret, akun akan di hapus permanen dari server. Dengan demikian, jika berubah pikiran, anda bisa buka akun IG yang baru saja dihapus tersebut alias mengaktifkannya lagi.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, seperti:

1. Apa saja syarat agar bisa tutup sementara atau tutup akun IG permanen?

Agar bisa tutup akun Instagram baik sementara atau permanen, ada beberapa syarat wajib dipenuhi, seperti:

  • Koneksi internet dan browser yang akan digunakan untuk membuka akun Instagram versi web
  • Email, username dan password yang digunakan untuk masuk ke akun Istagram yang ingin di hapus baik itu sementara waktu atau secara permanen
  • Nomor telepon yang terdaftar jika sebelumnya saat daftar anda pakai nomor telepon. Pastikan juga nomor telepon tersebut masih aktif agar bisa dapat notifikasi
  • Alasan pembatalan akun yang sudah disiapkan di dalam platform. Tinggal pilih satu dari dua atau lebih alasan yang tersedia

Itu saja sih. Selebihnya tinggal ikuti instruksi penghapusan akun yang sudah saya bahas diatas. Ada kemungkinan juga instruksinya sudah berbeda karena perubahan kebijakan dari pihak Meta.

2. Apakah ada solusi untuk cara menghapus akun instagram yang lupa password?

Sayangnya, sepengalaman saya tidak ada. Artinya, jika akun Instagram tersebut lupa password, ada kemungkinan tidak bisa di tutup.

Solusi paling jitu adalah dengan menghubungi akun Official Instagram baik email dan akun media sosial mereka lalu sampaikan tujuan anda.

Hanya saja, anda harus konfirmasi kepemilikan akun secara sah. Ada kemungkinan anda diminta untuk lampirkan identitas seperti KTP.

Hanya saja, cara yang satu ini belum pernah saya lakukan sehingga syarat dan prosedurnya tidak diketahui dengan pasti.

Kalau ada dari anda yang pernah tutup akun yang lupa password, boleh share pengalamannya di kolom komentar.

3. Bagiamana cara menghapus akun IG permanen di HP?

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana fitur untuk hapus akun IG permanen tidak tersedia di versi aplikasi.

Artinya, jika ingin hapus akun IG permanen lewat HP, harus buka versi web yang bisa diakses di browser ponsel. Prosedurnya kurang lebih sama seperti diatas.

4. Bagaimana cara menghapus akun Instagram tapi lupa password dan Email?

Kasus yang sama seperti QnA dua diatas. Artinya, jika akun IG tersebut sudah lupa password dan email, anda sebagai pengguna tidak bisa gunakan fitur nonaktifkan akun.

Cara satu-satunya adalah dengan menghubungi pihak Instagram. Tapi, perlu waktu dan mungkin identitas tambahan untuk memastikan anda adalah pemilik akun sebenarnya.

5. Bagaimana cara menonaktifkan IG sementara di iPhone?

Jika menggunakan HP iPhone dan ingin menonaktifkan sementara akun IG, bisa ikuti langkah-langkah seperti diatas.

Prosesnya kurang lebih sama. Hanya saja, baik pengguna Android dan iPhone, harus mengakses Instagram versi Web untuk menghapus akunnya.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin hapus akun IG miliknya. Mulai dari punya lebih dari satu akun, ingin rehat sejenak dari media sosial atau alasan personal lain.

Paling umum mungkin karena ingin berhenti pakai media sosial untuk sementara waktu. Jadi, opsi hapus akun mungkin jadi solusinya.

Jika ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait dengan postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Instagram sementara dan permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar