Cara Hapus Akun IMO Permanen 2022 di HP

Jika ada dari anda yang pakai aplikasi satu ini dan ingin hapus akun IMO secara permanen bersama dengan data-data didalamnya, simak artikel ini sampai habis.

Sebenarnya, di luar sana, ada banyak sekali aplikasi pesan instan yang bisa digunakan dengan fitur utama adalah chatting.

Cara kerjanya sama seperti Telegram, WhatsApp, Line, atau aplikasi sejenis, Viber misalnya. Dimana dua pengguna yang punya akun sama bisa lakukan komunikasi sepanjang ada koneksi internet.

Selain chatting, ada juga fitur tambahan lain seperti membuat ruang, mirip-mirip dengan Discord, sampai melakukan panggilan telepon.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun IMO atau cara tutup akun IMO, simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Cara Hapus Akun IMO Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun IMO Permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Buka aplikasi IMO

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Silahkan buka aplikasi IMO yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, biasanya secara otomatis anda akan diarahkan ke laman chat.

Jika tujuan anda untuk menghapus akun IMO, di tahap ini, klik icon profil atau gambar avatar yang ada di bagian kanan atas karena disinilah letak kategori menu aplikasi ini.

2. Buka pengaturan

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Setelah klik icon profil, anda akan diarahkan ke laman pengaturan akun. Dibagian bawah, ada opsi menu pengaturan, klik saja disitu.

3. Buka keamanan akun

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Setelah membuka pengaturan, akan muncul beberapa opsi menu mulai dari pemberitahuan, fungsi, privasi, data penyimpan dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Di bagian bawah, ada opsi menu keamanan akun. Klik saja disitu untuk bisa akses opsi menu penghapusan akun.

4. Hapus akun IMO

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Jika sudah diarahkan ke menu keamanan akun, dibagian bawah ada tulisan hapus akun IMO berwarna dengan simbol keranjang sampah berwarna merah. Klik saja disitu.

5. Baca informasi penghapusan akun

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Kemudian akan muncul beberapa informasi terkait dengan penghapusan akun, yang isinya seperti ini:

Setelah menghapus akun anda, data berikut akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dipulihkan:

  • Profil dan riwayat obrolan anda
  • Daftar kontak dan grup anda
  • Aset virtual anda seperti berlian, kacang emas, dan medali

Jika sudah memahami risiko penghapusan akun IMO, langkah berikutnya adalah klik tombol Terapkan untuk Hapus.

5. Pilih alasan penghapusan akun

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Berikutnya anda diminta memilih satu dari beberapa alasan mengapa ingin menghapus akun Imo, diantaranya:

  • Saya ingin masuk ke akun Imo lain
  • Saya mengganti nomor ponsel saya
  • Saya mengganti telepon saya
  • Akun saya diretas
  • Saya diganggu oleh orang asing
  • Penyimpanan ponsel yang tersedia tidak mencukupi
  • Imo memiliki terlalu banyak notifikasi push
  • Imo memiliki terlalu banyak iklan
  • alasan lain

Jadi pilih saja satu dari beberapa alasan yang muncul dengan cara mengklik dari daftar yang ada. Biasanya, secara otomatis opsi hapus akun akan terbuka.

6. Lanjutkan ke hapus akun Imo

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Setelah memilih satu dari beberapa alasan yang ada, misalnya, saya diganggu oleh orang asing, akan muncul dua opsi menu yakni pengaturan privasi dan lanjutkan ke hapus.

Hampir semua alasan diatas menyediakan opsi yang berbeda tapi ada kesamaan karena pilihan untuk tutup akun tersedia.

Dengan demikian, apabila sudah memilih satu dari beberapa alasan dan yakin ingin menghapus akun, klik saja opsi kedua yakni Lanjutkan ke Hapus.

7. Masukkan nomor telepon yang terdaftar

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor telepon untuk menghapus akun Imo milik anda. Jadi, masukkan saja nomor yang terdaftar di kolom kosong yang tersedia.

Apabila nomor telepon sudah di input, tombol anak panah berwarna biru di bagian atas akan aktif. Klik saja disitu untuk melanjutkan.

8. Baca pemberitahuan penting

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Langkah terakhir adalah baca pemberitahuan penting terkait dengan permintaan penghapusan akun IMO yang isinya berbahasa inggris.

Sekali lagi, jika yakin ingin hapus akun IMO secara permanen, langsung klik tombol Setuju dan Hapus di bagian bawah.

9. Konfirmasi permintaan penghapusan

Cara Hapus Akun IMO Permanen

Terakhir akan muncul laman notifikasi pop-up yang berisikan konfirmasi permintaan penghapusan akun, yang isinya seperti ini:

Yakin ingin menerapkan untuk menghapus akun? Jika yakin, langsung klik tombol Hapus yang ada dibawah.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan ditanyakan terkait postingan ini bakal di ulas dalam QnA dibawah, diantaranya:

1. Apa itu IMO?

Dari keterangan di Play Store disebutkan kalau IMO adalah aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna berkirim pesan dan melakukan panggilan suara atau video.

Sebagai gambaran, jika instal aplikasi ini, ada tiga fitur utama yang ditawarkan kepada pengguna yakni chatting, ruang dan panggilan video call.

Pada laman chatting, selain terdapat histori percakapan, pengguna juga bisa lihat kontak telepon dari teman yang juga instal aplikasi serupa.

Di laman ini juga, pengguna bisa buat story atau cerita saya untuk membagikan aktivitas terbaru kepada pengguna lain.

Fitur berikutnya adalah ruang dimana pengguna bisa buat ruang baru, melihat rekomendasi ruang sampai menjelajahi ruang yang sudah ada.

Jika akses fitur jelajah, pengguna juga bisa bergabung ke beberapa grup paling populer atau, bisa buat grup sendiri lalu ajak teman atau pengguna lain gabung.

Fitur dasar terakhir adalah panggilan dimana pengguna bisa melakukan panggilan biasa atau mungkin video call dengan pengguna lain yang pakai aplikasi serupa.

Yang menarik dari aplikasi ini, pengguna bisa melakukan chat privat dengan pengguna lain atau membuat grup privat juga.

2. Apa saja syarat hapus akun IMO secara permanen?

Tidak ada syarat khusus sepanjang ada koneksi internet dan anda, sebagai pengguna, masih punya akses ke akun IMO tersebut.

Memang sih, pengguna diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar tapi tidak diperlukan kode verifikasi atau kode OTP.

Dengan demikian, akun tetap bisa dihapus sekalipun nomor yang terdaftar di IMO sudah tidak aktif lagi. Kecuali, misalnya, dalam beberapa waktu kedepan ada perubahan kebijakan.

3. Bagaimana cara hapus akun IMO di IPhone atau iOS?

Untuk caranya kurang lebih sama seperti diatas. Kalau ada perbedaan, kemungkinan hanya dari segi tampilan saja dan akses ke pengaturan akun.

4. Apakah bisa mengembalikan akun IMO yang telah terhapus permanen?

Secara teknis memang bisa karena tidak ada informasi soal apakah pengguna bisa mendaftarkan kembali nomor yang sama dimana nomor itu sudah diminta untuk dihapus permanen sebelumnya.

Hanya saja, data-data yang terkait dengan akun lama tidak akan kembali karena sudah terhapus otomatis dari server setelah permintaan dilakukan.

Artinya, jika ada data yang menurut anda penting, sebaiknya di backup dulu dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Penutup

Disarankan, jika tak pakai lagi aplikasi ini, baiknya data-data didalamnya dihapus saja. Tujuannya tak lain untuk mengamankan data pribadi yang ada didalamnya.

Setelah data akun yang ada di IMO terhapus, jangan lupa juga copot pemasangan aplikasi di ponsel agar ruang penyimpanan lebih besar.

Demikian artikel tentang cara hapus akun IMO permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar