Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen 2022

Untuk anda yang ingin hapus akun Discord baik sementara atau permanen di versi aplikasi dan discord web, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Salah satu alasan mengapa aplikasi ini populer adalah fitur obrolannya yang lebih lengkap dengan antarmuka aplikasi yang intuitif.

Sekilas, aplikasi ini semacam komunitas online dimana pengguna bisa diskusi, video call dengan banyak orang sekaligus dan melakukan aktivitas lain.

Artinya, fitur dasar aplikasi ini sama seperti aplikasi chatting lain, WhatsApp dan Telegram misalnya. Meski jangkauan pengguna dalam grup lebih banyak.

Yang menarik, semua aktivitas di atas bisa dilakukan di versi aplikasi atau versi situs. Jadi tinggal pilih platform mana yang mau dipakai.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Discord Sementara dan Permanen baik itu di versi aplikasi atau Web, simak selengkapnya artikel ini.

Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun Discord Permanen 2022? Pasti penasaran, kan? Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara hapus akun Discord Sementara di HP

Jika pakai Discord versi aplikasi yang di download lewat Google Play Store atau App Store, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Discord yang terinstal di ponsel anda. Jika aplikasinya sudah terbuka, klik icon profil yang ada di bagian samping seperti yang saya tandai merah pada gambar dibawah
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Setelah diarahkan ke laman user settings, akan terbuka beberapa menu seperti Set Status, My Account, User Profile, Privacy, sampai app settings. Jika tujuan anda mau hapus akun Discord untuk sementara, langsung klik My Account di kategori User Settings
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Setelah masuk ke laman Account information, akan muncul informasi terkait akun mulai dari username, email, phone dan password. Untuk tutup akun Discord sementara, klik Disabled Account yang ada dibagian bawah pada kategori menu Account management
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Setelah tulisan itu di klik, anda diminta untuk memasukkan password guna mengkonfirmasi permintaan penonaktifkan akun Discord sementara. Jadi, masukkan saja password akun di kolom kosong yang tersedia lalu klik Disable
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen

Apabila akun sudah terhapus, anda akan dialihkan kembali ke laman login. Jika opsinya diatur ke sementara, maka anda bisa aktifkan kembali akun tersebut kapan saja.

2. Cara hapus Akun Discord Permanen DI PC

Fitur penghapusan akun juga tersedia bagi pengguna yang pakai versi Discord Web. Dan untuk tutup akun di Discord Web bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Discord Web pakai browser apa saja, Mozilla Firefox misalnya. Jika sudah, klik tombol Login yang ada di bagian atas
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Selanjutnya masukkan email atau nomor telepon dan password yang terdaftar di Discord. Atau, bisa pilih opsi login dengan QR Code yang ada di bagian kiri bawah. Untuk cara login Discord pakai QR Code, akan saya bahas terpisah dalam pada QnA dibawah
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Jika valid, anda langsung diarahkan ke beranda aplikasi. Di tahap ini, langsung klik Icon roda gigi seperti yang saya tandai merah pada gambar di bawah
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Secara otomatis, anda akan diarahkan ke laman pengaturan akun atau User Settings. Dan biasanya, akan terbuka menu My Account. Di tahap ini, tinggal scroll sedikit ke bawah sampai di menu Account Removal. Jika ingin hapus akun Discord permanen, klik tombol Delete Account
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Nantinya akan muncul notifikasi dimana anda diminta untuk memasukkan password guna mengkonfirmasi penghapusan akun. Jadi, masukkan saja password Valid milik anda. Jika sudah, langsung klik Delete Account
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen

Perhatikan, apabila akun Discord diatur untuk penghapusan permanen, baik di versi web atau apknya, pengguna punya waktu tunggu 24 jam atau satu hari.

Waktu tunggu ini berarti pengguna bisa mengaktifkan kembali akun yang baru saja dihapus permanen. Jika tidak, maka semua data terkait akun akan dihapus permanen.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu Discord?

Simpelnya, Discord adalah komunitas online yang memungkinkan pengguna chatting, melakukan panggilan video atau aktivitas lainnya secara online.

Untuk melakukan aktivitas tersebut, pengguna bisa buat server dulu menggunakan berbagai template yang sudah tersedia.

Apakah itu Gaming, School club, Study Group, pertemanan, artisti & Creator, local community sampai template buatan sendiri.

Setelah server berhasil dibuat, pengguna yang diajak bergabung ke server bisa lakukan berbagai aktivitas di servers tersebut secara langsung.

2. Apa saja syarat untuk hapus akun Discord?

Tidak ada syarat khusus sepanjang anda masih punya akses ke akun yang ingin dihapus termasuk juga akses internet dan juga belum ada perubahan kebijakan penggunaan layanan.

Untuk jaga-jaga, baiknya anda siapkan data-data seperti alamat email yang digunakan untuk daftar, ID Discord, kata sandi, nomor ponsel yang terdaftar sampai alasan penutupan akun.

3. Bagaimana cara login Discord Web pakai QR Code?

Jika sudah lupa password, pengguna bisa login ke Discord web pakai QR code. Caranya bagaimana? Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Saya pastikan anda sudah masuk ke halaman login Discord Web yang di bagian sebelahnya ada pilihan login dengan QR Code. Jika sudah, buka aplikasi Discord milik anda> lalu klik Profil yang ada di bagian bawah
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Setelah masuk ke profil akun, klik tombol Scan QR Code di kategori menu User Settings
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Dalam beberapa kasus, terlebih jika pakai Android, akan muncul notifikasi seperti ini: Izinkan Discord mengambil gambar dan merekam video? Pilih saja satu dari beberapa opsi yang tersedia, saat aplikasinya digunakan misalnya
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Berikutnya tinggal arahkan laman scan ke QR Code di laman login.
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Jika sudah, di aplikasi Discord, akan muncul pemberitahuan seperti ini: Are you trying to log in on the computer? Klik saja tombol Yes, Log me in
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen
  • Jika muncul pemberitahuan seperti ini: You’re in atau you’re now logged in on desktop berarti anda sudah berhasil login ke Discord Web pakai QR Code. Klik saja continue untuk melanjutkan
Cara Hapus akun Discord Sementara dan Permanen

Perhatikan, kode QR akan berubah setiap 30 detik atau lebih secara tentatif. Jika gagal login, ada kemungkinan kodenya sudah berubah.

Dengan demikian, bisa scan ulang kode yang baru sampai anda berhasil login ke Discord Web untuk kemudian digunakan sesuai keinginan.

4. Bagaimana cara hapus akun discord di laptop atau PC?

Jika pakai Discord versi desktop di laptop atau PC, entah itu Windows atau MAC, caranya kurang lebih sama seperti diatas.

Sementara, apabila anda mau hapus akun Discord dipakai versi browser atau Discord WEB, caranya sudah saya ulas diatas.

5. Bagaimana cara mengembalikan akun discord yang dihapus?

Jika hapus akun Discord untuk sementara, pengguna bisa mengaktifkan kembali akun tersebut kapan saja sesuai keinginan.

Caranya pun cukup sederhana dimana pengguna tinggal login pakai akun yang dibekukan sementara dan secara otomatis akun akan aktif kembali.

Disisi lain, jika hapus akun Discord permanen, maka pengguna tidak bisa mengaktifkan kembali akun tersebut terlebih jika sudah lebih dari 24 jam setelah permintaan dilakukan.

Artinya apa? Ada jeda waktu bagi pengguna yang hapus akun permanen, jika berubah pikiran, untuk mengaktifkannya kembali.

6. Kenapa akun Discord disabled?

Untuk penyebabnya teknis, tapi mayoritas disebabkan karena pelanggaran kebijakan saat menggunakan aplikasi Discord.

7. Bagaimana cara mengembalikan akun Discord yang lupa email?

Sebenarnya Discord mewajibkan pengguna untuk login pakai nomor telepon. Artinya, jika ada dari pengguna yang lupa email, mereka bisa masuk pakai nomor yang terdaftar.

Penutup

Memilih menonaktifkan akun mungkin jadi solusi bagi pengguna yang ingin berhenti sejenak menggunakan Discord atau mungkin ingin berhenti total.

Dengan demikian, tinggal ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas yang bisa dilakukan saat pakai versi web atau versi aplikasinya.

Demikian artikel tentang cara hapus akun Discord 2022 Sementara atau Permanen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar