STEP BY STEP: Cara Ganti IKON FOLDER Windows 10 Dengan Cepat

Di semua varian Windows entah itu Windows 7, 8.1 dan 10 memungkinkan anda ganti Ikon foldernya. Agar jelas, di artikel ini saya hendak ulas caranya gimana.

Icon folder ini juga disediakan secara default oleh Microsoft. Kalau tak mau pakai yang default, bsia costum sendiri pakai foto anda, foto kelaurga, pacar dan lain sebagainya.

Oh iya, format gambar yang digunakan sebagai icon folder adalah .ICO dan tidak bisa gunakan format lain, .PNG atau .JPG misalnya.

Lantas, bagaimana cara ganti IKON Folder di Windows 10? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

Cara Ganti IKON FOLDER di Windows 10 Dengan Cepat

Tambahan saja, cara ini hanya memungkinkan anda ganti icon di satu folder saja yang sudah ditentukan atau pilih sebelumnya.

Artinya, jika ingin ganti sebagian atau seluruh folder yang ada di komputer atau laptop, harus dilakukan satu per satu.

Perlu diketahui juga, dimensi iconnya tidak bisa diatur sesuka hati. Dengan kata lain, jika gambarnya kecil maka tampilannya juga akan kecil.

Jika gambarnya besar, tampilannya juga besar. Karena itu pilihlah gambar yang sesuai agar tampilannya pas.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan cara ganti icon Folder di Windows 10 dengan cepat.

1. Cari folder yang mau diganti iconnya

ikon folder Windows 10

Langkah pertama adalah buka komputer atau laptop anda dan cari folder mana yang mau diganti iconnya.

Bebas pilih icon folder yang mau diganti karena sebagian besar icon tersebut bisa diganti kecuali yang dikunci administrator.

Untuk mengakses file Explorer, bisa gunakan shortcut Win+E yang otomatis akan membuka file explorer di komputer atau laptop anda.

2. Buka menu konteks

Cara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Setelah temukan fiolder yang mau diganti ikonnya, klik kiri untuk membuka menu Konteks lalu klik Properties

3. Change icon folder

Cara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Jika properties sudah terbuka, arahkan kursor ke tab Costumize. Di tab inilah anda bisa mengganti Icon folder Komputer atau Laptop anda

4. Mengubah icon

Cara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Setelah tab costumize terbuka, arahkan kursor kembali ke tombol Change Icon. Otomatis akan muncul daftar icon folder default windows 10 yang bisa dipilih.

Jika punya ikon sendiri, klik Browse lalu cari ikon yang mau digunakan.

Kalau belum punya icon costum, bisa pilih salah satu dari icon default yang tersedia. Setelah memilih, klik OK untuk menyimpan.

Selesai. Sampai disini anda sudah berhasil ganti ikon folder di Windows 10. Untuk hal-hal teknis terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah ini.

Question and Answer [QnA]

QnA dibawah ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang fitur costum folder di Windows 10. Berikut daftar pertanyaannya:

1. Dimana file icon folder ini tersimpan?

Microsoft secara default menyediakan icon folder di sistem operasi mereka dalam paket instalasi Windows 10.

Letaknya tergantung di partisi mana anda menyimpan data-data Windows. Jika pakai partisi C: maka iconnya tersimpan di folder-folder seperti ini:

  • C:Windowssystem32shell32.dll
  • C:Windowssystem32imageres.dll
  • C:Windowssystem32moricons.dll
  • C:Windowsexplorer.exe

2. Bagaimana cara mengubah Icon folder Shortcut?

Windows 10 juga memungkinkan anda untuk mengganti icon folder shortcut yang terletak di layar depan atau beranda komputer.

Bentuknya sih shortcut namun tetap bisa diganti iconnya. Sebagai contoh, di layar beranda anda terinstal beberapa aplikasi salah satunya adalah Google Chrome.

Anda bisa mengganti iconnya dengan gambar yang diinginkan. Untuk menggantinya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Klik kiri di aplikasi atau folder shortcut yang mau diganti iconnya untuk membuka menu konteks lalu klik PropertiesCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Setelah laman properties terbuka, otomatis anda akan diarahkan ke data laman shortcut. Untuk ganti ikon, klik Change IconCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Di tahap ini, pilih satu dari daftar icon yang tersediaCara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Beberapa aplikasi sudah menyediakan icon default yang bisa dipilih. Sebagai contoh, icon shortcut Google Chrome hanya tersedia tujuh icon default saja.

Selain itu, anda enggak diizinkan untuk menggunakan icon lain karena alasan kompatibilitas. Jika yang diganti folder, kemungkinan ada pilihan lain.

Untuk costum icon aplikasi lain, Microsoft Edge misalnya, ikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas.

3. Bagaimana cara ganti dekstop Icon?

Dekstop Icon ini mencakup beberapa folder utama yang ada di Windows 10 seperti My Computer, Recycle Bin, Network dan lain sebagainya.

Jika ogah dengan tampilannya yang itu-itu sajasaja, anda bisa menggantinya. Meski cara gantinya berbeda dengan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.

Sebab disini anda harus mengakses pengaturan dasar di komputer atau laptop. Agar jelas, berikut langkah-langkah ganti desktop icon:

  • Buka komputer atau laptop yang digunakan> Lalu klik pengaturan atau settingsCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Setelah itu klik PerzonalisationCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Di tab personalisasi, pilih Theme dan scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan Related settings lalu klik tulisan Dekstop Icon SetingsCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Nantinya menu pengaturan icon dekstop akan terbuka. Silahkan pilih icon yang mau diganti. Sebagai contoh, saya klik tulisan This PC> lalu klik Change IconCara Ganti IKON FOLDER Windows 10
  • Berikutnya anda akan disuguhkan beberapa daftar icon desktop yang bisa dipilih. Jika punya icon sendiri, klik Browse dan cari icon tersebut. Kalau sudah, klik OK untuk menyimpanCara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Untuk mengganti icon dekstop yang lain, Recycle Bin misalnya, ikuti saja langkah-langkah diatas sampai berhasil.

4. Cara mengembalikan icon folder ke versi default

Untuk mengembalikan icon folder ke versi defaultnya, tinggal ikuti petunjuk yang sama seperti diatas, namun di tahap akhir perintahnya berbeda.

Agar lebih paham, berikut langkah-langkah mengembalikan icon folder ke versi default atau versi standarnya:

  • Buka folder yang ingin dikembalikan iconnya ke versi sebelumnya. Disini berarti anda memilih folder yang telah anda ganti iconnya
  • Setelah itu, klik kanan untuk membuka menu konteks> Properties
  • Jika menu Properties telah terbuka, masuk ke menu Costumize> lalu klik Change icon
  • Setelah masuk ke menu Change Icon> klik tombol Restore DefaultsCara Ganti IKON FOLDER Windows 10

Perintah ini secara otomatis akan mengembalikan icon folder ke versi default atau awal. Jika langkah ini sudah selesai, klik OK untuk menutup jendela change icon.

Kadang kala, mengembalikan bentuk folder ke versi sebelumnya hanya menghilangkan iconnya saja dan enggak mengembalikan ke format folder paling awal.

5. Bagaimana cara costum gambar icon folder dengan foto sendiri?

Dalam konteks costum ini, saya asumsikan anda tidak menggunakan file yang disiapkan Windows alias file defaultnya.

Melainkan foto sendiri entah itu foto keluarga, foto pacar, foto teman atau foto hewan peliharaan yang telah kostumisasi sedemikian rupa.

Dengan demikian, ikon folder windows 10 milik anda terlihat lebih menarik, beda dan unik dibanding pakai icon bawaan.


Baca Juga:


Dan untuk costum gambar icon jadi foto sendiri, harus ubah dulu formatnya jadi .ico, yang merupakan format dasar untuk semua folder Windows 10.

Format .ico sendiri adalah file gambar atau foto berukuran kecil yang bisa digunakan sebagai gambar folder di Windows 10.

Format ini punya beberapa keunggulan karena selain bisa digunakan untuk ikon folder, juga mendukung berbagai ukuran dan tingkat kedalaman warna.

Dengan demikian, sekalipun ukurannya besar, file ini bisa diskalakan kembali tanpa harus kehilangan kualitas.

Di Windows 10, semua ikon yang ada berformat .ICO. Di varian terbarunya, format ini punya ukuran 256×256 piksel dan terdapat 24 bit warna dan 8 bit transparansi.

Untuk mengubah format file dari .PNG, .JPG atau format lainnya ke .ICO, bisa gunakan beberapa alat pengeditan macam CorelDRAW atau tools online lainnya.

Lantas, bagaimana cara costum gambar ke format .ico? Bisa menggunakan beberapa tools dibawah ini:

a. Menggunakan convertico.com

Convertico.com adalah salah satu tools online serbaguna yang memungkinkan anda mengovert file PNG jadi ICO dengan mudah dan sederhana.

Selain itu, tools ini juga memungkinkan anda mengcompres file PNG atau membuat favion yang bisa digunakan di situs atau blog.

Berikut langkah convert PNG ke ICO menggunakan situs convertico.com:

  • Pertama, siapkan dulu file [gambar atau foto] yang akan diconvert jadi .ICO
  • Jika file itu sudah ada, langkah berikutnya adalah buka situs convertico.com atau klik saja tautan ini
  • Kalau situsnya sudah terbuka, klik tombol Drop your .png files here, or click to select them manually! Atau bisa masukkan url gambar atau file. Oh iya, anda bisa upload sampai 50 foto sekaligus, yang terpenting semua foto itu ukurannya dibawah dari 2MB
  • Selanjutnya klik Go untuk memulai proses covert.

Sampai disini anda sudah berhasil ubah file PNG ke .ICO. Setelah file di convert, jangan lupa save atau simpan diperangkat untuk kemudian digunakan saat mau costum ikon folder.

b. Menggunakan situs image.online-convert.com

Agar artikel ini lebih kaya, saya mau pakai tools lain dengan fungsi yang sama yakni image.online-convert.com.

Tools ini sangat serbaguna, yang mana, anda bisa convert file format apa saja jadi ICO mulai dari GIF, EPS, BMP, SVG, TGA, TIFF dan lain sebagainya.

Juga tersedia pengaturan opposional yang memungkinkan anda mengubah ukuran, warna, enhance, nilai pixel termasuk Black and white threshold.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut cara mengubah format JPG [JPEG] ke ICO menggunakan situs image.online-convert.com.

  • Pertama, buka dulu situs image.online-convert.com atau klik saja tautan ini
  • Jika situsnya sudah terbuka, langkah berikutnya adalah klik tombol Choose file untuk mengunggah file yang ingin di konversi jadi ICO. Jika file itu belum ada di computer atau laptop, bisa memasukkan urlnya saja atau menghubungkan akun Dropbox dan Google Drive anda ke tools ini
  • Akan ada proses pengunggahan file ke tools. Jika berhasil terunggah, klik start conversion. Sebelum itu, bisa atur dulu pengaturan oposionalnya
  • Tunggu proses convertingnya sampai berhasil. Setelah berhasil, klik tombol Download untuk menyimpan file itu ke perangkat. Ada juga metode download lain yang tersedia, Download file as ZIP dan Cloud Upload contohnya

Tools ini sudah tersedia versi aplikasinya yang bisa di unduh di Google Play Store dan App Store dengan nama File Converter – by online-convert.com

Jadi anda bisa gunakan versi situs [desktop] atau versi aplikasinya yang metode dan caranya kurang lebih sama.

c. Download costum icon folder di Google

Alternatif lain yang bisa anda coba adalah dengan mencari file gratis yang bisa digunakan sebagai icon folder di Google atau mesin pencari lain.

Ada bayak kok situs web yang menyediakan icon folder ini, gratis pula. Kalau mau lebih bergaya, bisa beli yang premium.

Oh iya, setelah convert JPG atau PNG ke ICO, berikutnya adalah ikuti langkah-langkah ubah icon folder seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Penutup

Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk mengganti icon folder yang diletakkan di bilah tugas atau navigasi.

Sebab folder itu merupakan folder pintasan yang fungsinya seperti yang ada di beranda laptop atau dekstop anda.

Beberapa waktu lalu juga saya mencari cara untuk mengganti icon folder untuk Drive. Namun karena drive bukanlah pintasan, maka saya kesulitan untuk menggantinya.

Untuk anda yang ingin ganti Icon Drive di Windows 10 silahkan gunakan tools Drive Icon Changer yang bisa didownload di Microsoft Store.

Demikian artikel tentang cara ganti ikon folder di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

2 pemikiran pada “STEP BY STEP: Cara Ganti IKON FOLDER Windows 10 Dengan Cepat”

Tinggalkan komentar