Cara Daftar Stripe Untuk Menerima Pembayaran dari Anchor

4 min read

cara daftar stripe

Satu-satunya distributor yang didukung oleh Anchor adalah Stripe. Oleh karena itu, di artikel kali ini saya hendak mengulas cara daftar Stripe untuk menerima pembayaran dari Anchor.

Hingga kini, masih banyak podcaster yang kesulitan menemukan platform yang tepat, yang memungkinkan mereka menghasilkan uang dari podcast.

Konteks platform yang tepat ini dapat dipahami sebagai alat yang memungkinkan podcaster untuk membuat podcast sendiri, melacak analitis podcast, ada RSS Feednya dan juga ada estimasi pendapatan yang diperoleh dari podcast.

Satu-satunya tempat ideal yang memungkinkan anda memperoleh data-data podcast seperti yang saya sebutkan diatas, sepanjang yang saya tahu, hanyalah Anchor.

Tetapi, perlu diketahui juga oleh anda, agar estimasi pendapatan anda bisa muncul di dashboard Anchor, anda harus menghubungkan akun Anchor anda dengan Stripe.

Stripe ini berfungsi sebagai distributor penghasilan yang anda peroleh dari iklan yang ditempatkan oleh Anchor secara otomatis di podcast anda.

Disisi lain, sekalipun akun Anchor anda sudah aktif dan tombol penghasilannya sudah ada, tak akan berguna jika tidak ada podcast didalamnya.

Jika anda belum tahu tata cara buat podcast atau kebingungan memilih media apa yang mau digunakan, bisa pakai Anchor atau PenyuFm.

Sementara, untuk anda belum tahu cara buat podcast yang baik dan benar, silahkan baca artikel saya sebelumnya disini.

Agar lebih terarah, dalam kasus ini, saya menggunakan Anchor. Jadi, apabila sudah ada podcast yang disetujui untuk diterbitkan di Anchor, barulah tombol penghasilannya aktif.

Untuk langkah-langkah teknis tentang bagaimana cara menghubungkan Anchor dengan Stripe atau bagaimana cara mendapatkan routing number, sudah saya ulas di artikel sebelumnya disini.

Dengan demikian, di artikel ini saya hanya fokus pada tata cara buat akun Stripe saja, untuk kemudian di hubungkan sama Anchor.

Tapi sebelum lanjut pada pembahasan inti, baiknya saya bahas dulu apa itu Stripe dan apa fungsinya.

Apa itu Stripe?

Stripe adalah salah satu platform distributor keuangan digital yang menghubungkan antara pemilik bisnis dan konsumen dengan mudah, sederhana dan gratis.

Salah satu kelebihan dari Stripe adalah sifatnya yang open source dan setiap pengguna bisa mendapatkan kode API sendiri.

Kode ini bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari konsumen dengan aman, sederhana dan instan.

Bagi saya pribadi, Stripe ini macam prosesor pembayaran pihak ketika yang berfungsi sebagai gateway untuk mengamankan pembayaran.

Artinya, Stripe memungkinkan bisnis atau usaha anda mengidentifikasi kartu kredit dan debit dalam transaksi clearing house [ACH] secara otomatis baik offline ataupun online.

Stripe sendiri didirikan akhir tahun 2009 oleh Patrick Collison dan Joh Collison di San Fransisco, California AS.

Setelah didirkan, Stripe udah dipercaya sebagai marchant clearing house untuk brand-brand besar disana seperti Lyft, Under Armour, Blue Apron, Pinterest, Anchor dan lain sebagainya.

Salah satu alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan Stripe adalah dukungannya yang besar dan support sama 135 mata uang berbeda.

Dengan demikian, platform ini sangat cocok digunakan untuk melakukan transaksi lintas negara dengan mudah dan sederhana.

Intinya begini, dengan stripe, anda bisa mentransfer uang yang anda peroleh dari rekening bank pelanggan ke rekening bisnis anda pakai kartu kredit atau debit dari negara manapun dan kapanpun.

Sebaliknya, anda juga bisa mentransfer uang ke banyak orang sekaligus di negara apa saja dan dalam kurs apa saja.

Selain itu, Stripe juga punya alat pengembang sendiri yang berarti, perusahaan ini berorientasi publik sehingga setiap pengguna bisa terlibat aktif didalamnya.

Anda juga bisa memperoleh dua set kunci untuk API Rest Stripe yang berfungsi untuk menguji pembayaran atau menerima pembayaran.

Kode API ini tersedia di dashboard yang bisa digunakan langsung setelah daftar. Dan untuk anda yang ingin mengaktifkan penghasilan dari Anchor, sebaiknya buat akun Stripe dulu.

Setelah buat akun Stripe, selanjutnya silahkan buat akun Payoneer. Tujuan buat akun Payoneer ini untuk apa sih? Agar anda bisa mendapatkan routing number.

Apabila sudah, langkah berikutnya adalah mengaktifkan tombol monetisasi di Anchor dan menghubungkan akun Anchor milik anda dengan Stripe dan Payooner.

Dan jika anda belum punya akun Stripe dan enggak tahu cara buatnya gimana, baca artikel ini sampai habis.

Cara daftar Stripe Untuk Pembayaran di Anchor

Lantas, bagaimana sih cara daftar Stripe? Pasti penasaran kan? Tanpa perlu berlama-lama, berikut disajikan artikelnya untuk anda.

1. Kunjungi Stripe dan buat akun baru

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah mengunjungi situs Stripe. Sebelum berkunjung, pastikan anda sudah punya koneksi internet.

Agar tidak perlu repot ketik kuerinya di Google, bisa klik tautan ini. Jika situsnya sudah terbuka, silahkan klik Sign In untuk buat akun baru.

Tombol ini terletak dibagian header kiri atas situs. Anda juga bisa klik Start Now dibagian beranda situs yang fungsinya kurang lebih sama.

2. Isi data diri

Berikutnya anda akan diminta untuk mengisi data-data diri seperti email, full name, password lalu centang kotak persetujuan.

cara daftar stripe

Jika sudah, silahkan klik Create Account. Sampai disini sebenarnya akun Stripe anda sudah jadi dan siap digunakan.

Hanya saja, ada beberapa pengaturan lain yang harus anda input agar akun Stripe anda bisa aktif sepenuhnya, diantaranya:

  • Melakukan verifikasi email. Untuk verifikasi silahkan klik tulisan verify your email setelah itu buka email yang anda gunakan saat mendaftar ke Stripe dan cari email aktivasi yang dikirim Stripe. Di dalam email tersebut ada tautan verifikasi, silahkan klik saja disitu dan anda akan diarahkan ke laman Stripe yang berisikan notifikasi kalau akun anda sudah berhasil diverifikasicara daftar stripe
  • Aktivasi akun. Setelah verifikasi, silahkan klik activate my Account. Setelah diklik akan muncul tombol Start Now. Silahkan klik saja disitu dan secara otomatis anda akan dialihkan ke laman aktivasi akun

Hanya saja, untuk mengaktivasi akun Stripe milik anda, ada data-data lain yang harus diinput, seperti:

  • Mengisi data-data tentang bisnis mulai dari Registered business address [alamat bisnis yang terdaftar], kota, negara, ZIP atau kode POS, Type of business atau tipe bisnis, nama bisnis legal [oposional], nomor telepon perusahaan [MyCoID], Business website dan Business description. Patut diketahui, untuk saat ini, Belum tersedia bisnis Address asal Indonesia [jika sudah tersedia saat anda daftar, silahkan tinggalkan di kolom komentar agar saya bisa update postingan ini]. Jadi, pilih saja yang sesuai. Fake juga gak apa-apa 🙂 tapi hati-hati di suspen yah. Apabila sudah, klik NEXT
  • Berikutnya anda akan diminta untuk mengisi data individual or sole proprietor details yang terdiri dari nama lengkap anda, tanggal lahir [date of birth], individual NRIC (MyKad), home address dan pertanyaan what is your job title?
  • Selanjutnya adalah data-data tentang Credit card statement yang terdiri dari Statement descriptor dan dukungan nomor telepon [support phone number]
  • Kemudian soal detail bank [bank details] mulai dari bank name, nomor akun atau account number dan konfirmasi sekali lagi nomor akun tersebut
  • Tahap terakhir anda akan diminta untuk mengisi Two-step authentication apakah menggunakan SMS atau menggunakan autentikasi aplikasi [Use an authenticator app]. Untuk autentikasi aplikasi, anda bisa gunakan Google authenticator yang bisa di unduh di Google Play Store dengan barcode atau kode manual

Karena ketersediaan bisnis untuk wilayah Indonesia yang belum anda, saya sendiri, sampai hari ini, belum melakukan aktivasi akun.

Alasannya sederhana, karena saya enggak buat Stripe untuk tujuan bisnis melainkan untuk dihubungkan saja sama Anchor.

Jika anda buat akun Stripe untuk bisnis, ada banyak fitur lain yang bisa anda manfaatkan seperti misalnya API Code.

API ini memungkinkan anda untuk menerima pembayaran di Stripe karena sudah disediakan dua kode yakni Publishable key dan Secret seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya diatas.

Apabila akun Stripe anda sudah jadi dan siap digunakan, silahkan kembali ke Anchor lalu setting pembayaran di sana.

Oh iya, anda juga bisa download aplikasi Stripe di Google Play Store untuk melakukan registrasi akun disana.

Anda juga bisa melihat berbagai data tentang akun anda mulai dari Gross Volume, total payout, pembayaran dan lain sebagainya di aplikasi dashboard Stripe.

Penutup

Untuk detail-detail teknis seperti biaya admin saya enggak tahu pasti apakah ada. Kemungkinan sih ada, namun sudah terpotong saat Anchor mentransfer pendapatan anda ke Stripe.

Karena Anchor menarik biaya transfer yang lumayan besar untuk podcaster pemula seperti Saya yakni $0,25 per transaksi.

Sementara, minimum pencairan saldo di Anchor adalah $0,26 yang pencairannya bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Demikian artikel tentang cara daftar Stripe untuk pembayaran di Anchor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

10 Replies to “Cara Daftar Stripe Untuk Menerima Pembayaran dari Anchor”

  1. Terima kasih atas artikelnya, cukup memberi saya gambaran terkait prosedur pembuatan akun Stripe. Saya ada pertayaan, terkait poin “mengisi data-data tentang bisnis”. Kalau data yang dimasukan bukan asli, cara untuk meminimalisir pencekalan dari pihak Stripe itu bagaimana, ya?

    1. Nah ini yang jadi masalah dan saya sendiri belum tahu cara meminimalisir pencekalan ini. Akan saya update jika ada perkembangan apakah terkait dengan data bisnis apakah sudah tersedia alamat di Indo atau belum

          1. Owalaaah. Maaf terkesan bawel, ya, Mbak. Tapi memang bahasan terkait Stripe terutama di Indo masih jarang. Itu berarti mbaknya cuma register (utk aktivasi akun) pake data asal aja? Terima kasih buat tanggapan sebelumnya.

          2. Gak apa2 mas. Saya register pakai data asli begitu juga dengan two-step authentication yang pakai nomor asli saya. Hanya saja, untuk aktivasi akun harus punya bisnis sendiri. Masalahnya, saya registrasi pakai akun personal dan bukan bisnis. Lagipula, saat aktivasi akun, diminta untuk memasukkan data Registered business address dan belum tersedia negara Indonesia. Khusus di Asia Tenggara, baru ada Malaysia. Patut diketahui, untuk menghubungkan anchor dengan Stripe, enggak perlu aktiviasi akun. Karena anda hanya perlu buat akun Stripe saja.

  2. Halo mbak Silvanna, mau tanya juga. Walau akun stripe-nya belum diaktivasi penuh apa tetap bisa menerima pembayaran? Terus dia langsung otomatis masuk ke Payooner atau harus mengajukan penarikan dulu?

    Aku daftar selalu muncul pesan ini…’You will not be able to charge customers until your business owner information is reviewed and verified.’. Ngaruh gak ya. Makasih sebelumnya.

    1. Intinya begini mas, jika saldo milik mas di anchor sudah 0,26 dollar bisa ditarik atau cash out di dashboard Anchor. Setelah masuk ke Stripe baru ditransfer ke Payoner. Dari payoneer baru ke rekening bank.

      Jadi ada 4 step yang harus dilalui. Artinya, gak otomatis ditransfer ke Payoneer. Stripe sendiri berfungsi sebagai distributor antara anchor dan rekening bank [dalam kasus ini karena routing number bank indonesia tidak didukung] jadi harus pakai Payonner.

      Untuk pesan tersebut bisa diabaikan dulu kalau masnya tidak pakai Stripe untuk tujuan bisnis atau untuk tagih pembayaran otomatis ke pelanggan. Artinya, masnya hanya pakai Stripe untuk mendistribusikan uang yang diterima dari Anchor.

      Oh iya, jika sudah ada kebijakan tambahan lain dari Stripe, yang terus saya pantau, akan saya update postingan diatas agar lebih jelas lagi. Karena memang informasi ini masih minim dibahas di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *