STEP BY STEP: Cara Daftar Payoneer 2021 [Bonus $25]

Artikel tentang cara daftar Payoneer 2021 ini saya buat sebagai bagian dari artikel saya sebelumnya yang banyak membahas tentang Podcast.

Di artikel tersebut selalu saya singgung tentang Payoneer yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menerima pembayaran yang diperoleh dari Anchor.

Alasannya sederhana karena Payoneer menyiapkan routing number [ABA] yang merupakan salah syarat agar anda bisa aktivasi tombol payment.

Saya sendiri sudah cukup lama punya akun Payoneer, sekira sejak akhir tahun 2018 lalu saat masih aktif nulis di UCWeb.

Hanya saja, sampai sekarang saya enggak pernah mencairkan saldo dari UC ke Payoneer karena belum sampai ambang batas pembayaran.

Tahun ini, saat saya banting setir ke dunia podcast, pakai Anchor tentu saja, saya mendapati kendala yang sama saat mengatur pembayaran.

Untuk menghubungkan Payoneer dan Anchor pengguna harus punya distributor. Kebetulan Anchor pakai Stripe sebagai distributor, maka anda harus buat akun Stripe dulu.

Untuk anda yang ingin daftar di Stripe, silahkan baca artikel saya sebelumnya disini. Sementara untuk anda yang pengen buat akun Payoneer, baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Payoneer?

Payoneer adalah salah satu rekening online yang cukup populer di dunia. Meski masih kalah populer dibanding Paypal.

Namun dalam konteks B2B [Bussiness to business] Payoneer lebih populer ketimbang PayPal karena layanan ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk transaksi lintas negara.


Baca Juga:


Seperti Amazon, Airbnb, Google, UpWork, Rakuten dan lain sebagainya. Disisi lain, Payoneer punya tim layanan pelanggan yang cukup besar dan support 70 bahasa berbeda.

Secara umum, ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Payoneer yang bisa diakses oleh setiap pengguna setelah selesai membuat akun, diantaranya:

  • Menerima atau mengirim pembayaran secara real time
  • Memungkinkan pengguna membeli barang-barang di berbagai marketplace dengan mudah dan bisa disambungkan dengan kartu kredit atau debit
  • Pengguna bisa isi saldo dari bank mana saja dengan menggunakan ABA dan nomor rekening yang sudah disediakan oleh Payoneer secara default
  • Pengguna akan mendapatkan kartu Payoneer yang fungsinya sama seperti kartu ATM kebanyakan dan bisa ditarik pada ATM berlogo Master Card yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia

Secara resmi, Payoneer didirikan pada 2005 dengan dana awal sebesar $2 juta oleh Yuval Tal, mantan tentara Angkatan Pertahanan Israel.

Cara Daftar Payoneer 2021

Lantas, bagaimana cara buat akun Payoneer? Untuk anda yang penasaran tentang cara daftar Payoneer, bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka situs peyoner dan buat akun

Cara Buat akun Payoneer

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh anda adalah mengunjungi situs Payoneer. Agar lebih mudah, bisa klik tautan ini.

Setelah situsnya terbuka, klik tombol Register yang ada di beranda situs atau di header untuk buat akun baru.

Oh iya, anda juga bisa daftar pakai link referral Payoneer dari saya yang memungkinkan anda dapat saldo $25,00 setelah transaksi pertama kali dengan cara klik tautan ini.

2. Memilih jenis akun

Cara Buat akun Payoneer

Langkah berikutnya adalah memilih jenis akun sesuai dengan tujuan pembuatan.

Ada empat macam jenis akun yang tersedia seperti Freelancer jika anda ingin menggunakan Payoneer untuk mencairkan pendapatan yang anda peroleh dari situs freelance, Fiverr dan 99designs misalnya.

Termasuk digital marketing agency or service provider, Online Seller jika anda menggunakan Payoneer sebagai salah satu metode pembayaran dari konsumen di marketplace, Wholesale or B2B trader dan juga Travel Agency or Accomodation Hosts.

3. Klik register

Cara Buat akun Payoneer

Setelah memilih jenis akun, otomatis akan muncul laman baru untuk daftar. Tinggal klik tombol Register untuk kemudian diarahkan ke laman pendaftaran.

3. Isi data diri

Cara Buat akun Payoneer

Selanjutnya anda akan diminta untuk untuk mengisi identitas pribadi seperti Nama depan, Nama belakangan, alamat surel [email] dan tanggal lahir.

Pastikan anda mengisi dengan identitas yang benar agar tidak ada kendala di kemudian hari.

Jika langkah ini sudah dilakukan, silahkan klik Berikutnya untuk melanjutkan proses registrasi.

Oh iya, jika anda daftar atas nama badan atau organisasi, bisa klik pilihan registrasi perusahaan yang ada dibagian atas sebelah tulisan Individual.

4. Mengisi data alamat

Cara Buat akun Payoneer

Berikutnya anda akan diminta untuk mengisi data-data yang berkaitan dengan kontak dan alamat anda sekarang seperti Negara, Alamat, Kota, Kode Pos dan Nomor Ponsel aktif milik anda.

Pastikan anda mengisi dengan nomor telepon yang valid sebab anda akan menerima kode OTP verifikasi.

Untuk dapat kode verifikasinya, klik kirim Kode yang terletak disebelah di kolom Verifikasi.

Perhatikan, nomor telepon yang digunakan harus terdiri dari 12 angka dan setiap karakter harus dilengkapi dengan kode โ€“. Sebagai contoh: 0852-1234-5678.

Jangan lupa juga masukkan alamat yang benar agar nantinya pihak Payoneer bisa mengirim kartu Payoneer ke alamat rumah anda saat ini.

Setelah mendapatkan kode one time password [OTP] yang dikirim oleh Payoneer, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

5. Isi kolom identitas resmi dan pertanyaan keamanan

Cara Buat akun Payoneer

Selanjutnya anda diminta untuk mengisi identitas resmi dan pertanyaan keamanan yang sangat berguna dikemudian hari, lupa password misalnya.

Untuk detailnya dimulai dari nama, pertanyaan, negara penerbit, Jenis ID dan lain sebagainya. Pastikan anda mengisi dengan data-data yang sesuai.

Sementara, pada jenis ID silahkan isi dengan nomor identitas yang mau digunakan.

Contohnya, anda pakai KTP maka di kolom jenis ID silahkan pilih ID Pemerintah Nasional dan masukkan no KTP milik anda.

Selain KTP anda juga bisa gunakan Surat Izin Mengemudi [SIM] dan Passport. Jika semuanya sudah selesai diisi, klik Berikutnya.

6. Hubungkan Payoneer dengan rekening Bank

Cara Buat akun Payoneer

Di tahap ini, anda diminta untuk mengisi atau memasukkan perincian akun Bank atau rekening bank.

Isi saja dengan data yang sesuai mulai dari nama bank, pemilik rekening dan kode cabang.

Kode cabang ini bisa diisi dengan 4 digit terakhir kode kliring. Untuk dapat kode kliring bisa ditanyakan sama pihak bank langsung atau cari di Google.

Terkadang, anda diminta untuk memasukkan detail lain yakni kode bank. Kode bank ini hanya terdiri dari tiga angka.

Apabila sudah, silahkan centang kolom persetujuan syarat dan ketentuan serta kebijakan harga dan Biaya lalu klik Selesai.

7. Tunggu peninjauan

Cara Buat akun Payoneer

Paling terakhir, akan diberitahu untuk menunggu proses peninjauan permohonan pembuatan akun dari Payoneer.

Jika permohonan disetujui, anda akan dapat pemberitahuan lewat email yang digunakan saat mendaftar.

Apabila gagal, kemungkinan data-data yang dimasukkan tidak valid atau akun anda terdeteksi duplikat.

Solusinya gimana? Ya daftar lagi. Dan pastikan mengisi data-data yang diminta dengan benar terlebih yang berhubungan dengan pertanyaan keamanan dan ID Pemerintah Nasional.

Question and Answer [QnA]

Ada beberapa poin teknis yang belum saya bahas diatas. Karena itu akan saya ulas dalam QnA dibawah ini.

Q : Bagaimana cara mendapatkan routing number di Payoneer?

A : Soal ini sebenarnya sudah saya ulas di salah satu artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Setting Pembayaran di Anchor.

Hanya saja, di artikel itu tidak saya jelaskan secara detail tentang cara memperoleh nomor perutean ini. Agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Payoneer milik anda yang sudah verifikasi email
  • Setelah terbuka, arahkan kursor ke kolom Terima dan klik Pembayaran Internasional atau Global Payment ServiceCara Buat akun Payoneer
  • Disini anda akan diarahkan ke beberapa metode pembayaran internasional untuk tiga wilayah berbeda yakni Inggris, Amerika dan Europa. Pastikan anda sudah mengetahui darimana pembayaran itu datang agar anda bisa pakai routing number yang tepatCara Buat akun Payoneer
  • Jika pembayarannya dari Amerika, New York misalnya, pilih Amerika dan secara otomatis akan muncul laman pop up yang menampilkan nomor perutean [routing number] dan nomor rekeningnyaCara Buat akun Payoneer

Selain nomor ABA dan rekening, anda juga bisa memperoleh data-data lain tentang akun anda seperti nama bank, alamat bank, tipe rekening dan nama penerima.

Q : Berapa minimal pencairan Saldo Payoneer ke Bank Lokal?

A : Minimum Withdrawal Payoneer adalah $50,00 yang bisa dicairkan ke bank lokal berlogo master card atau bukan.

Q : Mengapa saya gagal menarik saldo Payoneer ke bank Lokal?

A : Memang sih, dalam beberapa kasus, ada pemberitahuan bahwa penarikan yang anda lakukan sudah sukses namun uang tidak pernah masuk ke rekening bank milik anda.

Jika sudah lebih dari 5 hari ada kemungkinan permintaan penarikan dana dari saldo Payoneer gagal diproses.

Penyebabnya? Ada banyak macam. Salah satunya adalah perincian akun bank yang digunakan untuk menerima pembayaran itu salah.

Oleh karena itu, coba periksa kode kliring bank yang anda gunakan apakah masih sama atau sudah berubah.

Karena kebanyakan masalahnya ada disitu dan memang kode kliring bank ini sering berubah karena satu dan lain hal.

Q : Berapa potongan biaya pencairan saldo di Payoneer?

A : Untuk potongan biaya pencarian saldo Payoneer cukup beragam. Disini akan saya jelaskan garis-garis besarnya saja, yakni:

  • Potongan penarikan saldo pakai kartu Payoneer adalah $12.95 per kartu untuk sekali transaksi dan berlaku saat kartu pertama kali digunakan
  • Potongan untuk aktivasi kartu dalam negara tertentu adalah $24,95 per kartu yang berlaku sekali. Berikut beberapa negara yang mendapatkan potongan aktivasi kartu yakni Albania, Angola, Bonsia Herzegovina, Belarus, Republik Demokratik Kongo, Ekuador, Ethiopia, Irak, Indonesia, Kosovo, Liberia, Mekedonia, Montenegro, Pakistan, Sao Tome, Serbia, Somalia, Turkmenistan dan Zibabwe
  • Potongan pembuatan pembayaran segera yang berlaku dalam kurun waktu 2 jam sebesar $3.00 per load untuk setiap kartu yang digunakan
  • Biaya pemeliharaan kartu bulanan sebesar $3,00 untuk kartu yang melakukan transaksi 0-4 kali per bulan dan terpotong secara otomatis dari saldo yang ada didalam kartu
  • Biaya pemeliharaan kartu bulanan sebesar $1,00 untuk kartu yang melakukan transaksi 5 kali dalam sebulan yang diambil dari saldo akun milik anda
  • Biaya pergantian untuk kartu yang hilang atau rusak sebesar $12,95 yang berlaku per kartu setelah kartu pertama kali digunakan

Selain potongan diatas, ada juga biaya penarikan di ATM dan transaksi lain, seperti:

  • Penarikan di ATM sebesar $2.75 per transaksi yang terpotong setelah melakukan penarikan dana
  • Terjadi kesalahan saat melakukan penarikan di ATM, salah memasukkan PIN misalnya, sebesar $1.00 per transaksi yang dipotong langsung dari saldo milik anda
  • Tidak ada pemotongan biaya saat anda berbelanja ke toko online seperti Amazon atau eBay
  • Cek saldo di ATM sebesar $1.00 yang berlaku per transaksi dan secara otomatis terpotong
  • Biaya pencairan dana [withdrawal] sebesar $3.15 yang berlaku per transaksi

Selain biaya diatas, ada juga biaya lain yang dibebankan kepada anda saat menggunakan kartu Payoneer, diantaranya:

  • Maksimum transfer harian adalah $1000,00
  • Minimum transfer dari program affiliasi adalah $10,00-20,00 per transaksi tanpa batasan
  • Maksimum transfer antar rekening Payoneer adalah $1000 per hari
  • Minimum transfer antar rekening adalah $20
  • Total transfer per 30 hari adalah $5000
  • Jumlah transfer per 30 hari adalah 10x kali transfer
  • Penerimaan transfer harian maksimal $1000 per hari
  • Minimal transfer yang diterima selama 30 hari adalah $5000
  • Jumlah transfer yang diterima maksimal 10 kali selama 30 hari
Q : Bagaimana cara mencairkan saldo Payoneer ke bank Lokal, BNI misalnya?

A : Sebelum mencairkan saldo Payoneer milik anda ke bank lokal, ketahui dulu bank mana yang akan digunakan saat mencairkan saldo.

Di Indonesia, ada dua jenis bank yakni bank berlogo master card seperti BNI, BCA dan Mandiri atau bank lokal seperti Bank DKI, Bank Sulteng dan lain sebagainya.

Karena itu, perhatikan dengan baik bank yang akan digunakan sebab jika anda salah menginput PIN, anda akan dikenai denda sebesar 0,99 per kesalahan.

Selain itu, sebelum mencairkan saldo, pastikan anda sudah menghubungkan akun Payoneer milik anda dengan akun bank penerima dana.

Oh iya, nama di akun Payoneer dan akun bank haruslah sama. Jika sama, pasti proses pencairannya akan cepat.

Jikaย syarat-syarat diatas sudah terpenuhi, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mencairkan saldo Payoneer milik anda ke bank lokal:

  • Masuk ke dashboard akun Payoneer milik anda
  • Berikutnya arahkan kursor ke menu Tarik> dan klik ke akun BankCara Buat akun Payoneer
  • Selanjutnya anda akan diperlihatkan saldo aktif milik anda yang bisa dicairkan
  • Untuk mencairkan, silahkan pilih kartu Prepaid. Pastikan anda mengklik di posisi kartu yang ada saldonya dan isi dengan jumlah saldo yang mau ditarik. Sebelum withdrawal, cek kembali apakah akun bank yang diinput sudah benar. Untuk memastikannya, klik Preview. Jika semuanya sudah benar, silahkan klik Withdraw
  • Setelah tombol itu di klik akan ditampilkan halaman informasi apakah pencairan sukses atau sebaliknya termasuk jumlah dana yang ditarik dan jumlah dana yang diterima dalam Rupiah

Oh iya, anda juga akan dapat pemberitahuan pencairan dana di email yang terintegrasi sama akun Payoneer.

Selanjutnya silahkan tunggu saja sampai pencairan dana yang anda lakukan dari Payoneer ke akun bank mendarat dengan sukses.

Q : Berapa biaya pencairan saldo Payoneer ke bank lokal, BRI Misalnya?

A : Tergantung besaran dana yang ditarik sih. Hanya saja, sepengalaman saya, biaya penarikan dana ke bank lokal sebesar $1,11 untuk nominal pencairan US$ 50,00, dan $3,00 untuk master card.

Q : Berapa lama proses pencairan saldo?

A : Sepanjang yang saya tahu, proses pencarian saldo Payoneer ke bank berlangsung selama kurang lebih 3-4 hari kerja [tidak termasuk hari libur].

Dengan kata lain, jika anda mencairkan pembayaran hari jumat, dana akan sampai pada Rabu atau Kamis minggu berikutnya.

Q : Bagaimana cara menghubungkan bank lokal milik saya dengan Payoneer?

A : Untuk menghubungkan rekening bank milik anda ke akun Payoneer, entah itu debit atau kredit, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Payoneer milik anda yang sudah aktif
  • Setelah itu arahkan kursor ke Pengaturan [Settings]> Rekening Bank [Bank Accounts]Cara Buat akun Payoneer
  • Disini klik Rekening Bank Untuk PenarikanCara Buat akun Payoneer
  • Lalu klik Tambahkan Rekening Bank dan tambahkan perincian bank seperti jenis rekening bank, negara bank dan mata uang rekening bank. Jika sudah, klik tombol BerikutnyaCara Buat akun Payoneer
  • Masukkan juga data-data perincian rekening seperti Nama Bank, Nama Akun, Nomor Akun, Kode Cabang. Untuk kode cabang silahkan cari kode kliring bank anda. Sebagai contoh, saya menggunakan BRI maka kode kliring BRI Payoneer adalah 0026204. Kadang akan muncul permintaan untuk mengisi kolom detail tambahan seperti SWIFT kode dan kode bank. Silahkan isi saja dengan data yang sesuai. Jika sudah, klik BerikutnyaCara Buat akun Payoneer
  • Terakhir anda akan diminta untuk mengkonfirmasi perincian akun Payoneer milik anda. Silahkan isi saja dengan data-data yang sesuaiCara Buat akun Payoneer

Oh iya, proses menghubungkan akun bank dengan Payoneer akan direview dulu oleh tim mereka.

Jika disetujui, anda akan dapat pemberitahuan atau notifikasi di dashboard.

Q : Kenapa Payoneer ada biaya Maintenance fee?

A : Maintenance fee mungkin jadi salah satu aspek yang cukup membebani para pengguna karena biayanya atau pemotongannya yang cukup besar.

Perlu diketahui, biaya MF ini tidak ditarik pada tahun pertama penggunaan melainkan tahun kedua dan tahun-tahun berikutnya.

Sepanjang yang saya tahu, biaya MFnya adalah $29,95 USD atau setara dengan tiga ratusan ribu rupiah untuk kurs 13.000.

Lantas, biaya MF ini untuk apa? Seperti juga namanya, biaya maintenance fee adalah biaya yang dikeluarkan oleh pengguna karena menggunakan kartu Payoneer.

Bahasa sederhananya adalah biaya akumulasi akibat penggunaan Payoneer card yang dipotong setiap tahun sama seperti kartu Kredit.

Jika anda tidak menggunakan kartu Payoneer tidak perlu riskan dengan biaya macam ini karena hanya dibebankan kepada mereka yang menggunakan kartu Payoneer

Q : Setelah mengaktifkan Payoneer card, berapa batas maksimal penarikan pakai kartu ini di Indonesia?

A : Setahu saya, maksimal penarikan tunai untuk pengguna kartu Payoneer adalah $5000 dan bisa ditarik sebanyak 30 kali dalam sehari.

Mungkin saja, di Indonesia enggak sampai segitu banyaknya karena satu dan lain hal yang menurut saya terlalu teknis.

Q : Bagaimana cara melihat nomor rekening Payoneer?

Untuk melihat nomor rekening di Payoneer, bisa bka laman Global Payment Service seperti yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Dan ada beberapa nomor rekening penerima beradasarkan wilayah yang tersedia di akun anda seperti Kanada, Singapura dan Jepang.

Juga tersedia beberapa rekening penerima default seperti AS, UK dan juga Euro. Setiap Dan setiap payment service diatas menyediakan nomor rekening sendiri.

Q : Bagaimana cara mendapatkan kartu Payoneer?

Untuk dapat kartu payoneer, anda harus verifikasi dulu akun anda pakai identitas legal seperti KTP, SIM atau Passport.

Untuk jenis kartu tersedia dua bentuk yakni Payoneer credit card dan juga debit card. Untuk cara verifikasi identitas akan saya ulas dibagian bawah.

Cara Buat akun Payoneer

Selain harus verifikasi akun, agar bisa dapat kartu Payoneer, anda juga harus sudah pernah menerima pembayaran lebih dari $100.

Q : Apakah Payoneer aman?

A :ย  Tentu saja aman. Karena itu banyak orang yang pakai Payoneer untuk transaksi apa saja.

Q : Bagaimana cara verifikasi Payoneer?

Sebenarnya, saat pertama kali daftar anda sudah diminta untuk verifikasi identitas. Jika belum verifikasi di laman registrasi, bisa verifikasi identitas setelah akun Payoneer jadi.

Caranya gimana? Ikuti sajal langkah-langkah dibawah ini:

  • Setelah masuk ke dashboard akun Payoneer, arahkan kursor ke Pengaturan> Pusat verifikasiCara Buat akun Payoneer
  • Nantinya akan muncul kolom info saya yang akan di verifikasi dan ada dua fitur verifikasi yakni verifikasi akun dan verifikasi bisnis
  • Di tahap ini, klik saja verifikasi akun lalu klik Foto ID yang dikeluarkan pemerintahCara Buat akun Payoneer
  • Anda kemudian diarahkan ke laman MY VERIFIED INFORMATION. Atur negara anda terlebih dahulu lalu pilih jenis dokumen yang mau di upload. Ada tiga dokumen yang bisa di pilih yakni Surat Izin Mengemudi [SIM], Dokumen Sementara Nomor Saya dan Gambar Layanan keberadaan Online lalu upload foto dokumen yang di pilih, SIM misalnya. Apabila sudah, klik Kirimkan

Setelah itu tunggu proses verifikasi dari manajemen Payoneer apakah permintaan verifikasi akun berhasil atau tidak.

Penutup

Meski ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna saat menggunakan Payoneer, tapi Annual Feenya masih bisa ditolerir.

Sebab pada prinsipnya sama seperti bank-bank lainnya yang menarik biaya penggunaan kartu. Hanya saja, untuk bank-bank Indonesia, BCA dan Mandiri misalnya, biaya adminya ditarik setiap bulan.

Jika anda sudah mencari uang dari link affiliasi Amazon atau jadi member situs freelance internasional, bisa gunakan Payoneer.

Karena selain memungkinkan anda buat akun dengan gratis, anda juga bisa memantau pengeluaran yang anda lakukan secara daring.

Plus, anda dapat kartu layaknya ATM yang bisa digunakan untuk menarik uang di ATM-ATM berlogo Master Card.

Demikian artikel tentang tata cara daftar Payoneer 2021. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

11 pemikiran pada “STEP BY STEP: Cara Daftar Payoneer 2021 [Bonus $25]”

  1. Konten informatif dan cukup lengkap. Sebagai bentuk apresiasi saya daftar pakai kode referal diatas. Sukses selalu buat blognya. Salam Kepoin Teknologi! ๐Ÿ™‚

    Balas
  2. Jadi setelah daftar ada pilihan untuk tidak menggunakan kartu atau gimana kak?
    Atau secara otomatis akan dikirim kartunya setelah pendaftaran, dan harus kita cancel lagi?
    Saya khawatir akan tagihan tahunan 29.95 USD, padahal saya mendaftar itu niatnya hanya untuk Global Payment Service nya saja dan sama sekali tidak mau menggunakan kartunya.

    Balas
  3. Kalau misalnya unggah dokumen KTP di pusat pusat verifikasi aja apa udah bisa dipakai? Soalnya saya ada pilihan unggah dokumen lainnya. Dan gagal

    Balas
  4. Kalau nama saya cuma tunggal
    Maksudnya gak punya nama belakang apa bisa?
    Soalnya nama rekening bank lokal cuma pakai nama KTP yang cuma pake nama tunggal tersebut

    Balas

Tinggalkan komentar