Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

Ada banyak cara dapat backlink gratis berkualitas untuk blog, salah satu caranya dengan kirim artikel ke Viva.co.id

Meski demikian, perlu diingat, untuk dapat backlink yang benar-benar berkualitas sangat susah. Terlebih, saat ini, backlink sudah dikomersialkan pemilik blog.

Artinya, banyak blogger yang jadikan backlink sebagai salah satu sumber penghasilan mereka, langsung ataupun tidak.

Mengapa blog butuh backlink? Karena Backlink berkontribusi langsung pada popularitas konten, page rank, alexa rank termasuk Domain Authority dan Page Authority blog.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan ulas cara dapat backlink gratis berkualitas dari salah situs berita terbesar di Indonesia yakni dari viva.co.id

Viva.co.id sendiri adalah member dari kanal TV nasional yang cukup populer di masyarakat yakni ANTV dan TV One yang DA dan PAnya sangat tinggi.

Terakhir saya cek pakai Checkmoz, otoritas domain [DA] sudah 85 dan otoritas halamannya [PA] 62. Rangking Moznya juga tinggi yakni 6.2. Dengan kata lain, situs ini punya reputasi yang bagus di Google.

Meksi punya DA dan PA tinggi, viva.co.id enggak pelit ngasih backlink dan para blogger atau pemilik website bisa memanfaatkannya dengan baik.

Untuk dapat backlink dari Viva.co.id pun sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah sederhana saja maka tautan balik sudah diperoleh.

Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar backlink itu bisa didapatkan.

Syarat agar artikel di posting Viva.co.id

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi agar blog anda bisa dapat backlink gratis berkualitas dari viva.co.id, diantaranya:

1. Konten harus unik, menarik dan belum pernah di publikasikan di media-media lain selain blog

Pertama, berkaitan dengan konten di blog. Yang mana, konten itu harus benar-benar unik dan menarik.

Selain menarik, artikel tersebut belum pernah di publikasikan di media lain. Maksudnya Apa?

Maksudnya, konten yang anda submit ke Viva.co.id adalah artikel yang fresh, ori dan punya nilai kebaharuan.

2. Bukan konten plagiat

Nah ini yang paling penting. Usahakan, konten yang anda submit ke Viva bukan konten plagiat, saduran atau ada unsur plagiarismenya seperti mengutip tanpa menyertakan sumber artikel.

3. Bukan konten yang berunsur SARA

Selain konten plagiat, konten yang berunsur SARA juga dilarang. Poin ini termasuk konten promosi, j*di, po*nografi, spam dan lain sebagainya.

4. Bahasanya mengalir

Bahasa artikel itu harus mengalir, enak dibaca dan ramah pengguna. Pastikan artikel tersebut sesuai dengan PUEBI [dulu EYD].

Perhatikan juga unsur keterbacaan artikel, karena faktor ini juga bisa jadi penentu apakah artikel anda itu bakalan di publish atau tidak.

Keterbacaan ini berkaitan dengan nilai konten yang dapat dibaca oleh semua kalangan usia. Karena viva.co.id gak mau memberikan backlink untuk artikel berkualitas rendah.

Cara dapat backlink gratis berkualitas dari viva.co.id

Setelah mengetahui syarat sebelum mensubmit artikel ke Viva, berikutnya akan saya bahas tentang cara dapat backlink gratis berkualitas dari viva.co.id.

Langkah-langkahnya cukup mudah kok. Sebelum dapat backlink pastikan anda punya koneksi ke internet dan pakai laptop.

Bisa sih pakai smartphone tapi cukup ribet. Karena anda bakalan sulit copy artikel di blog dan salin di laman kirim blog viva.

Lantas, caranya gimana? Pasti penasaran kan? Nah berikut artikel cara dapat backlink berkualitas dari viva.co.id:

1. Buat akun baru di Viva.co.id/Blog

Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

Paling pertama adalah daftar dulu jadi member di situs viva.co.id. Untuk daftar, anda boleh pakai Facebook atau Google.

Bisa juga pakai akun Viva anda jika anda sudah pernah buat akun sebelumnya disitus ini.

Daftarnya dimana? Akses laman viva.co.id/blog> lalu klik profil yang ada di bagian header situs.

Bisa juga dengan klik tombol Kirim Blog, seperti yang terlihat pada gambar dibawah, yang nantinya akan mengarahkan anda ke laman register.

2. Copy iframe vivalog di blog

Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

Setelah daftar jadi member, langkah berikutnya adalah copy iframe viva.co.id dan tempelkan di blog dalam bentuk banner widget.

Jika pakai blogger, untuk tambahkan widget baru, klik Layout> Tambahkan Widget> HTML/JavaScript lalu tempelkan kode iFramenya.

Untuk WordPress silahkan masuk ke Dashboard> Tampilan> Widget> HTML Khusus> Tambahkan Widget.

3. Submit artikel

Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

Setelah daftar, langkah paling terakhir adalah submit artikel blog di laman isian Kirim Blog.

Usahakan setiap kolom yang ada diisi sesuai dengan keterangan kolom mulai dari judul, Isi artikel, URL, Gambar artikel, sumber gambar dan jangan lupa setujui persyaratan serta chaptca.

Oh iya, pastikan semua konten yang anda masukkan itu sesuai dengan yang ada di blog. Jika tidak, sepengalan saya, gak akan di publish.

Khusus untuk gambar, anda boleh gunakan gambar referensi lain dengan tetap menyertakan sumber asli gambar.

Pastikan juga ukuran dan kualitasnya bagus. Jika ukurannya kurang dari 100kb, akan ada pemberitahuan untuk ganti gambar dengan ukuran yang lebih tinggi.

Satu lagi, di kolom artikel, saran saya, baiknya diisi dengan seluruh konten atau artikel yang sudah di post di blog bukan hanya sebagian atau beberapa paragraf saja.

Jika artikelnya sangat panjang, boleh disii 200-300 karakter pertama. Lebih banyak, lebih bagus.

Mengapa? Karena Tim Viva akan membaca keseluruhan artikel, jika layak, mereka akan mengambil 3 paragraf pertama untuk di publish di laman viva.co.id/blog.

Jika ada pembaca yang tertarik, mereka bisa klik tombol selengkapnya, yang akan mengarahkan mereka ke blog anda. Disinilah backliknya berasal.

4. Kirim artikel

Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id

Setelah artikel di submit, langkah paling terakhir adalah klik tombol Kirim Blog untuk kemudian ditinjau redaksi Viva Blog.

Apabila disetujui, artikel tersebut akan diterbitkan di laman viva.co.id/blog. Tidak ada pemberitahuan jika artikel sudah terbit.

Karena itu, selalu periksa laman ini untuk melihat jika artikel berhasil terbit. FYI, apabila artikel tidak ada dalam jangka waktu 3 hari, bisa diartikan kalau permintaan sindikasi artikel di situs ini gak diapprove.

FAQ

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan Blogger terkait dengan postingan ini. Beberapa diantaranya:

1. Apakah mas sudah pernah dapatkan trafik dari viva? Bisa lihat jumlah trafiknya?
Cara dapatkan trafik

Ya, saya sudah pernah dapat trafik dari viva.co.id baik untuk blog ini atau untuk blog saya yang lain.

Saya pernah dapat trafik hingga 5k untuk satu artikel saja permintaan sindikasi disetujui viva blog [Lihat gambar diatas].

Oh iya, trafik ini hanya bertahan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 2-3 hari. Jadi makin lama trafiknya makin turun.

Kecuali anda rajin post artikel lain di blog untuk kemudian diterbitkan di laman viva.

2. Saya sudah submit artikel, tapi kok gak di posting oleh Tim Viva?

Untuk pertanyaan ini, menurut saya pribadi, karena artikel tersebut gak layak dan gak sesuai dengan panduan sindikasi artikel viva.

Karena itu, saran saya, submit artikel lain di blog, siapa tahu artikel tersebut bisa di posting oleh tim viva blog.

3. Bagaimana metode submit artikel?

Biasanya, saya copy semua isi artikel saya di blog lalu submit di viva.

Saat diterbitkan, Tim viva hanya mengambil 3 paragraf awal dari artikel yang saya submit, lalu ditautkan ke URL asli. Tautan itu, yang saya sebut backlink, ada pada tulisan Selengkapnya…

4. Apakah pendapatan bertambah setelah submit artikel?

Berdasarkan pengalaman pribadi, pendapatan AdSense bertambah setelah submit artikel di viva.

Ini wajar karena pendapatan dipengaruhi trafik. Jadi kalau trafik yang didapatkan dari sindikasi artikel ini tinggi berarti pendapatan dari AdSense meningkat.

5. Apakah backlink yang didapatkan dari viva berkualitas?

Di judul saya sebut berkualitas, meskipun saya sendiri tidak begitu yakin apakah backlink yang didapatkan itu benar-benar berkualitas.

Ingat, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas itu gak gampang. Hanya saja, kalau dilihat dari ciri-cirinya, saya pastikan kalau backlink dari viva.co.id cukup berkualitas.

6. Apakah berdampak pada PA dan DA blog?

Ya, dan ini sudah saya buktikan sendiri. Setelah salah satu artikel saya dipublish viva, trafik blog naik drastis.

Selain trafik, juga ada peningkatan DA dan PA blog. Untuk DA, peningkatannya cukup signifikan dari 0 menjadi 4. Otoritas halaman juga naik dari 2 menjadi 3.

Penutup

Bagi saya pribadi, salah satu teknik untuk bisa meningkatkan popularitas blog adalah dengan menjadi guest post atau mengikuti program sindikasi artikel di situs besar seperti Viva.co.id.

Semua cara ini saya lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, gratis, instan dan punya kontribusi meningkatkan rangking blog di mesin pencari.

Karena itu, manfaatkanlah semua cara yang mungkin bisa membantu meningkatkan pertumbuhan website atau blog anda, langsung ataupun tidak.

Demikian artikel Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

21 pemikiran pada “Cara Dapat Backlink Gratis Berkualitas Dari Viva.co.id”

  1. Bang, pas masukin isi artikel di kolom kirim blog di viva, itu harus semua isi artikel dari blog kita atau hanya beberapa paragraf saja yang di masukkan ke dalam kolom isi artikel tersebut..??

    Balas
    • Biasanya sih, kalau saya, isi semua artikel yang ada di blog. Boleh2 saja pakai beberapa paragraf, tapi sepengalaman saya, jarang di approve. Tapi di coba aja dulu, siapa tahu bisa.

      Balas
          • 1 pertanyaan terakhir bang, blog saya kan isinya gado” ada tentang download software crack an dan ada juga tentang artikel bacaan, nah nanti yang akan saya kirim ke viva yang artikel tentang bacaan.

            Nach nanti itu berpengaruh ga untuk diterima nya, soalnya kan di blog saya ada postingan crack an gitu..??

          • Gak sih, karna yang diterbitkan bukanlah blog tapi postingannya. Di coba aja dlu, kalau gak bisa ya cari tempat sindikasi artikel lain.

  2. Makasih panduannya gan. Baru cari tahu infonya untuk daftarkan blog saya. Semoga bisa meningkatkan kualitas blog dengan tertaut dengan Viva.

    Ulasannya mudah dan dapat dipahami.

    Salam
    Blogger Gorontalo

    Balas

Tinggalkan komentar