Cara Dapatkan Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

5 Likes 7 Comments
Cara Dapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink gratis berkualitas untuk blog, salah satu caranya adalah dengan mengirim artikel ke Viva.co.id

Sebenarnya, untuk memperoleh backlink yang benar-benar berkualitas itu sangat sulit. Apalagi, rata-rata backlink saat ini sudah dikomersialkan.

Artinya, sudah banyak blogger yang menjadikan backlink sebagai salah satu sumber penghasilannya.

Mengapa sih banyak blogger yang mencari Backlink? Karena Backlink secara langsung berkontribusi pada popularitas blog, Page rank, alexa rank termasuk juga Domain Authority dan Page Authority.

Di artikel kali ini saya akan mengulas tentang cara mendapatkan backlink gratis berkualitas dari salah situs berita terbesar di Indonesia yakni dari viva.co.id

Viva.co.id adalah member dari kanal TV nasional yang cukup populer di masyarakat yakni ANTV dan TV One. Menariknya lagi, situs ini punya DA dan PA yang sangat tinggi.

Untuk Otoritas Domain sudah menyentuh angka 87 sementara Otoritas Halamannya sudah 67. Untuk rangking Moz sudah 6.1. Dengan kata lain, situs ini punya reputasi yang bagus di Google.

Meksi punya DA dan PA tinggi, viva.co.id enggak pelit Backlink sehingga para blogger atau pemilik webiste bisa mendapatkan backlink secara gratis dari portal berita yang satu ini.

Untuk mendapatkan backlink dari Viva.co.id pun sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja .

Sebelum lanjut pada pembahasan, baiknya anda baca dulu deh 3 tips mendapatkan backlink berkualitas dari viva.co.id

Tips agar mendapatkan backlink gratis berkualitas dari Viva.co.id

Lalu apa saja tips untuk dapat backlink berkualitas dari viva? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Konten harus unik, menarik dan belum pernah di publikasikan di media-media lain selain dari blog

Dibagian ini anda harus membuat konten yang menarik yang mampu menggerakan orang-orang untuk membaca artikel anda.

Selain menarik, juga harus unik dan belum pernah di publikasikan di media lain. Artinya apa? Artinya, konten yang anda submit ke Viva.co.id adalah artikel yang fresh dan punya nilai kebaharuan.

2. Bukan konten plagiat

Nah ini yang paling penting. Usahakan, konten yang anda submit ke Viva bukanlah konten plagiat atau ada unsur plagiarismenya seperti mengutip tanpa menyertakan sumber artikel.

3. Bukan konten yang berunsur SARA

Selain konten plagiat, konten yang berunsur SARA juga dilarang. Poin ini termasuk konten promosi, judi, po*nografi, spam dan lain sebagainya.

4. Bahasanya mengalir

Juga bahasa yang digunakan pada tulisan harus ramah dan enak dibaca. Lebih bagus juga kalau tulisan tersebut sesuai dengan POEBI [dulu EYD].

Perhatikan juga unsur keterbacaan artikel, karena faktor inilah yang akan menentukan apakah artikel anda itu bakalan di publish atau tidak.

Keterbacaan ini berkaitan dengan nilai konten yang dapat dibaca oleh semua kalangan usia. Karena viva.co.id gak mau memberikan backlink untuk artikel berkualitas rendah.

Cara mendapatkan backlink gratis berkualitas dari viva.co.id

Setelah mengetahui syarat sebelum mensubmit artikel ke Viva, berikutnya akan saya bahas tentang cara dapat backlink gratis berkualitas dari viva.co.id.

Langkah-langkahnya cukup mudah kok. Tapi Sebelum mendapatkan backlink berkualitas dari viva.co.id usahakan agar anda sudah terhubung ke internet dan mengunakan laptop.

Anda juga bisa memilih mengaktifkan mode di ‘Situs Desktop’ jika anda menggunakan smartphone.

Saran saya sih, ada baiknya anda menggunakan laptop atau komputer karena prosesnya akan lebih mudah jika menggunakan desktop.

Lantas bagaimana caranya? Pasti penasaran kan? Nah berikut disajikan cara dapat backlink berkualitas dari viva.co.id. Ini artikelnya:

  1. Silahkan mendaftar sebagai member viva.co.id dan isi profil pada kolom yang tersedia. Usahakan agar kolom yang ada terisi semua. Anda juga bisa mendaftar menggunakan Gmail dan Facebook agar lebih gampang. Untuk mendaftar anda tinggal masuk saja ke bagian Profile atau klik saja tautan ini.
  2. Setelah mendaftar langkah berikutnya adalah copy iFrame viva.co.id dan masukan di dalam blog anda dalam bentuk widget. Jika anda Menggunakan Blogger, silahkan klik Layout> Tambahkan Widget> HTML/JavaScript lalu tempelkan kode iFramenya. Jika anda menggunakan WordPress silahkan masuk ke Dashboard> Tampilan> Widget> HTML Khusus> Tambahkan Widget.

    Cara dapatkan backlink berkualitas dari situs besar
    Gambar 1. Widget viva
  3. Setelah itu, silahkan klik Kirim Blog untuk mensubmit artikel
  4. Disini silahkan Judul, Isi artikel, URL, Gambar artikel, sumber gambar dan jangan lupa setujui persyaratan serta selesaikan Chapca. Pastikan semua yang anda masukan saat proses pengiriman artikel ke viva itu sudah sesuai dengan yang ada didalam blog anda. Terkadang memang gambarnya harus diganti, anda juga bisa memasukkan gambar artikel dengan ukuran tertentu dan berkualitas bagus. Usahakan juga anda memasukkan semua artikel di blog anda pada kolom Isi blog dan bukan hanya sebagian saja. Jika artikel anda sangat panjang, isi saja dengan 200-300 karakter pertama. Mengapa? Karena Tim Viva akan membaca artikel keseluruhannya dulu, jika layak, maka mereka akan mengambil 100 karakter pertama saja dan mengarahkan karakter lainnya ke blog anda dan disinilah anda akan mendapatkan backlink.
    cara dapat backlink berkualitas
    Gambar 2. Cara submit artikel

    cara dapat backlink berkualitas
    Gambar 3. Cara submit artikel
  5. Jika sudah, klik Kirim.

Tidak ada pemberitahuan jika ada artikel anda yang anda kirim berhasil di publish atau tidak. Untuk mengetahuinya, silahkan pantau terus laman viva.co.id/blog.

Kalau artikel anda sudah nongol disana, berarti tim viva menerima artikel anda. Kalau gak, silahkan coba dengan artikel yang lain.

QnA yang sering ditanyakan oleh Blogger

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan Blogger terkait dengan postingan ini. Beberapa diantaranya:

1. Apakah mas sudah pernah dapatkan trafik dari viva? Bisa lihat jumlah trafiknya?

Ya, saya sudah pernah dapatkan trafik dari viva.co.id baik di blog ini ataupun di blog saya yang lain. Trafik terbanyak yang pernah saya dapatkan untuk satu artikel itu hampir 5k [Lihat gambar dibawah ini].

Cara dapatkan trafik
Gambar 4. Trafik dari viva
Cara dapatkan trafik
Gambar 45 Trafik dari viva
Cara dapatkan trafik
Gambar 6. Trafik dari viva

Trafik ini sendiri hanya bertahan dalam beberapa hari saja. Paling lama 3 hari. Jadi, semakin lama, trafiknya semakin turun.

2. Saya sudah submit artikel, tapi kok gak di posting oleh Tim Viva?

Untuk hal ini, menurut saya pribadi, karena artikel anda mungkin gak layak dan gak sesuai dengan panduan sindikasi artikel viva.

Oleh karena itu, saran saya, coba submit artikel lain di blog anda, siapa tahu artikel tersebut bisa di posting oleh tim viva blog.

3. Bagaimana metode submit artikel?

Biasanya, saya copy semua isi artikel saya di blog lalu submit di viva. Saat diterbitkan, Tim viva hanya mengambil 3 paragraf awal dari artikel yang saya submit, lalu ditautkan ke URL asli. Tautan itu, yang saya sebut backlink, ada pada tulisan Selengkapnya…

4. Apakah pendapatan bertambah setelah submit artikel?

Berdasarkan pengalaman pribadi, pendapatan AdSense bertambah setelah submit artikel di viva. Bahkan, melebih pendapatan harian.

Hal ini adalah sesuatu yang wajar, karena pendapatan dipengaruhi oleh trafik. Jadi kalau trafik yang didapatkan dari sindikasi artikel ini tinggi berarti pendapatan dari AdSense juga meningkat.

5. Apakah backlink yang didapatkan dari viva berkualitas?

Di judul saya menyebut kata berkualitas, meskipun saya sendiri tidak begitu yakin apakah backlink yang didapatkan itu berkualitas.

Ingat, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas itu gak gampang dan kalau dilihat dari ciri-cirinya, saya pastikan kalau backlink dari viva.co.id cukup berkualitas.

6. Apakah berdampak pada PA dan DA blog?

Ya, dan ini sudah saya buktikan sendiri. Saat salah satu artikel saya dipublish di viva, trafik blog naik dengan drastis.

Selain trafik, juga ada peningkatan DA dan PA blog. Untuk DA, peningkatannya cukup signifikan dari 0 menjadi 4. Sementara untuk otoritas halaman juga meningkat dari 2 menjadi 3.

Penutup

Bagi saya pribadi, salah satu teknik untuk bisa meningkatkan popularitas blog adalah dengan menjadi guest post atau mengikuti sistem sindikasi artikel di situs besar seperti Viva.co.id.

Semua cara ini saya lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, gratis, instan dan secara langsung berkontribusi untuk meningkatkan popularitas blog.

Karena itu, manfaatkanlah semua cara yang mungkin bisa membantu meningkatkan pertumbuhan website atau blog anda, salah satunya lewat sindikasi artikel di situs besar.

Demikian artikel Cara Dapatkan Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ~

You might like

7 Comments

  1. Beberapa bulan pernah coba tapi gk ada respon, kira2 gmna ya biar bisa dapet backlink dari viva gan?

    1. Kalau gak ada respon selama berbulan-bulan, berarti gak diapprove. Saran ane, coba ganti dengan artikel lain di blog agan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *