3+ Cara Dapat Hadiah dan Uang Dari Google Maps 2021

Sebenarnya, untuk cara dapat hadiah dan uang dari Google Maps ini sudah saya singgung di artikel sebelumnya yang berjudul produk penghasil uang milik Google.

Hanya saja, di artikel itu tidak saya ulas secara detail caranya. Alasan itulah yang memotivasi saya untuk buat postingan ini.

Jika anda pakai HP Android, aplikasi Google Maps secara default tersedia di perangkat termasuk aplikasi Google lain seperti Google Photo, Google Drive, Chrome, Play Store dan lain sebagainya.

Hanya saja, agar bisa menggunakan aplikasi ini pengguna harus punya koneksi internet. Jika tidak, ya ga bisa digunakan.

Dan Google Maps punya segudang manfaat bagi setiap orang entah itu personal atau pemilik bisnis.

Misalnya nih, untuk personal, mereka bisa lakukan review tempat yang pernah dikunjungi, buat jalur alternatif, menemukan lokasi yang diinginkan serta mengakses histori kunjungan.

Sementara, untuk pemilik bisnis, mereka bisa memanfaatkan Google Maps agar bisnis mereka bisa online di Google, menggunakan API untuk membuka bisnis transportasi online, mencari pelanggan baru dan lain sebagainya.

Manfaat inilah yang kemudian memicu pertanyaan-pertanyaan general seperti apakah bisa menghasilkan uang dari Google Maps? Apakah para reviewer di Google Maps dibayar? Dan pertanyaan lain serupa.

Sepanjang yang saya tahu, ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk dapat hadiah dan uang dari Google Maps.

Semua cara itu akan saya ulas di artikel ini. Karena itu, pastikan anda baca postingan ini sampai habis.

Bisakah dapat uang dari Google Maps?

Bagi saya pribadi, bisa. Asalkan anda tahu cara dan metodenya. Di Indonesia, cara ini belum popular.

Kedepannya dipastikan akan populer mengingat dunia sudah serba digital saat ini. Lantas, bagaimana caranya?

Tentu saja dengan membuka jasa local Guide profesional. Misalnya nih, di tempat tinggal anda ada rumah makan atau perusahaan berbasis jasa yang belum ada di Google Maps alias belum pernah di review satu orang pun.

Berbekal akun Google Maps, anda bisa tawarkan jasa review ke mereka. Tapi bukan sembarang jasa, melainkan tawaran review secara professional.

Bisa dengan pakai proposal atau hubungi langsung pemiliknya. Jika pakai proposal, silahkan tampilkan profil anda sebagai local guide dan kontribusi anda selama ini.

Hanya saja, untuk menawarkan jasa review semacam ini, profil anda di Google Maps minimal sudah ada di level 5-7.

Jika aktif di platform lain, Blog misalnya, bisa tawarkan dalam bentuk paket seperti jasa SEO atau pembuatan situs web.

Dengan harapan, agar orang-orang bisa menemukan rumah makan tersebut dengan cepat termasuk menu-menu yang ada didalamnya.

Atau mungkin mereka bisa pesan reservasi, catering dan tawaran lainnya yang sangat menguntungkan pemilik bisnis.

Saya sendiri kadang kalau sudah mager sering cari keyword macam ini di Google:

  • Rumah makan terdekat di lokasi saya
  • Bengkel terdekat di lokasi saya
  • Toko es Krim terdekat
  • Dan lain sebagianya

Dan saya enggak sendiri. Ada ribuan orang yang melakukan hal yang sama di luar sana.

Dan yang muncul di halaman pertama tentu saja bisnis atau jasa yang berkaitan dengan keyword yang dimasukkan termasuk jarak, lokasi, harga dan data lain.

Dan ini satu-satunya cara dapat uang dari Google Maps. Ada sih cara lain namun rewards yang didapatkan bukan dalam bentuk uang melainkan hadiah.

Apa hadiah yang didapatkan saat melakukan review di Google Maps?

Sepanjang yang saya tahu, ada 4 hadiah utama yang bisa didapatkan saat jadi reviewer aktif di Google Maps, diantaranya:

1. Gift Card

Hadiah yang pertama adalah Gift Card dengan nominal tertentu. Jujur, saya sendiri belum pernah dapat hadiah jenis ini.

Namun di grub-grub reviewer, banyak yang sudah dapat hadiahnya dalam bentuk Diskon Grab Bike atau Car senilai Rp50.000.

Gift cardnya juga variatif termasuk hadiah voucher belanja di Tokopedia, GoJek, dan lain sebagainya.

2. Dapatkan akses ke produk Google [Early access]

Yang kedua adalah anda mendapatkan akses eksklusif ke produk Google yang akan di luncurkan ke publik. Jadi, anda termasuk pengguna pertama dari produk tersebut.

Sebagai contoh nih, di tahun depan Google bakal merilis aplikasi A yang fungsinya untuk meningkatkan aksesibilitas pengguna Android.

Nah anda berkesempatan jadi orang pertama yang menggunakannya. Google juga tentu dapat benefit dari sini. Benefit ini berkaitan dengan umpan balik pengguna.

Jadi, mereka bisa menutupi bug, celah atau hal-hal lain yang ditemui pengguna selama menggunakan aplikasi yang sedang di uji coba tersebut.

3. Tergabung sama Local Guides Connect

Local Guides Connect adalah komunitas reviewer atau pemandu lokal di Google Maps. Disini, anda bisa terhubung, berinteraksi atau bertanya kepada para local guide lain di seluruh dunia.

Benefitnya apa kalau gabung ke sini? Ada banyak. Anda bisa dapatkan informasi terbaru tentang fitur Google Maps dan cara-cara kreatif lain untuk memaksimalkan akun Google Maps anda.

Juga, anda bisa tahu rewards apa yang bakalan diberikan Google jika anda berhasil mereview satu tempat yang belum ada di Maps.

4. Di undang ke acara Local Guide Summit

Sebagian besar Local Guide Google Maps pasti berharap bisa di undang ke Local Guide Summit yang diadakan Google di kantor pusat mereka di California, termasuk saya.

Undangan ini merupakan prestasi terbesar setiap reviewer. Dan ada beberapa orang Indonesia yang pernah di undang dalam kegiatan ini.

Salah satunya adalah mba Nurul Rahmawati pemilik blog bukanbocahbiasa[dot]com. Tapi bukan di California melainkan di San Fransisko.

Lagian, siapa sih yang gak mau berangkat, tiket PP sudah disediakan gratis. Kecuali Paspor atau mungkin kebutuhan lain, yang mungkin saja harus siapkan sendiri budgetnya.

Teknis dan cara agar bisa di undang ke acara ini bisa baca postingan mba Nurul di blognya dengan cara klik link ini.

FYI, untuk dua poin terakhir, yakni tergabung dalam komunitas Local Guid dan di undang ke acara Local Guide Summit, minimal anda sudah ada di level 7 maksimal di level 10.

Cara Dapat Hadiah dan Uang Dari Google Maps 2021

Lantas, bagaimana sih cara dapat hadiah dan uang dari Google Maps? Satu-satunya cara adalah jadi reviewer.

Dan ada 3 langkah sederhana untuk jadi reviewer di Google Maps, diantaranya:

1. Rekomendasi review

Pertama, selepas mengunjungi suatu tempat, biasanya akan ada notifikasi untuk melakukan review tempat tersebut.

Rekomendasi ini hanya diberikan jika anda sudah menginstal Google Maps atau menggunakan ponsel Android.

Tempat itu bisa apa saja mulai dari Rumah Makan, tempat wisata, fasilitas publik, taman kota, lokasi pendidikan, kawasan perkantoran, gedung pemerintah dan lain sebagainya.

Jika ada notifikasi seperti itu, tinggal jawab saja pertanyaan yang diberikan. Selain dalam bentuk notifikasi, anda juga akan dapat pemberitahuan via email atau review langsung di aplikasi.

2. Kontribusi via email

Cara yang kedua adalah dengan memberikan rekomendasi via email. Nah biasanya anda akan dapat pemberitahuan via email untuk mendukung bisnis lokal baru.

Dukungan ini dilakukan dengan menambahkan informasi terbaru tentang bisnis tersebut di Google Maps.

Jika aktif melakukan review, anda biasanya akan mendapatkan email notifikasi terkait dengan poin yang didapat dan jumlah kontribusi.

cara dapat hadiah dan uang dari Google Maps

Rekap linimasa ini juga akan memberikan data-data terkait kunjungunan anda dalam sebulan, termasuk aktivitas, panjang perjalanan dan lain sebagainya.

3. Review langsung di aplikasi Google Maps

Cara ketiga dengan melakukan review langsung di aplikasinya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Maps yang sudah terinstal di ponsel anda
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik Kontribusi yang ada di bawah kolom kategori cara dapat hadiah dan uang dari Google Maps
  • Nah disini anda akan melihat data-data kontribusi anda seperti ulasan anda dan foto yang yang tersimpan di Google Maps. Untuk mulai review, klik tulisan Beri Kontribusi Sekarangcara dapat hadiah dan uang dari Google Maps
  • Disini tinggal lihat mana saja tempat yang bisa anda berikan review, yang direkomendasikan langsung pihak Google Mapscara dapat hadiah dan uang dari Google Maps

Tempat yang direkomendasikan itu bisa tempat yang pernah di kunjungi, fasilitas publik yang jaraknya cukup dekat dengan tempat tinggal anda dan tempat-tempat lain.

Penutup

Selain Google Maps, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google lain yang memungkinkan anda dapat penghasilan pasif setiap bulan.

Mulai dari Google AdSense, Google Opinion Rewards, Google Admob, Youtube dan produk lainnya yang semuanya sudah saya tautkan diatas.

Jika punya tambahan, masukkan atau kritikan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar agar kita bisa bisa lebih lanjut.

Demikian artikel tentang Cara Dapat Hadiah Dan Uang Dari Google Maps 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

Tinggalkan komentar