Cara Daftar Google Analytics Untuk Blog, Aplikasi & Channel Youtube

Google analytics adalah alat analisa pengunjung entah itu situs atau blog, aplikasi iOS dan Android termasuk juga channel Youtube.

Menggunakan alat analisa seperti ini sangat penting terlebih jika blog, aplikasi dan channel Youtube anda semakin populer.

Dengan kata lain, tugas yang anda lakukan semakin berat. Sebab, anda harus bisa mempertahankan pengunjung lama sembari terus buat konten baru dengan harapan untuk menggaet pengunjung baru yang lebih banyak.

Tapi bagaimana anda bisa tahu kalau pengunjung lama akan kembali ke situs anda sambil tetap mendapatkan pengunjung baru?

Disinilah pentingnya alat analisa itu. Dengan alat ini, anda bisa memperoleh data-data audiens secara kumulatif untuk kemudian dijadikan bagian dari rencana pembuatan konten.

Data-data audiens ini juga sangat penting untuk melihat frekuensi atau perkembangan blog, aplikasi dan Channel Youtube dari waktu ke waktu.

Umumnya, alat analisa harus mampu menyajikan beberapa data penting tentang situs atau blog, aplikasi dan channel Youtube, diantaranya:

  • Durasi sesi audiens
  • Demografi audiens
  • Profil pengunjung rata-rata [seperti gender, umur dan lokasi]
  • Pendapatan
  • Konten paling populer
  • Termasuk minat dan ketertarikan audies terhadap blog, aplikasi atau channel Youtube anda

Dengan kata lain, anda butuh tools yang memang dirancang secara khusus untuk menyajikan data-data seperti itu untuk kemudian di olah lagi.

Dan inilah yang menjadi alasan mengapa Google Analytics sangat penting digunakan oleh setiap pemilik situs, developer aplikasi atau pemilik Channel Youtube.

Sebelum lanjut ke pembahasan teknis tentang cara pendaftaran, baiknya saya ulas dulu deh apa itu Google Analytics.

Apa itu Google Analitycs?

Google Analytics adalah layanan analisis web gratis yang menyediakan statistik dan alat analisa dasar untuk optimasi mesin pencari (SEO) atau untuk tujuan pemasaran konten.

Layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa syarat khusus yang terpenting sudah punya akun Gmail.

Awalnya, alat analisa adalah dibuat oleh Urchin Software Corporation sebelum dibeli Google pada april 2005.

Setelah dibeli, alat analisa ini kemudian diubah namanya menjadi Google Analytics dengan tetap mempertahankan program yang dibuat Urchin dibalik GA yakni produks Urchin on Demand Corporation.

Secara umum ada beberapa fitur andalan Google Analytics, diantaranya:

  • Sebagai alat visualisasi data yang mampu menyajikan statistik kunjungan real time, score card dan diagram yang secara otomatis menampilkan perubahan data-data tentang situs, aplikasi atau channel Youtube
  • Segmentasi untuk analisis himpunan bagian-bagian seperti konversi, laporan khusus mingguan atau bulan, sharing konten, komunikasi berbasis email, integrasi dengan produk Google Lain seperti AdWords, penjelajah data publik, Google Adsense, Google Search Console dan lainnya

Meski punya banyak kelebihan, Google Analytics hanya disarankan untuk digunakan oleh situs atau blog kecil dan menengah.

Sebab layanan masih punya keterbatasan sehingga kurang cocok untuk digunakan pada situs web besar dengan domain kompleks.

Kekurangannya ada pada sistem pengumpulan data yang hanya melalui tag halaman tunggal saja dengan JavaScript yang disisipkan dalam halaman.

Tag halaman ini terkadang jadi bug yang berkontribusi menurunkan skor lightspeed atau kecepatan situs dengan metode pengumpulan informasi yang terbatas.

Selain itu, Google Analytics hanya mengandalkan Cookie saja dalam pelacakanannya. Sehingga enggak bisa mencatat data-data kompleks lain untuk kemudian disajikan.

Dan data yang berhasil di kumpulkan oleh Google Analytics juga akan dipakai Google untuk tujuan tertentu salah satunya adalah iklan.

Baca Juga : 10 Aplikasi Foto Penghasil Uang Terbaik

Sudah banyak pakar keamanan siber yang prihatin terhadap masalah ini, terlebih yang berkaitan dengan privasi data pengunjung.

Disamping itu, lewat dashboard Google Analitycs juga memungkinkan pemilik untuk mengumpulkan informasi tentang pengunjung dan media sosial yang digunakan entah itu Facebook atau Twitter.

Jika anda ingin menggunakan alat analisa yang lebih detail namun hasil datanya eksklusif alias hanya digunakan oleh anda sendiri, anda bisa pakai beberapa tools lain dengan fungsi yang sama, diantaranya:

  • Omniture
  • WebTrends
  • Cognos Analytics IBM
  • Oracle WebCenter
  • Dan lain sebagainya

Namun jika anda hanya mengelola blog, aplikasi atau Channel Youtube secara personal untuk tujuan pelacakan saja silahkan pakai tools ini.

Selain gratis, anda juga mendapatkan data-data yang dibutuhkan secara langsung, real time dan sederhana.

Cara Daftar Google Analytics Untuk Blog, Aplikasi & Channel Youtube

Lantas, bagaimana cara daftar Google Analytics untuk blog, aplikasi dan channel Youtube? Pasti penasaran kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Kunjungi situs Google Analytics

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs ke Google Analytics. Untuk tujuan ini, silahkan gunakan di mesin pencari entah itu Google, Bing atau Yahoo!

Jika perangkat yang digunakan belum sinkron dengan email yang digunakan, anda akan diminta untuk masuk dulu ke akun Gmail milik anda.

Tak mau repot? Silahkan klik tautan ini yang secara otomatis akan mengarahkan anda ke situs Google Analytics.

2. Buat akun

Cara Daftar Google Analytics

Setelah memasukkan email, anda akan diarahkan ke laman registrasi. Disini silahkan klik tombol Buat akun secara gratis.

Di tahap ini ada 3 step atau langkah yang harus dilewati, diantaranya:

a. Pembuatan akun

Di kolom pembuatan akun anda akan diminta untuk mengisi beberapa data seperti:

  • Nama akun dan ini wajib diisi. Untuk nama akun anda bisa pakai lebih dari 1 ID pelacakan yang berarti anda bisa buat properti sebanyak mungkin pada satu akunCara Daftar Google Analytics
  • Setelah itu jangan lupa centang kolom setelan data akun yang memungkinkan anda untuk mengontrol data Google Analytics seperti produk & layanan Google, tolok ukur, dukungan teknis dan juga bantuan dari pakar AkunCara Daftar Google Analytics
  • Jika sudah, silahkan klik tombol berikutnyaCara Daftar Google Analytics
b. Apa yang ingin Anda ukur?

Setelah kolom pembuatan akun, anda akan disajikan aplikasi mana anda menggunakan akun Google analytics.

Disini anda 3 pilihan penempatan, diantaranya:

  • Web [Untuk mengukur situs Anda]. Dengan berbagai kelebihan seperti memahami dari mana pengguna berasal dan mengubah data menjadi analisis, termasuk analisis perilaku pengguna dan mengoptimalkan bisnis serta untuk mengetahui tren analisis konversi dan performaCara Daftar Google Analytics
  • Apps [Untuk analisa aplikasi iOS atau Android] dengan berbagai keunggulan seperti memahami pertumbuhan pengguna, mendapatkan analisis tentang perilaku aplikasi, secara otomatis mencatat peristiwa penting atau menentukan peristiwa sendiri serta menambahkan aliran data web di lain waktu guna mengukur perilaku lintas-platform [BETA]Cara Daftar Google Analytics
  • Aplikasi dan web BETA [Untuk mengukur pengguna di aplikasi dan web] dengan fitur dasar seperti analisis yang fokus pada pengguna di lintas platform, processing dan konfigurasi peristiwa tanpa kode dan laporan unik serta untuk menerapkan tanpa pemberian tag ulang jika anda sudah menggunakan gtag.js atau tag ManagerCara Daftar Google Analytics

Disini silahkan pilih mana yang ingin digunakan. Jika anda ingin menempatkan di blog silahkan pilih web. Jika anda ingin menggunakannya di aplikasi, pilih aplikasi.

Atau, jika anda ingin menempatkan di blog dan aplikasi, silahkan pilih pilihan yang ketiga yakni aplikasi dan web BETA lalu klik tombol Berikutnya.

c. Penyiapan properti

Disini anda akan diminta untuk menyiapkan properti yang akan digunakan. Untuk menyiapkan properti, anda harus memasukkan detail produk, seperti:

  • Nama properti sesuai dengan nama blog atau aplikasi yang digunakan
  • Kategori industri sesuai dengan kategori blog atau aplikasi entah itu seni dan hiburan, otomotif, buku, game, hukum dan lain sebagainyaCara Daftar Google Analytics
  • Zona waktu pelaporan sesuai dengan zona waktu tempat anda tinggal. Jika anda tinggal di Indonesia, anda bisa memilih 3 zona yakni Barat [Jakarta GMT+07:00], Tengah [Makassar GMT+08:00] dan Timur [Jayapura GMT+09:00]
  • Mata uang ditampilkan sesuai dengan mata uang digunakan yakni Rupiah [IDR Rp]

Jika semua data sudah diisi dengan benar, selanjutnya klik tombol BUAT. Anda juga akan diminta untuk menyetujui Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics.

Ada dua persyaratan yang harus anda setujui disini, yakni:

  • Google Marketing Platform yang berisikan syarat Pemrosesan Data sebagaimana diwajibkan oleh GDPRCara Daftar Google Analytics
  • Dan persyaratan tambahan yang berlaku untuk data yang dibagikan kepada Google dengan isi persetujuan atau syarat berdasarkan perlindungan data pengontrol dan pengukuran untuk dataCara Daftar Google Analytics

Jika anda setuju terhadap dua syarat diatas, silahkan klik Saya Setuju untuk melanjutkan. Jika tidak, silahkan klik Saya Tidak Setuju.

3. Penautan properti

Setelah langkah diatas, anda diarahkan ke penautan properti sesuai pilihan penempatan properti. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan agar properti yang digunakan itu valid, diantaranya:

a. Streaming data beta
Cara Daftar Google Analytics

Disini anda harus menyiapkan aliran data agar Google Analytics mulai mengumpulkan data. Aliran data adalah sumber data untuk properti Anda. Nantinya, data ini akan muncul di laman laporan dan analisis.

Karena kolom pilihan apa yang diukur saya memilih Aplikasi dan web BETA maka tersedia tiga pilihan platform seperti aplikasi iOS, Android dan WEB.

Jadi silahkan pilih mana yang sesuai. Jika anda ingin menggunakan khusus untuk web saja, silahkan klik WEB.

b. Siapkan aliran data web Anda

Menyiapkan aliran data web Anda berarti anda harus memasukkan URL situs atau blog yang digunakan. Disini silahkan isi kolom yang tersedia sesuai dengan aliran data yang diinginkan, seperti:

  • URL situs termasuk properti hypertextnya apakah itu http:// atau https:// termasuk www dan non www
  • Dan nama aliran data

Jika URL situs dan nama aliran data sudah dibuat, silahkan klik tombol Buat Aliran Data untuk melanjutkan.

Cara Daftar Google Analytics

Untuk aliran data lain, aplikasi iOS dan Android misalnya, silahkan sesuaikan dengan kolom aliran data yang dipilih.

Untuk iOS, anda harus mengisi beberapa aliran seperti:

  • ID paket iOS
  • Nama aplikasi
  • ID App store
  • Penyediaan dan Konfigurasikan project Google Cloud
  • Tambahkan Firebase SDK
  • Tambahkan kode inisialisasi
  • Dan penjalanan aplikasi untuk memverifikasi penginstalan

Begitu juga dengan aliran data Aplikasi Android dimana anda harus mengisi aliran data yang sama seperti diatas, misalnya:

  • Nama Paket
  • Nama Aplikasi
  • Persyaratan layanan Firebase
  • Penyediaan dan Konfigurasikan project Google Cloud
  • Download file konfigurasi
  • Penambahan Firebase SDK
  • Dan penjelasanan aplikasi untuk verifikasi penginstalan
4. Penautan properti untuk Blog

Langkah diatas memang agak membingungkan bagi beberapa orang. Jika anda ingin menautkan properti di blog entah itu Blogger atau WordPress, berikut langkah-langkahnya:

a. Buat properti baru

Cara Daftar Google Analytics

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buat properti baru. Disini anda tinggal klik buat Properti seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Pada pilihan Apa yang ingin Anda ukur? silahkan pilih WEB lalu klik Lanjutkan. Jika sudah, silahkan masukkan detail propertinya, seperti:

Cara Daftar Google Analytics

  • Nama situs
  • URL
  • Kategori Industri
  • zona waktu pelaporan seperti diatas lalu klik Buat
b. Memasukkan info pelacakan

Setelah properti berhasil dibuat, anda akan diminta untuk memasukkan kode pelacakan di dalam situs atau blog anda.

  • Jika anda menggunakan WordPress, silahkan tempatkan kode pelacakan setelah tag <head> atau sebelum tag </head> pada submenu tampilan> penyunting tema> header.php. Kalau tak mau repot, silahkan instal plugin GA Google Analytics yang dibuat oleh Jeff Starr lalu salin ID Pelacakan dan pastekan ID tersebut di pengaturan PluginCara Daftar Google Analytics
  • Jika anda pakai blogger, silahkan ikuti langkah diatas dimana anda harus memasukkan kode pelacakan sesudah tag <head> atau sebelum tag </head> di menu tema atau pengeditan HTML. Anda juga bisa menempatkan di ID Properti Web Analytics yang terletak di kolom setelan Blogger> lainnya dan scrool sedikit ke bawah sampai anda menemukan kolom ID PropertiCara Daftar Google Analytics

Setelah menempatkan info pelacakan, langkah berikutnya apa? Langkah berikutnya adalah menunggu sampai Google Analytics mulai mengumpulkan data-data untuk kemudian ditampilkan kepada anda.

5. Cara daftar Google Analytics untuk Youtube

Untuk anda yang ingin menggunakan pelacakan Google Analytics di Channel Youtube, berikut langkah-langkahnya:

a. Buat properti baru

Cara Daftar Google Analytics

Sama seperti diatas yang mengharuskan anda untuk membuat properti baru. Untuk pilihan apa yang ingin di ukur silahkan pilih saja situs web.

Nah pada kolom URL situs, silahkan masukkan URL channel Youtube anda. Ingat, URL channel dan bukan URL video ya.

b. Info pelacakan

Setelah memasukkan URL Channel Youtube, langkah berikutnya anda akan diberikan ID atau Info pelacakan.

Karena anda enggak bisa mengakses editor script di Youtube, maka anda hanya boleh menggunakan ID Pelacakan saja.

Lantas, bagaimana cara menempatkan ID pelacakan di Channel Youtube? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Login ke channel Youtube anda
  • Setelah login silahkan klik Settings> Advanced> lalu cari tulisan view additional feature. Di kolom Google analytics property tracking ID, silahkan tempelkan ID pelacakan Google Analytics milik andaCara Daftar Google Analytics

Setelah itu silahkan tunggu saja sampai Google Analytics mulai mengumpulkan data channel Youtube anda.

5. Hubungkan dengan tools Google lain

Cara Daftar Google Analytics

Agar pelacakan yang dilakukan semakin lengkap, jangan lupa juga hubungkan dengan properti lain seperti Google search console dan Google AdSense.

Untuk menautkan produk tersebut, scrool sedikit ke bawah sampai anda menemukan produk-produk yang bisa ditautkan.

Secara umum, ada beberapa alat lain milik Google yang bisa tautkan sama Google Analytics, diantaranya:

  • AdSense yang membantu pemilik situs untuk mendapatkan uang dengan menampilkan iklan yang relevan di situs atau blog. Dengan menghubungkan dua properti ini, anda akan melihat chart metrik di dashboard AdSense, seperti eCPM dan Tayangan Unit iklan dan data lain yang dibutuhkan
  • Google Ads yang merupakan program periklanan online yang membantu publisher menjangkau pelanggan sekaligus untuk meningkatkan entitas bisnis. Dengan menghubungkan dua properti ini anda bisa meningkatkan kampanye iklan dan mendapatkan data analisis seluruh customer mulai dari klik iklan hingga konversi
  • Ad Exchange yang membantu Anda menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di situs yang relevan untuk audiens Anda. Hubungkan metrik utama Ad Exchange, seperti eCPM dan Tayangan Unit, dengan data lainnya dari Analytics
  • BigQuery yang merupakan fitur Google Developers yang memungkinkan kueri super cepat atas set data yang besar. Anda dapat mengekspor data sesi dan klik dari akun Google Analytics 360 ke Google BigQuery, sehingga anda memadukkan seluruh kueri dengan data Analytics
  • Display & Video 360 adalah solusi Google untuk pembelian bidding real-time lintas-bursa untuk pelanggan besar. Integrasi ini memberi pengguna mendapat kemampuan untuk memasarkan ulang produk di dalam akun Google Analytics 360 sebelum membagikan audiens ke akun Display & Video 360 untuk penargetan iklan
  • Campaign Manager yang adalah solusi pengelolaan dan penayangan iklan yang membantu agensi iklan dan pengiklan mengelola seluruh cakupan program periklanan digital. Integrasi ini memungkinkan pelanggan Google Analytics 360 untuk melihat dan menganalisis data Campaign Manager di Analytics
  • Search Ads 360 adalah platform pengelolaan penelusuran yang membantu agensi iklan dan pemasar secara efisien mengelola beberapa kampanye pemasaran terbesar di dunia di berbagai mesin telusur dan saluran media. Berintegrasi dengan akun GA memungkinkan Anda melihat statistik engagement situs Analytics di Search Ads 360
  • Google Play atau Konsol Google Play yang memungkinkan developer mempublikasikan dan mendistribusikan aplikasinya. Dengan integrasi ini, developer bisa mempelajari lebih lanjut tentang pengguna aplikasi, termasuk bagaimana mereka menemukan aplikasi dan perangkat yang digunakan. Untuk saat ini, fitur penautan Play Store bukan lagi fitur bawaan dari Google Analytics
  • Pos Balik yang merupakan fitur yang memungkinkan Anda memberi tahu jaringan iklan non-Google yang membantu jaringan iklan tersebut untuk mengoptimalkan kampanye yang dilakukan sehingga penayangan iklan lebih berkualitas dengan CPA yang tertarget
  • Search Console yang membantu anda memahami cara pengguna menemukan situs anda lewat Google SERPs termasuk kueri, analisis halaman, masalah crawling atau pengindeksan dan lain sebagainya

Penutup

Bagi saya pribadi, ada banyak kelebihan menggunakan Google Analytics baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Selain keunggulan diatas, anda juga bisa menggunakan data dari Analytics untuk banding dengan Google apabila akun AdSense anda di banned.

Plus, anda bisa melihat data perkembangan situs dari waktu ke waktu yang membantu anda untuk mengevaluasi konten yang disajikan.

Jika ada hal yang belum saya bahas diatas dan ingin ditanyakan, jangan segan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara daftar Google Analytics untuk blog dan Youtube. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ~

Tinggalkan komentar