Cara Hapus Akun Google Gmail 2022 Dari HP dan PC

Untuk hapus akun Google baik sementara atau permanen cukup dengan menghapus akun Gmail karena keduanya teritegrasi satu dengan yang lain.

Kata Google sendiri, dalam konteks ini, mengacu pada akun Google yang digunakan untuk mengakses berbagai produk dan layanan milik Google.

Mulai dari YouTube, Google Play Store, Google Play Book, Google Maps, Google Drive, Google Form, Google Photos dan Google Lens.

Termasuk juga Googel News, Google Podcast, Google Search console, Google Analytics, Google AdSense, Google AdWords, Google AdMob dan lain sebagainya.

Sadar atau tidak, untuk bisa membuka semua layanan Google di atas, pengguna harus punya email Google yakni Gmail. Dengan demikian, jika ingin hapus akun Google, cukup dengan hapus akun Gmail.

Jadi, dua cara diatas pada dasarnya sama begitupula dengan cara hapusnya. Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Google 2022 atau cara hapus akun Gmail 2022, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Akun Google Gmail 2022 Permanen Di HP dan Komputer

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana untuk hapus akun Google dan Gmail, pengguna bisa pakai versi web atau versi aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

1. Cara Hapus Akun Google Gmail Permanen di HP

Untuk hapus akun Google atau akun Gmail di HP, pengguna harus instal aplikasi Gmail dulu. Jika pakai Android, apk tersebut terinstal secara default di ponsel.

Dan ini berbeda dengan iOS dimana harus unduh aplikasinya secara terpisah di App Store. Cara hapusnya sendiri sama seperti yang akan saya ulas dibawah.

Lantas, bagaimana cara hapus akun Google Gmail permanen di HP? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Gmail yang terinstal di ponsel anda. Jika sudah, klik icon profil yang ada di bagian atas> Pilih akun Gmail yang ingin dihapus> lalu klik Kelola akun Google Anda
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Setelah itu anda akan diarahkan ke laman pengaturan akun Gmail. Di tahap ini, klik tombol Data & Privasi seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Jika sudah masuk ke laman Data & Privasi, scroll sedikit ke bawah sampai di kolom menu lainnya. Di kolom ini, ada dua tulisan yakni Buat rencana untuk histori online dan digital anda serta Menghapus akun Google Anda. Pilih opsi kedua jika ingin hapus akun Google
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Dalam beberapa kasus, anda diminta untuk mengkonfirmasi permintaan dengan cara memasukkan kata sandi yang valid untuk akun Gmail tersebut. Masukkan saja kata sandi yang sesuai, lalu klik Berikutnya
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Anda kemudian diarahkan ke laman menghapus akun Google termasuk juga akun Gmail. Di laman ini, ada beberapa opsi menu yang tersedia dan terbagi dalam beberapa bagian. Pertama, anda diminta untuk membaca ketentuan dan dampak dari penghapusan akun dan permintaan untuk mendownload salinan data yang tersimpan. Jika ingin download, langsung klik tulisan Download Data berwarna biru dibawah. Untuk cara lengkapnya akan saya ulas terpisah pada QnA dibawah
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Selanjutnya anda diminta untuk menyetujui dengan cara mencentang kolom Saya mengerti bahwa akun ini akan dinonaktifkan yang merujuk pada penonaktifan layanan bisnis Google yang ada di kolom Pusat Pembayaran Google
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Di bagian bawah, ada beberapa informasi soal data mana saja yang terhapus seperti akun Google AdSense, Blogger dan akun Gmail
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Termasuk juga foto yang ada di Google Foto, Channel Youtube, History penelusuran, Google kalender yang ada di Android dan beberapa informasi lainnya yang disertakan
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Ada juga tambahan informasi yang ikut terhapus mulai dari sinkronisasi Chrome, kontak, aplikasi dan konten digital Google Play dan layanan Google AdWords
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Terakhir atau yang paling bawah, silahkan centang dua kolom terkait dengan pertanggungjawaban biaya yang ditimbulkan saat transaksi keuangan yang tertunda dan juga pernyataan saya ingin menghapus secara permanen akun Google dan semua datanya. Jika yakin mau hapus, langsung klik HAPUS AKUN
Cara Hapus Akun Google Gmail

Setelah itu, anda diminta sekali lagi untuk memasukkan password akun Google untuk mengkonfirmasi penghapusan akun. Jika yakin mau hapus akun tersebut, langsung klik OK

Setelah permintaan penghapusan dilakukan, langkah berikutnya adalah dengan tidak mengaktifkan kembali akun tersebut dalam jangka waktu satu bulan.

2. Cara Hapus Akun Google Gmail di Browser atau PC

Jika ingin hapus akun Google Gmail di Browser, caranya kurang lebih sama seperti diatas. Tampilannya saja yang berbeda.

Agar jelas, berikut disajikan langkah-langkah hapus akun Google Gmail di Browser atau lewat PC, diantaranya:

  • Buka browser di komputer atau laptop. Bisa juga pakai HP jika tak punya akses ke dua perangkat diatas. Jika sudah, ketikkan Gmail di kolom pencarian dan masuk pakai akun Google yang ingin dihapus akunnya
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Jika sudah, langkah berikutnya adalah klik icon profil di akun Gmail> lalu klik Manage Your Google Account. Tapi, bergantung sama preferensi bahasa yang diatur. Jika atur ke dalam bahasa Indonesia, tulisannya menjadi Kelola akun Google Anda
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman pengaturan akun Google. Di tahap ini, arahkan kursor ke menu Data Pribadi dan Privasi yang ada di bagian samping seperti yang ditandai merah pada gambar dibawah
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Apabila menu data pribadi dan privasi sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah klik arah anak panah ke bawah pada menu Opsi Lainnya. Nantinya, secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu opsi lainnya yang merupakan menu paling akhir. Akan muncul opsi yakni buat rencana untuk history dan digital anda serta menghapus akun Google Anda. Jika yakin mau hapus akun, pilih opsi yang kedua
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Untuk mengkonfirmasi permintaan akses ke layanan, anda diminta untuk memasukkan password yang valid terkait dengan akun Gmail yang ingin dihapus. Ikuti saja instruksinya sampai berhasil
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke laman penghapusan akun. Informasinya kurang lebih sama seperti diatas, dimana anda wajib centang kolom persetujuan terkait dengan pembayaran di pusat pembayaran Google dan juga kolom konfirmasi penghapusan akun Google. Jika semuanya sudah di centang, langsung klik HAPUS AKUN

Terakhir tinggal tunggu proses penonaktifan akun Google sampai berhasil. Prosesnya bisa cepat, bisa lama yang bergantung pada kecepatan jaringan saat itu.

Perhatikan, Google lebih memilih kata nonaktifkan ketimbang menghapus. Artinya apa? Artinya, akun Google atau akun Gmail tersebut tidak otomatis terhapus permanen.

Dengan demikian, disarankan untuk tidak membuka email tersebut dalam jangka waktu 1 bulan agar akun tersebut tidak aktif kembali.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA di bawah, seperti:

1. Apa saja syarat hapus akun Google Gmail?

Untuk syarat hapus akun Google dan Gmail cukup sederhana. Pertama, pastikan anda punya akses ke akun Gmail yang terintegrasi sama produk Google lainnya.

Selain punya akses, anda juga harus ingat passwordnya apa. Ini penting karena nantinya Google akan meminta anda untuk mengkonfirmasi kepemilikan akun gmail tersebut.

Selain itu, siapkan juga data-data yang mungkin saja dibutuhkan seperti nama akun Google atau Gmail yang terdaftar sampai alasan penutupan akun.

Itu saja sih. Selanjutnya tinggal sesuaikan saja apa yang diminta nantinya. Misalnya, apabila diminta untuk melampirkan nomor telepon yang terdaftar, pastikan nomor tersebut masih aktif.

2. Bagaimana cara hapus akun Google permanen?

Jika ingin hapus akun Google permanen baik itu dari HP, laptop PC, tinggal hapus akun Gmail yang caranya sudah saya jelaskan diatas.

3. Bagaimana cara hapus akun Google di HP?

Diatas sudah saya sebutkan langkah-langkah yang harus dilewati jika ingin hapus akun Google dari HP meski tutorialnya terbatas pada HP Android saja.

Dengan demikian, jika pakai HP Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo dan merek lain, caranya kurang lebih sama seperti diatas.

Disisi lain, jika pakai HP iPhone, mungkin harus pakai cara yang kedua. Alias harus download aplikasi Gmail dulu, buka web browser dan ikuti instruksi sampai akun Google Gmail berhasil nonaktif permanen.

4. Bagaimana cara menghapus email Google?

Email Google adalah Gmail. Gmail sendiri merupakan kepanjangan dari Google Mail dan keduanya terintegrasi satu sama lain.

Dimana, Gmail bisa digunakan untuk mendaftar ke produk atau layanan milik Google termasuk ke platform lain, Facebook dan Twitter misalnya.

Artinya, untuk hapus email Google di HP, bisa ikuti langkah-langkah di atas. Tapi khusus untuk pengguna Android saja. Untuk iPhone bisa sesuaikan saja caranya.

5. Bagaimana cara menghapus salah satu akun gmail di Android?

Aplikasi Gmail di Android bisa digunakan untuk mendaftar ke lebih dari satu akun. Jika ingin hapus salah satu akun yang ada, langkah pertama adalah dengan membuka email tersebut.

Caranya bagaimana? Tinggal buka aplikasi Gmail, lalu klik profil yang ada di bagian kiri atas. Setelah di klik, biasanya akan muncul daftar email yang ada di HP.

Berikutnya, tinggal klik pada akun yang ingin dihapus. Setelah di arahkan ke akun tersebut, sekali lagi klik Profil lalu klik Kelola Akun Google Anda.

Biasanya, setelah tulisan tersebut di klik, anda akan diarahkan ke laman pengaturan yang terdiri dari privasi dan personalisasi, rekomendasi keamanan, saran privasi dan lain sebagainya.

Kalau sudah, tinggal ikuti instruksi yang sama seperti diatas sampai akun Google atau email Google milik anda terhapus permanen.

6. Bagaimana cara mendownload semua data akun Google Gmail yang ingin dihapus?

Sebelum menghapus akun, ada opsi untuk mendownload data akun Google Gmail. Jika ingin download semua data, berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah masuk ke laman menghapus Akun Google Anda, di bagian atas permintaan untuk mendownload akun Google yang dimiliki. Jika ingin download semua data terkait dengan akun Google, langsung klik tombol mendownload data di bawah
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Anda kemudian diarahkan ke Google Takeout yang berisikan berbagai data yang ingin disertakan saat data di download. Bisa centang semua kolom yang ada. Setelah memilih data, langkah selanjutnya adalah memilih jenis file, frekuensi & tujuan. Jika sudah, klik Buat Ekspor
Cara Hapus Akun Google Gmail
  • Kurang lebih 1 hari, anda akan dapat email dari Google Takeout bahwa data yang diminta sudah siap untuk di unduh. Tinggal klik saja Download File disetiap tombol yang tersedia maka data akun Google bisa dilihat secara offline
Cara Hapus Akun Google Gmail

Perhatikan, jika ingin download file tersebut, anda diminta untuk memasukkan password akun Google Gmail sekali lagi.

Dan apabila semua file sudah berhasil terdownload, ikuti instruksi hapus akun Google atau hapus akun Gmail seperti yang sudah dibahas di atas.

Penutup

Ada banyak alasan mengapa ingin menghapus akun Google. Misalnya, karena punya lebih dari satu akun atau akun tersebut tidak lagi dipakai.

Kasus yang sama juga saat ingin hapus akun Gmail. Jadi, kedua cara diatas pada dasarnya sama saja karena dua-duanya merupakan produk milik Alphabet Inc.

Kalau ada tambahan, masukkan atau mungkin koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Google Gmail 2022 dari HP dan PC. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar