12+ Cara Dapat Uang Dari Instagram 2020 Dengan Mudah dan Praktis

6 min read

cara dapat uang dari instagram

Sebenarnya ada banyak cara dapat uang dari Instagram. Mulai dari jualan produk hingga menjadi selebgram.

Perlu diingat, sekalipun potensi untuk menghasilkan uang dari Instagram sangat besar tapi jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka hasilnya akan sama saja.

Disini berarti anda melihat Instagram bukan saja sebagai media sosial atau tempat unggah foto semata tetapi sebagai lumbung penghasilan yang menjanjikan.

Dan ada banyak alasan mengapa Instagram sangat populer dikalangan masyarakat, diantaranya:

  • Feednya yang menarik
  • Logaritma yang diterapkan berbasis minat
  • Tampilannya yang ramah seluler
  • Penggunanya yang bening-bening
  • Registrasinya yang mudah
  • Dan lain sebagainya

Beberapa hal diatas yang jadi alasan kunci mengapa Instagram populer, terlebih di kalangan milenial.

Pemiliknya, bang Mark tentu saja dapat keuntungan berlipat ganda dari bertambahnya pengguna Instagram.

Sementara, para pelaku bisnis entah yang besar atau yang masih berstatus UMKM memperoleh lahan promosi baru untuk memasarkan produk dan bisnis mereka, gratis atau berbayar.

Perputaran bisnis inilah yang memungkinkan pengguna memperoleh bias cuan tanpa perlu bergabung dengan mitra periklanan seperti AdSense di Youtube dan InStream di Facebook.

Apa itu Instagram?

Instagram adalah aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna berbagi foto atau video dengan gratis dan mudah.

Aplikasi ini kompatibel dengan semua jenis perangkat seluler entah itu Apple, Android dan Windows Phone yang dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada oktober 2010 lalu.

Tahun 2012, platform ini di akuisisi Facebook sebesar 14 triliun Rupiah. Jumlah ini tentu sangat kecil mengingat pendapatan tahunan Instagram menyentuh angka 200 Triliun lebih.

Sejak di akuisisi Facebook, Instagram memang mengalami pertumbuhan yang pesat. Tahun 2019 saja pengguna aktifnya menyentuh angka 1 miliar orang per bulan.

75% pengguna berusia dibawah 35 tahun yang merupakan rentang usia produktif dengan tingkat konsumsi rumah tangga tinggi.

Makanya, banyak pengiklan yang berbondong-bondong menggunakan Instagram untuk memasarkan produk mereka, langsung ataupun tidak.

12+ Cara Dapat Uang Dari Instagram

Lantas bagaimana cara dapat uang dari Instagram? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara apa saja itu? Pasti penasaran kan? Berikut daftarnya untuk anda.

1. Jadi influencer di Instagram dengan cara endorse barang atau produk orang lain

cara dapat uang dari instagram

Influencer itu apa sih? Endorse itu yang gimana? Intinya begini, Influencer adalah pengguna Instagram dengan followers yang sangat banyak.

Dalam konteks influencer tidak selalu merujuk pada satu media sosial, Facebook atau Instagram misalnya, tetapi juga blog dan channel Youtube.

Disisi lain, endorse adalah barang atau produk yang dipromosikan oleh satu perusahaan atau entitas bisnis lewat influencer.

Sistemnya mirip dengan postingan bersponsor baik dalam bentuk teks, video atau foto namun medium yang digunakan adalah fitur yang ada di Instagram baik story atau postingan.

Postingan semacam inilah yang memungkinkan influencer dapat uang. Lantas bagaimana cara jadi influencer?

Untuk jadi influencer sebenarnya sangat mudah dimana anda hanya perlu meningkatkan followers akun milik anda.

Standarnya berapa? Enggak ada standar pasti. Bisa seribu, dua ribu hingga jutaan orang. Terlebih jika keterlibatan followersnya cukup tinggi maka makin besarlah peluang untuk jadi influencer.

Influencer itu bisa siapa saja mulai dari artis, calon artis, anak artis, ponakan aktor, guru, pengusaha, ibu-ibu rumah tangga seperti Tante Erni sang pemersatu bangsa dan lain sebagainya.

Yang terpenting followersnya banyak, engagement akunnya bagus dan terurus dengan baik pasti akan ada tawaran endorse.

Jika sudah memenuhi kriteria tersebut tapi tak kunjung dapat tawaran, bisa manfaatkan beberapa situs influencer marketing yang akan saya ulas di poin berikutnya.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai influencer, endorse dan lain sebagainya sudah saya ulas di artikel saya sebelumnya, seperti:

Skema penghasilan influencer sangat beragam termasuk bayaran yang diterima begitu juga produk yang dipromosikan.

2. Jadi selebgram

cara dapat uang dari instagram

Loh, bukankah selegram juga dapat penghasilan dari endorse? Dengan kata lain, mereka itu influencer kan? Betul.

Seorang selebgram bisa disebut influencer sepanjang ia menerima endorse. Sementara, seorang influencer tidak dapat disebut selebgram jika ia menggunakan akunnya tersebut hanya untuk endorse atau pengikutnya masih sedikit.

Bagaimana cara membedakan mereka? Caranya sangat mudah. Lihat followers dan popularitas akun Instagram mereka.

Para selebgram ini punya followers yang sangat banyak. Standarnya sih menurut saya pribadi adalah 1 juta pengikut.

Tentu standar ini lebih tinggi dari dari influencer. Dan mereka terkadang tidak mempromosikan produk orang lain tapi tetap bisa menghasilkan uang dari Instagram.

Caranya gimana? Ada banyak cara. Salah satunya dengan mempromosikan produk atau bisnis milik mereka.

3. Bergabung ke platform influencer marketing

cara dapat uang dari instagram

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa platform influencer marketing yang memungkinkan anda dapat uang dari akun Instagram dengan mudah.

Cara kerjanya mirip dengan endorese tapi anda menggunakan jasa perantara atau platform lain yang menghubungkan anda dengan advertiser atau pemasar.

Ada beberapa contoh platform influencer marketing yang jadi perantara influencer dan pemilik bisnis, diantaranya:

  • JAG Rewards yang merupakan platform influencer mikro yang memungkinkan influencer dapat sponsor dari akun IG milik mereka
  • Sosiago yang merupakan platform influencer produk yang memungkinkan pemilik akun Instagram, Facebook, Blog dan Youtube bertemu pengiklan untuk memasarkan produk mereka
  • SociaBuzz yang merupakan marketplace creator dan influecer penghasil uang yang memungkinkan pemasar untuk mencari influencer sesuai keinginan

Selain tiga platform diatas, anda juga bisa bergabung dengan platform lain seperti Allstars, Buzzhero dan seterusnya.

Sebagai contoh, di sosiago, brief offeringnya kebanyakan meminta anda untuk memposting produk lewat instastory yang harus di highlight selama 5 hari.

Dalam konteks ini, berarti anda harus posting 5 placement secara berturut-turut. Hanya saja, minumum followersnya ditentukan oleh pihak advertiser.

Rata-rata, untuk bisa bergabung sama campaign di Sosiago itu minimum followers Instagram anda sudah harus lebih dari 10.000 orang.

Standar followersnya sih tergantung sama advertiser dengan tarif atau biaya rata-rata tak lebih dari 300.000.

4. Jadi manajer akun

cara dapat uang dari instagram

Skema bisnis yang satu ini baru mencuat beberapa tahun belakangan. Meski demikian sudah sudah banyak orang yang menggelutinya.

Tugas manajer akun biasanya hanya mengatur rencana bisnis, menghubungkan pemilik bisnis dengan influencer atau bekerja sama dengan brand-brand untuk tujuan endorse.

Sudah banyak pemilik akun Instagram yang menggunakan jasa semacam ini karena berbagai alasan, sibuk dengan pekerjaan utama misalnya.

Bayaran yang didapatkan manajer akun itu bagaimana? Tergantung pembicaraan. Ada yang dapat bayaran berdasarkan komisi ada juga yang dibayar bulanan alias digaji.

5. Jadi admin Instagram orang lain

cara dapat uang dari instagram

Cara dapat duit dari Instagram dengan poin ini tugasnya jauh lebih luas dari poin sebelumnya yang sudah saya ulas atas.

Di tahap ini, anda diberi kewenangan oleh pemilik akun untuk mengelola akun tersebut. Dengan demikian, anda punya beberapa tugas dasar seperti:

  • Membalas komentar pengikut atau followers
  • Mengatur bisnis untuk endorse
  • Membalas DM orang lain
  • Membuat postingan baru beserta caption dan hastag

Dengan demikian, tugas admin media sosial lebih banyak ketimbang manajer akun. Karena admin Instagram adalah orang yang mengelola suatu akun IG milik selebgram atau influencer.

6. Promosi bisnis yang dimiliki

cara dapat uang dari instagram

Kalau anda punya produk sendiri, anda bisa manfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk tersebut baik langsung ataupun tidak.

Secara umum, ada beberapa model promosi yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Menggunakan Facebook ads yang terintegrasi dengan Instagram
  • Promosi secara manual seperti mengikuti orang lain agar produk anda bisa muncul di beranda mereka
  • Promosi dengan influencer
  • Menggunakan jasa engagment akun yang pengikutnya banyak untuk mempromosikan akun milik anda

Promosi semacam ini bisa disesuaikan sama kebutuhan dan budget anda. Jika ingin menjangkau audiens yang besar namun spesifik pada satu wilayah atau umur silahkan gunakan Facebook ads.

Jika menargetkan orang-orang dengan minat tertentu silahkan gunakan jasa influencer.

7. Affiliasi berbayar

cara dapat uang dari instagram

Affiliasi adalah salah satu skema bisnis dimana anda memasarkan produk orang lain lalu dapat komisi dari penjualan produk tersebut.

Pada prinsipnya mirip sama referral link namun affiliasi fokus pada pembelian produk-produk online seperti template atau tema berbayar.

Jika pengikut akun Instagram anda lumayan banyak, manfaatkan akun tersebut untuk mempromosikan tautan affiliasi lewat story atau postingan.

Baca Juga : 31 Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Salah satu kelemahan teknik ini adalah terbatasnya durasi cookie yang akan hangus dalam jangka waktu tertentu, 2 minggu misalnya.

Dan anda pasti sudah tahu kalau memposting link di IG itu enggak do-follow. Artinya, link tersebut bukanlah link arahan yang mengarahkan pengikut ke produk langsung.

Karena itu, pintar-pintarlah mempromosikan tautan affiliasi milik anda salah satu caranya dengan memanfaatkan tools pemendek URL agar pengguna bisa mengingat tautan tersebut untuk kemudian dicari pakai Browser.

8. Jasa engagement

cara dapat uang dari instagram

Jasa enggagement juga lagi marak di tawarkan oleh pemilik akun Instagram yang followersnya banyak alias bejibun.

Konsepnya sederhana dimana akun A akan mempromosikan akun seseorang untuk tujuan tertentu, tambah-tambah followers misalnya.

Imbalannya tergantung pembicaraan. Bisa berupa uang, produk digital atau produk fisik. Nilai produk atau uang juga bergantung sama kesepakatan.

Biasanya disesuaikan sama target atau durasi yang dipilih oleh pengguna jasa ini. Misalnya, pengguna jasa hanya akan membayar sejumlah uang yang disepakati apabila akun sudah mencapai 1k atau 10k pengikut.

Atau akun anda dipromosikan berdasarkan durasi tertentu, 3-4 hari misalnya. Jadi berapapun followers yang didapat pengguna jasa tetap bayar sesuai kesepakatan.

9. Tawarkan jasa lain

cara dapat uang dari instagram

Saya juga sering melihat jasa-jasa lain yang ditawarkan pemilik akun Instagram kepada pengikutnya. Beberapa jasa yang populer adalah:

  • Jasa pembuatan foto kartun dengan biaya yang cenderung lebih murah tapi bergantung dari proses pembuatannya. Jika dibuat secara manual dalam bentuk lukisan harganya tentu lebih mahal. Sementara jika dibuat secara digital biayanya cenderung lebih murah
  • Selanjutnya adalah jasa pembuatan video invite. Yang paling sering saya lihat adalah video invite undangan, pernikahan dan ulang tahun misalnya. Biayanya tergantung durasi dan template yang dipilih namun harga rata-ratanya tak sampai 1 juta. Konsep bisnis yang satu ini juga menarik untuk ditawarkan pada pelanggan terlebih jika akun Instagram anda pengikutnya sudah banyak
  • Saya juga sering melihat jasa Search engine optimization [SEO] termasuk antek-anteknya seperti jasa landing page, pembuatan artikel SEO dan seterusnya
  • Serta jasa pembuatan produk digital lain seperti logo perusahaan, template presentasi, infografis dan lain sebagainya

10. Dropship atau reseller

cara dapat uang dari instagram

Anda juga bisa memanfaatkan akun instagram anda untuk menjual produk-produk yang diinginkan meskipun produk tersebut bukan milik anda.

Caranya dengan menjadi reseller atau dropshipping. Apa sih reseller itu? Dropshipping itu gimana? Intinya begini, anda menjual produk atau barang orang lain.

Jika ada yang tertarik membeli barang yang dipromosikan, mereka akan menghubungi anda untuk membayar uang muka.

Setelah itu supplier akan mengirim barang tersebut kepada anda untuk diantar ke pembeli. Untuk reseller, terkadang anda harus menyiapkan modal untuk membeli barang-barang tersebut untuk kemudian dipasarkan kembali.

Sementara, dropshipping mengharuskan anda berkomunikasi dulu sama pemilik toko untuk mengetahui ketersediaan barang sebelum dijual atau dipromosikan.

Dua-duanya punya kelebihan sendiri begitu juga kelemahannya. Dan tergantung anda mau pilih yang mana.

11. Jual foto terbaik milik anda

cara dapat uang dari instagram

Sudah banyak pengguna yang memanfaatkan akun Instagram milik mereka untuk menjual foto karya mereka.

Foto-foto yang dijual pun cukup beragam mulai dari foto diri sendiri, foto hewan, foto makanan dan lain sebagainya.

Konsep jualan foto yang satu ini cukup menjanjikan terlebih bagi mereka yang enggan bergabung dengan situs jual beli foto online seperti shutterstock.

Lagipula, menjual foto di Instagram lebih fleksibel dan mudah ketimbang bergabung dengan situs jual beli foto online yang banyak syaratnya.

12. Jualan akun IG yang followersnya banyak

cara dapat uang dari instagram

Yang terakhir adalah menjual akun IG yang followersnya banyak. Dan ini cukup lazim dilakukan oleh mereka yang hobi ternak akun.

Harga bergantung dari jumlah followers akun IG tersebut. Yang pasti, semakin banyak followersnya maka maka semakin mahal harganya.

Sepanjang yang saya tahu, untuk saat ini, harga akun IG dengan follower 10k berkisar 500-600 ribu Rupiah.

Penutup

Ada banyak cara menghasilkan uang dari Internet salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram.

Jika anda ingin menghasilkan uang dari IG, saran saya, kembangkan dulu followers anda. Semakin banyak followers yang didapat, semakin besar peluang untuk menghasilkan uang.

Oh iya, jangan pernah kepincut sama penghasilan selebgram atau influencer sebab anda tidak seterkenal mereka.

Karena para selebgram dan influencer ini rata-rata sudah dikenal masyarakat sekalipun mereka hanyalah content creator Youtube.

Demikian artikel tentang 12+ cara dapat uang dari Instagram 2020. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *