Cara Hapus Akun Apple ID Sementara dan Permanen 2022

Ada dua opsi yang bisa dipilih pengguna saat menghapus akun Apple ID yakni nonaktifkan sementara dan delete permanen.

Dua opsi tersebut bisa diakses di laman yang sama. Dengan demikian, cara ini bisa dipilih jika perangkat rusak atau hilang, lupa password atau mungkin punya lebih dari satu akun.

Apapun alasan tersebut, semua kembali ke pribadi masing-masing. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus disiapkan mulai sebelum menggunakan dua fitur tersebut.

Syarat tersebut tentu berkaitan dengan data-data login seperti Apple ID dan Password termasuk kode autentikasi dua faktor dan koneksi internet.

Autentikasi dua faktor tersebut berbeda dengan kode OTP dan pengguna wajib menghubungkan ponsel ke internet agar bisa dapat kodenya.

Soal ini sudah saya bahas terpisah di bawah. Oh iya, penghapusan akun sendiri, dalam konteks ini, bukanlah menghapus akun.

Melainkan meminta Apple untuk menghapus data dan privasi pengguna dari server mereka. Dan untuk alasan keamanan, anda diminta untuk memverifikasi permintaan.

Prosesnya sendiri memakan waktu tujuh hari setelah permintaan dilakukan. Selama periode ini, akun tetap akan aktif.

Anda juga bisa mengaktifkan kembali akun tersebut dalam waktu tersebut, caranya dengan menghubungi laman support Apple.

Dari beberapa pengalaman, biasanya anda diminta untuk memasukkan kode akses yang dikirim oleh Apple ke ponsel.

Dan untuk anda yang sedang cari cara hapus akun Apple ID sementara atau tutup akun Apple permanen, simak artikel ini sampai habis.

Cara Hapus Apple ID Sementara dan Permanen 2022

Lantas, bagaimana cara hapus akun Apple ID secara permanen? Pasti penasaran, kan? Jika iya, simak artikel dibawah ini sampai habis.

1. Kunjungi laman Data & Privasi Akun Apple

Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen

Pertama, silahkan kunjungi pengaturan data dan privasi terkait dengan Apple ID. Agar lebih mudah, langsung klik tautan ini.

Untuk akses laman tersebut, pengguna bisa pakai browser yang ada di HP atau menggunakan desktop komputer.

Jika laman web diatas sudah terbuka, di tahap pertama, anda diminta untuk masuk dulu ke akun Apple yang hendak di hapus tersebut.

Jadi, langsung masukkan saja ID yang digunakan sebagai ID Apple milik anda apakah itu alamat email atau nomor telepon di kolom kosong yang tersedia lalu klik anak Panah –> untuk lanjut ke tahap berikutnya.

2. Isi password

Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen

Setelah ID Apple di input, akan muncul di kolom baru di bagian bawah dimana anda diminta untuk memasukkan password atau kata sandi valid yang digunakan.

Setelah kata sandi di input, silahkan tekan enter jika pakai desktop atau bisa tekan tombol anak panah yang ada di bagian ujung.

3. Masukkan autentikasi dua faktor

Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen

Jika passwordnya valid, anda diminta untuk memasukkan autentikasi dua faktor agar bisa diarahkan ke laman pengaturan data dan privasi akun Apple.

Sebelum itu, di ponsel, akan muncul pemberitahuan seperti ini: Proses masuk ID Apple diminta. Di Bagian bawah, ada tombol Izinkan dan jangan izinkan.

Baca Juga:

Agar bisa lanjut ke tahap berikutnya, klik izinkan. Nantinya, akan muncul kode verifikasi dimana anda diminta memasukkan kode tersebut di kolom autentikasi.

Nah tinggal masukkan kodenya di kolom kosong yang tersedia dan secara otomatis anda akan diarahkan ke laman pengaturan data dan privasi.

4. Pilih hapus sementara atau permanen

Akan muncul beberapa menu dasar terkait dengan pengelolaan akun ID Apple mulai dari dapatkan salinan data anda, transfer salinan data anda, perbaiki data anda.

Termasuk juga nonaktifkan akun untuk sementara dan hapus akun Anda. Dua opsi terakhir itulah yang akan dipilih.

Agar jelas, berikut disajikan langkah-langkah nonaktifkan akun ID Apple untuk sementara dan hapus akun Apple secara permanen.

a. Cara nonaktifkan Apple ID sementara

Jika tujuan anda hanya ingin menonaktifkan ID Apple untuk sementara dengan tujuan untuk diaktifkan lagi dikemudian hari, boleh ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada pengaturan data dan privasi, langsung klik tulisan minta untuk menonaktifkan akun anda ada opsi menu nonaktifkan akun untuk sementara dengan tujuan untuk menjeda aktivitas pada akun dan batasi akses ke data
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Kemudian akan muncul pemberitahuan soal informasi apa saja yang dinonaktifkan. Di bagian bawah, anda diminta untuk memilih alasan mengapa ingin menonaktifkan akun tersebut. Silahkan pilih satu dari beberapa alasan yang ada lalu klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Selanjutnya akan muncul beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum akun tersebut di nonaktifkan. Bisa baca informasinya satu per satu kalau sudah, langsung klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Setujui syarat dan ketentuan penonaktifkan dengan cara mencentang kolom saya telah membaca dan menyetujui ketentuan ini lalu klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Anda juga diminta untuk memilih cara untuk mendapatkan pembaharuan terkait dengan status akun. Pilih saja salah satu dari daftar yang muncul lalu klik lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen

Terakhir tinggal tunggu instruksi penghapusan akun berikutnya sampai berhasil. Prosesnya tidak terlalu lama, hanya butuh waktu tak lebih dari 1 menit.

b. Cara hapus Apple ID secara permanen

Disisi lain, apabila anda ingin menonaktifkan ID Apple secara permanen, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pada menu kelola data anda, ada tulisan hapus akun anda di bagian bawah. Jadi, langsung klik hyperlink minta untuk menghapus akun anda yang ada di bagian bawah
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Di tahap ini, akan muncul beberapa informasi terkait dengan risiko apa saja yang didapat setelah menghapus akun. Di bagian bawah, ada kolom untuk memilih alasan mengapa ingin menghapus akun. Pilih saja salah satu dari beberapa alasan yang ada lalu klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Akan muncul juga beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum akun ID Apple dihapus mulai dari paket penyimpanan iCloud yang dibatalkan, kehilangan akses ke pembelian App Store dan media, layanan akan dibatalkan dan anda tidak masuk dengan Apple. Jika yakin, langsung klik Lanjutkan dibagian bawah
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Selanjutnya anda diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penghapusan akun. Jangan lupa juga centang ketentuan saya telah membaca dan menyetujui ketentuan ini dibagian bawah lalu klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen
  • Lalu anda diminta untuk memilih satu dari beberapa cara untuk mendapatkan status pembaharuan akun. Pilih saja salah satunya dari yang muncul dalam daftar lalu klik Lanjutkan
Cara Hapus Akun ID Apple Sementara dan Permanen

Tinggal ikuti instruksi berikutnya sampai ID Apple berhasil di hapus secara permanen. Apa saja instruksi selanjutnya? Ada beberapa.

Mulai dari memasukkan kode akses yang dikirim oleh Apple, mengkonfirmasi verifikasi terkait dengan permintaan, pengingat terakhir terakhir efek penghapusan akun.

Paling terakhir adalah menghapus akun. Setelah akun dihapus, anda akan dikeluarkan dari laman situs dan jika ID masih terhubung ke HP, maka secara otomatis juga akan logout.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan terkait postingan ini bakal diulas dalam bentuk QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Apa itu Apple ID?

Apple ID adalah identitas digital yang dibuat oleh Apple untuk semua pengguna produknya seperti iPhone, iPad, Mac dan perangkat lainnya.

Didalamnya berisikan beberapa informasi pribadi untuk login ke perangkat dan juga untuk melakukan berbagai aktivitas digital seperti beli produk, bayar dan seterusnya.

Untuk buat identitas ini, bisa dengan masuk ke laman My ID Apple. Sebelum itu, wajib siapkan email yang valid, kata sandi yang terdiri dari string alfanumerik yang peka huruf besar dan kecil.

Nantinya, anda akan dapat email verifikasi permintaan pembuatan akun. Dan sejak tahun 2013, fitur keamanan sudah ditambahkan.

Dimana, fitur keamanan verifikasi dua langkah harus dilakukan untuk otentikasi dan ini juga akan didapatkan saat login dengan Apple ID.

Misalnya, saat login ke versi web, melakukan transaksi di App Store, atau mungkin mengakses pengaturan data dan privasi yang didalamnya termasuk menonaktifkan serta menghapus akun.

2. Apa saja syarat hapus akun Apple ID?

Sebelum hapus ID Apple, ada beberapa syarat wajib salah satunya berkaitan dengan ID yang digunakan untuk login.

IDnya bisa berupa email atau nomor telepon yang terdaftar. Selain itu, pastikan ponsel yang digunakan untuk login dengan Apple ID terhubung ke internet.

Karena anda akan diminta untuk memverifikasi permintaan dengan cara memasukkan kode akses yang dikirim ke ponsel dalam bentuk notifikasi dan bukan sms.

Pastikan juga masih ingat password yang terdaftar karena ini akan diminta. Bagaimana jika sudah lupa password? Maka bisa lakukan permintaan perubahan password.

3. Apa saja resiko menonaktifkan atau menghapus akun Apple?

Setelah permintaan menonaktifkan atau menghapus akun dilakukan, maka anda sebagai sebagai pengguna tidak akan dapat akses lagi ke berbagai produk dan layanan Apple, seperti:

  • Paket Penyimpanan iCloud 5GB secara otomatis akan dibatalkan
  • Penyimpanan yang telah terpakai dalam jumlah tertentu yang berisikan dokumen, foto dan data yang tersimpan di iCloud akan dihapus dari server Apple
  • Untuk menghindari hilangnya data buat salinan lokal atau cadangan.Terbuka di jendela baru. Anda juga dapat memperoleh salinan data tersebut
  • Anda akan kehilangan akses ke pembelian App Store dan media
  • Jika Anda telah membeli konten dari App Store atau Apple Books, konten tersebut tidak akan tersedia untuk digunakan atau diunduh setelah akun dihapus. Pembelian ini tidak termasuk dalam salinan data yang dapat Anda terima dari Apple
  • Selain itu, anda juga diminta untuk meninjau informasi yang digunakan untuk login termasuk langganan yang otomatis dibatalkan seperti Apple Music, HBO GO, Netflix, Washington Post dan lainnya akan dibatalkan di akhir siklus penagihan saat ini dan berikutnya

Dan setelah akun dihapus maka pengguna tidak akan punya akses lagi ke beberapa layanan seperti:

  • Anda tidak akan dapat mengakses layanan Apple atau pembelian App Store dan media
  • Foto, video, dan dokumen yang tersimpan di iCloud akan dihapus secara permanen
  • Anda tidak akan menerima pesan terbuka di jendela baru. yang dikirim ke akun Anda melalui iMessage, FaceTime, atau Mail iCloud
  • Anda tidak akan dapat masuk atau menggunakan layanan seperti iCloud, Apple Books, App Store, Apple Pay, Pesan, FaceTime, dan Lacak, atau app atau layanan lainnya yang terhubung dengan ID Apple
  • Data yang terasosiasi dengan layanan Apple akan dihapus secara permanen. Misalnya, saat login ke PUBG Mobile pakai ID Apple
  • Penghapusan tidak akan membatalkan semua perbaikan atau pesanan Apple Store. Namun, setiap janji temu yang telah dijadwalkan di Apple Store akan dibatalkan dan setiap kasus Apple Care yang masih terbuka akan ditutup secara permanen dan tidak akan tersedia setelah akun dihapus

Karena itu, sebelum menghapus akun, baiknya anda membuat salinan atau mencadangkan data yang tersimpan di iCloud.

Hanya saja, data yang diunduh tidak termasuk pembelian di iTunes Store, Apple Books dan riwayat App Store.

4. Apakah akun Bisa diaktifkan kembali setelah dihapus permanen?

Seperti yang sudah disebutkan diatas yang mana, dengan mengakses fitur hapus akun permanen, berarti anda meminta Apple untuk menonaktifkan akun tersebut.

Dan ya, akun bisa diaktifkan kembali setelah dihapus baik permanen. Anda juga punya jeda waktu 1 minggu untuk mengaktifkan kembali akun tersebut.

Apabila sudah lewat dari durasi tersebut, akun akan dihapus permanen. Dan untuk mengkatifkan kembali, maka pengguna bisa menghubungi Apple langsung.

5. Bagaimana cara hapus ID Apple Tanpa Password?

Secara teknis, anda tidak bisa hapus ID Apple tanpa menginput password. Dan ini sifatnya wajib. Sementara, apabila maksudnya adalah anda sudah lupa password, maka bisa lakukan permintaan perubahan data.

Tapi pastikan email yang terdaftar di Apple ID masih aktif dan tidak lupa password juga. Karena anda diminta untuk memasukkan kode verifikasi.

6. Bagaimana cara menghapus Apple ID di Macbook?

Pada dasarnya, anda bisa menghapus ID Apple di perangkat apa saja dengan mengikuti langkah-langkah diatas karena caranya sama.

Penutup

Memilih untuk menonaktifkan ID Apple mungkin bukan keputusan yang bijak mengingat manfaat yang didapatkan.

Selain itu, dibanding sistem operasi lain, Apple cenderung lebih ketat dan concern terhadap masalah privasi pengguna.

Jadi, kasus kebocoran data pengguna sangat minim terjadi. Kecuali karena kecerobohan pengguna itu sendiri.

Tapi, ini kembali ke pribadi masing-masing karena setiap orang punya alasan yang berbeda-beda. Misalnya, punya dua akun alias akun ganda.

Demikian artikel tentang cara hapus Apple ID sementara dan permanen 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar